Cara Menggunakan KeyHole, Alat untuk Merancang Strategi Bisnis!

Anisa 14 Des 2023 3 Menit 0

ADVERTISEMENT

Cara menggunakan Keyhole sama seperti social media listening tool pada umumnya, tetapi dashboard software ini dapat dibilang sangat mudah dipahami.

Cukup user friendly dan kami rekomendasikan untuk pebisnis pemula, perusahaan besar, content creator, organisasi nirlaba, dan lainnya yang ingin mengetahui tentang tren, topik hangat, kasus terbaru, dan lainnya di media sosial.

Tentunya dengan tujuan ingin menaikkan engagement konten, merancang strategi bisnis, merencanakan pembuatan produk, dan melihat sentimen publik terhadap isu tertentu yang bisa saja berpengaruh terhadap brand kamu.

Nah, kenapa harus KeyHole dan bagaimana cara menggunakan alat ini? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

ADVERTISEMENT

1. Apa itu KeyHole?

KeyHole adalah social media listening yang dapat membantu pengguna dari berbagai kalangan (baik perusahaan kecil seperti UMKM hingga skala besar) untuk memantau pengaruh media sosial demi meningkatkan pengaruh brand serta menaikkan performa bisnis.

Tak jauh berbeda dari social media management tools, KeyHole ini berfungsi sebagai alat pengukur kesadaran publik terhadap suatu brand, mengelola konten, dan tentunya mengawasi kompetitor dari data sekunder yang ada di media sosial.

Apa saja alat ukurnya? Kamu bisa melihatnya lewat hashtag, kata kunci, influencer yang dipilih, respon publik, dan sebagainya.

Beberapa brand atau merek besar yang sudah menggunakan layanan KeyHole antara lain: Billboard, L’Oreal, Reuters, Ripcurl, Politico, dan masih banyak lagi.

Mau juga pakai KeyHole? Simak fitur-fiturnya terlebih dahulu ya sebelum bahas cara menggunakan KeyHole.

ADVERTISEMENT

2. Fitur Social Listening Andalan KeyHole

Berikut beberapa fitur Social Listening yang ditawarkan oleh KeyHole bagi pengguna:

ADVERTISEMENT

2.1. Akses Penyebutan Brand Pemilik Usaha

KeyHole menyediakan akses untuk mengetahui siapa pun yang mention brand kamu di media sosial, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek seberapa besar dampak dari kampanye brand kamu lewat hashtag atau tagar yang dinaikkan audiens, memilih influencer yang tepat, dan mengakses kata kunci lewat satu dashboard.

Jadi adanya fitur ini akan memudahkan pengguna untuk berinteraksi atau menjalin sesi tanya jawab dengan audiens secara real time.

Sistem KeyHole juga akan mengirimkan notifikasi atau pemberitahuan jika konten yang kamu unggah menjadi viral.

ADVERTISEMENT

2.2. Riset Industri

Nah, kalau riset biasanya memerlukan banyak tools, dengan menggunakan KeyHole kamu melakukannya secara sekaligus. Mulai dari memantau media sosial hingga melakukan riset.

Misalnya riset hashtag Instagram dengan kata kunci tertentu dalam waktu satu minggu terakhir untuk mengetahui akun-akun yang memiliki kekuatan besar sehingga mendapatkan engagement yang tinggi.

Tujuan fitur ini adalah membantu pengguna untuk menganalisis bisnis milik pesaing dan menentukan langkah selanjutnya yang harus diambil.

ADVERTISEMENT

3. Manfaat KeyHole bagi Bisnis

Lalu apa manfaat KeyHole bagi sebuah brand atau bisnis?

Secara garis besar, KeyHole ini bermanfaat untuk mendengar dan mengetahui yang sebenarnya sedang diperbincangkan publik serta disukai oleh mereka di media sosial.

Contoh nyata seperti viralnya crombolini di antara pecinta kuliner membuat berbagai pemilik bisnis kreatif, terutama di bidang pastry, berlomba-lomba untuk memproduksi crombolini dengan filling terbaik khas mereka.

Nah, ketika mengoptimalkan fitur KeyHole ini, kamu dapat meningkatkan jumlah followers di media sosial, menaikkan engagement, memilih prime time terbaik untuk posting konten, dan menggunakan hahstag yang paling tepat agar konten akun bisnis kamu naik secara organik.

Manfaat lain dari KeyHole yakni kamu dapat mengidentifikasi siapa saja yang paling berpengaruh dalam memberikan dukungannya terhadap brand kamu, setelah itu barulah kamu bisa menganalisisnya.

ADVERTISEMENT

4. Cara Menggunakan KeyHole bagi Pemula

Sekarang mari pelajari cara menggunakan KeyHole bagi pebisnis maupun content creator pemula:

  1. Buka atau akses Keyhole
  2. Klik Product pada menu
  3. Kemudian pilih Social Listening & Campaigns
    panduan lengkap menggunakan keyhole
  4. Klik Start Free Trial dan login pakai akun Google kamu
  5. Lalu pilih Social Listening & Monitoring
    apa itu keyhole
  6. Silakan klik Add Tracker dan pilih Add Tracker lagi
  7. Setelah itu masukkan kata kunci atau hashtag yang mau kamu pantau terus. Contoh: seblak viral dan klik Listen for Mention
    cara lengkap menggunakan keyhole
  8. Lalu klik Add Tracker
  9. Tunggu sebentar dan kamu akan mengetahui hasilnya
    cara menggunakan keyhole
  10. Untuk mengetahui suara atau pendapat publik, kamu bisa melihatnya di dashboard sebelah kiri dan periksa lewat menu yang tersedia. Misalnya ingin mengetahui influencer yang membicarakan gaya fashion belakangan ini dengan narasi dan sudut pandang mereka. Maka kamu bisa klik Influencer dan lihat siapa saja yang membicarakan fesyen baru-baru ini.

FAQ

Apakah ada social media listening Tools yang gratis?

Saat ini belum ada social media listening tool yang seratus persen gratis, akan tetapi masih ada beberapa platform yang menyediakan versi trial (percobaan gratis) selama beberapa hari atau minggu bagi pengguna yang mau merasakan pengalaman pakai software tersebut dalam versi premium.

Apa kelebihan dan kekurangan KeyHole?

Kelebihan KeyHole adalah dahsboard yang ditampilkan bagi pengguna sangat mudah dipelajari dan dioperasikan. Selain itu, mudah dibaca dan dianalisis. Namun kekurangan KeyHole terletak pada fiturnya yang masih belum selengkap software lain dan mengutamakan pada hasil pencarian di Twitter.

Kesimpulan

Itulah rekomendasi social media listening menurut Pintarjualan.id yang bisa kamu manfaatkan untuk menunjang kegiatan bisnis dan menaikkan engagement konten-konten di media sosial.

Apabila hashtag yang dihasilkan oleh KeyHole masih belum cukup memenuhi ekspektasi kamu, coba manfaatkan ChatGPT untuk mengoptimalkan pengelolaan konten media sosial kamu.


Janganlupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber: Pemaparan di atas diperoleh melalui riset yang dilakukan oleh penulis untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca.

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *