Advertisement

Cara Riset Hashtag di Instagram yang Efektif dan Bikin Viral

Diterbitkan pada
28 April 2022
Waktu membaca
6 Menit

Cara riset hashtag di Instagram pada dasarnya sama seperti ketika kita akan melakukan riset keyword untuk konten SEO. Tujuannya adalah agar konten yang dibubuhi dengan hashtag mampu viral dan tembus trending serta mendapatkan like juga komentar dari warganet.

Sayangnya, masih banyak pengguna yang bingung ketika hendak memilih hashtag yang relevan dan mampu bekerja secara efektif. Padahal sebenarnya tidaklah sulit.

Kita bisa menggunakan cara manual yang tersedia di Instagram serta memanfaatkan tool gratis di Internet bahkan software berbayar sekali pun.Terpenting jangan lupa untuk menyediakan kontennya terlebih dahulu.

Nah, sebelum membahasnya lebih jauh, ketahui dulu yuk pengertian hashtag, fungsi, dan caranya biar kamu tidak ketinggalan infomasi.

Apa itu Hashtag ?

Hashtag adalah sebuah frasa atau kata kunci yang diketik di media sosial menggunakan sisipan karakter ‘#’ sebagai awalan dengan maksud agar konten dapat dilirik oleh banyak orang.  

Hashtag sendiri berasal dari dua kata yakni ‘hash mark’ (simbol #) dan ‘tag’ yang merujuk pada sebuah kata spesifik. 

Di Indonesia sendiri, hashtag juga dikenal dengan sebutan tagar. Biasanya digunakan oleh pengguna Twitter, Instagram, Facebook, dan TikTok. 

Nah, jika kamu menggunakan hashtag yang relate dan tepat, maka kemungkinan konten bisa masuk jajaran trending Indonesia. 

Fungsi Hashtag Instagram

Fungsi hashtag Instagram sebenarnya adalah untuk mengelompokkan konten-konten yang sesuai dengan objek pencarian pengguna.

Seperti misalnya dapat menaikkan engagement dan membuat konten yang dibagikan dalam bentuk feed post maupun untuk reels dilirik oleh banyak orang.

Bagi para selebgram dan influencer, mempertahankan engagement sangatlah penting agar tawaran endorse terus mengali deras. 

Selain itu, menggunakan hashtag yang menarik mampu meningkatkan jumlah follower akun, sekaligus berkemungkinan menjadi seorang selebgram terkenal di kemudian hari. 

Sementara bagi para pemilik bisnis, hashtag berfungsi agar membuat produk yang dipamerkan makin booming dan menonjol di mata masyarakat. Paling tidak, branding yang mereka jalankan bisa berhasil, tepat sasaran, serta menampilkan citra yang baik. 

Bagaimana Cara Riset Hashtag Instagram?

Sebelum meletakkan beberapa hashtag ke dalam kolom caption atau judul, sebaiknya kamu pelajari dulu cara riset hashtag di Instagram yang baik dan benar. Jadi, jumlah engagement dapat meningkat dan followers baru pun berdatangan. 

Lakukan Teknik Brainstorming Keyword

Brainstorming keyword merupakan pengelompokan kata kunci sesuai dengan kebutuhan konten yang akan dibagikan di Instagram. Para pengguna disarankan agar membuat sebuah daftar kata kunci atau kata spesifik yang berkaitan erat dengan jenis postingan.

  • Misalnya, kamu ingin mengunggah konten berupa foto liburan, maka hashtag yang mestinya digunakan pasti berisi #holiday, #vacation, #trip,  #mytrip, #myadventure, #life, #together, #family, dan lain sebagainya. 
  • Kalau konten reels-mu berupa kuliner, maka bisa menambahkan hashtag #food, #culinary, #foodism, #veganism, #eat, #cooking, #kitchen, #cafe, dan sejenisnya.

Hashtag yang relatable akan mengoptimasi kontenmu supaya lebih mudah dijangkau oleh pengguna lain bahkan berkesempatan viral di fitur Global Instagram.

Namun harus diingat ya, status akun bukan privasi melainkan publik sehingga bisa dilihat oleh umum dan bukan hanya teman di daftar follower saja. 

Manfaatkan Fitur Pencarian Instagram

Memanfaatkan fitur pencarian Instagram merupakan cara gratis untuk meriset kata kunci yang sedang populer, terbaru, dan paling banyak digunakan oleh para pengguna di seluruh dunia.

Caranya cukup mudah sekali yakni kamu hanya perlu klik fitur pencarian di Instagram dan ketikkan kata kunci yang ingin digunakan. Misalnya ‘garden’. Setelah itu, klik lagi ikon search (kaca mata pembesar) dan keluarlah seperti gambar berikut.

cara risey di instagram dengan efisien

 

Jika sudah, klik simbol ‘#’ dan catat atau kelompokkan seluruh hashtag utama beserta turunannya yang sekiranya berkaitan erat dengan konten yang akan diunggah. Paling tidak, berilah 10-15 atau 10-20 hashtag yang relevan. Tidak terlalu banyak, tetapi kalau efektif jauh lebih baik. 

Gunakan Hashtag Paling Populer

Nah, dari gambar screenshoot di poin sebelumnya, kita bisa mengklik salah satu hashtag yang paling populer atau paling atas. Misalnya saja #garden. Kemudian, lihat ada tiga kategori yakni Populer, Terbaru (Recent), dan Reels.

cara riset di instagram pakai tool gratis

Postingan terpopuler biasanya memang terletak paling atas di kolom pencarian Instagram karena dianggap paling banyak digunakan dan menarik oleh mesin. 

Masukkan hashtag populer tersebut ke dalam caption atau kolom komentar kontenmu agar menjangkau pengguna lainnya, sehingga bisa viral dan muncul di antara konten global. 

Pakai Hashtag yang Diikuti oleh Influencer

Seorang influencer bisa datang dari artis, selebgram, komedian, vlogger, dan sebagainya. Nah, di Instagram sendiri hashtag dari para selebgram disebut-sebut paling berpengaruh memberikan dampak yang paling kuat bagi pengguna lainnya. 

Terutama mereka yang namanya sering trending, viral, dan memiliki engagement stabil. Postingan mereka juga sering muncul di fitur global karena hashtag yang dipakai sudah sesuai dengan jenis maupun topik kontennya. 

Kalau ingin postinganmu disukai oleh artis serta selebgram, sesekali cobalah untuk menggunakan hashtag yang biasa mereka pakai.

Caranya

  1. Buka profil selebgram tersebut, kemudian klik bagian ‘Following’ atau ‘Mengikuti’
    cara riset hashtag di instagram secara pas
  2. Setelah muncul daftar pengikutnya, lihatlah bagian hashtag-nya atau tagar (seperti gambar di bawah ini) dan gunakan bila memang relevan dengan kontenmu. Kalau tidak sesuai, sebaiknya jangan. 
    cara riset hashtag di instagram influencer

Sebagai catatan ya, jika pada fitur following artis maupun selebgram yang kamu cari tidak terdapat hashtag seperti di atas, maka berarti mereka tidak follow tagar mana pun.

Cobalah Hashtag yang Digunakan Selebgram

Daya sebar hashtag yang sesuai sebenarnya mampu meningkatkan kuantitas akun. Salah satunya yakni mengikuti hashtag yang biasanya digunakan oleh selebgram di konten-konten mereka. 

Walaupun cara ini memang sulit, tetapi tak ada salahnya mengamati setiap konten yang mereka bagikan. Terutama dalam bentuk foto serta video reels. 

Lihatlah cara mereka membubuhkan hashtag baik di caption maupun di kolom komentar. Hal ini tentunya bersifat manual tetapi layak untuk dicoba. 

Mengapa? Karena saat ini, tak sedikit selebgram yang menyematkan hashtag di caption reels maupun post feed mereka sehingga berpotensi muncul di berandamu sebagai postingan yang direkomendasikan.

Riset Hashtag di Instagram dengan Tools Gratis

Selain cara-cara di atas, ada beberapa tools atau software gratis yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk meriset dan mencari tahu kumpulan hashtag paling banyak digunakan. 

1. Keywordtool.io

Keywordtool.io merupakan salah satu tools gratis yang bisa digunakan untuk mencari hashtag paling relevan di Instagram. Ribuan bahkan jutaan orang menggunakan tools penyedia 800 lebih hashtag ini untuk optimasi konten mereka. 

Kamu bisa menggunakan dua versi yakni berbayar dan gratis. Tentu saja versi berbayar jauh lebih detail dan penyajiannya juga lebih banyak. 

Kinerja keywordtool.io sendiri sebetulnya tidak jauh berbeda dari tools lainya yang memanfaatkan sumber data dari Google Autocomplete (sebuah fitur di kolom pencarian Google). 

2. Webstagram

Cara riset hashtag di Instagram lainnya ialah menggunakan Webstagram. Sebuah tool yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari tagar-tagar populer dan paling banyak digunakan oleh jutaan pengguna IG. 

Kelebihan tool ini yaitu pengguna bisa meriset hashtag yang bisa dipakai oleh kompetitor untuk menaikkan engagement dan daya interaksi mereka. 

Fitur lainnya juga tersedia seperti komen, like, foto, edit, share, dan sebagainya. Lengkap deh pokoknya! Cocok buat kamu yang punya ide bisnis terkini dan ingin berjualan lewat Instagram. 

3. Seekmetrics

Siapa yang sudah pernah mendengar nama seekmetrics? Tool ini sangat simple dan mudah dioperasikan. Untuk melihat sesuatu yang sedang viral atau tren di Instagram, kamu hanya perlu memasukkan kata kunci berupa hashtag saja.

Nantinya, seekmetrics akan menampilkan sejumlah hashtag yang direkomendasikan untuk kamu gunakan. 

Bagi pegiat SEO, mungkin seekmetrics juga bermanfaat untuk mencari kata kunci dan memaksimalkan konten pemasaran.

4. Talkwalker

Tool yang satu ini memiliki keunikan tersendiri, karena pengguna dapat mengatur notifikasi, baik itu harian maupun mingguan guna mengikuti keyword yang sering muncul dalam sebuah website maupun blog.

Khususnya lagi, Talkwalker juga dapat dipakai untuk men-tracking sejumlah hashtag sekaligus menyebut sederet brand yang tengah hype di media sosial termasuk Instagram. 

5. Displaypurpose(dot)com

Berbeda dengan Talkwalker, Displaypurpose bekerja layaknya kolom pencarian hashtag di Instagram. Bedanya, tool ini bekerja layaknya sebuah akun generator yang mampu merekomendasikan segudang tagar secara otomatis. 

Bagi kamu pecinta tool gratis, mungkin Displaypurpose menjadi alat berikutnya yang bisa dimanfaatkan. 

6. Allhashtag

Dari berbagai jenis tool untuk mencari keyword yang tepat, allhashtag merupakan alat paling lengkap karena menyuguhkan beragam keunggulan bagi penggunanya.

Mengapa? Karena tool ini bukan hanya bekerja sebagai generator saja, akan tetapi juga analisa hashtag, pencipta hashtag, dan merekomendasikan hashtag-hashtag populer lainnya di Instagram. 

Jika kamu menggunakan allhashtag, maka kemungkinan konten yang kamu bikin bisa bertengger di 30 teratas atau top 30 pencarian berdasarkan tagar tersebut.

Pengguna juga bisa menikmati fitur filter lainnya seperti hahtag acak (random hashtag), hashtag langsung (live hashtag), dan hashtag serupa (similar hashtag). 

Wah, menarik sekali ya!

Penutup

Itulah cara riset hashtag di Instagram yang dapat kami bagikan agar konten-kontenmu bisa masuk trending, populer, dan viral seperti para influencer lainnya. 

Jika kamu menyukai artikel ini, bisa langsung pencet tombol share dan bagikan ke media sosial maupun platform lainnya ya.

Kamu juga bisa terus berinteraksi dengan kami melalui instagram pintarjualan.id agar tidak ketinggalan update terbaru dari kami. Semoga bermanfaat!

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *