Advertisement

Facebook Reels Sudah Launching ke Global & Banyak Fitur Terbaru

Diterbitkan pada
24 Februari 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Akhirnya Facebook Reels telah hadir di seluruh dunia dan siap menyaingi TikTok. Tersedia banyak fitur baru yang ada dan beda dari platform lainnya, dan berisi banyak iklan.

Fitur terbaru dari Facebook ini sebenarnya sudah tersedia di Amerika Serikat sejak bulan September. Kemudian, Meta melaunching Facebook Reels yang bisa di akses di Android maupun iOS ke 150 negara.

Baca Juga : Gawat! Mark Zuckerberg Ancam Tutup Facebook & Instagram di Eropa

Hal ini merupakan langkah Meta untuk bisa bersaing dengan aplikasi media sosial lain dengan mengembangkan fitur yang handal dan terbaru. Karena telah dilaporkan bahwa pengguna Facebook jumlahnya sudah mulai berkurang.

“Reels sudah menjadi format konten kami yang berkembang paling pesat, dan hari ini kami membuatnya tersedia untuk seluruh orang di Facebook secara global,” ujar CEO Meta, Mark Zuckerberg dalam postingannya di Facebook, seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (23/2/2022).

Selain untuk menjangkau fitur Reels ke lebih banyak negara secara luas, Meta juga menghadirkan fitur baru untuk editing di platfrom ini. Fitur terbaru ini sebagian sudah ada di Amerika Serikat. Sedangkan untuk Instagram Reels sudah ada di Amerika Serikat dan 50 negara lainnya.

Pengguna Facebook Reels bisa menggunakan fitur Remix yang mirip di platform TikTok. Fitur tersebut bisa digunakan untuk membuat Reel-nya sendiri, walaupun Reels yang dibuat sudah ada di Facebook.

Keunggulan lain dari fitur ini adalah durasinya panjang dan sama seperti Instagram Reels yaitu 60 detik.

Fitur terbaru yang akan segera dirilis lainnya yaitu Draft dan Video Clipping. Fitur Draft bisa digunakan konten kreator untuk menyimpan konten yang sudah dibuat dan bisa diunggah nanti.

Sedangkan, fitur Video Clipping digunakan untuk membantu para konten kreator mengedit video live atau konten durasi panjang menjadi cocok untuk Reels.

Meta juga memberikan banyak iklan di Reels ini. Terdapat 2 format iklan yaitu banner ads yang akan tampil untuk overlay transparan di bagian bawah Reels, dan iklan static sticker ads yang bisa ditempatkan oleh kreator dimana saja.

Baca Juga : TikTok Larang Konten Berisi Promosi, Salah Satunya Aset Kripto!

Facebook juga memberikan peluang bagi para konten kreator supaya bisa menghasilkan uang dari fitur ini. Yaitu dengan memberikan akses ke program ad-placement dan menggulirkan fitur stars yang mana jika ada pengguna yang menyukai bisa langsung memberikan tip ke kreator.

Untuk beberapa minggu kedepan, pengguna Facebook bisa membagikan reel yang telah dibuat ke stories atau bisa menonton reels dari tab facebook watch. Juga akan tampil reels dan creation tools di bagian atas feed pengguna.

Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul “Facebook Reels Meluncur Secara Global, Bawa Banyak Fitur Baru”

Link Sumber : https://inet.detik.com/mobile-apps/d-5954994/facebook-reels-meluncur-secara-global-bawa-banyak-fitur-baru

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *