Cara Monetisasi Facebook bagi Pemula untuk Hasilkan Uang secara Online

Anisa 21 Agu 2023 4 Menit 0

ADVERTISEMENT

Cara monetisasi Facebook bisa kamu lakukan jika telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pihak platform, seperti mematuhi kebijakan serta standar komunitas, memenuhi kebijakan monetisasi partner, dan monetisasi konten.

Siapa sangka kalau ternyata pengguna bukan hanya bisa daftar iklan di Facebook Ads untuk menaikkan pendapatan, tetapi juga monetisasi dari beragam jenis konten.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu cara mendapatkan uang dari Internet, coba monetisasi konten di Facebook dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

ADVERTISEMENT

1. Syarat Monetisasi Facebook

Untuk bisa monetisasi penghasilan dari Facebook, kamu harus memenuhi beberapa kebijakan dan syarat yang ditetapkan oleh Facebook untuk setiap pengguna.

Berikut syarat monetisasi Facebook:

ADVERTISEMENT

1.1. Memenuhi Kebijakan Monetisasi Mitra (Partner)

Salah satu syarat agar monetisasi disetujui oleh Facebook adalah memenuhi kebijakan monetisasi mitra.

Kebijakan Monetisasi Partner ini akan mengatur pembayaran dari konten-konten yang kamu publikasikan (posting), bagikan (share), dan adanya sistem pembayaran online.

Nah, kamu akan dinyatakan telah memenuhi aturan Kebijakan Monetisasi Mitra apabila:

  • Konten yang dibuat, diunggah di halaman beranda, grup, dan beberapa platform yang memenuhi standar monetisasi oleh Facebook.
  • Tinggal dan hidup di negara yang masuk kriteria untuk menggunakan fitur monetisasi, karena program monetisasi akan hilang jika pengguna berpindah tempat tinggal yang tidak tersedia fitur tersebut.
  • Taat dan mematuhi Kebijakan Standar Komunitas.
  • Pengguna membagikan konten yang original dan autentik. Jika kedapatan membagikan konten hasil curian, palsu, klikbait, overclaim, sensasional, rasis, melawan kebijakan Facebook, maka monetisasi akan dicabut.

Lalu, bagaimana cara mencari tahu kalau akun FB kamu lulus kebijakan monetisasi mitra?

  1. Buka Facebook dan masuk ke Meta Business Suite (Dashboard Meta)
  2. Kemudian klik pada All Tools di menu sebelah kiri
  3. Pilih Monetisasi untuk melihat sepintas status akun kamu dan kelayakan halaman; bisa dimonetisasi atau tidak
  4. Lalu klik View Page Eligibility untuk melihat kelayakan akun

Untuk melihat kalau halaman Facebook yang kamu kelola dapat dimonetisasi adalah:

  • Apabila muncul status untuk in Stream Ads, Subscriptions, Star, dan lain-lain berstatus ‘Criteria not met’, berarti akunmu belum dapat dimonetisasi.
  • Jika pada View Page Eligibility muncul status ‘Your Page is able to earn money because it is following our Partner Monetisation Policies.’ (halamanmu dapat menghasilkan uang karena mengikuti Kebijakan Monetisasi Mitra) berarti dapat dimonetisasi.

ADVERTISEMENT

1.2. Sesuai dengan Panduan dan Standar Komunitas Facebook

Cara monetisasi Facebook juga dapat dilakukan apabila pengguna dinilai telah memenuhi Standar Kebijakan Komunitas. Salah satunya adalah tidak mengunggah konten eksplisit maupun konten berbahaya lainnya yang bisa men-trigger pengguna lain.

Kebijakan tersebut tentunya juga berlaku bagi video maupun foto yang tidak dimonetisasi. Nah apa saja aturan dan Standar Komunitas Facebook?

  • Dilarang keras mempublikasikan konten yang mengandung aksi kekerasan, kejahatan, dan kriminal.
  • Pembuatan konten harus bebas dari adegan seperti: bunuh diri, pelecehan, pelanggaran privasi, melukai diri, dan eksploitasi terhadap makhluk hidup.
  • Konten yang diunggah oleh pengguna tidak boleh SARA, berisi ujaran kebencian (hate speech), berisi adegan seksual, kekejaman, sensitif, dan menyinggung suatu kelompok tertentu dengan tujuan tertentu
  • Konten dapat dipertanggungjawabkan, bukan hasil curian dan terjamin orisinalitasnya.
  • Pengguna tidak menyebar hoax atau membuat berita palsu, klikbait, palsu dan sebagainya.
  • Menghormati pedoman dan karya cipta atau hak kekayaan intelektual.

ADVERTISEMENT

1.3. Memenuhi Kebijakan Konten (Posting dan Share)

Syarat cara monetisasi Facebook yang ketiga adalah memenuhi Kebijakan Monetisasi Konten yang berkaitan erat dengan unggahan foto, video, reels, dan lainnya di halaman kamu.

Jika ternyata konten yang kamu unggah tidak sesuai dengan kebijakan konten, maka kamu tidak dapat mendaftar monetisasi.

Berikut beberapa konten yang tidak dapat dimonetisasi di Facebook:

  • Konten gambar dan video yang tidak bergerak
  • Konten yang sengaja diunggah untuk memantik respon orang-orang untuk menanggapinya
  • Konten tayangan gambar (slideshow) yang tidak bergerak (mati)
  • Video looping
  • Konten yang berisi video maupun gambar dengan tulisan yang tidak dapat dibaca
  • Konten yang terdapat sematan iklan secara manual di dalamnya dan melanggar kebijakan
  • Konten eksplisit, dan lain-lain

Nah, kamu bisa mendapatkan uang dari hasil monetisasi Facebook apabila lulus dari tiga kebijakan tersebut.

ADVERTISEMENT

2. Jenis Monetisasi Facebook

Sekarang, mari kenali beberapa jenis jalur monetisasi Facebook yang bisa kamu pilih sebagai berikut:

  • Iklan In-Stream adalah konten iklan pendek yang dapat disematkan atau dimasukkan ke dalam suatu video. Entah di bagian awal, tengah, maupun akhir video. Opsi ini cocok bagi kamu yang mau unggah video berdurasi panjang. Jangan lupa, gunakan fitur potong video online Canva agar hasilnya lebih bagus.
  • Langganan Penggemar adalah layanan dan dukungan dari Facebook bagi pengguna yang mau mengembangkan komunitas serta halamannya, kemudian membuka kesempatan bagi pengguna untuk berlangganan secara terus-menerus. Jadi, kalau kamu punya banyak followers, coba pilih jalur monetisasi yang satu ini agar komunitas buatanmu makin besar.
  • Konten Bermerek (Kolaborasi brand) adalah jenis monetisasi yang diperoleh dari hasil kerja sama antara konten kreator dengan suatu merek atau brand bisnis tertentu.
  • Live Stream adalah jenis monetisasi yang dihasilkan konten kreator yang berasal dari pemberian Facebook Starts (rating FB) oleh penonton saat menyaksikan konten siaran langsung tersebut. Setiap FB Stars tersebut dibeli oleh penonton dengan nilai $0.01 atau setara Rp154.

ADVERTISEMENT

3. Cara Monetisasi Facebook

Lalu, bagaimana langkah-langkah untuk mendapatkan uang dari Facebook?

Simak tutorial dan cara monetisasi Facebook bagi pemula di bawah ini:

  1. Buka akun Facebook
  2. Klik fanspage di menu Shortcut sebelah kiri bawah atau pada bagian profil dengan klik See All Profiles
    Cara monetisasi facebook di android
  3. Masuk ke halaman fanspage yang diinginkan. Contoh: Pintar Jualan
  4. Setelah itu, klik Meta Business Suite
    Cara monetisasi facebook creator
  5. Lanjut klik All Tools
    Cara aktifkan monetisasi facebook
  6. Scroll ke bawah dan pilih menu Monetisation
    Cara agar facebook di monetisasi
  7. Nah, coba lihat status page kamu dengan klik View Page Eligibility. Jika muncul opsi Set Up, berarti kamu bisa melakukan monetisasi halaman Facebook tersebut.
    Cara cek monetisasi facebook
  8. Barulah klik Set Up untuk memulai monetisasi
    Cara cepat monetisasi fanspage facebook
  9. Silakan ikuti instruksi atau petunjuk dari Meta dan selesai!

Catatan:Apabila saat klik View Page Egibility muncul pemberitahuan “Criteria not Meet” di setiap jenis Monetisasi, maka kamu belum dapat melakukan monetisasi Facebook.

Cara monetisasi fanspage facebook

Ini adalah contoh jika halaman facebook belum bisa dimonetisasi

FAQ

Apakah Facebook bisa dimonetisasi?

Facebook dapat dimonetisasi apabila pengguna memenuhi standar komunitas Facebook dan telah memenuhi berbagai kriteria yang telah ditetapkan.

Berapa viewer agar dapat uang dari Reels Facebook?

Pengguna bisa mendapatkan uang hasil monetisasi Facebook jika mampu mengumpulkan 1000 viewer dalam 30 hari.

Kesimpulan

Mudah kan cara monetisasi Facebook sekarang? Selain itu, jika kamu ingin mendapatkan banyak kunjungan cobalah fitur verified Facebook yang diluncurkan oleh Meta.

Dengan menjadikan akun biasa menjadi akun verified, maka kepercayaan audiens akan meningkat.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber: Pemaparan di atas diperoleh melalui riset yang dilakukan oleh penulis melalui laman Facebook untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *