Advertisement

Cara Mengatasi Kode OTP Shopee Tidak Masuk dengan Mudah

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
23 Februari 2022
Waktu membaca
3 Menit

Kamu selalu gagal ketika proses verifikasi kode OTP Shopee, seperti gagal masuk. Tepat sekali, kali ini kami akan memberi cara mengatasi kode OTP Shopee tidak masuk dengan mudah.

Shopee mamakai kode OTP untuk memastikan akun seluruh penggunanya. Dengan kode OTP, akun Shopee akan lebih aman dari berbagai kasus penyalahgunaan akun dan sebagainya.

Sebelum mengulas lebih dalam terkait cara mengatasi kode OTP Shopee yang tidak masuk, yuk simak dulu apa sih sebenarnya kode OTP Shopee itu dan seberapa penting.

Apa itu Kode OTP Shopee?

Kode OTP Shopee atau One Time Password adalah kode verifikasi atau password sekali pakai yang terdiri dari 6 digit karakter (seringkali angka) unik dan bersifat rahasia.

Shopee biasanya akan mengirim kode OTP melalui SMS atau email. Sistem dengan sendirinya akan memverifikasi dengan kode OTP untuk memproses transaksi tertentu, seperti:

  1. Log in di perangkat baru
  2. Mengubah nomor HP
  3. Mengubah PIN saldo penjual

Oleh karena itu, kode OTP sangat penting dan bersifat rahasia. Jika kode berhasil bocor atau diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka akun Shopee sudah tidak lagi aman.

Penyebab Kode OTP Shopee Tidak Masuk

Ada beberapa penyebab kode OTP Shopee tidak masuk. Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa kode OTP tidak masuk saat proses pendaftaran akun, ubah nomor, atau ganti PIN.

  1. Terjadi masalah jaringan dari operator seluler HPkamu
  2. Terjadi masalah koneksi internet/jaringan WiFi
  3. Kamu belum mendaftarkan nomor HP kamu di aplikasi Shopee

Oleh sebab itu, pastikan lebih dulu ketiga hal tersebut sebelum meminta kode OTP baik melalui nomor HP atau Whatsapp. Terutama apakah nomor benar sudah terdaftar atau belum.

Cara Mengatasi Kode OTP Tidak Masuk

Ada beberapa cara mengatasi kode OTP Shopee tidak masuk. Namun, sebelum mengirimkan permintaan kode verifikasi atau kode OTP, pastikan dulu tiga hal berikut ini.

  1. Nomor HP yang terdaftar pada akun sudah benar dan dalam keadaan aktif
  2. Sinyal operator nomor HP yang Anda gunakan tidak bermasalah
  3. Versi aplikasi sudah diperbarui

Jika nomor HP sudah benar, salah satu cara yang bisa dilakukan ketika kode OTP Shopee tidak masuk adalah dengan merestart HP dan membersihkan cache.

Cara tersebut bisa digunakan ketika terdapat kendala pada jaringan dari operator seluler HP dan koneksi internet/jaringan WiFi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Restart HP
  2. Buka Setting 
  3. Pilih Manajemen App atau sejenisnya
  4. Pilih Shopee
  5. Pilih Clear Cache
  6. Selesai

Setelah itu, coba kembali minta kode OTP. Namun, pastikan kamu telah menunggu selama 15 menit sebelum meminta kembali kode verifikasi atau kode OTP.

Jika masih belum menerima kode OTP, coba minta kembali kode OTP setiap 20 detik. Permintaan kode OTP bisa dilakukan sebanyak 5 kali per menit dan 30 kali dalam sehari.

Namun, jika masih belum juga menerima kode OTP, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini agar mendapat kode OTP melalui panggilan telepon dari pihak Shopee.

  1. Tunggu sampai hitungan mundur berakhir
  2. Pilih Saya Tidak Menerima Kode Verifikasi (OTP)
  3. Pilih Buat Panggilan Telepon
  4. Tunggu hingga ada panggilan masuk dari Shopee
  5.  Kamu akan menerima kode OTP melalui panggilan telepon dari Shopee
  6. Selesai

Terakhir, apabila semua langkah di atas telah kamu lakukan dan kamu masih belum juga menerima kode OTP, silakan hubungi customer service Shopee dan lampirkan data-data berikut;

  1. Username
  2. Waktu terjadinya kendala
  3. Jenis provider (Telkomsel, Indosat, XL, dan lain-lain)
  4. Halaman tempat kamu mengirimkan permintaan kode OTP. Misalnya di halaman log in kode verifikasi (OTP), membuat PIN ShopeePay, menambah rekening bank, lupa password, atau permintaan penghapusan akun.
  5. Nomor HP
  6. Screenshot/Screen Record

Setelah itu, tunggu saja sampai kamu mendapat notifikasi dari pihak Shopee. Nomor customer service Shopee yang bisa kamu hubungi adalah 08001500702 (24 jam dan termasuk hari libur).

FAQ

  • Kenapa kode OTP Shopee tidak masuk?

Bisa jadi karena nomor telepon, nomor Whatsapp, dan email yang kamu masukkan salah. Selain itu, bisa jadi juga jaringan atau koneksi seluler sedang dalam masalah.

  • Bagaimana cara mendapat kode OTP Shopee?

Kamu dengan sendirinya akan mendapat kode OTP Shopee ketika melalukan proses pendaftaran akun Shopee. Baik akun untuk pembeli maupun penjual atau seller.

  • Bagaimana cara mendapat kode OTP Shopee lewat Whatsapp?

Cara agar mendapat kode OTP Shopee lewat Whtasapp sangat mudah. Saat pihak Shopee akan mengirim kode OTP, pilih saja kirim via Whtasapp. Maka kode OTP akan dikirim ke Whatsapp.

  • Bagaimana cara mendapat kode OTP Shopee lewat SMS?

Cara agar mendapat kode OTP Shopee lewat SMS juga sama mudahnya. Kamu hanya perlu meminta pihak Shopee mengirim kode OTM lewat SMS. Maka kode OTP akan dikirim lewat SMS.

Akhir Kata

Bagaimana? mudah bukan cara mengatasi kode OTP Shopee tidak masuk. Jangan lupa, perhatikan betul bahwa nomor HP yang kamu masukkan itu benar.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke website kami PintarJualan.id dan membaca tulisan cara mengatasi kode OTP Shopee tidak masuk ini sampai selesai.

Satu lagi, jangan lupa juga untuk share tulisan ini dan baca juga tulisan-tulisan kami yang lain, semoga bermanfaat 🙂

Oiya, sebelum ini kami juga membuat tulisan Cara Mengganti Username Shopee dan Cara Menjadi Reseller Shopee, Tanpa Modal untuk Para Pemula lho 😁

 

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *