Advertisement

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim via HP dan Laptop

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
13 Juli 2022
Waktu membaca
6 Menit

Panik adalah reaksi yang wajar ketika menemukan kesalahan dalam email yang sudah dikirm. Tapi bagi yang sudah mengetahui cara membatalkan email, tentu bukan masalah lagi.

Bahayanya, tombolnya bisa hilang dalam waktu yang singkat. Jadi Email yang sudah terkirim lama tidak bisa diedit lagi. jika belum tahu mungkin tombol urungkan pesan ini bakal terlewat.

Tapi kalau sudah tahu tombolnya, Mengirim email lamaran kerja tidak takut salah lagi deh. Ikuti terus langkah-langkah berikut ya.

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim di HP

Untuk membatalkan email yang sudah terkirim, sebenarnya ini bisa dilakukan. Namun google hanya menyediakan waktu yang sangat pendek. Secara default, waktu yang diberikan oleh google adalah lima detik. setelah lima detik tombol akan hilang dan email tidak bisa diedit lagi.

Baik di HP maupun dikomputer, cara ini tidak jauh berbeda.hanya saja, jika di hp ada di kiri bawah, di komputer tombol ini ada di kanan bawah.

langsung saja, ini cara membatalkan email yang terkirim lewat hp

  1. Di kiri bawah, Anda akan melihat “Pesan terkirim” dan opsi “Urungkan” atau “Lihat pesan”.
    tombol ini hanya muncul beberapa saat
  2. Klik Urungkan.

Walaupun terkesan singkat dan mudah, namun waktu muncculnya pesan ini singkat. Jadi, jangan mengandalkan fitur ini. Makanya, selalu cek email sebelum dikirim ya. Walaupun ada tombol untuk membatalkan akun, waktu untuk mengaksesnya sempit sekali.

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Di Komputer

Seperti di HP, sebenarnya emair yang dikirim tidak bisa dibatalkan, kecuali jika baru sebentar. Jika sudah lebih dari satu jam, sudah tidak bisa dibatalkan.

Bagaiamana cara membatalkan email yang sudah terkirim? Caranya adalah dengan menekan tombol yang ada di kiri bawah atau kanan bawah. Tombol biru tulisan tertunda.

  1. Di kiri bawah, Anda akan melihat “Pesan terkirim” dan opsi “Urungkan” atau “Lihat pesan”.
    tombol ini hanya muncul beberapa saat
  2. Klik Urungkan.

Selesai, email yang sebelumnya sudah dikirm tidak jadi terkirimkan. meski begitu, ini bukan cara membatalkan email yang sudah terkirim lama apalagi lebih dari satu jam. Tombol ini hanya muncul 5 detik secara deffault, dan bisa diubah hingga paling lama 30 detik.

ikuti caranya di bawah ini.

Cara Mengatur Waktu atau Durasi Pembatalan/Urungkan Pesan

menurut informasi yang kmi himpun, untuk mengatur durasi pembatalan atau pengurungan pesan ini hnay bisa diakses melalui gmail versi web. jadi jika menggunakan hp, cobalah menggunakan browser dan akses gmail dengan mode desktop.

durasi munculnya tombol untuk mengurungkan pesan mungkin terlalu pendek bagi banyak orang. ya iyalah, waktunya pendek sekali. seringkali pengirim pesan menyadari kesalahannya baru ketika pesan sudah dikirim.

untungnya, google menyediakan pengaturan utnuk membaut waktu ini jadi lebih lama.google menyediakan opsi 5, 10, 20, atau 30 detik.

untuk mengubah durasi waktu munculnya tombol urungkan pesan ikuti langkah di bawah.

  1. buka browser dan buka gmail
  2. klik setelan yang terdapat di kanan atas jendela > semua setelan
  3. pilih durasi pembatalan yang sesuai.

selesai. pasti pada mengubahnya jadi 30 detik kan? Semoga 30 detik adalah waktu yang cukup untuk menyadari bahwa email yang kmu kirimkan masih memiliki kesalahan yang bisa kmu perbaiki.

jangan mengandalkan mengurungkan pesan saja ya. kmu juga harus meninjau ulang emailmu sebelum dikirim.

Cara Mengedit Email Yang Sudah Terkirim

Setelah email dibatalkan untuk dikirmkan, kamu bisa mengedit kembali email tersebut. ini sangat membantu. Akan kembali masuk ke halaman mengedit email. Di situ, kesalahan yang sebelumnya sudah dibuat bisa diperbaiki.

Setelah mengeklik “urungkan”, “batal”, atau “undo” secara otomatis akan diarahkan ke halaman untuk mengedit email tersebut. Namun, jika tidak muncul, bisa juga mengaksesnya melalui draft. ini karena email tersebut kini disimpan sebagai draft.

Draft adalah email yang sudah ditulis, tetapi belum dikirimkan. Email yang disimpan dalam draft masih bisa diedit dan dikirimkan di masa mendatang.

ini dia cara mengakses draft.

Cara Buka Draft di Laptop Melalui Browser Komputer atau Laptop

Setelah email berhasil diurungkan atau dibatalkan untuk dikirim, email akan disimpan sebagai draft. mengakses draft email dengan menggunakan Laptop atau komputer sangatlah mudah.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *