Advertisement

Cara Verifikasi Email Google di HP dan Laptop, Penting untuk Keamanan

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
12 Juli 2022
Waktu membaca
6 Menit

Ketika mau menggunakan email, muncul pesan untuk verifikasi. Sebenanrnya apa sih maksud dengan verifikasi email? Terus, bagaimana cara verifikasi email Google? Baca artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui jawabannya ya.

Verifikasi email itu penting untuk keamanan di Akun Google kalian. Jadi, setelah membuat email Akun Google, jangan lupa untuk verifikasi, oke!

Langsung saja, ini dia caranya.

Bagaimana Cara Memverifikasi Email di Hp?

Tidak harus pakai Laptop atau komputer untuk melakukan verifikasi email. Di HP pun sudah bisa unuk verifikasi. Yang paling penting, perangkat sudah terhubung ke Internet. Ada beberapa cara untuk masuk verifikasi email di HP.

Cara yang akan ditunjukkan disini dengan menggunakan menu Kelola Akun Google > Info Pribadi > nomor telepon. Atau untuk lebih jelasnya ikuti langkah di bawah.

  1. Masuk ke pengaturan chrome dan temukan setelan akun Google
  2. Ketuk “Kelola Akun Google Anda”
  3. Masuk ke tab info pribadi
  4. Ketuk nomor telepon
  5. Tambahkan nomor telepon
  6. Masukkan kode konfirmasi yang masuk > verifikasi

    sumber: Youtube Tech Coffee (www.youtube.com/c/TechCoffee )

Selesai. Nomor telepon membantu Google untuk mengetahui bahwa kamu memang benar-benar pemiliki akun, bukan bot ataupun peretas.

Cara Menambahkan Pemulihan

Selain melalui menu Info pribadi, nomor telepon juga bisa digunakan melalui menu telepon pemulihan. ini akanmembantu ketika lupa password, sehingga bisa menggunakan nomor telepon ataupun email pemulihan untuk mengganti sandi email.

  1. Masuk ke “Kelola Akun Google Anda”
  2. Masuk ke tab keamanan > scroll ke bawah hingga menemukan nomor telepon pemulihan
  3. Tambahkan nomor telepon pemulihan
  4. Masukkan password terlebih dahulu untuk melanjutkan
  5. Masukkan nomor telepon pemulihan > selanjutnya
  6. Masukkan kode yang dikirimkan ke nomor teleponmu > verifikasi

Selesai. Sekarang jika lupa kata sandi Google bisa mengirimkan ke nomor telepon ataupun email yang didaftarkan untuk memastikan bahwa kamu adalah pemilik akun sebenarnya.

Cara Verifikasi 2 Langkah Gmail

Sekarang, teknologi peretasan password sudah makin canggih. Apalagi, data breaching makin kerap terjadi. Password email saja tidak cukup untuk mengamankan akun kamu.

Tetapi Google juga tidak tinggal diam. Kini Google menghadirkan Verifikasi 2 langah supaya akun Google mu semakin aman. Ikuti cara dibawah untuk menambah keamanan akunmu dengan verifikasi dua langkah gmail.

  1. Masuk ke “Kelola Akun Google Anda”
  2. Masuk ke tab keamanan > scroll ke bawah hingga menemukan verifikasi 2 langkah
  3. Masukkan password untuk melanjutkan
  4. Pastikan perangkat yang dicantumkan sesuai > Lanjutkan
  5. Baca Ketentuanya > aktifkan
  6. masukkan verifikasi lain bila diperlukan.

Selesai, sekarang akunmu maki naman karena selain menginput password, perlu juga verifikasi dari HP untuk mengakses akunmu.

Cara Menghilangkan Verifikasi 2 Langkah

Walaupun menambah keamanan, Sebagian orang merasa password verifikasi 2 langkah ini merepotkan. Apalagi ketika terburu-buru, mana sempat?

Cara menon aktifkan verifikasi 2 langkah akun Google tidak jauh berbeda dengan cara mengaktifkannya. Kamu perlu masuk ke Kelola Akun Google Anda > masuk ke tab keamanan > scroll ke bawah hingga menemukan menu untuk menon aktifkan verifikasi 2 langkahnya.

Cara lebih lengkapnya sebagai berikut.

  1. Masuk ke “Kelola Akun Google Anda”
  2. Masuk ke tab keamanan > scroll ke bawah hingga menemukan verifikasi 2 langkah
  3. Klik non aktifkan
  4. Masukkan password untuk konfirmasi

Selesai, sekarang untuk masuk akun Google mu, kamu Cuma butuh password saja. Jadi tidek aperlu direpotkan dengan verifikasi 2 langkah.

Apa yang Dimaksud dengan Verifikasi Email?

Verifikasi akun adalah proses pengecekan dari pihak penyedia layanan seperti Google untuk memastikan bahwa kamu adalah benar benar pengguna akun tersebut. Proses verifikaasi ini bias any melibatkan hal yang menjadi penanda pemilik akun, misalnya nomor telepon dan email lain.

Google sebagai penyedia layanan akan mengirimkan kode unik ke handphone atau email. Kode tersebut harus dimasukkan ke halaman yang disedakan Google. Dengan begitu, Google bisa memastikan bahwa nomor telepon atau pun email yang kamu daftarkan adalah autentik.

Proses Verivikasi bisa dibutuhkan ketika membuat akun Google. Selain itu, bisa juga sewaktu waktu ditambah menjadi verifikasi dua langkah.

Proses verifikasi berguna untuk menambah keamanan akun. Akun jadi lebih sulit diretas karena untuk mengakses akun harus menggunakan verifikasi tambahan. Selain itu, ini juga membantu Google untuk memastikan bahwa ayng mendaftar adalah benar benar orang, bukan bot.

Ketika lupa password, verifikasi juga membantu untuk memulihkan akun. Dengan mendaftarkan nomor telepon dan email pemulihan, Google bisa memastikan bahwa orang yang mau mengakses akun tersebut memang benar benar orang yang berhak.

Selain akun Google, beberapa proses pendaftaran lain seperti Kartu Prakerja, Dapodik, atau Pi Network juga juga membutuhkan verifikasi.

Contoh Email Verifikasi

Jika masih belum mengetahui email atau sms seperti apa yang merupakan pesan verifikasi, ini dia contoh verifikasi yang dikirimkan Google.


Jika melalui email, kode verifikasi bisa berupa enam digit angka. Sementara yang melalui nomor telepon, kode verifikasi uga 6 digit angka yang diawali dengan huruf G. Ini juga bisa berubah sewaktu-waktu ya.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *