20+ Peluang Usaha Bisnis Online Menjanjikan di 2022

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
05 Januari 2022
Waktu membaca
7 Menit

Ada lebih dari 20 peluang usaha online yang menjajikan di tahun 2022. Jika dikelola dengan baik bisa berpotensi mendatangakan keuntungan yang besar.

Untungnya lagi, untuk bisa menjalankan usaha tersebut, sebagian hanya membutuhkan modal kecil. Tapi kamu cukup memanfaatkan keahlian kamu dengan baik.

Simak terus artikel ini sampai selesai. Agar kamu tidak ketinggalan sedikit pun informasi terkait peluang usahan online di 2022. Sebelum itu, mari simak dulu tips usaha online berikut ini.

Tips Usaha Online 2022

Ada beberapa tips yang sudah kami siapkan agar usaha online yang kamu bangun bisa berkambang dengan baik. Selain tentu bisa mendapatkan untung yang besar.

1. Balas Pesan Segera

Usaha-usaha yang berbau online biasanya menuntut kecepatan. Seperti misalnya kecepatan dalam merespon pertanyaan-pertanyaan yang masuk dari pelanggan.

Jika tidak, pelanggan-pelanggan yang menghubungi kamu secara online, seperti lewat Facebook maupun Whatsapp misalnya, bisa-bisa sudah mendapat penggantinya.

2. Foto Produk yang Menarik

Salah satu hal yang sangat diandalkan dalam usaha atau bisnis online adalah foto produk yang benar-benar menarik. Orang sekarang bisa saja langsung tertarik karen melihat fotonya.

Tanpa foto yang menarik usaha online yang sedang kamu bangun bisa tidak berkembang. Jadi, usahakan foto-foto produk yang kamu upload benar-benar menarik.

3. Promo dan Diskon

Sebenarnya tidak untuk usaha online, promo dan diskon bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menarik para pelanggan. Dengan perhitungan yang detail, tips ini bisa sangat ampuh.

Kamu bisa sekali-kali mencoba tips ini. Misalnya setiap akhir bulan kamu akan memberikan diskon sebesar 50% untuk semua jenis produk yang kamu jual.

Peluang Usaha Online 2022

Beberapa peluang usaha online di bawah ini sangat menjanjikan dan menguntungkan. Lebih-lebih di tahun 2022 yang sudah serba online. Berikut 20+ peluang usaha online di 2022;

1. Youtuber

Menjadi Youtuber kini sudah menjadi usaha atau bisnis online yang sangat menjanjikan. Tidak sedikit orang yang sudah membuktikannya. Terutama bagi para generasi milenial.

Saat ini, banyak orang yang menggunakan Youtube sebagai media belajar, hiburan, dan sebagainya. Peluang tersebut bisa kamu manfaatkan dengan menjadi Youtuber.

Jika benar-benar serius, penghasil dari seorang Youtuber bisa dikatakan tidak kecil. Untuk mereka yang sudah memiliki banyak subscribers bisa mendapat pengahsilan lebih dari 1 milyar.

2. Mining

Peluang usaha atau bisnis online yang satu ini mungkin masih banyak yang belum tahu. Apalagi orang-orang yang tidak terlalu peduli dengan perkembangan dunia teknologi.

Mining adalah istilah untuk mereka yang menambang bitcoin dan sejenisnya melalui PC atau komputer dan laptop. Sayangnya, agar bisa memulai bisnis ini, kamu butuh modal besar.

Kamu butuh sperangkat PC atau komputer dengan dukungan GPU atau VGA yang benar-benar mumpuni. Harga untuk satu GPU atau VGA tersebut bisa mencapai 15 juta saat ini.

3. Treding

Sama seperti mining, peluang usaha atau bisnis online yang satu ini juga mungkin  masih jarang orang yang tahu. Padahal, jika benar-benar mahir bisa sangat menguntungkan.

Butuh keahlian khusus untuk menjalankan usaha atau bisnis yang satu ini. Terutama keahlian dalam membidik harga. Apakah akan naik atau akan turun.

Treding sendiri ada berbagai jenis macamnya di pasar keuangan. Mulai dari treding saham, treding forex, hingga treding komoditas. Ketiganya berpeluang untung dan rugi.

4. Jasa Pembuatan Website

Di era yang sudah serba digital seperti sekarang ini, keberadaan website pasti akan sangat membantu. Terutama untuk membantu memberikan informasi maupun sekedar untuk branding.

Tidak sedikit perusahaan dan sekolah yang berlomba-lomba membuat website untuk kepentingan seperti misalnya media promosi, memberikan informasi, dan sebagainya.

Jika kamu memiliki kemampuan membuat website, tidak ada salahnya untuk mecoba peluang usaha atau bisnis online jasa pembuatan website ini.

5. Web Development

Web development atau jasa pengembang web adalah salah satu profesi yang lagi atau sedang banyak dibutuhkan saat ini. Pasalnya, tidak sedikit juga orang tertarik untuk membuat website.

Namun, untuk bisa menjadi seorang web development atau jasa pengembang web itu tidak mudah. Kamu musti paham bahasa-bahasa pemrograman yang cukup tidak mudah.

Kamu harus benar-benar menguasai betul bahasa pemrograman seperti misalnya Java, PHP, C++, JavaScript, HTML, Pyton, Visual Basic, dan masih banyak lagi.

6. Jasa Pembuatan Toko Online

Beberapa brand besar biasanya, selain memanfaatkan markeplace, juga membuat toko online untuk usaha mereka. Akhir-akhir, langkah tersebut juga dilakukan oleh beberapa UMKM.

Jika kamu bisa membuat toko online, kamu bisa memanfaatkan momen yang satu ini. Apalagi UMKM sedang marak-maraknya sekarang ini.

Kamu bisa membuat toko online dengan seperti misalnya WordPress + plugin WooCommerce. Jika kurang puas, kamu bisa membuatnya secara manual sendiri dari awal dengan coding.

7. Pengelola Website

Tidak sedikit orang yang sudah memiliki website tapi karena sibuk kemudian tidak ada waktu untuk mengelolalnya. Selain itu, tidak sedikit orang yang hanya ingin memiliki website.

Padahal, mereka sebenarnya tidak begitu paham bagaimana cara mengoperasikan website. Baik sekedar utnuk mengganti tema atau lebih-lebih ketika terjadi eror pada website.

Jika kamu menemukan orang yang seperti itu dan kamu termasuk orang yang paham betul tentang website, kamu bisa mencoba peluang usaha yang satu ini.

8. Pengelola Media Sosial

Selain jasa pengelola website, jasa pengelola media sosial juga bisa jadi salah satu peluang usaha online. Hampir setiap oarang memanfaatkan media sosial sebagai media promosi.

Namun, mengelola media soal agar terlihat menarik juga tidak gampang. Tidak semua orang memiliki kelebihan untuk mengelola media sosial menjadi menarik.

Jika kamu termasuk orang yang bisa membuat media sosial menjadi lebih menarik, baik dari desain gambar atau yang lainnya, kamu bisa mencoba peluang usaha online yang satu ini.

9. Pengelola Marketplace

Mengelola marketplace itu gampang-gampang mudah. Beberapa marketplace besar biasanya akan memberikan sanksi kepada para seller yang tidak serius dalam menjual produk.

Seperti misalnya membiarkan pembeli menunggu berhari-hari setelah melakukan checkout. Bisa juga tidak membalas pesan yang dikirim oleh para pembeli.

Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dengan menawarkan diri menjadi pengelola marketplace. Kamu hanya perlu menawarkan kelebihan yang kamu miliki.

Seperti misalnya, kamu akan membalas pesan yang masuk dalam waktu yang cepat atau akan memberi tahu pihak gudang jika ada orderan yang masuk dengan segera.

10. Dropshipper

Asalkan kamu punya HP dan kuota, kamu sudah bisa menjalankan peluang usaha online yang satu ini. Peluang usaha yang satu ini tergolong praktis dan simpel.

Selain itu, untung yang kamu dapatkan juga biasanya lumayan agak besar. Kamu mungkin akan mendapatkan diskon sampai 40% dari harga asli yang ditawarkan.

Kunci dari peluang usaha yang satu ini adalah kamu musti mahir dalam memasarkan barang. Salah satu alternatif untu memasarkan barang media sosial.

11. Reseller

Peluang usaha online yang satu ini membutuhkan sedikit modal. Pasalnya, kamu harus membeli produknya terlebih dulu. Baru setelah itu kamu bisa menjualnya.

Keuntungan menjadi reseller biasanya adalah mendapatkan potongan harga yang cukup besar. Para reseller bisa mendapatkan potongan harga sampai 60% atau bahkan 75%.

Buat kamu yang memiliki sedikit modal tidak ada salahnya mencoba usaha online ini. Seperti menjadi dropshipper, menjadi seorang reseller juga musti mahir memasarkan barang.

12. Jasa SEO

Khusus kamu yang memiliki pengetahuan dan kreatifitas terkait dengan SEO (Search Engine Optimization) peluang usaha online yang satu ini sangat bisa kamu coba.

Lebih-lebih jika kamu sudah memiliki banyak portofolio artikel yang ada di halaman pertamam Google. Akan banyak orang percaya dengan keterampilan kamu dalam meracik SEO.

Peluang usaha ini akan terus dibuthkan selama masih banyak orang yang menjadikan mesin pencari, seperti Google, sebagai sumber untuk mendapatkan informasi.

13. Penulis Freelance

Kamu yang benar-benar suka menulis bisa mencoba peluang usaha yang satu ini. Kamu bisa mengirimkan tulisan-tulisan kamu ke media-media nasional atau media online.

Namun, kamu harus bersabar sampai tulisan kamu selesai direview oleh pihak redaksi. Tapi, jika tulisan kamu diterima, maka kamu bisa mendapatkan uang dari media tersebut.

Mereka biasanya akan membayar satu tulisan dengan harga yang lumayan cukup mahal. Kecuali media-media onlien yang masih kecil, biasanya berkisar antara 100-300 ribu.

14. Jasa Copywriting

Penulis copywriting adalah penulis yang secara khusus menulis untuk memasarkan suatu produk tertentu. Jadi, kamu musti mengetahui betul produk yang akan dipasarkan tersebut.

Terutama terkait dengan kelebihan produk tersebut. Sehingga pembaca akan tertarik untuk membeli produk tersebut setelah membaca artikel yang kamu tulis.

Menjadi seorang penulis copywriting itu memang tidak mudah. Butuh keahlian untuk mengolah kata sehingga menjadi kalimat yang semenarik mungkin.

15. Jasa Penulis SEO

Jika kamu memiliki pengathuan tentang SEO dan suka menulis artikel, maka kamu bisa mencoba peluang usaha yang satu ini, yaitu jasa penulis SEO.

Jasa penulis SEO berbeda dengan penulis copywriting atau penulis artikel-artikel biasa. Untuk menjadi penulis SEO kamu harus bisa menyelaraskan gaya tulisan kamu dengan SEO.

Jadi penulis SEO tidak hanya membuat tulisan yang bagus dan enak dibaca. Akan tetapi juga ramah di mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya.

16. Jual Foto

Tahukah kamu kalo foto-foto yang kamu koleksi itu sebenarnya bisa dijual. Ada beberapa situs website yang bersedia untuk mempromosikan koleksi foto kamu agar bisa menjadi uang.

Salah satu yang sudah cukup terkenal adalah Shutterstock. Shutterstock menampung gambar, foto, video, vektor, dan music, karya para profesional di seluruh dunia untuk dijual.

Kamu bisa membaca artikel lain dari kami jika ingin menjual foto melalui Shutterstock di artikel Cara Menjual Foto di Shutterstock Secara Online Modal HP.

17. Jasa Desain Grafis

Peluang usaha online yang satu ini bisa dikatakan tanpa modal. Namun, dengan catatan kamu sudah memiliki laptop atau PC yang bisa digunakan untuk mendesain.

Jasa desain grafis bisa dikatakan sebagai salah satu peluang usaha yang hari ini juga banyak dibutuhkan. Semakin hari semakin banyak orang yang membuat poster sebagai promosi.

Selain itu, tidak sedikit juga orang yang biasanya minta tolong untuk dibuatkan undangan secara custom. Seperti terdapat foto mereka di dalam undangan dan sebagainya.

Jika kamu mahir desain grafis, kamu bisa menfaatkan media sosial untuk mempromosikan skill kamu dalam hal desain grafis. Barangkali saja ada salah satu yang tertarik.

18. Menjadi Blogger

Pelaung usaha online yang satu ini tidak mudah tapi juga tidak sulit. Skill yang kamu butuhkan adalah menulis. Jika kamu suka menulis, maka tidak akan ada masalah sama sekali.

Kamu bisa mendapatkan pendapat dari blogger setidaknya dengan dua cara. Cara yang pertama adalah dengan melalui iklan seperti Google AdSense dan sebagainya.

Sedangkan cara yang kedua adalah dengan menjual blog yang sudah kamu bangun tersebut. Biasanya ada banyak orang yang mau membeli blog yang sudah berisi banyak tulisan.

19. Jualan Ebook

Peluang usaha atau bisnis online yang satu ini khusus buat kamu punya perusahaan penerbitan buku atau kamu yang sudah memiliki relasi dan kerjasama dengan penerbit buku.

Buku, selain dijual dalam versi cetak, biasanya juga dijual dalam versi ebook. Harga untuk buku-buku dalam versi ebook juga biasanya jauh lebih murah ketimbang yang versi cetak.

Namun, tidak semua buku ada versi ebooknya. Hanya buku-buku tertentu yang ada versi ebooknya. Kamu bisa memanfatkan peluang usaha ini untuk mendapatkan uang saku tambahan.

20. Konsultan

Jika kamu memiliki keahlian tertentu, seperti misalnya ahli dalam bidang psikologi, arsitek, dan sebagainya, berarti kami bisa memanfaatkan peluang usaha online yang satu ini.

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, konsultasi tidak perlu lagi datang ke rumah. Melainkan cukup dengan melalui media-media sosial yang sudah ada.

Konsulitasi di zaman yang serba digital bisa dengan cara telepon atau video call. Selain jauh lebih mudah juga lebih murah. Setidaknya kita bisa menghemat biaya perjalanan.

21. Jualan Produk Metavers

Tahukah kamu apa itu metavers? Jawaban sederhananya, metavers adalah duplikasi kehidupan kita yang nyata namun dalam bentuk yang serba digital.

Di dalam metavers kita juga bisa membeli mobil, rumah, baju, dan sebagainya. Kehiduapn di metavers memang seringkali digambarkan tidak jauh berbeda dengan kehiduapn nyata.

Kita mustinya bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk membangun usaha atau bisnis. Salah satunya adalah dengan iktu menjual produk-produk yang dibutuhkan di metavers.

Akhir Kata

Demikian informasi terkait peluang usaha online yang menjanjikan dan menguntungkan di tahun 2022. Mulai dari menjadi Youtuber hingga mining dan treding.

Tahun 2022 memang menjadi tahun yang berbeda karena semakin maju dan berkembangnya teknologi saat ini. Mutakhir yang lagi banyak dibicarakan adalah Metawavers.

Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke website kami dan membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk membagi artikel ini ke orang-orang terdekat kamu.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *