10 Manfaat Toko Online Untuk Bisnis dan Cara Membuatnya (Gratis)

Ifan Prasya 24 Nov 2023 4 Menit 0

Manfaat toko online untuk bisnis sudah tidak perlu diragukan lagi. Sekarang siapa sih yang tidak membuka toko online untuk memasarkan produknya?

Apalagi keberadaan toko online bukan hanya untuk menaikkan branding usaha saja, tetapi yang paling penting adalah menjangkau seluruh customer di tingkat global.

Tentunya sebelum mendirikan toko seperti ini kamu perlu menyiapkan nama-nama yang bagus untuk toko online tersebut agar mudah diingat oleh pelanggan.

Nah, bagaimana cara bikin toko online dan apa manfaatnya bagi pemilik usaha? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Apa itu e-Commerce & Toko Online?

e-Commerce adalah aktivitas jual beli melalui internet. Mulai dari pasarnya, penjualnya, pembelinya, hingga metode pembayaran yang dilakukan. Kegiatan ini menghubungkan antara produsen dan konsumen secara langsung.

Bisa dikatakan bahwa e-commerce lebih fokus pada kegiatan jual belinya. Lalu, bagaimana dengan toko online?

Toko online adalah toko yang menyajikan etalase produk, lengkap dengan sistem transaksi yang sudah dibangun. Mulai dari fitur memasukkan keranjang, checkout, hingga opsi metode pembayaran dan pengiriman.

Jadi posisi toko online berada di dalam sebuah marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Toko online lebih fleksibel karena kita dapat memasukkan unsur brand yang unik. Misalkan lewat desain website, copywriting, diskon dan promo, hingga hal mendetail seperti syarat & ketentuan.

2. Manfaat Toko Online Untuk Bisnis

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika kita sebagai pemilik usaha membangun sebuah toko online seperti:

2.1. Tampilan Lebih Profesional

Manfaat adanya toko online

Tampilan website akan secara langsung terlihat lebih profesional dibanding sebelumnya. Ketika pengguna atau calon konsumen mengetik nama brand di address bar mereka, maka di situ akan terakses website kita.

Website yang diakses dan memiliki nama domain berakhiran .id atau .com akan jauh lebih bagus. Kita sebagai pengguna juga akan semakin percaya bahwa brand tersebut memiliki visi yang jelas.

Berikut beberapa alasannya:

  • Brand kita dinilai bagus karena mau mengeluarkan modal untuk memperbagus branding lewat toko online.
  • Konsumen akan semakin percaya dan mau menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli produk lewat toko online.
  • Konsumen dapat dengan mudah merekomendasikan toko online kita kepada teman-teman mereka.

2.2. Meningkatkan Kredibilitas

Masih berhubungan dengan poin nomor satu, ketika tampilan website lebih profesional, maka secara langsung juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen kepada brand kita.

Dibandingkan jika harus membandingkan toko-toko yang ada di marketplace, akan terasa lebih sulit. Konsumen jika melihat toko online, apalagi dengan desain unik & sesuai brand, maka akan sangat mudah diingat.

Dengan demikian, kredibilitas toko online kita akan meningkat seiring kepercayaan dari konsumen.

2.3. Katalog Produk Lebih Komplit

Manfaat membangun toko online

Ketika memiliki toko online, kita dapat mengunggah produk sebanyak yang kita mau tanpa harus dibatasi oleh fitur dari pihak ketiga (misalnya pihak marketplace).

Katalog tersebut tentu akan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk melihat produk yang ditawarkan. Beserta dengan stok yang ada; apakah masih bisa order atau tidak.

Dengan begitu, sebagai pemilik usaha, ketika ada yang menanyakan produk jualan kita, maka bisa kita sarankan untuk langsung mengakses katalog agar lebih mudah mengeceknya.

Mau bikin katalog sendiri? Coba pakai aplikasi pembuat katalog online!

2.4. Memudahkan Konsumen

Selain katalog, toko online juga memiliki banyak jenis halaman yang bisa dibuat untuk memudahkan konsumen. Halaman-halaman tersebut di antaranya:

  • Katalog produk
  • Kategori produk
  • Cara pemesanan
  • Cara pengiriman
  • Cara retur (jika ada)
  • Syarat & ketentuan

Dan masih banyak lagi halaman lain yang bisa ditambahkan sesuai kebutuhan kita.

Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah untuk membeli produk lewat website toko online. Mereka juga bisa fokus untuk membeli produk sesuai dengan keinginan, menambah promo, diskon, dan penawaran menarik lainnya.

2.5. Mudah untuk Dikelola

Mengelola toko online sebetulnya relatif mudah. Ada beberapa yang memang susah dan perlu bantuan web developer, namun banyak juga yang mudah untuk dikelola, bahkan oleh pemula.

Untuk memudahkannya, kita bisa menggunakan saluran pemasaran digital yang paling populer di Indonesia.

Dengan begitu pengelolaan website toko online ini sesuai dengan halaman-halaman yang diterbitkan. Biasanya tidak jauh-jauh dari:

  • Upload produk, deskripsi, stok
  • Memproses pesanan yang masuk
  • Mengubah tampilan website
  • Menambah diskon & promo

Sekali lagi, semuanya bisa dikelola langsung dari satu dasbor. Pun, tingkat kesulitan dari pengelolaan toko online juga tergantung dari seberapa banyak kebutuhan kita dan halaman yang diterbitkan.

2.6. Tidak Tergantung Marketplace

Manfat toko online berikutnya adalah bisa berdiri sendiri dan tidak bergantung pada marketplace.

Kita sama-sama tau jika berjualan di marketplace punya keunggulan dan kelemahannya. Jika dikaitkan, kelemahan marketplace tentu tidak bisa custom tampilan, biaya admin tinggi, persaingan tinggi, dan sewaktu-waktu toko bisa ditutup.

Makanya toko online bisa menjadi alternatif untuk mengimbangi marketplace. Di toko online, kita bisa menerapkan penawaran yang tidak ada di marketplace, sehingga konsumen tetap mau transaksi di website kita.

2.7. Lebih Mengenal Konsumen

Manfaat belanja online bagi masyarakat

Maksudnya, saat membangun toko online, kita akan mendapatkan data yang lebih jelas ketimbang di marketplace. Data-data tersebut didapat dari pengguna yang melakukan pendaftaran di website kita.

Biasanya meliputi:

  • Alamat email
  • Nomor HP
  • Alamat pengguna

Bisa juga mengenai bank dan dompet digital yang digunakan. Bukan untuk disalahgunakan, namun untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang sebenarnya. Supaya kita dapat memberikan penawaran yang menjawab permasalahan mereka.

Halaman Selanjutnya
3. Cara Membuat Toko Online...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ifan Prasya
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *