10 Manfaat Toko Online Untuk Bisnis dan Cara Membuatnya (Gratis)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
01 September 2021
Waktu membaca
4 Menit

Manfaat toko online untuk bisnis sudah bukan menjadi rahasia umum lagi: cukup banyak. Asalkan, kita mampu mengelolanya dengan tepat agar dapat memperoleh hasil yang diharapkan.

Dalam tulisan ringkas ini, kami telah merangkum beberapa poin penting. Meliputi:

  • Apa itu e-commerce dan toko online?
  • Manfaat dari membangun toko online sendiri,
  • Cara mudah dan praktis membuat toko online hemat biaya.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update di kemudian hari. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Apa itu eCommerce & Toko Online?

eCommerce merupakan aktivitas jual beli melalui internet. Mulai dari pasarnya, penjualnya, pembelinya, hingga metode pembayaran yang dilakukan. Kegiatan ini menghubungkan antara produsen dan konsumen secara langsung.

Bisa dikatakan bahwa e-commerce lebih fokus pada kegiatan jual belinya. Lalu, bagaimana dengan toko online?

Toko online merupakan toko yang menyajikan etalase produk, lengkap dengan sistem transaksi yang sudah dibangun. Mulai dari memasukkan keranjang, checkout, hingga pembayaran dan pengiriman.

Identiknya, toko online dibangun sendiri oleh pemilik usaha. Berbeda dengan marketplace yang masih “numpang” oleh penyedia lapak, seperti Shopee, Tokopedia, hingga Bukalapak.

Toko online lebih fleksibel karena kita dapat memasukkan unsur brand yang unik. Misalkan lewat desain website, copywriting, diskon dan promo, hingga hal mendetail seperti syarat & ketentuan.

Manfaat Toko Online Untuk Bisnis

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika kita sebagai pemilik usaha, membangun sebuah toko online. Jika diringkas, berikut beberapa poin yang kami highlight:

  • Tampilan lebih profesional
  • Meningkatkan kredibilitas
  • Katalog produk lebih komplit
  • Memudahkan konsumen
  • Mudah untuk dikembangkan
  • Tidak tergantung pada marketplace
  • Lebih mengenal konsumen lewat data

Berikut ulasan selengkapnya.

1. Tampilan Lebih Profesional

Tampilan website akan secara langsung akan terlihat lebih profesional dibanding sebelumnya. Ketika pengguna atau calon konsumen mengetik nama brand di address bar mereka, maka di situ akan terakses website kita.

Website yang diakses dan memiliki nama domain berakhiran .id atau .com akan jauh lebih bagus. Kita sebagai pengguna juga akan semakin percaya bahwa brand tersebut memiliki visi yang jelas.

Berikut beberapa alasannya:

  • Brand kita dinilai bagus karena mau mengeluarkan modal untuk memperbagus branding lewat toko online.
  • Konsumen akan semakin percaya dan mau menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli produk lewat toko online.
  • Konsumen dapat dengan mudah merekomendasikan toko online kita kepada teman-teman mereka.

2. Meningkatkan Kredibilitas

Masih berhubungan dengan poin nomor satu, ketika tampilan website lebih profesional, maka secara langsung juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen kepada brand kita.

Dibandingkan jika harus membandingkan toko-toko yang ada di marketplace, akan terasa lebih sulit. Konsumen jika melihat toko online, apalagi dengan desain unik & sesuai brand; maka akan sangat mudah diingat.

Dengan demikian, kredibilitas toko online kita akan meningkat seiring kepercayaan dari konsumen.

3. Katalog Produk Lebih Komplit

Ketika memiliki toko online, kita dapat mengunggah produk sebanyak yang kita mau. Tanpa harus dibatasi oleh fitur dari pihak ketiga (marketplace, misalkan).

Katalog tersebut tentu akan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk melihat produk yang ditawarkan. Beserta dengan stok yang ada, apakah masih bisa order atau tidak.

Dengan begitu, sebagai pemilik usaha, ketika ada yang menanyakan produk jualan kita; maka bisa kita sarankan untuk langsung mengakses katalog agar lebih mudah mengeceknya.


Baca juga konten menarik lainnya:


4. Memudahkan Konsumen

Selain katalog, toko online juga memiliki banyak jenis halaman yang bisa dibuat untuk memudahkan konsumen. Halaman-halaman tersebut di antaranya:

  • Katalog produk
  • Kategori produk
  • Cara pemesanan
  • Cara pengiriman
  • Cara retur (jika ada)
  • Syarat & ketentuan

Dan masih banyak lagi halaman lain yang bisa ditambahkan sesuai kebutuhan kita.

Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah untuk membeli produk lewat website toko online. Mereka juga bisa fokus untuk membeli produk sesuai dengan keinginan, menambah promo, diskon, dan penawaran menarik lainnya.

5. Mudah untuk Dikelola

Mengelola toko online sebetulnya relatif. Ada beberapa yang memang susah dan perlu bantuan web developer, namun banyak juga yang mudah untuk dikelola, bahkan oleh pemula.

Pengelolaan website toko online ini sesuai dengan halaman-halaman yang diterbitkan. Biasanya tidak jauh-jauh dari:

  • Upload produk, deskripsi, stok
  • Memproses pesanan yang masuk
  • Mengubah tampilan website
  • Menambah diskon & promo

Sekali lagi, semuanya bisa dikelola langsung dari satu dasbor. Pun, tingkat kesulitan dari pengelolaan toko online juga tergantung dari seberapa banyak kebutuhan kita dan halaman yang diterbitkan.

6. Tidak Tergantung Marketplace

Manfat toko online berikutnya adalah bisa berdiri sendiri dan tidak tergantung pada marketplace.

Kita sama-sama tau jika berjualan di marketplace punya keunggulan dan kelemahannya. Jika dikaitkan, kelemahan marketplace tentu tidak bisa custom tampilan, persaingan tinggi, dan sewaktu-waktu toko bisa ditutup.

Dengan begitu, toko online bisa menjadi alternatif untuk mengimbangi marketplace. Di toko online, kita bisa terapkan penawaran yang tidak ada di marketplace, sehingga konsumen tetap mau transaksi di website kita.


Baca juga konten menarik lainnya:


7. Lebih Mengenal Konsumen

Maksudnya, saat membangun toko online, kita akan mendapatkan data yang lebih jelas ketimbang di marketplace. Data-data tersebut didapat dari pengguna yang melakukan pendaftaran di website kita.

Biasanya meliputi:

  • Alamat email
  • Nomor HP
  • Alamat pengguna

Bisa juga mengenai bank dan dompet digital yang digunakan. Bukan untuk disalahgunakan, namun untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang sebenarnya. Supaya kita dapat memberikan penawaran yang menjawab permasalahan mereka.

Cara Membuat Toko Online Gratis

Apabila tertarik, kamu bisa langsung membuat toko online gratis dalam waktu 10 menit atau bahkan lebih cepat. Bagaimana langkahnya? Mudah saja, ikuti petunjuk di bawah.

1. Pilih Platform

Platform yang tersedia saat ini untuk membuat toko online antara lain:

  • TokoTalk.com
  • Sakoo.id
  • Desty.app
  • Natatoko.com
  • Sirclo.com

Kelima platform di atas gratis, bisa dicoba dan dipilih sesuai dengan kesukaan kita. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan dari platform tersebut, baca postingan berikut:

2. Daftar Gratis

Setelah memilih salah satu dari rekomendasi tadi, langsung saja mendaftar di platform tersebut. Caranya cukup mudah. Ada platform yang hanya mengharuskan untuk submit nomor WA, ada juga yang lewat email dan password.

3. Kelola Toko

Selanjutnya, kelola toko online kamu sesuai dengan kebutuhan. Upload produk yang ingin ditambahkan, beserta dengan detail seperti foto, deskripsi, stok, spesifikasi, dan banyak lagi.

Rangkuman

  • Manfaat toko online bagi pemilik bisnis cukup beragam: lebih profesional, meningkatkan kredibilitas, katalog produk lebih komplit, memudahkan konsumen, mudah untuk dikelola, tidak bergantung pada marketplace, lebih mengenal konsumen.
  • Mendaftar toko online gratis bisa dilakukan di beberapa situs penyedia: tokotalk.com, sakoo.id, desty.app, natatoko.com, dan sirclo.com. Semuanya gratis dan bisa digunakan dengan mudah dan cepat.

Bagaimana, sampai di sini sudah cukup jelas, ya? Apabila ada yang ingin ditanyakan, Tinggalkan Balasan (✍) di kolom komentar, ya. Sebisa mungkin akan kami jawab dan berikan solusi praktisnya.

Mungkin cukup sampai di sini dulu. Terima kasih dan semoga membantu!

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *