10 Strategi Pemasaran UMKM di Era Digital yang Efektif

Anisa 19 Jun 2023 5 Menit 0

Transformasi digital UMKM adalah usaha yang dilakukan untuk memasarkan produk UMKM menggunakan kecanggihan teknologi. Upaya ini termasuk strategi pemasaran UMKM yang bertujuan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, menaikkan brand usaha, dan menurunkan biaya promosi.

Seperti yang diketahui bersama bahwa digitalisasi tidak hanya merambah bisnis teknologi, tetapi juga dunia ekonomi, sehingga para pelaku usaha harus ikut andil dalam transformasi digital saat ini apabila ingin bisnisnya berkembang.

Dilansir dari halaman Kominfo.go.id, sebanyak 64,2 juta UMKM telah berkontribusi sebesar 61% pada PDB Indonesia. Dengan nominal tersebut, UMKM rupanya telah menyerap 97% dari total tenaga kerja di Indonesia yang berjumlah 119,6 juta orang.

Walaupun sekilas berdampak besar, kenyataannya baru 17,5 juta pemilik UMKM yang bergabung dalam praktik digitalisasi dan menggunakan e-commerce sebagai wadah jual beli produk.

Padahal penting bagi para pelaku UMKM dan UKM mengetahui strategi pemasaran yang paling efektif untuk bisnisnya seperti berikut.

Pentingnya Strategi Pemasaran UMKM di Era Digital

Strategi pemasaran UMKM di tengah derasnya arus digitalisasi sangatlah penting untuk memajukan usaha.

Sebab, banyak UMKM sekarang berlomba-lomba untuk berada di next level mereka masing-masing.

Salah satunya yakni memanfaatkan digital marketing untuk memperkenalkan brand serta produk andalan mereka.

Digital marketing berperan besar dalam penyebarluasan produk dan membidik pasar, sehingga para pengusaha dapat meminimalisir berbagai kesalahan bisnis UMKM di era digital.

Apa strategi pemasaran produk UMKM yang bisa dilakukan oleh para pelaku bisnis agar usahanya berkembang?

10 Contoh Strategi Pemasaran UMKM di Era Digital yang Efektif

Berikut ini beberapa contoh strategi bisnis pada pemasaran UMKM yang bisa Anda terapkan:

1. Riset Pasar secara Mendalam

Riset pasar adalah proses mencari tahu, memeriksa fakta, dan menganalisa kondisi pasar yang meliputi kompetitor, perilaku konsumen, kebutuhan konsumen, serta inovasi produk.

Dengan melakukan riset pasar, Anda bisa mengetahui peluang bisnis yang ada dan menentukan strategi pemasaran yang hendak digunakan.

Contoh:Anda melihat bisnis kuliner berkembang pesat saat memasuki bulan puasa. Namun saking banyaknya pesaing, Anda harus menggunakan strategi pemasaran produk makanan yang antimainstream untuk menggaet pembeli, yaitu dengan cara membuka kemitraan dan bisnis bagi reseller.

2. Tentukan Jenis Produk

Langkah kedua saat menerapkan strategi pemasaran UMKM di era digital adalah menentukan jenis produk yang akan dijual.

Berdasarkan hasil riset yang Anda lakukan, maka jenis produk paling tidak harus memenuhi unsur berikut:

  • Menjadi kebutuhan bagi konsumen
  • Menjadi solusi bagi konsumen
  • Memberikan banyak manfaat
  • Punya value atau nilai tersendiri
  • Harga terjangkau dan sesuai pasar

Contoh:Anda mengetahui jika masyarakat di sekitar Anda banyak yang membuka usaha laundry. Dari situlah, Anda akhirnya menjual peralatan usaha laundry kiloan untuk mendukung bisnis mereka.

3. Pilih Desain Kemasan Produk yang Kekinian

Strategi bauran pemasaran umkm

Contoh penggunaan kemasan kekinian bagi umkm | sumber: tokopedia. Com/wijayastationery

Kemasan kekinian mampu menarik pembeli karena mampu mempresentasikan bagaimana produk yang ada di dalamnya.

Sejauh ini hampir sebagian besar pebisnis, baik bisnis kuliner dan makanan, parfum, skincare, dan sebagainya telah menggunakan kemasan yang lebih memikat.

Misalnya:kemasan makanan ringan yang dulunya hanya pakai plastik bening biasa kini sudah beralih ke standing pouch yang lebih elegan dan premium.

Selain mengandalkan kemasan yang menarik tersebut, tak lupa para pebisnis juga menambahkan label makanan agar lebih mudah dikenali pembeli.

4. Promosikan Produk UMKM lewat Media Sosial

Strategi pemasaran umkm saat ini

Contoh pengenalan menu lewat media sosial | sumber: nstagram. Com/tentangkopi. Sahabat

Strategi pemasaran UMKM yang saat ini paling banyak dilakukan dan ditiru oleh pebisnis adalah menggunakan media sosial sebagai tempat promosi.

Selain lebih penyebarannya yang cepat dan mudah, memasarkan produk melalui media sosial juga dianggap mampu mengurangi biaya promosi.

Salah satunya adalah pembuatan konten seperti video TikTok, thread di Twitter, video Reels di Instagram, YouTube Short, dan Video Facebook.

Berikut beberapa cara mempromosikan produk UMKM di media sosial yang dapat Anda pelajari:

5. Manfaatkan Marketplace

Strategi pemasaran yang efektif untuk umkm

Contoh penjualan produk umkm melalui marketplace | sumber: tokopedia. Com/tokoalabsyar

Selain mempromosikan produk lewat content marketing, Anda juga dapat memanfaatkan marketplace, e-commerce, dan online shop untuk berjualan.

Strategi pemasaran UMKM inilah yang dimaksudkan oleh pemerintah, yakni penggunaan e-commerce untuk menjangkau konsumen lebih banyak.

Sebagai contoh, Anda dapat menjual produk ke Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan lain-lain.

Inilah beberapa contoh panduan cara jualan online di marketplace untuk memasarkan produk yang bisa Anda ikuti:

6. Buat Kuis dan GiveAway

Analisis strategi pemasaran umkm

Contoh pengadaan kuis untuk mendapatkan banyak pengikut | sumber: instagram. Com/wedanganradjimanplus/

Membuat kuis dan giveaway menjadi senjata ampuh bagi para pemilik UMKM untuk mendapatkan banyak pengikut di media sosial.

Dengan banyaknya pengikut yang diperoleh, penyebarluasan konten pun jadi lebih mudah dan ringan.

Hal ini dikarenakan jumlah audiens yang melihat unggahan konten Anda juga lebih banyak dari sebelumnya.

Bagaimana cara membuat kuis dan giveaway? Anda bisa melihat unggan di akun instagram Wedangan Radjiman Plus yang mengadakan kuis lewat tebak skor.

7. Inovasi Produk

Melakukan inovasi produk untuk mengikuti perkembangan zaman juga terkadang perlu dilakukan dalam strategi pemasaran UMKM. Tujuannya agar produk yang dijual relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Contoh:Tampilan sepatu dengan aksen blink-blink dan warna mencolok sekarang kurang digemari oleh kalangan muda-mudi. Sebagai gantinya mereka lebih suka desain sepatu yang simple, tetapi terkesan elegan. 

Melihat kondisi tersebut, melakukan inovasi produk dengan mengikuti perilaku dan selera konsumen sangatlah penting agar UMKM Anda tetap bertahan.

8. Gabung Komunitas Online

Menyusun strategi pemasaran untuk spesialis pemasaran umkm

Contoh promosi gratis dari komunitas blogger perempuan network | sumber: instagram. Com/bloggerperempuan/

Bergabung dengan komunitas online merupakan strategi pemasaran UMKM yang bisa dibilang minim biaya.

Sebab dalam keanggotaan sebuah komunitas online umumnya tidak dipungut biaya pendaftaran bergabung, tetapi justru saling support antara anggotanya.

Misalnya antar anggota akan saling mendukung dengan membeli dagangan anggota lainnya, kemudian mengunggah review mereka di media sosial.

Nah, Anda dapat menemukan beragam komunitas online ini lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain.

9. Manfaatkan dengan Jasa Ekespedisi

Belum lama ini Niagahoster dan KiriminAja merangkul para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis agar lebih maju.

Kolaborasi keduanya bertujuan agar bisnis UMKM makin mendunia dengan menyediakan beragam fasilitas.

Seperti penggunaan web untuk berjualan dan jasa pengiriman yang bisa mengantar paket milik konsumen ke seluruh negeri di Indonesia.

Selain itu, Anda pun dapat menggunakan jasa kurir pengiriman terbaik di Indonesia untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan.

10 Gunakan Jasa Influencer atau KOL

Menggunakan jasa influencer atau KOL (Key Opinion Leader) mungkin akan membuat Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk mempromosikan produk UMKM yang Anda bangun.

Namun berkat kelihaian mereka jugalah produk Anda juga akan lebih cepat diketahui dan dicari oleh publik karena mereka sudah ahli dalam bidangnya.

Untuk menggunakan jasa KOL, paling tidak Anda harus menyiapkan ratusan ribu hingga belasan jutaan rupiah.

Namun jangan khawatir, beberapa influencer terkadang mengadakan free post bagi UMKM yang beruntung, jadi saran kami, silakan Anda mengikuti beberapa selebgram, infulencer, dan artis yang gemar berbagi.

FAQ

Apa langkah yang paling tepat dalam strategi pemasaran produk UMKM?

Langkah yang paling jitu untuk memasarkan produk UMKM adalah dengan membuat konten di media sosial, memanfaatkan e-commerce, menambahkan metode pembayaran online, bekerja sama dengan jasa ekspedisi, dan menggunakan jasa influencer.

Apa saja strategi pemasaran UMKM yang rendah biaya?

Para pelaku UMKM dapat mempromosikan produk dengan biaya serendah mungkin lewat video TikTok, mengikuti komunitas online, menjual produk lewat Marketplace Facebook, dan bergabung dengan affiliate marketing.

Akhir Kata

Strategi pemasaran UMKM kemungkinan besar juga akan mengalami pergeseran dan perubahan.

Misalnya jika dulu penggunaan website dianggap sangat penting, sekarang sebagian pelaku UMKM beralih ke konten media sosial yang dianggap lebih relevan untuk mempromosikan produk agar laku keras dan laris manis.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar peluang bisnis dan media sosial dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • Transformasi Digital UMKM Jadi Prioritas Penguatan Fondasi Ekonomi – https://www.kominfo.go.id/content/detail/40915/transformasi-digital-umkm-jadi-prioritas-penguatan-fondasi-ekonomi/0/berita#:~:text=%E2%80%9CDengan%20menggunakan%20teknologi%20digital%20secara,khususnya%20biaya%20pemasaran%2C%20logistik%2C%20dan
  • Sebagian riset di atas diperoleh melalui pengalaman penulis selama menggunakan media sosial dan menjadi pengamat konten bisnis di dunia maya
Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *