Cara Iklan di Instagram Ads dengan Mudah [Panduan Lengkap]

Anisa 18 Jul 2023 4 Menit 0

Ingin tambah followers dan jadi selebgram terkenal? Coba manfaatkan fitur iklan Instagram. Cara iklan di Instagram ads kini bisa kamu lakukan sendiri dengan budget mulai dari Rp15.066,00.

Lewat promosi konten, seperti foto, video, dan reels inilah jangkauan audiens ke akun kamu akan terus bertambah, sehingga konversi kunjungan akun tiap bulannya juga meningkat.

Kemudian, untuk mengetahui insight bulanan atau hasil dari iklan tersebut, kamu perlu beralih atau bikin akun instagram bisnis terlebih dahulu.

Ingin tahu lengkapnya bagaimana? Simak penjelasannya tentang beriklan di Instagram berikut ini!

1. Apa itu Instagram Ads?

Instagram Ads adalah fitur iklan yang disediakan bagi para pengguna untuk kepentingan bisnis seperti mempromosikan barang dan jasa, kampanye brand, dan menaikkan jumlah kunjungan melalui unggahan berbayar di feed, reels, atau pun story.

Biasanya konten yang diiklankan melalui Instagram nantinya akan muncul di beranda orang lain dengan label ‘disponsori’.

Oleh karena itu, jika melihat cara kerja Instagram Ads, fitur ini memang tidak berbeda jauh ketika kamu daftar iklan di TikTok Ads.

Saat menggunakan fitur iklan, setiap pengguna bebas mentargetkan audiens secara manual (diatur sendiri) atau diatur secara otomatis oleh sistem, sehingga menghasilkan feedback sesuai keinginan.

Lalu, bagaimana cara iklan di Instagram? Sabar, kamu perlu mengetahui syarat beriklan di Instagram terlebih dahulu.

2. Syarat Pasang Iklan di Instagram

Ingin jualan di Instagram? Berikut beberapa syarat pasang iklan di Instagram yang wajib kamu ketahui:

  • Buat akun Instagram Bisnis terlebih dahulu (beralih dari akun pribadi ke akun bisnis)
  • Konten tidak menggunakan musik berhak cipta
  • Siapkan budget iklan di Instagram minimal Rp15.066
  • Konten tidak mengandung ujacaran kebencian, SARA, mempromosikan produk ilegal, dan sejenisnya
  • Menggunakan metode pembayaran yang disediakan oleh Instagram seperti GoPay, OVO, transfer via bank (BNI, Mandiri, CIMB, Niaga), dan seluruh ATM yang berlogo ATM Bersama, ALTO, PRIMA, VISA, serta MasterCard.

Setelah mengetahui persyaratan di atas, kenali dulu yuk tujuan atau target iklan di Instagram agar kamu bisa menentukan arah; untuk apa konten diiklankan?

ADVERTISEMENTS

3. Target Iklan di Instagram Ads

Salah satu cara iklan di Instagram yang efektif adalah menetapkan tujuan kamu promosi. Dengan begitu, strategi bisnis yang kamu jalankan bisa tepat sasaran.

Sampai saat ini Instagram menyediakan 4 opsi target beriklan, di ataranya:

  • Jangkau Orang Baru, yakni untuk meningkatkan jangkauan audiens atau pengguna ke akun kamu melalui beranda dan story IG
  • Lebih banyak kunjuangan profil. Kamu bisa pilih opsi ini untuk menampilkan produk, layanan, merek (brand), dan portofolio. Kamu juga dapat membagikan url profil kamu ke media sosial lain agar dijangkau lebih banyak orang
  • Lebih banyak kunjungan situs web. Kamu dapat memilih opsi ini jika menginginkan orang-orang mengklik atau mengunjungi website/blog/toko online kamu untuk membeli produk atau pun mendaftar sebuah acara
  • Lebih banyak pesan. Pilihan ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin berinteraksi lebih intens dengan calon customer, pelanggan, dan melakukan pertemuan seperti konsultasi.

Dari empat opsi tersebut, pastinya kamu sudah mulai bisa menentukan tujuan beriklan di Instagram kan? Sekarang mari praktikkan!

ADVERTISEMENTS

4. Cara Iklan di Instagram Ads

Inilah cara iklan di Instagram Ads dengan mudah bagi pemula:

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Pastikan sudah beralih ke Profil Bisnis
  3. Pilih konten yang mau diiklankan
    Cara advertising di instagram
  4. Klik fitur Promosikan Postingan yang muncul di bawah konten
  5. Pilih target iklan. Contoh: Lebih banyak kunjungan profil
  6. Klik Selanjutnya
  7. Setelah itu, pilih target pemirsa. Contoh: Buat Target Anda Sendiri
    Cara iklan di ig ads
  8. Isi informasi pada form Buat Pemirsa dan klik tanda centang di pojok kanan atas
  9. Klik Selanjutnya
  10. Atur durasi penayangan. Misalnya satu hari dengan biaya iklan $2 (Rp30.000). Makin lama penayangan iklan, harga iklan yang harus kamu bayar juga makin tinggi
    Cara pasang ads di instagram
  11. Klik Selanjutnya
  12. Pada menu Pembayaran klik Tambahkan
    Cara memasang iklan di instagram ads
  13. Pada opsi mata uang, silakan pilih IDR (Indonesia Rupiah)
  14. Klik Selanjutnya
  15. Pilih metode pembayaran yang paling mudah. Misalnya GoPay
    Ngiklan di instagram
  16. Klik Selanjutnya
  17. Setelah itu akan muncul rekomendasi untuk mengisi NPWP. Jika kamu belum memilikinya, bisa klik Lewati
  18. Muncul Jumlah yang akan ditambahkan, silakan kamu edit dan ketikkan nominal penambahan jika kelak ingin melanjutkan beriklan. Contoh 25.000
    Cara promosi instagram ads
  19. Klik Selanjutnya
  20. Sambungkan akun GoPaydengan Instagram dengan memasukkan nomor GoPay kamu dan klik Continue. Ketik pula pin GoPay apabila muncul perintah untuk memasukkannya
    Cara iklan instagram tanpa facebook
  21. Setelah selesai, baru klik Promosikan postingan dan klik Saya Terima sebagai tanda setuju
  22. Selesai deh!

Sekarang sudah tahu kan cara iklan di Instagram Ads? Ternyata sangat mudah ya proses pendaftarannya.

ADVERTISEMENTS

5. Keuntungan Menggunakan Instagram Ads

Instagram Ads bisa menjadi salah satu strategi bisnis yang paling ampuh untuk memperkenalkan brand, produk, jasa, dan kampanye tertentu.

Berikut keuntungan menggunakan Instagram Ads yang bisa dirasakan langsung oleh pengguna, seperti:

  • Meningkatkan jumlah kunjungan dan tayangan pada konten kamu, karena Instagram punya 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya, maka Instagram akan merekomendasikan para pengguna yang relevan dengan konten kamu
  • Meningkatkan profit penjualan bagi kamu yang jualan di Instagram dan ingin produk atau jasa laris manis diborong oleh pembeli
  • Meningkatkan trafik website, sehingga pengunjung bulanan dan tingkat penjualan produk melalui website juga ikut naik
  • Meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) sehingga orang lebih cepat mengenali nama brand/nama usaha/nama akun/jenis produk atau jasa yang kamu iklankan, dan membuat mereka mudah mengingatnya. Hal-hal seperti ini akan berdampak positif pada citra merek yang kamu bangun
  • Memperluas basis pelanggan (lead generation) yang semula hanya dari lokal saja, kemudian bisa sampai global. Dengan begitu, kamu tidak hanya dikenal di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri
  • Menaikkan engagement yang berimbas pada banyaknya tawaran endorse, partnership, kolaborasi, dan iklan dari brand lain, sehingga penghasilan kamu sebagai content creator juga melejit

Penggunaan iklan ini diperkirakan akan terus bertambah banyak semenjak Meta menambah ruang iklan di kolom pencarian IG, sehingga kamu layak menjajalnya untuk merasakan sendiri manfaatnya secara langsung.

ADVERTISEMENTS

FAQ

Berapa harga pasang iklan di Instagram?

Biaya pendaftaran iklan di Instagram Ads per harinya dimulai dari Rp15.066, Rp30.000,00 dan Rp60.000. Tergantung jenis konten yang mau dipromosikan. Konten feed tentu biaya iklannya lebih murah dibandingkan konten Reels.

Berapa durasi iklan di Instagram?

Pengguna bisa mengatur durasi penayangan iklan di Instagram mulai dari 1 hari hingga 30 hari. Makin lama durasi yang ditetapkan, makin tinggi harga pasang iklannya.

Akhir Kata

Tata cara iklan di Instagram Ads bisa saja berubah menurut pembaruan kebijakan oleh Instagram ke depannya.

Namun kamu juga haru tahu, kalau fitur Instagram Shopping di Instagram sudah dihapus oleh Meta, sehingga sebagai gantinya pengguna dapat beriklan di IG untuk kebutuhan bisnis.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber: Pemaparan di atas diperoleh melalui riset yang dilakukan oleh penulis secara langsung dalam mengoperasikan dan mempublikasikan konten melalui aplikasi Instagram.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *