Cara Iklan di Tiktok Ads dengan Mudah [Panduan Lengkap]

Anisa 06 Jul 2023 4 Menit 0

Ingin menambah followers, memperbanyak jumlah tayangan video, meningkatkan penjualan, memperkuat brand lewat TikTok? Kamu bisa ikuti panduan cara iklan di TikTok Ads seperti yang akan kami bahas secara lengkap di sini.

Dengan menggunakan layanan TikTok Ads, bukan hanya omzet penjualan produkmu yang naik, tetapi konten yang kamu buat juga dapat dijangkau oleh ratusan ribu hingga jutaan penonton.

Sudah bukan rahasia lagi kalau salah satu cara mudah masuk FYP adalah berlangganan iklan di TikTok Ads selama beberapa hari. Biayanya murah dan metode pembayarannya juga lengkap.

Penasaran kan bagaimana langkah-langkah mendaftar TikTok Ads? Mari caca pembahasannya sampai selesai!

1. Apa itu TikTok Ads?

TikTok Ads adalah layanan atau fitur iklan yang disediakan oleh TikTok bagi pengguna yang hendak mempromosikan konten iklan dan akunnya dalam jangka waktu tertentu agar lebih dikenal banyak orang.

Cara iklan di TikTok Ads sangatlah mudah, terutama bagi pemula yang ingin terjun ke dunia content creator.

Kamu bisa mendaftar iklan di TikTok melalui aplikasi dan web dengan menyiapkan anggaran iklan minimal Rp30-Rp60 ribu per hari.

Bermodalkan uang tersebut kamu akan dibekali fitur TikTok Ads Manager, yakni sebuah alat (tool) yang bisa pengguna pakai untuk mengelola iklan di TikTok. Kamu bisa mengakses dan menganalisis tipe pengunjung, baik dari lokal maupun global hanya dengan fitur ini.

Pokoknya banyak banget deh keuntungan mendaftar iklan di TikTok Ads, terutama bagi pengguna yang sudah beralih ke TikTok for Business.

2. Keuntungan Daftar Iklan di TikTok Ads

Jika kamu ingin mempromosikan sebuah produk, brand usaha, dan akun yang kamu buat, strategi bisnis ini sangatlah ampuh dalam menjangkau audiens.

Ya, dengan mendaftar iklan di TikTok Ads akan membuat usahamu lebih maju dan tumbuh pesat. Nggak percaya?

Inilah keuntungan beriklan di TikTok Ads bagi brand kamu:

  • Meningkatkan trafik atau jumlah pengunjung ke situs web yang kamu sisipkan
  • Menaikkan jumlah download atau unduhan aplikasi
  • Meningkatkan penjualan online lebih cepat dan masif
  • Menjaring dan menjangkau prospek penjualan yang baru
  • Menjalin kerja sama dengan brand lain (kolaborasi)
  • Memperkuat branding bisnis
  • Menambah pengikut di akun TikTok
  • Jumlah tayangan video lebih banyak dan berpotensi tinggi masuk FYP
  • Memperluas skala bisnis, dari yang sebelumnya tingkat lokal bisa ke tingkat global

Setelah mengetahui beberapa keuntungan di atas, pastinya kamu mau tahu kan cara iklan di TikTok Ads? Simak tutorial dan cara membuat iklan di TikTok Ads di bawah ini.

3. Tips Sebelum Daftar Iklan TikTok Ads

Sebelum pasang iklan di TikTok, kamu wajib mengetahui dan meninjau beberapa hal:

3.1. Memilih Sasaran Iklan

Kamu harus tahu dan mengenal terlebih dahulu, siapa target pasar kamu serta siapa yang kamu sasar dalam iklan ini.

Langkah ini berfungsi untuk mengoptimalkan kampanye iklan yang akan kamu daftarkan agar tepat sesuai tujuan. Apabila iklan dan target pasar sudah sesuai, maka konversi penjualan produk kamu juga akan meroket.

3.2. Memilih Audiens atau Penonton

Pada langkah kedua ini, kamu bisa menetapkan dan memilih audiens yang diperkirakan akan terpikat dengan konten iklanmu.

Buatlah kategori ‘audiens khusus’ (memilih penonton berdasarkan usia, gender, dan minat) dan ‘audiens serupa’ (penonton yang punya karakteristik dengan pelanggan kamu sebelumnya) untuk kembali memikat mereka.

3.3. Kelola Anggaran Iklan

Mendaftar iklan di TikTok Ads berarti harus siap dengan anggaran. Berbeda dengan saat jualan di TikTok Shop Live yang gratis, memasang iklan di TikTok haruslah bayar.

Biaya daftar iklan di TikTok Ads sangatlah terjangkau, yakni mulai dari Rp150.000 per hari. Makin tinggi budget yang kamu tetapkan, makin banyak juga jumlah tayangan video (audiens yang melihat kontenmu).

3.4. Tentukan Konten yang Mau Diunggah

Kamu harus menentukan dan memilih konten mana yang mau diunggah.

Untuk menentukan konten, kamu bisa melihat tingkat ketertarikan audiens pada konten atau produk-produkmu yang sebelumnya telah dipublikasikan.

Pilihlah konten yang bakal dinikmati dan menarik audiens. Setelah itu, mari ikuti cara pasang iklan di TikTok di pembahasan berikutnya.

3. Cara Membuat Iklan di TikTok Ads

Cara iklan di TikTok Ads sangatlah mudah dan cepat. Begini langkah-langkahnya:

  1. Buka website ads.tiktok.com
  2. Daftarkan akun kamu pakai email atau nomor telepon (pilih salah satu) dan buat kata sandi
    Cara iklan tiktok ads manager terbaru
  3. Klik atau beri tanda centang pada dua kotak persetujuan
  4. Lalu klik Daftar
  5. Pilih Objek yang punya bentuk serupa
  6. Lengkapi data bisnis kamu, mulai dari nama bisnis, industri, mata uang, dan lain-lain sampai lengkap
    Tutorial daftar tiktok ads
  7. Klik Lanjutkan
  8. Ketika muncul tab pop up, silakan klik Setujui
  9. Pilih pembayaran iklan. Contoh: pembayaran manual
    Langkah langkah daftar tiktok ads
  10. Berikutnya klik Buka Ads Manager
  11. Setelah berhasil masuk dashboard, silakan klik Buat Iklan di pojok kanan atas
    Cara iklan di tiktok ads bagi pemula
  12. Di halaman ini kamu bisa menentukan tujuan iklan yang akan kamu pasang. Misalnya mendatangkan banyak trafik di website kamu.
    Langkah pertama daftar iklan di tiktok ads
  13. Kalau sudah klik Lanjutkan
  14. Baru pilih jenis audiens. Misalnya Audiens Khusus dan klik Lanjutkan
    Tata cara daftar iklan di tiktok
  15. Kemudian atur anggaran kamu, lalu atur juga tanggal penayangan iklan.
    Berapa biaya pasang iklan di tiktok
  16. Setelahnya, kamu klik Lanjutkan
  17. Selanjutnya, silakan unggah video atau gambar yang mau diiklankan dan klik Kirim
    Langkah mudah daftar iklan di tiktok
  18. Pendaftaran iklan TikTok Ads pun selesai!

Catatan:Untuk daftar TikTok Ads ini, kamu tidak harus selalu daftar akun terlebih dahulu. Namun, kamu juga dapat login melalui akun TikTok kamu dengan mengotorisasikan secara otomatis.

Ternyata tidak sulit kan cara iklan di TikTok Ads? Kamu pun bisa memulainya dari sekarang untuk promosi dan dapatkan uang dari TikTok lebih banyak lewat penjualan serta distribusi konten.

FAQ

Berapa biaya iklan di TikTok Ads yang sebenarnya?

Biaya pendaftaran iklan di TikTok Ads untuk mempromosikan konten minimal Rp50.000 ribu dan maksimal Rp99,999,999,900 tergantung berapa hari kamu akan menayangkan iklan tersebut.

Berapa durasi rata-rata iklan di TikTok Ads?

Penayangan iklan umumnya akan memerlukan waktu tayang mulai dari 3-5 detik dan durasi bisa lebih berdasarkan anggaran yang dipakai oleh pengguna.

Akhir Kata

Cara iklan di TikTok Ads ini memang mirip dengan fitur promosi yang juga bisa diakses melalui aplikasi secara langsung.

Dengan beriklan di TikTok, kesempatan kamu untuk menjadi seorang content creator yang suskes sangatlah besar. Apalagi strategi ini juga bisa jadi cara untuk menambah followers TikTok dengan cepat.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber: Pemaparan di atas diperoleh melalui riset yang dilakukan oleh penulis secara langsung dalam mengoperasikan dan mempublikasikan konten melalui aplikasi TikTok.

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *