Advertisement

10 Cara Dapat Uang dari Tiktok Lengkap Pemula Juga Bisa [2022]

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
28 Juli 2022
Waktu membaca
6 Menit

Sekarang hampir semua orang sudah mengenal tiktok sebagai media sosial yang populer. tapi mungkin belum banyak yang tahu bagaimana cara dapat uang dari tiktok.

Sebagai media sosial yang memiliki jumlah pengguna hingga 1,5 miliar orang, Tiktok juga bisa menjadi sumber penghasilan.Tidak tanggung-tanggung, penghasilan content creator Tiktok bisa mencapai puluhan juta per post nya.

Makanya, banyak yang berlomba-lomba menjadi konten kreator yang menghasilkan uang di platform ini. Tapi tidak hanya profesional, sebenarnya pemula dan pemiliki brand un juga bisa mencari keuntungan dari aplikasi asal Tionkok ini.

Singkatnya, berikut beberapa cara mendapatkan uang dari tiktok.

  1. Mengerjakan Misi Tiktok
  2. Konten Sponsor
  3. Payout Coins atau Donasi Gift
  4. Creator Marketplace
  5. Tiktok Influencer
  6. Tiktok manager
  7. jual beli akun tiktok
  8. Promosi musik
  9. Mengarahkan ke platform lain
  10. Affiliate link

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak terus penjabaran di bawah.

1. Mengerjakan Misi Tiktok

Misi Tiktok ini adalah salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan uang dari tiktok. Tiktok memang sedang gencar memberikan banyak misi supaya bisa menggaet banyak penonton.

Beberapa misi yang diberikan seperti mengundang teman dan menonton video. dengan menyelesaikan misi, kmu akan mendapatkan koin. koin ini nantinya bisa dicairkan menjadi uang rupiah.

Seperti yang sudah dibagikan oleh akun youtube Iwan Aulanudin, bisa klik ikon koin di sebelah kiri nama akun atas untuk masuk ke misi yang diberikan Tiktok,

Contohnya, misi mengundang teman bisa mendapatkan hingga Rp 25000. setiap satu orang yang berhasil diundang bisa membuatmu mendapatkan Rp 25.000 jika misi tersebut berhasil.

Dengan menggunakan kode undangan Tiktok yang kamu bagikan, temanmu juga bisa dapat uang hanya dengan join Tiktok lho.

Setelah misi berhasil, kmu bisa mengikuti cara mencairkan uang dari Tiktok. Tinggal klik “tarik uang sekian dengan poin sekian” kemudian pilih nominal uang yang mau ditarik. Salah satu wallet yang didukung oleh Tiktok adaalah dana.

Jangan khawatir, selain mengerjakan misi, ada banyak cara mendapatkan uang dari Tiktok tanpa mengundang teman. Simak cara lain di bawah ini ya.

2. Konten Sponsor/Branded Content

Sebelumnya, untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna harus menggunakan tiktok business dulu ya.

Branded content adalah konten promosi di mana pihak ketiga bisa membayar atau memberikan sesuatu sebagai pendapatan pembuat konten. Promosi ini bisa jadi dalam bentuk endorse, partnership, brand ambassador, atau lainnya.

Agensi akan memantau tiktokers dengan jumlah followers, like, dan tayangan video. dengan begitu mereka bisa melihat apakah tiktokers ini bisa membantu brand mereka mendapatkan lebih banyak paparan/exposure.

Jadi supaya kamu dilirik oleh agensi, buatlah akun tiktok dengan banyak followers dan engagement rate yang tinggi.

Selain itu, tentukan juga fokus target market pemirsa mu, sehiingga brand yang memiliki pemirsa yang cocok akan tertarik untuk menjalin kerjasama.

Untuk lebih lengkapnya, simak tips fyp tiktok ini supaya bisa mendapatkan lebih banyak follower.

3. Payout Coins atau Donasi Gift

Sebagai konten kreator, payout coins atau donasi gift ini adalah salah satu cara mendapatkan uang dari Tiktok live.

Ketika live, viewer bisa memberi stiker gift yang bisa ditukarkan dengan uang. Viewer biasanya memberikan stiker ini sebagai dukungan untuk menghargai usaha content creator. Contohnya stiker mawar dan donat.

Makanya, hibur viewer dengan baik supaya mereka makin banyak memberikan gift kepada idola meraka.

Selain dari gift, Tiktok juga bisa saja memberi misi untuk live. Jadi semisal tidak mendapat gift pun, ada koin yang bisa kamu dapatkan.

4. Creator Marketplace

Tiktok sebenarnya sudah memiliki wadah dimana pelaku bisnis atau pemilik brand bisa mencari influencers yang cocok. Platform ini disebut tiktok creator marketplace atau disingkat TCM.

TCM ini membantu brand atau merek dan influencer untuk berkolaborasi. Pemilik brand diuntungkan karena brand nya dipromosikan oleh influencer, sementara influencer juga mendapatkan imbalan dari kerjasama ini.

Di dalam “Creator marketplace”, pelaku bisnis bisa melihat statistik seperti demo penonton, tren perkembangan, video berkinerja terbaik, dan lain-lain. Jadi, pemilik brand bisa menemukan konten kreator yang tepat untuk kerjasama.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *