5 Cara Memulai Bisnis Gamis Online untuk Pemula agar Sukses

Anisa 29 Feb 2024 4 Menit 0

Cara memulai bisnis gamis online tidaklah sesulit yang dibayangkan banyak orang. Kamu pun bisa melakukannya dengan beberapa langkah pasti. Mulai dari cari konveksi atau supplier gamis tangan pertama, negosiasi harga, promosi produk, dan menjualnya.

Apalagi gamis termasuk bisnis fashion wanita yang tiada matinya, karena tren busana ini terus berubah setiap tahun di kalangan remaja hingga orangtua.

Sebut saja mulai dari gamis crinckle, gamis silk, gamis sarimbit, gamis couple keluarga, dan sebagainya menjadi yang terlaris setiap tahun, terutama ketika memasuki bulan puasa.

Berminat menjajal usaha busana muslim wanita ini? Yuk intip peluang usaha dan langkah-langkah memulainya!

1. Peluang Usaha Gamis Online

Mengapa memilih jualan gamis ketimbang produk fesyen lainnya? Berikut kami jabarkan beberapa alasannya:

1.1. Tren Terus Bergerak

Langkah langkah memulai bisnis gamis
Sumber foto: tokopedia. Com/sqllabel

Tren dan model gamis terus bergerak dari tahun ke tahun. Jika pada 2023 sebelumnya model gamis berlengan balon dan berbahan silk sangat laris manis di pasaran, maka tahun ini diprediksi gamis dengan perpaduan corak floral dan outer tile akan melejit.

Selain itu, gamis crinkle, gamis ceruti babydoll bordir, dan full brokat juga termasuk yang paling laris di marketplace khususnya Shopee serta Tokopedia.

Fenomena ini menandakan bahwa tren dan kebutuhan gamis terutama saat bulan puasa dan mendekati hari raya Idul Fitri cukup tinggi.

1.2. Banyaknya Konveksi dan Supplier Tangan Pertama

Cara memulai bisnis online dari nol

Peluang usaha gamis online yang kedua dapat dilihat dari banyaknya konveksi dan supplier gamis tangan pertama di Indonesia. Calon pebisnis bahkan dapat menemukannya dengan mudah di setiap provinsi dan kota.

Selain mengunjungi konveksi gamis secara langsung, penjualan juga dapat dimulai melalui online dengan cara mencari supplier produk termurah di Shopee atau platform lain.

Saat ini banyak paket usaha gamis online bagi pengusaha pemula dengan budget terbatas hingga dalam partai besar. Makanya memulai usaha dan gamis online tidak sesulit dulu.

1.3. Pemasaran Dilakukan Online dengan Beberapa Cara

Peluang usaha baju gamis

Cara memulai bisnis gamis online bisa dibilang cukup fleksibel karena dapat dilakukan dari rumah dan dari mana pun. Bahkan bisa dilakukan sambil rebahan, makanya bisnis ini sangat direkomendasikan bagi para ibu rumah tangga masa kini yang ingin dapat penghasilan sampingan dengan modal minim.

Bagaimana strategi pemasaran untuk jualan gamis?

  • Posting foto produk yakni dengan mempromosikannya melalui media sosial (Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan lain-lain), marketplace, buat website, dan sejenisnya. Misalnya jualan di marketplace Facebook.
  • Live streaming di TikTok, marketplace, dan platform lainnya
  • Pasang iklan atau Ads
  • Kerja sama dengan micro influencer
  • Buat konten Reels di Instagram

1.4. Modal Kecil

Modal bisnis gamis online

Bisnis gamis online juga bisa dibilang merupakan usaha dengan modal kecil, karena calon pebisnis dapat memilih menjadi reseller atau dropshipper.

Jika menjadi reseller maka harus mengeluarkan modal sekian persen untuk belanja produk dan dijual kembali.

Sedangkan jika memilih jadi dropshipper, maka hanya perlu membeli kuota dan melakukan strategi pemasaran dengan tepat, karena seorang dropshipper tidak perlu membeli atau kulakan produk terlebih dahulu. Cukup melayani order dari pembeli dan packing serta pengiriman akan dilakukan oleh supplier.

Bagaimana, mau tahu cara memulai bisnis gamis online sekarang? Baca langkah-langkah berikutnya yuk!

2. Langkah dan Cara Memulai Bisnis Gamis Online

Berikut cara memulai bisnis gamis online untuk pemula:

2.1. Pilih Gamis Kekinian dan Paling Laris

Langkah pertama untuk memulai bisnis gamis adalah dengan mencari, memilih, dan menyetok gamis dengan model kekinian serta paling laris dari segi penjualan.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa membuka marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan marketplace lain, kemudian ketikkan kata kunci “gamis” untuk melihat model serta bahan gamis yang paling laku keras.

Gamis yang paling laris dapat dilihat dari jumlah penjualannya. Makin tinggi tingkat penjualannya menandakan bahwa gamis tersebut sangat digemari oleh masyarakat.

Selain itu, kelompokkan juga jenis gamis berdasarkan kebutuhan pasar. Misalnya gamis anak muda tentu berbeda dengan gamis seragam (couple) keluarga. Gamis untuk kondangan tentu juga berbeda dengan gamis untuk menyambut hari raya lebaran.

2.2. Tentukan Metode Pembelian

Metode pembelian di sini yang dimaksud adalah menggunakan sistem pembelian langsung atau menggunakan sistem PO (Pre Order), atau justru kamu menggunakan keduanya. Misalnya, untuk gamis edisi terbatas harus menggunakan sistem Pre Order karena stok tidak banyak, tetapi kuota permintaan tinggi.

Dengan menjelaskan metode pembelian ini pada customer akan membuat bisnis kamu lebih jelas, mengurangi kekecewaan customer, dan belajar membangun kepercayaan serta relasi antara penjual dan pembeli.

2.3. Pilih Cara Bisnis Gamis Online

Sejauh ini ada tiga cara memulai bisnis gamis online, yaitu:

  • Reseller yakni membeli dari supplier dengan jumlah tertentu, kemudian menjualnya kembali dengan mengambil keuntungan sepersekian persen. Packing dan pengiriman juga dilakukan oleh reseller
  • Dropshipper yaitu menjual produk milik supplier dengan mengambil keuntungan sepersekian persen, kemudian ketika ada order masuk, maka diteruskan ke supplier dan pengemasan hingga pengiriman ke alamat pembeli akan dilakukan oleh supplier. Dropshipper hanya mengkonfirmasi pesanan, mencatat jumlah order serta informasi pembeli, dan meneruskannya ke supplier.
  • Bisnis mandiri atau bikin brand sendiri yakni menjual gamis dengan membuat desain baju sendiri, kemudian menjualnya sendiri atau dibantu oleh tim marketing yang andal. Jika memilih cara ketiga, maka kamu harus belanja bahan gamis di pasar atau pusat penyedia bahan konveksi.
Halaman Selanjutnya
2.4. Perhatikan Cara Packing...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *