Strategi Marketing: Kirim Broadcast lewat OCA Blast, Cocok untuk Bisnis Kamu!

Anisa 24 Mei 2024 4 Menit 0

ADVERTISEMENT

Strategi marketing digital melalui pesan broadcast telah menjadi salah satu metode yang efektif untuk menjangkau audiens secara langsung. Dengan menggunakan tool broadcast seperti blast, pelaku bisnis dapat mengirimkan pesan yang tepat ke target audiens yang diinginkan dalam waktu singkat.

Dengan kata lain, broadcast messages lewat alat atau tool blast membuat para pelaku bisnis dapat mengirimkan pesan kepada ratusan bahkan ribuan pelanggan sekaligus untuk memperkenalkan brand, menawarkan, dan mempromosikan produk.

Mau tahu bagaimana strategi marketing untuk mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan tool broadcast OCA Blast Lite? Temukan jawabannya di pembahasan berikut ini!

ADVERTISEMENT

1. Strategi Marketing dengan Broadcast Messages

Ada beberapa strategi marketing yang bisa kamu lakukan dengan mengirim pesan broadcast, seperti:

ADVERTISEMENT

1.1. Mengirim Promosi ke Daftar Kontak Pelanggan

Cara kirim oca blast untuk menawarkan produk
Mengirim pesan broadcast bisa jadi cara paling efektif untuk mempromosikan produk | photo: pexels. Com/karolina grabowska

Menghubungi pelanggan secara langsung dapat dibilang sebagai salah satu strategi marketing yang tepat karena dapat meningkatkan penjualan bisnis.

Kamu bisa mengirimkan pesan berisi promosi produk atau jasa yang menarik menggunakan tool broadcast seperti OCA Blast Lite, sehingga pesan dapat terkirim ke ratusan pelanggan secara sekaligus.

Nah, supaya setiap pesan yang dikirimkan tepat sasaran, sebaiknya kamu membuat daftar kontak pelanggan yang dibagi berdasarkan contoh kategori berikut:

  • Pelanggan baru atau pelanggan lama
  • Pelanggan setia dengan frekuensi pembelian kurang dari 3x kali
  • Pelanggan yang selalu membeli produk sama

ADVERTISEMENT

1.2. Personalisasi Pesan untuk Meningkatkan Engagement

Tindakan personalisasi membuat brand lebih dilirik oleh pelanggan. Ketika kamu ingin membuat promosi yang menarik untuk meningkatkan penjualan, maka dapat memulainya dengan cara meningkatkan engagement pelanggan lewat personalisasi. 

Personalisasi adalah tindakan menyampaikan pesan kepada pelanggan berdasarkan data pengguna untuk meningkatkan citra bisnis, ROI, dan sebagainya.

Lantas bagaimana cara melakukan personalisasi? Yakni dengan menyapa pelanggan, membuat promosi yang sesuai, merekomendasikan produk ke pelanggan, atau memberikan diskon khusus.

Kamu bisa juga mengirimkan pesan lebih personal ketika memperhatikan data dan perilaku pelanggan. Misalnya saja mengingatkan pelanggan untuk membeli produk yang rutin mereka beli sebelumnya dari tokomu.

ADVERTISEMENT

1.3. Perhatikan Waktu Menghubungi Pelanggan

Istilah waktu adalah uang menggambarkan bagaimana kamu harus menyusun strategi marketing yang tepat ketika ingin menghubungi pelanggan. Jadi, usahakan menghubungi pelanggan di waktu yang tepat.

Sebagai contoh, hindari jam-jam sibuk pelanggan saat mengirim pesan agar mereka tidak mengabaiknya. Sebaliknya, kamu bisa mengirimkan pesan di pagi hari, saat istirahat, atau di akhir minggu.

Untuk menentukan timing tepat ini, pahami jadwal dan kebiasaan pelanggan supaya pesan diterima dengan baik, sehingga strategi marketing yang disusun bisa meningkatkan konversi penjualan.

ADVERTISEMENT

1.4. Kirim Pesan disertai Foto atau Video

Apa yang dimaksud oca blast
Kirimkan pesan promosi menggunakan gambar/video agar pembeli tertarik | photo: pexels. Com/taraclark

Dengan tool broadcast seperti OCA Blast, kamu bisa menciptakan strategi marketing dengan memanfaatkan foto atau video untuk menarik perhatian pelanggan.

Trik ini akan membuat pesan promosi lebih menarik dibanding harus mengirimkannya dalam bentuk full teks. Selain itu, menyisipkan gambar membuat pesan lebih mudah diingat.

Contoh saja, kamu mengirimkan pesan berisi kata-kata promosi parfum disertai foto produk dan informasi yang lengkap. Dengan begitu, pembeli akan tertarik untuk membaca dan membelinya.

ADVERTISEMENT

1.5. Tawarkan Diskon atau Promo Khusus untuk Pelanggan

Penawaran eksklusif yang dikirimkan secara personal membuat pelanggan merasa diri mereka lebih penting dan spesial dibanding pelanggan lainnya sehingga menciptakan kesan positif bagi citra bisnis kamu.

Selain itu, melalui promosi eksklusif juga dapat membangun kedekatan pelanggan, sehingga akan meningkatkan penilaian positif mereka terhadap pelayanan usaha kamu, yang akhirnya mendorong tingkat pembelian.

Menyisipkan tautan atau link produk menjadi langkah lanjutan ketika kamu menawarkan promosi eksklusif ke pelanggan. Link produk bisa meningkatkan penjualan bisnis apabila langsung diarahkan ke halaman spesifik atau halaman produk.

Pelanggan bisa langsung mengklik tautan tersebut dan segera melakukan pembelian (checkout produk). Dengan begitu, tautan atau link tersebut dapat menambah efektivitas strategi promosi yang sudah kamu buat.

1.7. Hindari Spam ke Pelanggan

Terlalu sering mengirimkan pesan dapat membuat pelanggan merasa terganggu, bahkan menganggap pesanmu sebagai spam. Oleh karena itu, penting untuk menentukan frekuensi pengiriman pesan agar kampanye atau promosi dapat berjalan dengan efektif.

Berdasarkan rekomendasi Attentive, frekuensi mengirimkan SMS promosi sebaiknya dilakukan 1-2 kali per minggu ke seluruh pelanggan untuk meningkatkan pendapatan dan mempertahankan pelanggan. Sementara itu, frekuensi mengirim pesan promosi lewat WhatsApp sebanyak 4-12 kali per bulan atau setidaknya satu kali dalam seminggu.

Namun, frekuensi tersebut dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan bisnis. Apabila kamu sedang mengadakan diskon besar-besaran, ada baiknya untuk mengirimkan promosi beberapa jam sebelum sale berakhir.

1.8. Evaluasi dan Sesuaikan Strategi Marketing 

Produk oca indonesia
Mengevaluasi strategi pemasaran penting untuk bisnis jangka panjang | photo: pexels. Com/anastasia shuraeva

Setelah mengirimkan kampanye, strategi promosi selanjutnya ialah dengan mengevaluasi kinerja dari masing-masing kampanye. Kamu bisa menganalisis tingkat open-rate, click rate, ataupun engagement-rate dari kampanye tersebut. Data-data ini kemudian dapat dianalisis untuk membantu menciptakan kampanye dan strategi promosi yang lebih baik di masa depan.

Dalam mengevaluasi, lebih mudah jika kamu menggunakan tool broadcast seperti OCA Blast atau OCA Blast Lite. Dengan tool ini, kamu bisa mendeteksi berapa banyak pesan yang terkirim, dibuka, diklik, bahkan gagal dikirimkan ke pelanggan.

2. Buat Strategi Promosi Lebih Otomatis Pakai OCA Blast Lite

Menggunakan OCA Blast Lite dalam strategi marketing kamu bisa jadi alat paling efektif untuk meningkatkan visibilitas dan interaksi bisnis kamu, lho! Manfaatkan fitur berikut agar kirim broadcast otomatis lebih mudah:

  • Daftar Kontak Pelanggan
  • Template SMS dan WhatsApp
  • File Management
  • Scheduler
  • Laporan Analitik

Dengan membangun daftar kontak yang relevan, personalisasi pesan, memanfaatkan media berbagi, dan menawarkan promosi eksklusif, kamu dapat menciptakan kampanye pemasaran yang lebih terarah dan menarik.

Teruslah mengikuti tren dan beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan untuk memastikan bahwa strategi penjualan bisnismu tetap relevan dan efektif.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *