Strategi Pemasaran UMKM Jepang yang Bisa Ditiru oleh Pengusaha Indonesia

Anisa 17 Jan 2024 6 Menit 0

Strategi pemasaran UMKM Jepang terbilang sangat maju bahkan tumbuh pesat dengan ditandainya jumlah ekspor produk mereka yang kian banyak serta munculnya usaha-usaha kecil baru.

Usaha yang tumbuh cukup signifikan meliputi bidang makanan dan kuliner, jasa, manufaktur, kerajinan, dan sebagainya.

Melihat geliat tersebut tentu sebagai pemilik UMKM bertanya-tanya “Apa sih rahasia masyarakat Jepang sukses mendirikan bisnis?”

Nah, untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM era digital di Jepang seperti sekarang, kamu bisa menyimak beberapa penjelasan di bawah ini.

1. Perkembangan UMKM di Jepang

Tekni dan strategi pemasaran umkm jepang
Umkm kuliner menjadi salah satu yang tersukses di jepang

Sebanyak 99,7 persen dari seluruh usaha atau bisnis di Jepang adalah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Keberadaan UMKM di Jepang bisa dibilang mewakili seluruh bisnis di negeri Sakura yang berkontribusi terhadap pembentukan tenaga kerja sebanyak 70%, lapangan pekerjaan, pertumbuhan ekonomi, inovasi, tren produk, dan sebagainya.

Pemerintah Jepang sangat mendukung keberadaan UMKM di negaranya dengan memberikan pemahaman mengenai sistem klasifikasi serta siklus UMKM, juga pendanaan berupa insentif berdasarkan jenis usaha yang didirikan.

Tujuannya adalah agar UMKM tersebut lebih mudah di-monitoring, memberikan peluang yang besar, dan mampu bersaing di pasar global yang dinilai saat ini sangat kompetitif.

Sejauh ini UMKM Jepang diketahui terdiri dari beberapa jenis bisnis. Mulai dari industri manufaktur, industri grosir, dan retail atau jasa.

Baik dari pemerintah maupun perusahaan besar di Jepang yang berkontribusi terhadap pertumbuhan UMKM agaknya benar-benar telah belajar dari kesalahan bisnis UMKM di era digital yang mereka anggap sudah tidak efisien, sehingga beralih ke cara yang lebih tepat dan relevan.

Lalu bagaimana dukungan pemerintah Jepang terhadap UMKM di negaranya? Mari simak strategi pemasaran UMKM Jepang berikut!

2. Dukungan Pemerintahan Jepang terhadap UMKM di Negaranya

Inilah dukungan pemerintah terhadap strategi pemasaran UMKM Jepang yang benar-benar membantu:

2.1. Dukungan Keuangan

Lembaga keuangan yang bekerja sama dengan pemerintah akan memberikan pinjaman yang kompetitif dan keuntungan pajak agar perusahaan mampu mengembangkan usahanya dengan baik.

Tentunya hal ini akan membuat pelaku UMKM merasa dilindungi dan didukung oleh pemerintah untuk maju.

2.2. Layanan Bantuan Bisnis

Layanan bantuan bisnis ini mencakup konsultasi, bantuan teknis, dan program pengembangan karyawan guna meningkatkan kemampuan manajerial dan operasional perusahaan.

Jadi para pelaku usaha tidak hanya diajarkan mengenai pengelolaan keuangan, pemasaran, dan sejenisnya, tetapi juga strategi untuk mengelola sumber daya perusahaan. Baik sumber daya aset atau pun manusia, terutama karyawan.

Contoh:cara menggaji karyawan pada usaha kecil, bagaimana metode dan pengelolaannya agar karyawan tetap sejahtera, tetapi bisnis juga bisa berjalan tanpa terkendala anggaran.

Dengan begini, turn over tidak tinggi dan kondisi dalam perusahaan bisa berjalan kondusif setiap harinya.

2.3. Dukungan Inovasi dan Teknologi

Dukungan inovasi dan teknologi meliputi perlindungan atau pengelolaan hak kekayaan intelektual, pengembangan serta penelitian bisnis, dan transfer teknologi (penggunaan teknologi terkini).

Seperti yang kamu ketahui bahwa pemilik UMKM Jepang banyak sekali yang berasal dari kalangan lansia atau usia 50 tahun ke atas, sehingga pengenalan pada teknologi sebagai media promosi sangkatlah penting.

Misalnya menggunakan saluran pemasaran digital yang paling cocok untuk pengusaha di Jepang seperti Line, X (Twitter), Instagram, dan sebagainya.

2.4. Promosi Ekspor

Pemerintah sangat mendukung setiap UMKM yang hendak melebarkan sayapnya untuk ekspor produk ke luar negeri melalui program pameran dagang dan promosi ekspor.

Program seperti pameran tentu akan menaikkan nama UMKM itu sendiri karena cara promosi ini mengundang rasa keingintahuan banyak orang.

Selain dari pemerintah, bagaimana strategi pemasaran UMKM yang dilakukan oleh para pelaku bisnisnya sendiri? Mari disimak ya.

3. Strategi Pemasaran UMKM Jepang dan Cara Mengelola Bisnisnya

Ada beberapa cara dan metode yang digunakan oleh para pelaku UMKM di Jepang agar usahanya tetap bertahan.

Mereka tentu tidak menggunakan cara-cara gimmick, melainkan mengembangkan ide yang menurutnya menarik dan menjawab kebutuhan maupun selera pelanggan.

Berikut cara UMKM di Jepang mengelola dan mengembangkan usahanya:

3.1. Memperkenalkan Budaya melalui Anime dan Drama

Rahasia sukses strategi marketing bisnis di jepang
Ramen menjadi salah satu makanan yang paling terkenal dan jepang. Bisnis ramen bahkan juga mewarnai khasanah umkm di indonesia | source: cdn. Phonebooky. Com

Ada banyak cara yang dilakukan pemerintah Jepang sekaligus industrinya dalam mendukung produk hasil UMKM di negara mereka. Salah satunya adalah memperkenalkan nama makanan yang biasa diproduksi oleh kalangan UMKM melalui anime atau drama. 

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *