Cara Daftar GoPay & Proses Verifikasinya, Mudah dan Cepat

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
03 Desember 2021
Waktu membaca
4 Menit

Cara daftar GoPay hingga proses verifikasi itu sangat mudah dan cepat. GoPay adalah dompet digital serba bisa. Bisa untuk transaksi, mengirim, dan menerima uang, semua bisa dengan GoPay.

Beberapa fitur GoPay adalah bayar, isi saldo, promo, minta, mission, tarik, riwayat, pulsa, tagihan, dan paylater. Semua fitur tersebut bisa Anda dapatkan setelah mendaftar di Gopay.

Pengguna Gopay memiliki banyak keuntungan. Oleh karena itu, simak tulisan cara daftar GoPay ini sampai selesai. Berikut ini step by step cara daftar GoPay hingga proses verifikasinya.

Cara Daftar Gopay

Pastikan Anda memiliki HP Android atau iOS. Siapkan nomor HP dan akun email yang aktif. Jika sudah siap semua, ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

1. Instal aplikasi Gojek melalui Play Store

Cara Daftar GoPay - Download

2. Klik tombol Belum ada akun? Daftar Dulu

Cara Daftar GoPay - Daftar

3. Masukan nama, alamat email, dan nomor HP

Cara Daftar GoPay - Nomor HP dan Email

4. Masukkan Kode OTP

Pihak Gojek akan mengirimkan kode OTP melalui sms ke nomor HP yang Anda masukkan tadi di awal ketika mendaftar. Masukan saja kode OTP tersebut.

5. Verifikasi Email

Setelah verifikasi OTP, langkah selanjutkan adalah verifikasi akun email. Buka email Anda dan cari email yang dikirim oleh pihak Gojek. Kemudian klik tombol Verifikasi Email Saya.

6. Selesai, kamu sudah punya akun GoPay

Akun GoPay Plus

Cara daftar akun GoPay sebenarnya sama dengan cara buat akun Gojek. Ketika Anda punya akun Gojek, maka secara otomatis Anda juga punya akun GoPay. Hanya saja dengan fitur-fitur yang terbatas.

Agar fitur-fitur akun GoPay Anda tidak terbatas, Anda bisa mengubah akun menjadi verified. Umumnya dikenal dengan akun GoPay Plus. Salah satu keuntungannya limit top up sampai Rp10 juta.

Baca juga:

Selain mendapat limit top up sampai Rp10 juta, Anda juga akan mendapatkan fitur-fitur seperti proteksi ekstra untuk saldo GoPay, transfer ke rekening bank, benefir paylater dan promo eksklusif.

  1. Jaminan Proteksi Ekstra untuk Saldo GoPay menjamin kehilangan saldo GoPay & PayLater karena adanya aktivitas tidak wajar di luar kendali pengguna.
  2. Kalo Anda pengguna GoPay Plus, transfer saldo GoPay ke sesama bisa tinggal pakai nomer HP.
  3. Dengan GoPay Plus, Anda jadi bisa Transfer Saldo GoPay ke Rekening Bank. Bisa kirim ke rekening orang tua, teman, atau siapa saja.
  4. Dengan GoPay Plus kamu juga bisa menikmati fitur PayLater. Transaksi sekarang, bayarnya belakangan. Bahkan, kamu juga berhak nikmatin fitur PayLater cicilan jika telah memenuhi syarat & ketentuan.
  5. Sebagai pengguna akun GoPay Plus, kamu juga bisa dapat berbagai Promo Eksklusif.

Untuk bisa menjadi pengguna GoPay Plus Anda wajib memiliki KTP. Simak step by step atau langkah-langkah menjadi pengguna GoPay Plus di bawah ini.

  1. Pada halaman utama aplikasi Gojek klik menu Eksplor lalu pilih menu Plus dan klik tombol Upgrade Sekarang.
  2. Setelah itu Anda akan diminta memfoto KTP dan melakukan foto selfie sembari memegang KTP.
  3. Pastikan foto yang Anda upload itu jelas. Setelah selesai, klik tombol Kirim.

Akan muncul notifikasi bahwa upgrade ke akun GoPay Plus sedang diproses. Jika tidak terdapat masalah, hanya dalam hitungan menit pengajuan akun GoPay Plus Anda akan disetujui.

Upgrade GoPay Plus Tertolak

Apabila upgrade GoPay ke GoPay Plus kamu ditolak, kamu akan mendapatkan notifikasi dan pesan pada Inbox aplikasi Gojek tentang alasan penolakan upgrade GoPay ke GoPay Plus.

Selain itu, ada juga cara lain untuk melihat alasan penolakan upgrade dari akun GoPay ke GoPay Plus. Anda bisa mengikuti cara di bawah ini untuk melihat alasan penolakan upgradeGoPay ke GoPay Plus:

  • Pilih ‘Eksplor’ pada menu GoPay di beranda aplikasi Gojek.
  • Pilih ‘Plus’ untuk mengakses halaman GoPay Plus dan melihat alasan penolakan (klik ‘Fitur lainnya’ jika kamu tidak dapat menemukannya).

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa contoh mengapa upgrade GoPay ke GoPay Plus kamu tertolak. Penyebab yang paling sering adalah karena foto blur.

1. Foto ID Rusak

Kamu dapat menggunakan ID lainnya, seperti eKTP/Paspor apabila ID sebelumnya terdapat kerusakan (huruf/kalimat, foto, dan tanda tangan tidak terbaca dengan jelas).

2. Foto Wajah atau ID Buram/Blur

Kamu bisa mencoba upgrade GoPay ke GoPay Plus kembali dengan memastikan foto yang kamu unggah (upload), baik selfie maupun foto ID, terlihat jelas dan dapat terbaca

3. Foto Wajah atau ID Tidak Masuk ke Bingkai

Pastikan saat kamu mencoba upgrade GoPay Plus kembali, bagian informasi dari kartu ID tidak tertutup jari atau terpotong di luar bingkai (frame) kamera dan bagian kartu ID tidak menutupi bagian wajah ketika foto selfie.

4. Dokumen foto Tidak Sesuai Ketentuan

Kamu bisa kembali mencoba upgrade GoPay ke GoPay Plus dengan memastikan dokumen foto yang kamu unggah sesuai dengan ketentuan GoPay, seperti:

  • ID yang diterima untuk upgrade GoPay ke GoPay Plus adalah dokumen asli dari eKTP/Paspor.
  • Foto selfie yang di unggah harus memegang ID dokumen asli.
  • Foto wajah pada dokumen ID harus berupa foto eKTP asli, bukan berupa pas foto tempelan.

5. Data eKTP Tidak Terdaftar di Dukcapil

Kemungkinan perbedaan data terjadi apabila data pada eKTP pernah diubah seperti nama, alamat, status perkawinan, foto, dan lain sebagainya.

Selain karena 5 alasan di atas, pengajuan akun GoPay Plus Anda juga bisa tertolak ID pernah digunakan di akun Gojek lain. Selain itu juga bisa karena;

  • Terdapat bagian foto wajah dan/atau foto ID yang terkena cahaya lampu/flash.
  • Terdapat bagian foto wajah dan/atau foto ID yang gelap.
  • Terdapat perbedaan antara jenis dokumen ID yang dipilih pada aplikasi dengan dokumen ID yang diunggah.
  • Foto diambil tidak langsung dari kamera handphone.
  • Terdapat perbedaan di foto wajah dan/atau foto ID.
  • Penggunaan dokumen ID untuk upgrade GoPay ke GoPay Plus telah melebihi batas.
  • Dokumen ID yang digunakan untuk upgrade GoPay ke GoPay Plus telah habis masa berlaku.

FAQ

  • GoPay untuk Apa?

GoPay bisa untuk melakukan pembayaran di aplikasi Gojek; toko/restoran rekan GoPay; transaksi keuangan transfer saldo GoPay ke sesama pengguna dan ke bank bagi pengguna GoPay Plus.

  • Isi Saldo GoPay di Mana?

Isi saldo GoPay bisa melalui m-Bangking dan internet bangking BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan sebagainya. Bisa juga melalui konter pulsa, kasir Alfamart, dan driver Gojek.

  • Isi Saldo GoPay Minimal Berapa?

Isi saldo GoPay minimal Rp.10.000 dengan biaya per transaksi Rp.2000. Bagi pengguna baru terkadang bisa mendapatkan voucher dengan besaran tertentu.

Penutup

Begitu kira-kira step by step atau langkah-langkah cara daftar GoPay dan proses verifikasi atau upgrade ke akun GoPay Plus. Prosesnya sangat mudah dan cepat.

Cukup dengan daftar Gojek maka secara otomatis akan punya akun GoPay. Akun GoPay tersebut sudah bisa Anda gunakan meski dengan fitur yang terbatas.

Agar fitur tidak terbatas, Anda bisa mengupgradenya ke akun GoPay Plus. Anda bisa mendapatkan proteksi ekstra untuk saldo GoPay, transfer ke rekening bank, benefir paylater dan promo eksklusif.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *