Advertisement

Flash Sale Artinya Apa? Kelebihan, Kekurangan, & Cara Daftar

Diterbitkan pada
24 November 2021
Waktu membaca
6 Menit

Saat ini banyak ecommerce yang menerapkan sistem flash sale agar pengguna semakin tertarik untuk berbelanja. Sistem ini biasanya tidak setiap hari digunakan. Namun, hanya pada saat moment tertentu misalnya pada saat tanggal cantik atau sering disebut Harbolnas.

Jika saat ini kita sedang berada di momen Harbolnas belanja promo 11.11, maka banyak online shop yang mengikuti program flash sale. Nantinya akan banyak penawaran barang dalam waktu yang sangat singkat dan stock terbatas.

Untuk mengenal lebih jauh lagi flash sale artinya apa, akan kita rangkum secara jelas dibawah ini.

Supaya tidak ketinggalan informasi sebelumnya, bisa dibaca artikel terbaru ini :

Apa Artinya Flash Sale?

flash sale artinya apa?

Flash sale artinya dalam bahasa gaul siapa cepat dia dapat. Namun arti sebenarnya adalah sebagai berikut :

Flash sale adalah sistem jual beli yang dilakukan di dunia online shop dengan harga dibawah pasaran (diskon), stock terbatas, dan waktu yang singkat.

Misalnya, suatu toko online pada ecommerce mengadakan flash sale Iphone dengan harga Rp. 1000. Di dalam sistem tersebut sudah di atur jadwalnya pada hari Kamis, tanggal 25 November pukul 11.00.

Dari contoh diatas, kita bisa membeli Iphone dengan harga Rp.1000 pas di jam dan hari yang sama. Namun, tidak semua akan beruntung karena sistemnya siapa cepat dia dapat.

Sudah banyak ecommerce yang menerapkan sistem ini. Seperti Lazada, Shopee, Tokopedia dan masih banyak lainnya. Tujuan flash sale ini sebenarnya trik dari penjual agar tokonya semakin dikenal dan meningkatkan omzet penjualan.

Dibalik sistem tersebut yang menggiurkan ternyata ada kekurangannya. Untuk tahu kekurangannya apa aja, yuk lanjut simak dibawah ya!

Kenapa Flash Sale Diadakan?

Setelah mengetahui flash sale artinya apa, penjual perlu mengetahui tujuan diadakan flash sale. Beberapa alasan diadakannya sistem penjualan tersebut yaitu bertujuan untuk memberikan banyak keuntungan dari ecommerce, penjual, dan pembeli.

Tentu ecommerce besar seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia mempunyai syarat dan ketentuan untuk penjual yang akan bergabung di sistem ini.

Sebelum gabung, tentunya penjual harus melakukan penelitian yang mendalam mengenai produk yang akan di ikutkan. Misalnya, barang yang sedang trend, stok yang akan diberikan, dan harga.

Dengan sistem penjualan ini, diharapkan produk yang dulunya kurang dikenal dapat ludes dalam hitungan menit saja.

Tapi tidak jarang juga toko yang menerapkan sistem ini dari barang yang paling laku di toko. Tujuannya agar pembeli setia puas dan kembali membeli di toko tersebut.

Untuk lebih jelasnya alasan kenapa diadakan sistem ini, bisa lihat penjelasan yang sudah kamii rangkum disini :

  • Stok yang berlebih dan produk belum habis terjual.
  • Musim produk yang selalu berubah menjadikan stok barang pada musim sebelumnya yang belum laku menumpuk. Sedangkan sebentar lagi akan menyambut musim baru dan menampung barang yang berbeda.
  • Adanya tren barang baru untuk strategi menarik pembeli.
  • Ingin menarik konsumen baru dan lebih banyak.
  • Penurunan pada tren barang lama dan diangkat lagi.

Kelebihan dan Kekurangan

Sistem penjualan dengan flash sale ini sudah lama ada di Indonesia, namun tidak secara online melainkan offline. Banyak toko di Mall, Supermarket, hingga pedagang kaki lima yang menerapkan sistem ini. Tujuannya agar menarik pembeli yang lewat di depan lapak.

Pada tahun 2010-an baru gencar istilah ini di dunia online shop. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari konsumen, penjual, dan ecommerce. Disisi lain ada kekurangan yang perlu diperhatikan juga.

Dibawah ini kelebihan dan kekurangan flash sale :

KelebihanKekurangan
Dapat berkesempatan untuk meningkatkan transaksi penjualan.Situs ecommerce menjadi lambat, karena terlalu banyak yang mengakses.
Sebagai penunjang toko mendapat pedikat terbaik.Sering gagal saat transaksi karena terlalu banyak pengguna yang membeli produk tersebut.
Toko akan semakin dikenal secara luas.Memperoleh keuntungan barang yang lebih sedikit dibandingkan harga normal.
Barang terjual dengan cepat dan akan mudah cepat habisMeningkatkan perilaku konsumtif.
Pembeli akan mendapatkan barang dengan harga murah.Akan cenderung membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan
Dapat mendapatkan barang langkaGagal mendapatkan barang yang diinginkan karena bersaing dengan pembeli lain.

Coba baca kelebihan dan kekurangan diatas supaya lebih pintar dalam melakukan transaksi di online shop.

Apakah Harga Flash Sale Lebih Murah?

Harga dari barang sistem ini memang menggoda untuk dibeli. Dibalik harga murah yang ditawarkan penjual biasanya hanya adalah strategi marketing.

Misalnya, terdapat barang dengan diskon 50%. Kemungkinan sebelum mengikuti program itu, penjual menaikkan harga barang supaya diskon terlihat besar.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *