Flash Sale Artinya Apa? Kelebihan, Kekurangan, & Cara Daftar

Diterbitkan pada
24 November 2021
Waktu membaca
6 Menit

Saat ini banyak ecommerce yang menerapkan sistem flash sale agar pengguna semakin tertarik untuk berbelanja. Sistem ini biasanya tidak setiap hari digunakan. Namun, hanya pada saat moment tertentu misalnya pada saat tanggal cantik atau sering disebut Harbolnas.

Jika saat ini kita sedang berada di momen Harbolnas belanja promo 11.11, maka banyak online shop yang mengikuti program flash sale. Nantinya akan banyak penawaran barang dalam waktu yang sangat singkat dan stock terbatas.

Untuk mengenal lebih jauh lagi flash sale artinya apa, akan kita rangkum secara jelas dibawah ini.

Supaya tidak ketinggalan informasi sebelumnya, bisa dibaca artikel terbaru ini  :

Apa Artinya Flash Sale?

flash sale artinya apa?

Flash sale artinya dalam bahasa gaul siapa cepat dia dapat. Namun arti sebenarnya adalah sebagai berikut :

Flash sale adalah sistem jual beli yang dilakukan di dunia online shop dengan harga dibawah pasaran (diskon), stock terbatas, dan waktu yang singkat.

Misalnya, suatu toko online pada ecommerce mengadakan flash sale Iphone dengan harga Rp. 1000. Di dalam sistem tersebut sudah di atur jadwalnya pada hari Kamis, tanggal 25 November pukul 11.00.

Dari contoh diatas, kita bisa membeli Iphone dengan harga Rp.1000 pas di jam dan hari yang sama. Namun, tidak semua akan beruntung karena sistemnya siapa cepat dia dapat.

Sudah banyak ecommerce yang menerapkan sistem ini. Seperti Lazada, Shopee, Tokopedia dan masih banyak lainnya. Tujuan flash sale ini sebenarnya trik dari penjual agar tokonya semakin dikenal dan meningkatkan omzet penjualan.

Dibalik sistem tersebut yang menggiurkan ternyata ada kekurangannya. Untuk tahu kekurangannya apa aja, yuk lanjut simak dibawah ya!

Kenapa Flash Sale Diadakan?

Setelah mengetahui flash sale artinya apa, penjual perlu mengetahui tujuan diadakan flash sale. Beberapa alasan diadakannya sistem penjualan tersebut yaitu bertujuan untuk memberikan banyak keuntungan dari ecommerce, penjual, dan pembeli.

Tentu ecommerce besar seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia mempunyai syarat dan ketentuan untuk penjual yang akan bergabung di sistem ini.

Sebelum gabung, tentunya penjual harus melakukan penelitian yang mendalam mengenai produk yang akan di ikutkan. Misalnya, barang yang sedang trend, stok yang akan diberikan, dan harga.

Dengan sistem penjualan ini, diharapkan produk yang dulunya kurang dikenal dapat ludes dalam hitungan menit saja.

Tapi tidak jarang juga toko yang menerapkan sistem ini dari barang yang paling laku di toko. Tujuannya agar pembeli setia puas dan kembali membeli di toko tersebut.

Untuk lebih jelasnya alasan kenapa diadakan sistem ini, bisa lihat penjelasan yang sudah kamii rangkum disini :

  • Stok yang berlebih dan produk belum habis terjual.
  • Musim produk yang selalu berubah menjadikan stok barang pada musim sebelumnya yang belum laku menumpuk. Sedangkan sebentar lagi akan menyambut musim baru dan menampung barang yang berbeda.
  • Adanya tren barang baru untuk strategi menarik pembeli.
  • Ingin menarik konsumen baru dan lebih banyak.
  • Penurunan pada tren barang lama dan diangkat lagi.

Kelebihan dan Kekurangan

Sistem penjualan dengan flash sale ini sudah lama ada di Indonesia, namun tidak secara online melainkan offline. Banyak toko di Mall, Supermarket, hingga pedagang kaki lima yang menerapkan sistem ini. Tujuannya agar menarik pembeli yang lewat di depan lapak.

Pada tahun 2010-an baru gencar istilah ini di dunia online shop. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari konsumen, penjual, dan ecommerce. Disisi lain ada kekurangan yang perlu diperhatikan juga.

Dibawah ini kelebihan dan kekurangan flash sale :

KelebihanKekurangan
Dapat berkesempatan untuk meningkatkan transaksi penjualan.Situs ecommerce menjadi lambat, karena terlalu banyak yang mengakses.
Sebagai penunjang toko mendapat pedikat terbaik.Sering gagal saat transaksi karena terlalu banyak pengguna yang membeli produk tersebut.
Toko akan semakin dikenal secara luas.Memperoleh keuntungan barang yang lebih sedikit dibandingkan harga normal.
Barang terjual dengan cepat dan akan mudah cepat habisMeningkatkan perilaku konsumtif.
Pembeli akan mendapatkan barang dengan harga murah.Akan cenderung membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan
Dapat mendapatkan barang langkaGagal mendapatkan barang yang diinginkan karena bersaing dengan pembeli lain.

Coba baca kelebihan dan kekurangan diatas supaya lebih pintar dalam melakukan transaksi di online shop.

Apakah Harga Flash Sale Lebih Murah?

Harga dari barang sistem ini memang menggoda untuk dibeli. Dibalik harga murah yang ditawarkan penjual biasanya hanya adalah strategi marketing.

Misalnya, terdapat barang dengan diskon 50%. Kemungkinan sebelum mengikuti program itu, penjual menaikkan harga barang supaya diskon terlihat besar.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli tentunya melakukan riset harga pasaran di berbagai toko online. Jadi belum tentu harga tersebut lebih murah.

Namun pada momen besar penjual akan memberikan dengan harga yang lebih murah. Biasanya yang mengikuti program ini adalah toko official.

Apalagi saat ini konsumen sedang berburu flash sale serba seribu. Maksudnya, barang yang dijual di toko tersebut di bandrol dengan harga seribu rupiah. Dengan begitu akan banyak konsumen yang mengincarnya.

Tips Mengikuti Flash Sale Bagi Penjual dan Pembeli

1. Penjual

Sebagai penjual ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika akan mengikuti program ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Baca syarat dan ketentuan yang berlaku di ecommerce yang mengadakan sistem tersebut. Pastikan cocok dengan standard toko.
  • Beri penjelasan yang detail pada deskripsi produk, judul, dan spesifikasi yang jelas.
  • Gunakan gambar, judul, dan bio yang meyakinkan untuk menaikkan performa toko.
  • Pastikan barang tersebut sedang banyak dibutuhkan oleh konsumen.
  • Sediakan stock yang cukup agar produk semakin banyak terjual.

2. Pembeli

Banyak pembeli yang mengeluhkan tidak pernah mendapatkan barang yang sedang flash sale. Dibalik itu, ada strategi khusus supaya bisa mendapatkan barang yang diinginkan. Berikut ini tips yang wajib diikuti untuk persiapan :

  • Catat tanggal, hari, dan jam. Atur alarm 10 menit sebelum dimulai.
  • Masukkan produk ke keranjang belanja/wishlist.
  • Utamakan fokus ke 1 produk yang paling diincar dan sedang dibutuhkan.
  • Isi saldo di akun ecommerce. Biasanya isi menggunakan dompet digital seperti OVO, ShopeePay, DANA, dan lainnya.
  • Baca seluruh deskripsi barang supaya tidak tertipu dengan penjual yang nakal.
  • Pastikan jaringan internet kencang dan stabil untuk akses di ecommerce.
  • Bersihkan sampah di HP seperti chace agar sistem HP tidak lemot.
  • Isi alamat pengiriman supaya tidak perlu edit lagi.
  • Pilihlah metode pembayaran yang paling mudah dan cepat.
  • Transfer barang hari itu juga agar tidak dibatalkan oleh sistem.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan. Dengan mengikuti semua tips diatas, pasti akan mendapatkan barang yang di inginkan.

Cara Mengikuti Flash Sale Untuk Penjual

Sebagai penjual di ecommerce tentunya tidak ingin ketinggalan moment tersebut. Selain untuk mengembangkan toko dan mempunyai predikat yang bagus, hal ini juga dapat untuk meningkatkan omset.

Disini kami akan menjelaskan secara lengkap cara mengikutinya di ecommerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Tanpa berlama-lama langsung disimak saja pembahasan berikut :

1. Shopee

Sebelum mengikuti program ini, tentu ada syarat dan ketentuan untuk daftar program tersebut di Shopee.

Ada 2 syarat yang wajib dipenuhi penjual yaitu :

  1. Toko tidak pernah mendapat poin pinalti.
  2. Toko berstatus aktif dan tidak libur dalam 7 hari terakhir.
  3. Berstatus Star Seller Shopee.

Untuk rincian syarat dan ketentuan produk, promo, harga yang lebih lengkap dapat baca disini shopeemobile.com.

Selanjutnya akan kami jelaskan langkah-langkah mengikutinya di Shopee. Silahkan diikuti langkah berikut ini :

  • Masuk halaman seller.shopee.co.id melalui website.
  • Lakukan “Login” pada akun Seller.
  • Pada bagian samping, pilih “Promosi Saya” > pilih “Flash Sale Toko Saya”.
  • Pilih menu “Atur Flash Sale Toko Saya”.
  • Atur “Tanggal, dan Sesi jam”.
  • Klik tombol “Konfirmasi”.
  • Klik “Kriteria Produk” > pilih “Tambah Produk”.
  • Munculkan semua kategori produk dan pilih produk mana yang akan dijual untuk program tersebut.
  • Pilih “Konfirmasi”.
  • Pilih tombol “Aktifkan/Nonaktifkan”. Klik tombol ke kanan untuk mengaktifkan produk yang akan diikutsertakan.
  • Klik “Simpan dan Kirim”.

Untuk mengikuti program ini, barang yang dapat didaftarkan bisa lebih dari 1. Untuk itu bisa menggunakan tombol “Aktifkan Massal”. Sangat mudah kan? Langkah diatas bisa dapat dipraktekkan untuk mendaftar program tersebut. Lanjut ke part selanjutnya~

2. Tokopedia

Tidak jauh berbeda dengan Shopee. Cara daftar flash sale di Tokopedia tentu ada banyak syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh penjual.

Syarat dan ketentuan di Tokpedia sangat banyak dan tidak semua seller bisa terpilih. Hanya Seller tententu yang dapat megikuti program ini sesuai dengan syarat & ketentuan. Mulai dari syarat umum, barang, harga, dan lainnya. Supaya lebih jelas silahkan dibaca disini.

Untuk mengikutinya di Tokopedia. Silahkan ikuti tutorial berikut :

  • Masuk ke aplikasi Tokopedia.
  • Login” ke akunmu.
  • Buka halaman “inbox”.
  • Masuk ke menu “Chat”.
  • Buka seluruh “pesan” dari Tokopedia Seller.
  • Cari pesan yang berisi undangan informasi pendaftaran flash sale.
  • Klik “Cek Sekarang/Daftar Sekarang”.
  • Akan muncul halaman pengisian “formulir”. Isi semua data tersebut (Data diri, nama produk, kategori produk, stok, dan lainya).
  • Tekan “Submit”.
  • Tunggu konfirmasi dari Tokopedia.

Tidak semua seller mendapat undangan untuk mengikuti program tersebut. Jadi kita perlu cek secara berkala jika menerima undangan tersebut. Pengajuan pendaftaran akan ditindaklanjuti oleh tokopedia dalam kurun waktu 1×24 jam.

Jika sudah berhasil terdaftar sebagai seller program tersebut, maka kita perlu menyiapkan produk dan stock barang yang sudah disampaikan pada tips diatas.

3. Lazada

Selain gratis ongkir lazada juga menerapkan program flash sale. Ada beberapa syarat juga yang digunakan Lazada untuk seller yang berhak mengikuti program ini.

Syarat yang menjadi penilaian tersebut seperti :

  1. Positif Seller Rating.
  2. Akumulasi Rating Produk.
  3. Tingkat balas chat dihari yang sama.
  4. Waktu balas chat.
  5. Pengiriman tepat waktu.
  6. Tingkat pembatalan.
  7. Tingkat pengembalian.
  8. Jumlah barang.
  9. Poin pelanggaran.

Jika sudah memenuhi penilaian diatas maka langsung saja ikuti langkah dibawah ini :

  • Masuk ke akun Lazada sebagai Seller Center.
  • Plih menu “Promosi”.
  • Klik “Campaign”.
  • Pilih halaman “Daily Sales”.
  • Klik menu “Flash Sale”.
  • Pilih “Available Campaign”.
  • Akan muncul undangan flash sale. Jika tidak muncul maka toko tersebut tidak berhak mengikuti program tersebut.
  • Klik undangan tersebut.
  • Pilih “Join Now”.
  • Klik “Add Product”.
  • Pilih produk mana saja yang akan didaftarkan. Klik “Add”.
  • Masuk ke Fill In Campaign. Tentukan Harga Campaign dan Stock untuk promosi.
  • Jika sudah. Klik “Submit”.
  • Selesai.

Jika sudah melakukan cara daftar diatas, tinggal menunggu informasi diterima atau tidak oleh pihak Lazada. Jika tidak diterima bisa bergabung di program selanjutnya. Selamat mencoba~

Penutup

Bagaimana, sudah cukup paham kan artinya flash sale? Pada pembahasan diatas sudah kami berikan penjelasan lengkap, tips, hingga cara mengikuti programnya. Tentu akan bermanfaat dan membuat kamu semakin pintar dalam menyusun strategi penjualan.

Sangat menarik ya pembahasan di Pintarjualan kali ini ? Jika ada pertanyaan, bisa tulis di “kolom komentar” di bawah. Jangan lupa untuk share ke teman-teman supaya mereka juga lebih paham. Kami juga aktif di Instagram lho! Untuk itu Follow @PintarJualan.id ikuti terus perkembangan informasi menarik seputar jualan online, tips, dan lainnya.

Terimkasih sudah membaca. Semoga dapat bermanfaat~

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *