Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot, Bersihkan Memori HP Dengan Cara Berikut

Mufid Hanif 29 Des 2022 4 Menit 0

Banyak yang mengeluhkan platform e-commerce favorit ini jadi lemot dan mencari cara mengatasi aplikasi Shopee lemot.

Menurut survey dari Jakpat, Shopee menjadi platform E-Commerce tervaforit, dengan 77% masyarakat memilih Shopee dibanding platform lain. Dengan membludaknya pengguna, terkadang Shopee menjadi overload dan lemot.

Selain itu, penyebab Shopee loading lama juga bisa dikarenakan dari sesaknya memori ponsel yang hampir penuh dan koneksi internet yang kurang stabil.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

1. Hapus Recent Apps

Recent apps di android adalah aplikasi yang baru saja dibuka. Sebelum membuka Shopee, apakah kamu membuka aplikasi lain? Misalnya, aplikasi Instagram, Facebook, atau bahkan game yang berat.

Terkadang, aplikasi tersebut masih berjalan di background meskipun kamu sudah keluar dari aplikasi tersebut. Makannya, ponsel jadi terasa berat meskipun sudah keluar keluar dari aplikasi.

Lalu, bagaimana cara membuat aplikasi shopee lancar lagi jika ram penuh karena recent apps? Ikuti cara hapus recent apps di bawah ini.

  1. Tap menu android di kiri bawah
  2. Swipe aplikasi android yang ingin ditutup
    Atau tap “Tutup semua” untuk menutup semua aplikasi sekaligus
    Tutup aplikasi background - shopee lemot

Begitulah cara menghapus recent Apps untuk membuat RAM lebih lega. Jika masalahnya pada RAM yang dipebuhi recent Apps, cara ini bisa membuat Shopee kembali lancar digunakan.

2. Non aktifkan Efek Wallpaper

Penyebab lain yang bisa membuat aplikasi Shopee lemot adalah efek wallpaper yang ada di HP. Ya, efek seperti efek 3d atau animasi pada home dan background ini bisa membuat smartphone jadi lebih berat dan lambat.

Ini karena aplikasi tersebut memerlukan resource yang tidak sedikit untuk memproses pengolahan gambar yang ditampilkan. Terutama efek 3D dan dan gambar bergerak, lumayan menyedot RAM smartphone mu. Terutama jika kamu menggunakan aplikasi theme atau background.

Jadi, jika kamu memasang aplikasi theme atau efek wallpaper yang memberatkan, copot dan ganti ke foto yang lebih ringan.

Cara uninstall aplikasi Wallpaper

  1. Buka pilihan aplikasi di android
    tap dan tahan ikon aplikasi
  2. Tap menu uninstall
    Hapus aplikasi wallpaper ketika shopee lemot

Cara mengganti theme home

  1. buka home android
  2. tap dan tahan di home pada bagian yang tidak terdapat ikon aplikasi
  3. maka akan muncul pilihan untuk tidak mengganti tema atau mengubah pengaturan home lainnya
    Cara mengatasi shopee lemot - tema home

Selesai, begitulah cara mengatasi aplikasi shopee lemot karena aplikasi home yang berat.

3. Hapus Cache Shopee

Ketika kamu mencari barang di Shopee, aplikasi tersebut akan menyimpan data ke ponsel kamu. beberapa data, termasuk foto produk ini terkadang disimpan dalam bentuk cache agar ketika kmau membukanya lagi, produk bisa dibuka dengan cepat.

Namun, terkadang beberapa produk yang sudah kita beli, kita tidak membukanya lagi. Tapi, kita tetap membuka aplikasi Shopee dan melihat-lihat barang yang menarik.

Akhirnya, cache Shopee semakin menumpuk. Ketika memori cache penuh, akhirnya Shopee jadi berat dan lambat untuk dibuka.

Lalu, bagaimana cara menghapus cache shopee?

Shopee sendiri sebenarnya memberikan fitur hapus cache. caranya sebagai berikut.

  1. Masuk ke Shopee
  2. Masuk ke menu “Saya” di kanan bawah
    Akun shopee - saya
  3. Pilih “pengaturan akun”
    Akun shopee - pengaturan akun
  4. Tap “Informasi”
    Akun shopee - informasi
  5. Tap “Berishkan cache”
    Akun shopee - bersihkan cache

Selain menggunakan Aplikasi Shopee, sebenarnya bisa juga menggunakan pengaturan aplikasi dari Android itu sendiri.

  1. Buka pengaturan Android
  2. Masuk ke menu aplikasi
  3. Pilih aplikasi Shopee
  4. Tap “clear cache & data”

Alternatifnya, bisa juga dengan tap lama ikon Shopee, caranya seperti ini.

  1. Tap dan tahan icon Shopee di pilihan aplikasi
    Tap dan tahan - tap icon informasi
  2. Tap ikon (i)
  3. Pilih “penyimpanan”
    Tap dan tahan - tap icon informasi - penyimpanan
  4. Kemudian pilih “hapus memori”.

Cara tersebut tidak jauh berbeda dengan membersihkan cache pada aplikasi lain. Kamu juga bisa menerapkan cara tersebut untuk membuat aplikasi lai yang terasa lambat supaya jadi responsif kembali.

4. Bersihkan Memori Handphone

Selain memori cache, memori storage yang sesak juga membuat aplikasi melambat. Oleh karena itu, untuk melonggarkan aplikasi dan memori yang sesak, cobalah lakukan bersih-bersih di smartphone mu.

Misalnya, cek aplikasi yang sudah lama tidak digunakan lagi dan file foto dan video yang menumpuk di memori HP.

Selain menghapus secara manual, bisa juga mengecek HP mu apakah sudah memiliki aplikasi cleaner bawaan dari pabrikan. Misalnya, Xiaomi punya MIUI Cleaner.

Bisa juga men download aplikasi cleaner lain, seperti CCleaner, AVG Cleaner, dan Avast Celan UP. Fitur dari aplikasi tersebut mampu membersihkan berbagai file dan cache yang sudah tidak diperlukan lagi. Selain itu, bisa juga menemukan file duplikat dan foto yang mirip.

Tidak hanya aplikasi Shopee, aplikasi lain di HP juga bisa lancar.

5. Jaringan atau WiFi kurang baik

Ketika kecepatan internet melambat, file dan pilihan lain yang ditampilkan jadi tidak bisa ditampilkan dengan baik. Jadi, pastikan jaringan internet yang kamu gunakan stabil.

Kamu bisa cek dengan membuka Google untuk sekedar mengecek apakah ponselmu mendapatkan jaringan internet. Selain itu, ada juga situs yang bisa digunakan untuk mengukur kecepatan internet, seperti speedtest.net atau fast.com.

Jika Jaringan internet baik dan memori ponselmu masih lega, tetapi Shopee masih lambat, bisa saja ini dari server shopee sendiri.

Bisa saja Shopee sedang overload atau maintenance. jadi, kamu bisa menunggu atau menghubungi Customer Service Shopee untuk meminta kejelasan mengapa aplikasi Shopee jadi lambat ketika dibuka.

Sering Ditanyakan Terkait Aplikasi Shopee Lambat

Apakah aplikasi Shopee harus di update?

Biasanya aplikasi Shopee memberikan notifikasi ketika harus di update. Selain itu, bisa juga mengeceknya melalui Google Play atau Pengaturan Aplikasi pada Pengaturan Android.

Kenapa Shopee saya error?

Beberapa kemungkinan penyebab Shopee error, lambat, atau loading terus adalah aplikasi yang belum diupdate, penumpukan cache, memori penuh, koneksi internet, atau server Shopee bermasalah.

Kenapa aplikasi Shopee sangat lambat

Beberapa kemungkinan penyebab Shopee sangat lambat, error, atau loading terus adalah aplikasi yang belum diupdate, memori penuh, penumpukan cache, koneksi internet, atau masalah pada server Shopee

Akhir Kata

Begitulah cara mengatasi aplikasi Shopee lemot. Dengan membersihkan memori cache dan memori HP, Aplikasi Shopee bisa kembali berjalan dengan lancar. Pastikan juga jaringan internet yang digunakan sudah lancar.

Oh iya, jangan lupa cek apakah kalian sudah menggunakan versi terbaru dari aplikasi Shopee di Google Play.

Semoga langkah-langkah di atas berhasil mengatasi aplikasi Shopee yang loading lama. Sampai bertemu di artikel Pintarjualan berikutnya.


Kamu bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan melalui media sosial @pintarjualan.id di Instagram dan Tips Pintar Jualan di Facebook. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintarjuaan.id seputar Keuangan atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silakan hubungi kami via admin@pintarjualan.id


sumber:

  • Cara agar Aplikasi Shopee Tidak Lemot dan Ciri-Cirinya – https://ginee.com/id/insights/cara-agar-aplikasi-shopee-tidak-lemot/
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Mufid Hanif
Ditulis oleh

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.