Cara Mengukur Kecepatan Internet, Gunakan Website Berikut

Mufid Hanif 27 Sep 2022 5 Menit 0

Siapa sih yang tidak senang dengan internet yang cepat? Tentunya semua orang ingin internet yang sat-set, dibuka langsung muncul, streaming gak pake buffer. Lalu, bagaimana cara mengukur kecepatan internet?

Ada banyak cara untuk mengukur kecepatan internet. Sekarang, banyak website yang Bisa membantumu mengetahui kecepatan internet dengan cepat dan praktis.

Apa saja website tersebut untuk mengukur kecepatan internet? Bagaimana cara kerjanya? Dan apa maksudnya Ping dan Bandwidth?

Simak terus artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

1. Speedtest.net/id

 

Cara mengukur kecepatan internet

Speedtest by Ookla adalah salah satu website yang menyediakan cara untuk mengukur kecepatan dan performa koneksi internet.

Dari Website ini, kamu bisa mengetahui kecepatan download(unduh) dan unggah(upload) dalam mbps maupun ping dalam ms.

Setiap hari, ada sepuluh juta test kecepatan internet yang berlangsung di website ini.

Sejak pertama kali didirikan pada tahun 2006, secara total ada lebih dari 40 triliun test yang dijalankan di Speedtest.

situs ini memiliki komitmen untuk menyediakan transparansi mengenai performa jaringan internet yang digunakan.

Selain tersedia dalam bentuk web di speedtest.net, speedtest juga hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa digunakan di iOS, Android, Mac OS, Windows, Google Chrome, dan Apple TV.

2. fast.com/id

Cara mengukur kecepatan internet

Semua orang tahu Netflix kan? itu lho, situs yang biasa digunakan untuk Netflix n chill alias nonton berbagai film dan tv series sambil bersantai.

Nah, pasti mengganggu banget, kan kalau waktu nonton adegan yang sedang tegang-tegangnya eh malah buffering. nah, makannya, Netflix membuat situs untuk menguji kecepatan internet kamu, yaitu fast.com

Netflix ingin semua orang memiliki cara yang mudah cepat, dan bebas iklan untuk bis memperkirakan kecepatan internet yang disediakan oleh ISP.

Oh iya, server yang digunakan untuk pengujian ini adalah server dari Netflix yang terdistribusi secara global, jadi kamu bisa memperkirakan kecepatan internet yang berlangsung jika kamu menonton video dari Netflix.

Jadi kalau kamu masih belum tahu bagaimana cara akses internet? kunjungi situs fast.com/id dan lakukan uji kecepatan internet.

3. ujikecepatan.com

Cara mengukur kecepatan internet

Di bawah lisensi Ookla, website ini juga bisa jadi patokan untuk mengetahui perkiraan kecepatan internet kamu. Di sini ada beberapa pilihan host server yang bisa dipilih, mulai dari UGM, UNY, GMedia Technologies, UMY, dan masih banyak lagi.

Jadi, mengukur kecepatan internet di PC bisa dilakukan dengan server yang berbeda-beda.

Seperti standar test dari Ookla, muncul informasi mengenai bandwith download dan upload, sekaligus latency.

4. speedcheck.org

Cara mengukur kecepatan internet

Cari alternatif lain untuk mengecek kecepatan internet? Speedcheck.org bisa jadi jawabannya. dioperasikan oleh Etrality GmbH, speedcheck ini juga hadir dalam bentuk aplikasi di Android.

Speedcheck.org menganjurkan untuk menggunakan aplikasinya. Aplikasi Speedcheck.org mampu mengecek kecepatan internet lebih akurat tanpa terpengaruh browser yang digunakan.

5. cloudflare speedtest

Cara mengukur kecepatan internet

Kalau website lain perlu klik test dulu, speed test dari cloudflare ini otomatis langsung berjalan. Speed.cloudflare.com menyediakan alat untuk mengukur kecepatan dan konsistensi koneksi internet.

Halaman Selanjutnya
Jadi, situs ini bisa jadi...

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Mufid Hanif
Ditulis oleh

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com