Advertisement

Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis, Gunakan Aplikasi Ini

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
16 September 2022
Waktu membaca
5 Menit

Sekarang internet sudah seperti kebutuhan pokok. Pasti kita semua membutuhkannya. Tapi terkadang penggunaan data kita tidak terkendali. Makannya, ikuti cara agar kuota internet tidak cepat habis berikut supaya bisa mengontrol penggunaan data.

Jangan sampai kuota internet habis di saat-saat penting, seperti harus membayar menggunakan m banking, atau harus upload mengumpulkan tugas.

Selain membatasi penggunaan internet yang membatasi data, ada juga tips dan trik untuk menghemat data. Ada juga palinkas yang bisa kamu manfaatkan untuk memantau dan menghemat data yang digunakan.

Aplikasi yang Menggunakan Boros Kuota Internet

Cara pertama untuk menghemat penggunaan data adalah dengan mengurangi penggunaan aplikasi yang boros kuota. Sebenarnya, kamu bisa mengecek penggunaan kuota data masing-masing aplikasi. Karena tiap orang pasti memiliki durasi waktu membuka aplikasi yang berbeda-beda.

Tapi, bisa saja aplikasi yang menyedot banyak kuota datamu tidak termasuk aplikasi tersebut. Untuk mengeceknya, bisa masuk ke data usage ini akan dijelaskan lebih jauh di bawah. Aplikasi apa saja yang cepat menghabiskan kuota? Berikut aplikasi yang dikenal membuat kuota cepat habis.

1. TikTok

Apakah TikTok bisa menghabiskan kuota? Tentu saja, aplikasi ini menampilkan banyak video menarik yang menyedot banyak kota. Makannya, kalau tidak pakai wifi pasti empot-empotan untuk mengangkat aplikasi ini.

Gimena enggak, dalam satu menit TikTok bisa menghabiskan 14-16 MB. Artinya, 1 jam menonton video TikTok kamu bisa menghabiskan 840-960 MB. Wow, hampir 1GB per jam.

Apalagi kalau notnon TikTok sering gak kerasa, kan?

2. Youtube

Sama-sama menyediakan banyak video yang menghibur, Youtube juga menyedot cukup banyak kuota. Apalagi kalau menonton video dengan kualitas HD, 1K, atau 4K. kuota bakal cepet jebol deh.

Sebuah video Youtube dengan kualitas video 480p menggunakan 260MB per jam. Kalau Full HD, data yang digunakan bisa mencapai 1,65. Sementara 4K bisa memakan 2,7 GB data.

Apalagi buat kamu yang suka nonton Youtube sebelum tidur, jangan sampai tertidur ketika menonton Youtube ya, apalagi dengan autoplay tetap on. Dari Youtube, kuota bisa terkuras habis loh.

3. Instagram

Instagram adalah satu media sosial yang berbasis foto dan video pendek. Kualitas foto dan video di aplikasi ini seringkai menguras kuota penggunanya.

Dilansir dari canstarblue.com, 5 menit menggunakan Instagram bisa menghabiskan 33,5 MB. Jika kamu menggunakan Instagram selama satu jam, maka data yang disedot adalah 402 MB, wow, hampir setengah GB.

Ini tentunya akan semakin parah ketika kamu banyak menyaksikan video di sini. Apalagi, banyak yang tidak sadar kalau sudah menghabiskan banyak waktunya di Instagram.

Bagaimana cara agar kuota tidak cepat habis saat buka Instagram?

Supaya kuota tidak cepat habis ketika membuka Instagram adalah dengan menggunakan browser untuk akses Instagram, dan tidak menggunakan aplikasinya. Jadi, uninstall Instagram dan gunakan Instagram dari browser saja.

Atau bisa juga instal keduanya. Hanya gunakan aplikasi Instagram untuk post, tetapi untuk scrolling gunakan browser.

Dengan begitu, aplikasi Instagram akan berhenti mendownload data yang tidak diperlukan. Selain itu, jika kamu menggunakan browser opera mini, ada fitur untuk kompres gambar. Jadi, gambar yang ditampilkan akan lebih kecil ukurannya. memang fotonya akan tidak sedetail Instagram, tetapi data yang dikonsumsi akan lebih ringan.

Aplikasi Penghemat Kuota Internet

Setelah mengetahui aplikasi yang boros kuota, kita bisa membatasi penggunaannya supaya tidak berlebihan dan menyedot terlalu banyak data.

Nah, selain membatasi penggunaannya, cara supaya paket internet tidak cepa habis bisa juga dengan menggunakan aplikasi yang bisa membantu kamu mengurangi konsumsi kuota data. Apa saja aplikasi penghemat kuota? simak daftar di bawah ini ya.

1. Opera Mini Browser

Browser bawaan terkenal menyedot data yang cukup besar. Salah satu solusinya Adalah dengan menggunakan Browser Opera Mini.

Versi mini dari browser opera ini memiliki fitur hemat data yang melakukan kompresi data. Data yang dikonsumsi browser jadi lebih hemat. Keuntungan lainnya adalah loading nya pun jadi lebih cepat.

Fitur lain yang bisa membantu penghematan data adalah memilih untuk menampilkan foto dan video. Jika mau hemat, kamu bisa menonaktifkan tampilan foto dan video, atau bisa juga menurunkan kualitas gambar dan video nya.

Selain itu, adblocker dari aplikasi ini juga membuatmu tidak perlu load gambar iklan yang bisa memakan data. Sayangnya, banyak yang mengeluhkan kalau browser ini banyak iklannya.

seperti yang sudah dijelaskan di atas, membuka media sosial dari browser ini bisa jadi cara agar kuota tidak cepat habis saat buka Instagram. karena foto yang ditampilkan melalui browser ini akan dikompres terlebih dahulu, kualitas foto jadi berkurang dan data yang digunakan tidak banyak.

2. UC Browser

Seperti opera mini, UC browser juga memiliki fitur data saver atau penghemat data. Jadi, data yang digunakan untuk membuka website akan dikompresi terlebih dahulu.

sama seperti opera, fitur adblocknya juga mengurangi iklan yang harus didownload ketika membuka website.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *