Cara Registrasi Kartu Indosat untuk Pengguna Baru dan Lama [Lengkap]

cara registrasi kartu indosat

Registrasi kartu Indosat dibutuhkan agar kartu yang bersangkutan bisa terdaftar secara resmi dan digunakan sebagaimana mestinya. Saat ini registrasi kartu sudah menjadi salah satu persyaratan yang dipenuhi sebelum menggunakan dan mengakses seluruh layanan dari provider kartu GSM.

Baik itu kartu prabayar maupun pasca bayar harus diregistrasi terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini sudah resmi karena bersumber dari pemerintah melalui Kementerian komunikasi dan Informatika atau kominfo.

Telah ditegaskan bahwa setiap pengguna kartu GSM harus meregistrasikan nomornya sebelum digunakan. Registrasi sendiri bisa dilakukan terhadap nomor yang sudah lama dipakai ataupun yang baru saja dibeli.

Kedua-duanya butuh untuk diregistrasi karena terkait dengan peraturan yang sudah disebutkan tadi. Alasan diadakannya peraturan tersebut bukan tanpa alasan karena ada banyak pertimbangan dan upaya peningkatan di bidang telekomunikasi dari masa ke masa.

engan registrasinya nomor kartu GSM setiap pengguna maka ada lagi kata sembarang untuk penggunaan. Mengingat bahwa selama ini nomor handphone selalu menjadi salah satu media yang rawan penyalahgunaan.

Tentu dengan adanya sistem registrasi terlebih dahulu membuat setiap pengguna lebih terjamin kevalidan datanya sehingga tidak bisa lagi asal-asalan. Hal ini kemudian berlanjut pada masing-masing provider yang memberlakukan keharusan untuk registrasi sebelum menggunakan kartu.

Biasanya registrasi masih akan membuka jalan untuk mengakses berbagai layanan dari provider yang bersangkutan. Tidak terkecuali pula untuk Indosat yang mengharuskan para penggunanya untuk meregistrasi kartu.

Baik itu pengguna lama ataupun pengguna baru sama-sama harus melakukan registrasi sebagaimana peraturan yang telah ada. Hal ini hadir sebagai wujud kepatuhan terhadap peraturan yang telah dibuat demi kenyamanan pengguna dan kemajuan dunia telekomunikasi.

Mengingat bahwa ini menjadi salah satu terobosan untuk telekomunikasi yang lebih baik kedepannya maka diharapkan kepada seluruh pengguna termasuk Indosat untuk melakukan registrasi terhadap kartu GSM yang dimiliki.

Melakukan registrasi kartu Indosat ini juga terbilang mudah karena sudah banyak panduan yang bisa diikuti. Apalagi cara di masing-masing provider juga tidak jauh berbeda. Meski demikian beberapa poin perbedaan yang kadang ditemukan. Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan tata cara melakukan registrasi kartu Indosat beserta alasan penting registrasi kartu dilakukan.

Alasan Pentingnya Registrasi Kartu

Sebelum melakukan registrasi kartu tentu banyak yang bertanya-tanya tentang alasan penting registrasi tersebut dilakukan. Untuk menjawab pertanyaan ini tentu harus mengacu pada alasan-alasan yang dianggap rasional sehingga mampu meningkatkan minat untuk melakukan registrasi kartu.

Pada dasarnya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan registrasi kartu GSM yang dimiliki. Hal ini terkait dengan akses layanan yang saat ini membutuhkan registrasi terlebih dahulu sebelum dipakai.

Dengan kata lain apabila belum melakukan registrasi maka layanan layanan yang tersedia oleh provider kartu GSM tidak bisa digunakan dengan penuh sebagaimana mestinya. Hal ini tentu akan menghambat berbagai kena raja dan tujuan memiliki kartu GSM.

Tidak sampai di situ saja, pihak kominfo atau kementerian komunikasi dan Informatika juga menjelaskan beberapa alasan penting dilakukannya registrasi ini. Hal ini dilakukan guna menyadarkan para pengguna kartu GSM tentang perlunya kevalidan data saat melakukan registrasi. Lebih lanjut hal ini ternyata berdampak juga kepada keamanan telekomunikasi.

Adapun beberapa alasan penting dibalik registrasi kartu ini sudah banyak dibahas di berbagai media. Apabila dirangkum secara lebih rincimaka alasan-alasan tersebut mengarah kepada beberapa hal diantaranya yaitu untuk peningkatan ekonomi, mencegah kejahatan menggunakan nomor ponsel.

Menanggulangi berita hoax, mengamankan berbagai transaksi non tunai dan lain sebagainya. Jika berbicara mengenai peningkatan ekonomi maka berbicara pula dengan basis data yang digunakan dalam registrasi. Salah satu hal yang bisa dijadikan di contoh adalah soal penyaluran bantuan yang menggunakan nomor handphone.

Mengacu kepada penggunaan telepon seluler beserta SIM card yang luas di Indonesia. Meskipun sebenarnya belum terealisasi namun ide ini tentu bisa dijadikan gambaran betapa pentingnya registrasi itu dilakukan.

Selain faktor ekonomi alasan lain yang juga masih terkait dengan pentingnya registrasi adalah mengurangi tindak kejahatan yang menggunakan nomor ponsel. Tidak bisa dipungkiri salah satu media yang cukup besar digunakan berbagai macam oknum untuk melakukan kejahatan ialah telepon seluler melalui kartu SIM.

Apabila ditelusuri lebih lanjut hal ini bermula dari registrasi kartu yang bisa dilakukan oleh siapa saja meskipun tanpa identitas yang benar.

Oleh sebab itu, dengan adanya registrasi kartu yang diwajibkan kepada setiap pengguna akan meminimalisir kemungkinan adanya tindak kejahatan  mengatasnamakan seseorang tanpa terdeteksi kebenaran identitasnya. Dengan adanya registrasi, maka setiap pengguna bisa terdeteksi biodata ataupun identitasnya secara lengkap.

Baca juga:
Cara Registrasi Kartu Telkomsel Agar Bisa Langsung Aktif & Siap Dipakai

Cara Registrasi Kartu Indosat

Cara melakukan registrasi kartu Indosat merupakan salah satu informasi yang banyak dicari karena mengingat jumlah pengguna kartu Indosat cukup banyak. Cara melakukan registrasi kartu Indosat juga terbilang mudah karena tidak membutuhkan tahapan tahapan yang merepotkan.

Bahkan registrasi bisa dilakukan tanpa melihat jenis HP apa yang digunakan. Baik itu Android ataupun tidak tetap sama-sama bisa melakukan registrasi kartu. Registrasi kartu ini juga tidak membutuhkan kuota internet karena dilakukan lewat ketikan SMS dengan nomor yang sudah ditentukan.

Biasanya ada teks khusus yang memang menjadi format untuk melakukan registrasi. Format ini tidak boleh salah agar registrasi berhasil. Untuk itulah mengetahui informasi dengan jelas sebelum melakukan registrasi merupakan yang penting.

Apabila sudah memiliki kartu yang akan diregistrasi maka sebaiknya jangan ditunda lagi. Selain itu jika memiliki kartu lama yang belum diregistrasi, maka sebaiknya disegerakan untuk meregistrasi nya. Hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan berbagai akses dari provider kartu GSM.

Demikian halnya untuk kartu Indosat, pengguna ingin mengakses atau menggunakan kartunya sebagaimana mestinya maka harus dilakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi ini tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

Oleh sebab itu pengguna tidak perlu khawatir waktunya akan banyak tersita dikarenakan registrasi. Sebaliknya registrasi ini lebih penting untuk dilakukan bahkan sudah diwajibkan. Adapun patokan yang digunakan saat melakukan registrasi adalah identitas berupa Kartu Keluarga dan juga KTP.

Adapun yang diambil dari identitas tersebut adalah Kartu Keluarga dan nomor induk kependudukan. Kedua nomor ini memang wajib adanya karena masuk dalam format registrasi. Oleh sebab itu pastikan saat menginput data berupa nomor ini harus benar.

Selain itu hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kevalidan nomor kartu keluarga dan juga nomor induk kependudukan. Apabila terdapat masalah soal ketidakaktifan nya maka pengguna harus mengurusnya ke disdukcapil.

Data yang diregistrasikan ini memang terintegrasi dengan disdukcapil karena menggunakan data berupa nomor kartu keluarga dan nomor induk kependudukan. Dengan kata lain kevalidan itu penting dalam hal ini.

Dengan adanya Kartu Keluarga dan kartu tanda penduduk, kedua Nomor identitas yang dibutuhkan ini dengan mudah bisa didapatkan. Pada dasarnya setiap orang memiliki nomor induk kependudukan yang berbeda-beda.

Nomor tersebut berisikan biodata lebih banyak yang sewaktu-waktu bisa dilihat oleh pihak yang berwenang. Dari sistem yang terintegrasi inilah dimulai usaha untuk mengamankan berbagai hal terkait telekomunikasi.

Baca juga:
Cara Registrasi Kartu XL Agar Bisa Langsung Aktif & Siap Dipakai

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa ada banyak tujuan dari dilakukannya registrasi. Adapun cara melakukan registrasi kartu Indosat bisa dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut:

Registrasi Kartu Indosat SIM Aktif

Bagi pengguna yang memiliki kartu Indosat SIM aktif bisa melakukan registrasi dengan cara yang mudah sebagai berikut:

  • Pertama silakan akses menu SMS di telepon seluler masing-masing.
  • Selanjutnya ketikkan ulang tanda pagar nomor induk kependudukan tanda pagar nomor kartu keluarga dan tanda pagar kembali. Formatnya ialah ULANG#NIK#No.KK#
  • Apabila sudah diketikkan, langsung kirim ke nomor 4444
  • Tunggulah balasan pesan yang menjelaskan bahwa registrasi berhasil dilakukan.

Cara Registrasi Kartu Perdana Indosat

Satu hal penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah cara melakukan registrasi untuk kartu perdana. Adapun cara melakukan registrasi untuk kartu perdana Indosat adalah sebagai berikut:

  • Pertama silakan akses ke bagian menu SMS di handphone.
  • Selanjutnya ketikkan dengan format nomor induk kependudukan tanda pagar nomor kartu keluarga tanda pagar. Format ringkasnya NIK#No.KK#
  • Setelah itu kirimkan ke nomor 4444
  • Jika sudah selesai maka tunggulah beberapa saat hingga muncul balasan bahwa registrasi tersebut berhasil dilakukan.

Ketika sudah muncul balasan bahwa registrasi berhasil dilakukan, maka pengguna sudah terdaftar secara resmi. Begitu akses ke berbagai layanan provider bisa dilakukan. Perlu diketahui juga bahwa ada kebijakan yang mengharuskan ini karena apabila tidak dilakukan, paling buruk yang akan didapatkan adalah kartu yang terblokir.

Hal ini cukup disayangkan, bukan? Terlebih lagi untuk kartu yang sudah lama digunakan karena sangat mungkin terdapat banyak kontak atau informasi penting lainnya yang ada di dalam kartu tersebut. Oleh sebab itu, melakukan registrasi ini sebaiknya dilakukan sesegera mungkin.

Saat pengguna melakukan registrasi kartu Indosat nya maka semua layanan terkait Indosat akan diberikan kepada pelanggan yang sudah melakukan registrasi tersebut. Dengan kata lain hal ini akan menempatkan pengguna sebagai pengguna yang sah atas kartu tersebut karena sudah teruji kevalidan identitasnya.

Melalui registrasi ini pula para pengguna bisa merasa lebih aman dan mendapatkan berbagai akses layanan yang sudah disediakan oleh provider Indosat. Melakukan registrasi ini pada dasarnya bukan hanya perlu untuk kartu Indosat saja melainkan juga provider kartu lainnya.

Baca juga:
Cara Cek Nomor & Pulsa Smartfren via App, Dial Up, dan CS [Komplit]

Apapun kartu sim yang dimiliki sudah seharusnya diregistrasi terlebih dahulu sebelum digunakan. Makanya itu kartu yang sudah dipakai pun juga diwajibkan untuk registrasi agar bisa dipakai sepenuhnya tanpa khawatir akan terblokir.

Apabila registrasi kartu sudah dilakukan, maka hal-hal yang menjadi tujuan awal dari registrasi secara perlahan akan mudah untuk dicapai. Hal ini tentu menjadi harapan bersama agar dunia telekomunikasi menjadi lebih baik ke depannya.

Untuk itu, semakin banyak kesadaran terkait registrasi kartu ini, maka akan sebaik pula usaha untuk menata bidang telekomunikasi yang ada di Indonesia. Meminimalkan berbagai kemungkinan tindak kejahatan tentu menjadi salah satu yang paling diharapkan.

Demikian informasi mengenai registrasi kartu indosat. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah informasi.

Related Article

Cara Menggunakan Fitur COD di Shopee Bagi Penjual dan Pembeli

Metode bayar di tempat atau COD di Shopee tentu sangat memudahkan bagi pengguna. Baik itu penjual ataupun pembeli yang sama-sama diuntungkan, tidak perlu khawatir penipuan. Nah, supaya tidak bingung lagi, kami sudah siapkan beberapa materi mengenai layanan tersebut. Meliputi: Apa itu pembayaran COD Shopee? Wilayah mana saja yang dapat menggunakannya? Cara melakukan pembelian menggunakan COD […]

Online Shop /
13 April 2021

Cara Hapus Akun Shopee Secara Permanen Lewat Aplikasi (Sebagai Pembeli & Penjual)

Ada banyak alasan bagi kita untuk mengetahui cara hapus akun Shopee. Mungkin karena nomor terblokir, email sudah tidak aktif, atau bahkan tidak membutuhkan platform Shopee lagi? Apapun alasannya, kamu tetap dapat mengajukan penghapusan akun dengan mudah. Bagaimana caranya? Tenang, kami sudah merangkumnya dalam konten ini, beserta poin-poin penting lain seperti: Syarat-syarat yang wajib dipenuhi sebelum […]

Online Shop /
12 April 2021

Cara Hapus Akun Tokopedia Sebagai Pembeli & Penjual (Mudah, Praktis, & Permanen)

Untuk berhenti menggunakan layanan, kamu dapat menerapkan cara hapus akun Tokopedia dalam konten yang kami tulis di sini. Meski ada sedikit usaha, menutup akun di marketplace hijau tetap ada caranya. Kalau dilihat, alasan menghapus akun bisa beragam. Mungkin kamu ingin ganti nomor baru, atau sudah punya akun dan toko baru, atau alasan-alasan lainnya. Karena itu, […]

Online Shop /
8 April 2021