Cara Daftar & Registrasi Kartu Indosat IM3 Ooredoo [Anti Gagal]

Diterbitkan pada
03 Desember 2021
Waktu membaca
4 Menit

Sedang mencari cara daftar kartu Indosat? Kamu berada di pembahasan yang tepat. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca sampai selesai berikut ini.

Setiap pengguna yang mempunyai telepon genggam pastinya menggunakan kartu SIM untuk berkomunikasi. Banyak sekali operator selular di Indonesia yang menyediakan layanan ini. Ada Indosat, XL, Telkomsel, Tri, dan masih banyak lagi.

Salah satu operator selular yang banyak digunakan masyarakat adalah Indosat dengan kartu IM3 Ooredoo. Sebelum menggunakan tentunya perlu mendaftar atau meregistrasi kartu SIM dahulu.

Nah dibawah ini kami akan berikan panduan lengkap mengenai cara registrasi untuk pengguna baru/pengguna lama, cek registrasi Indosat, dan mengatasi gagal registrasi. Langsung saja kita simak berikut ini.

Cara Daftar Kartu Indosat

Registrasi kartu SIM wajib dilakukan oleh semua pengguna. Karena jika tidak, maka kartu sim akan sulit digunakan sebagaimana mestinya. Misalnya, sinyal tidak muncul, tidak bisa menerima SMS dan telepon, hingga sulit untuk verifikasi data.

Selain itu, registrasi ini juga dianjurkan oleh pemerintah untuk menangkal kejahatan, penipuan, dan penyalahgunaan data.

Untuk itu  akan kami sajikan 4 cara registrasi kartu Indosat IM3 Ooredoo yang bisa pengguna pilih. Cara tersebut antara lain melalui SMS, Website resmi, Contact Center, dan galeri Indosat.

1. Melalui SMS

Cara daftar kartu Indosat Ooredoo yang pertama yaitu lewat sms. Banyak pengguna yang memilih cara ini karena sangat mudah dilakukan. Walaupun lewat sms, tidak akan memotong pulsa. Jadi meskipun kartu sim tidak ada pulsa tetap bisa melakukan registrasi.

Perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan registrasi antara pengguna baru dan lama. Silahkan lihat dibawah ini :

Pengguna Baru

  1. Buka menu pesan di HP.
  2. Tulis pesan SMS dengan Format NIK#Nomor KK#. Misal : 34021000000#32145000000#.
  3. Kirim ke 4444.
  4. Tunggu hingga ada balasan jika telah berhasil registrasi.
  5. Selesai.

Pengguna Lama

  1. Masuk ke menu pesan di HP.
  2. Tulis pesan dengan format ULANG#NIK#Nomor KK#. Misal : ULANG#34021000000#32145000000#.
  3. Kirim ke 4444.
  4. Tunggu sampai ada balasan berhasil.
  5. Selesai.

Baca Juga :

2. Secara Online Melalui Website Resmi

registrasi kartu prabayar baru

Selain melalui sms, ada cara lain untuk daftar kartu Indosat yaitu secara online melalui website resmi. Berikut ini tutorialnya :

  1. Akses situs myim3.indosatooredoo.com/registration melalui HP maupun komputer.
  2. Klik “Cek Disini”.
  3. Masukkan “NIK” dan “Nomor KK”.
  4. Klik “I’m not a robot”.
  5. Tekan “Periksa”.
  6. Selesai

3. Melalui Telepon Contact Center

Cara selanjutnya yaitu melalui Contact Center. Namun cara ini akan memotong pulsa karena harus melakukan panggilan telepon. Berikut cara registrasi kartu indosat lewat telepon Contact Center :

  1. Pastikan pulsa cukup
  2. Siapkan data berupa nomor NIK dan nomor KK.
  3. Lakukan panggilan telepon Contact Center Indosat di 185.
  4. Sampaikan keperluan dan ikuti instruksi yang diberikan.
  5. Selesai.

4. Datang ke Galeri Indosat

Apabila sudah melakukan 3 cara diatas namun tetap gagal, kemungkinan ada masalah lain yang belum diketahui. Langkah paling tepat yaitu mengunjungi gerai atau galeri Indosat terdekat dari kota Anda. Caranya hampir sama dengan Contact Center, hanya menyampaikan keperluan dan siapkan data nomor NIK dan KK. Selamat mencoba ya!

Cara Registrasi Kartu Indosat Ooredoo untuk WNA

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia pasti tidak perlu khawatir mengenai syarat NIK dan KK untuk daftar kartu Indosat.

Namun bagaimana jika orang tersebut seorang WNA (Warga Negara Asing) yang tinggal di Indonesia? Tenang saja, ada cara mudahnya kok. Cara satu-satunya adalah datang ke galeri Indosat terdekat.

Sebelum itu, disarankan untuk membawa identitas seperti KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas). KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap), atau Paspor.

Jika sudah, tinggal mengikuti instruksi dari petugas saja sampai kartu sim berhasil terdaftar.

Cek Registrasi Indosat Ooredoo Gagal atau Berhasil

Nah, jika sudah melakukan 4 cara registrasi kartu Indosat diatas namun belum ada pemberitahuan sudah berhasil atau belum, bisa dicek dengan cara ini.

Melalui SMS

  1. Masuk ke menu pesan.
  2. Tulis SMS dengan format berikut INFO#NIK.
  3. Kirim ke 4444.
  4. Selesai

Melalui website resmi

  1. Akses situs ini  https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index
  2. Masukkan nomor NIK dan KK.
  3. Klik “I’m not a robot”.
  4. Tekan “Periksa”
  5. Selesai.

Apabila nomor telah dinyatakan berhasil terdaftar, maka silahkan untuk menikmati semua layanan yang telah disediakan provider Indosat. Misalnya mengakses internet, SMS, Telepon, dan kebutuhan verifikasi data lainnya.

Apa Penyebab Gagal Daftar Kartu Indosat Ooredoo?

Apakah mungkin jika proses registrasi kartu Indosat gagal? Ya, hal itu mungkin saja terjadi. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan gagal saat daftar kartu Indosat Ooredoo.

Pertama, kasus paling banyak yaitu pada saat memasukkan nomor KTP dan nomor KK. Banyak pengguna yang kurang teliti dan salah input nomor identitas tersebut, sehingga registrasi gagal dilakukan. Maka pastikan data yang dimasukkan sudah benar dan valid.

Kedua, nomor identitas KTP pengguna belum terdaftar di data Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Kasus ini jarang terjadi namun pernah di keluhkan oleh pengguna. Untuk mengatasi permasalahan ini, silahkan datang ke Dukcapil sesuai daerah Anda, dan sampaikan jika identitas Anda belum terdaftar.

Baca Juga :

FAQ

Bagaimana cara daftar kartu IM3 Ooredoo?

Cara daftar kartu IM3 Ooredoo sama saja dengan kartu Indosat yang sudah disebutkan diatas. Karena Indosat merupakan provider sedangkan IM3 Ooredo adalah kartu SIM-nya.

Bagaimana cara registrasi paket Indosat?

Tekan dial *123#>Tekan Panggil>Pilih paket Indosat sesuai yang diinginkan.

Bagaimana cara registrasi kartu indosat tanpa KTP dan KK?

Sesuai anjuran pemerintah bahwa semua provider wajib menerapkan registrasi kartu menggunakan kartu identitas KTP dan KK.

Bagaimana cara registrasi kartu baru?

Berikut ini cara registrasi kartu baru, Masuk ke menu pesan> tulis pesan SMS dengan format REK(spasi)NIK#NomorKK#> kirim ke 4444.

Bagaimana cara mengaktifkan kartu SIM?

Cara mengaktifkan kartu yang sudah lama mati caranya kunjungi di gerai provider terdekat dengan membawa kartu SIM yang tidak aktif.

Kesimpulan

Begitulah cara yang bisa dilakukan untuk registrasi kartu Indosat Ooredoo. Sangat mudah dan praktis bukan? Syaratnya hanya memerlukan nomor KTP dan nomor KK.

Sekian dulu pembahasan kali ini, jika ada pertanyaan yang masih belum jelas silahkan tulis di “kolom komentar”. Kalau ada sodara atau teman yang sedang membutuhkan informasi mengenai pendaftaran kartu Indosat, silahkan share dengan cara bagikan ke media sosial dibawah.

Kami juga aktif di media sosial lainnya yaitu Instagram. Yuk follow di @PintarJualan.id, disana akan membagikan tips jualan, ide jualan, humor, dan masih banyak lagi. Terimakasih sudah membaca postingan Pintarjualan, semoga bermanfaat~

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *