Cara Buka Rekening Bank Jago, Mudah dan Terbaru 2022

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
02 Desember 2021
Waktu membaca
6 Menit

Punya rencana buat buka rekening Bank Jago? Yuk, simak tulisan simpel dan mudah cara buka rekening Bank Jago berikut ini. Baca sampai selesai agar semakin paham dan mengerti.

Cara membuka rekening Bank Jago itu selain mudah juga simpel. Agar semakin mudah dan simpel, cukup siapkan e-KTP dan NPWP (jika ada). Selain itu, siapkan juga nomer HP dan akun email yang aktif.

Tapi, sebelum itu mari kita kenalan dulu dengan apa itu Bang Jago? apakah Bank Jago punya ATM? Berapa biaya admin Bank Jago atau malah gratis? Dan bisakah pinjam uang di Bank Jago.

Apa itu Bank Jago?

Bank Jago adalah salah satu bank digital dalam bentuk aplikasi. Mereka menyebutkan aplikasi finansial yang bekerja dengan prinsip life-centric. Jago itu mudah, kolaboratif, dan inovatif.

Nama bank tersebut sebelumnya adalah Bank Artos Indonesia. Berdiri sejak tahun 1992, Bank Jago kini berbasis di Jakarta. Menjadi cukup terkenal belum lama ini.

Jerry Ng dan Patrick Sugito Waluyo mengakuisisi Bank Jago. Mereka mengakuisisi Bank Jago melalui Metamorfosis Ekosistem Indonesia dan Wealth Track Tecnology Limited.

Jerry Ng adalah mantan Dirut Bank BTPN. Sedangkan Patrick Walujo adalah investor Bank BTPN. Akuisisi mereka itu terjadi pada tahun 2019 dengan nilai akuisisi Rp.243 Miliar.

Keberadan Bank Jago semakin terkenal setelah Gojek mengakusisinya pada tahun 2020. Nilai saham Gojek atas Bank Jago mencapai 20%. Bank Jago tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2016.

Baca juga:

Setelah itu, tahukah kamu? Kini Bank Jago bertransformasi menjadi bank digital di Indonesia. Transformasi itu tentu membuat cara buka rekening di Bank Jago semakin mudah.

Aplikasi Bank Jago

PT. Bank Jago Tbk. meluncurkan aplikasi Jago pada Kamis, 15 April 2021. Kahrim dan Peter menyampaikan terkait empat poin yang menunjukkan Jado lebih unggul ketimbang aplikasi lain.

Salah satu keunggulan Jago adalah terdapat fitur pengelolaan uang secara kolaboratif. Dengan kata lain, beberapa orang bisa mengelola uang secara bersamaan melalui aplikasi Jago.

Jika kebanyakan aplikasi hanya memungkinkan satu orang yang login, maka tidak untuk Jago. Melalui fitur kolaboratif, pengeloaan keuangan bisa dilakukan secara bersama-sama.

Cara Buka Rekening Bank Jago

Sipakan dulu HP android karena Bank Jago merupakan bank digital dalam bentuk aplikasi. Setelah itu siapkan juga eKTP, NPWP, nomer HP, dan akun email yang aktif.

1. Buka Play Store, Install Aplikasi Bank Jago

Jika eKTP, NPWP, nomer HP, dan akun email yang aktif sudah siap, maka cara buka rekekning Bank Jago yang pertama adalah hidupkan HP android Anda lalu buka Play Store.

Setelah Play Store terbuka, ketikkan pada kolom search Bank Jago. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Setelah itu jangan ragu untuk klik install.

Bank Jago Install Aplikasi

Proses instalasi biasanya hanya memakan waktu beberapa menit. Bahkan mungkin hanya beberapa detik. Semua tergantung pada koneksi jaringan internet yang Anda gunakan.

Klik Open setelah proses instalasi selesai. Tampilan Bank Jago akan berubah seperti gambar di bawah ini. Jika Anda orang Indonesia, agar mudah, ubahlah aplikasi ke dalam Bahasa Indonesia.

Bank Jago Get Started

2. Klik Mulai Sekarang

Sudah puas melihat tampilan awal aplikasi Bank Jago, langkah yang perlu Anda lakukan adalah klik tulisan Mulai Sekarang (Get Started) yang ada di button berwarna orange.

Klik mulai sekarang hanya ada ketika Anda baru pertama kali membuka aplikasi Jago. Setelah itu Anda tidak lagi menemukan itu dan hanya akan ada button Buat Akun Jago..

Pada tutorial cara membuka rekening Bank Jago kali ini, kita akan mencoba membuat rekening Bank Jago dengan bunga 0%. Pilihan lain adalah Jago dengan bunga.

Bank Jago dengan bunga 0% adalah tipe akun agar mendapatkan bunga 0% dari Kantong Nabung dan Kantong Bayar. Kelemahannya tidak dapat mengakses fitur kantong terkunci.

3. Klik Buat Akun Jago

Anda klik Buat Akun Jago. Setelah itu muncul notifikasi yang mengingatkan Anda. Persisnya, Anda tidak bisa membuat akun Jago dengan bunga jika memilih Bank Jago dengan bunga 0%.

Akan muncul keterangan “Kamu akan membuat akun Jago. Kamu tidak bisa membuat akun Jago dengan bunga setelah kamu mendaftar akun Jago dengan bunga 0%“.

Sampa pada proses ini, Anda masih bisa memilih. Apakah akan membuat akun Jago dengan bunga atau akun Jado dengan bunga 0%. Semua terserah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Daftar Bank Jago Masukkan Buat Akun Jago

4. Ulangi Klik Buat Akun Jago

Jika Anda sudah benar-benar yakin, silakan klik Buat Akun Jago pada notifikasi atau pop up tersebut. Isi kolom email dan nomor telepon Anda yang aktif lalu klik lanjut.

Pastikan nomor telepon dan alamat email yang anda masukkan benar. Jika salah maka pada proses selanjutnya, yaitu proses verifikasi nomer HP, kode tidak akan masuk ke nomor Anda.

Cara Daftar Bank Jago Masukkan Buat Akun Jago Bunga 0%

5. Verifikasi Nomor HP

Setelah itu Anda diminta megkonfirmasi nomor telepon. Jago akan mengirimankan kode melalui SMS ke nomor telepon yang Anda masukan tadi. Anda tinggal mamasukkan kode verifikasi tersebut.

Proses verifikasi terkadang memakan waktu cukup lama. Kode tidak langsung masuk melalui HP. Bahkan hingga waktu habis. Mungkin karena gangguan sinyal atau yang lainnya.

6. Buat Password dan Isi Data Diri

Jika proses verifikasi berhasil, Jago akan mengarahkan Anda untuk membuat password dan mengisi data diri sesuai KTP. Ikuti proses tersebut dan pastikan masukkan data dengan benar.

Jangan lupa untuk membuat password yang mudah Anda ingat dan merahasiakannya. Anda bisa menggunakan tanggal lahir dan sebagainya. Setidaknya agar Anda tidak lupa.

7. Verifikasi Pihak Bank Jago

Proses terakhir adalah verifikasi. Proses verifikasi ini berbeda dengan proses verifikasi di atas. Jika proses verifikasi di atas menggunakan, maka proses verifikasi kali ini menggunakan video call.

Pihak bank akan menghubungi Anda. Pihak bank akan meminta untuk video call dalam kurun waktu tertentu. Proses tersebut bisa setiap saja saat, termasuk di tengah malam.

Sepertinya, banyak yang bertanya-tanya apakah Bank Jago itu punya ATM. Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang sangat wajar. ATM memang memudahkan kita untuk bertransaksi.

Lebih-lebih dengan dukungan mesin ATM yang banyak seperti sekarang ini. Semakin mudah bagi kita untuk melakukan transaksi. Mulai dari transfer hingga mengambil uang tunai.

Bukan ATM, tapi Bank Jago menyebutnya dengan Kartu Debit Jago Visa. Kartu Debit Jago Visa adalah salah satu metode pembayaran di Jago. Kita bisa menggunakan kartu tersebut ATM.

Selain ATM, kartu tersebut juga bisa kita gunakan di mesin EDC berlogo ATM Bersama dan Alto di Indonesia serta Visa yang tersebar di seluruh dunia.

Anda bisa membuat kartu debit Visa tersebut melalui aplikasi Jago kapan pun. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kartu tersebut dengan praktis dan nyaman.

Bank Jago Bebas Biaya Admin

Tidak seperti kebnayakan bank pada umumnya, Bank Jago tidak menerapkan adanya biaya admin. Baik untuk buka dan tutup rekening, saldo awal, administrasi bulanan, dan sebagainya.

Kebanyakan bank umumnya menerapkan biaya admin untuk transaksi-transaksi tertentu. Paling tidak adalah biaya admin bulanan. Besarnya berkisar dari Rp.2.500 hingga Rp.12.500.

Baik bank konvensional maupun syariah hampir menerapkan biaya admin dalam beberapa transaksi. Seperti misalnya biaya administrasi tutup rekening salah satu bank syariah sebesar Rp.20.000

Meski terlihat sepela atau nominalnya yang tidak seberapa, biaya admin bank lama-kelamaan juga bisa menguras uang Anda. Apalagi jika uang Anda tidak lebih dari Rp.50.000 misalnya.

Bank Jago Gratis Transfer

Selain bebas biaya admin, Bank Jago juga akan memberikan gratis transfer antar bank. Tepatnya, dalam 1 bulan Anda punya kesempatan untuk transfer ke bank lain dan top up e-Wallet sebanyak 25x.

Anda bisa mrnggunakan semuanya hanya untuk transfer atau top up saja atau gabungan keduanya. Anda akan mendapatkan fasilitas yang sama pada bulan berikutnya.

Hanya saja, jika ada sisa kuota pada bulan sebelumnya, maka kuota tersebut akan hangus. Bank Jago tidak mengakumulasi ke bulan berikutnya. Manfaatkan fasilitas gratis transfer tersebut selagi ada.

Sebaliknya, jika dalam satu bulan Anda melakukan transfer lebih dari 25x maka Bank Jago akan mengenakan biaya tambahan. Biaya transfer untuk per transaksi adalah Rp.3000.

Bisakah Pinjam Uang di Bank Jago?

Salah sau fungsi dari bank adalah sebagai tempat untuk meminjam uang. Lalu, apakah di bank digital seperti Bank Jago bisa untuk meminjam uang? Jawabannya adalah bisa.

Menurut Direktur Utama Bank Jago, Kharim Indra Gupta, Bank Jago sudah siap untuk memberikan pinjaman secara online. Menurutnya hanya tinggal menetapkan tanggal saja.

Kharim Indra Gupta mengatakan hal tersebut pada 5 Juli 2021. Hingga September 2021, Bank Jago telah menyalurkan kredit sebesar Rp3,73 triliun. Melonjak 502% dari periode yang sama tahun lalu.

Bang Jago rencananya akan menyalurkan kredit secara langsung melalui aplikasi Jago pada tahun 2022 mendatang. Hal itu karena jaringan nasabah belum cukup besar.

Penutup

Sangat simpel dan mudah bukan cara buka rekening Bank Jago. Cukup siapkan e-KTP, NPWP, nomer HP dan akun email yang aktif. Anda bisa membuka rekening Bank Jago kapan saja.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menyiapkan HP android/iOS dan jaringan internet. Baik jaringan internet berbasis GSM atau wifi. Keduanya sama-sama bisa digunakan.

Setelah selesai, segera nikmati kemudahan dan keunggulan fitur-fitur Bank Jago. Mulai dari bebas admin, free transfer sebanyak 25x dalam sebulan, dan fitur kolaboratif.

Akhir kata, semoga artikel cara buka rekening Bank Jago ini bermanfaat. Anda bisa mendapatkan fasilitas-fasilitas menarik dari Bank Jago yang serba mudah di era digital seperti sekarang ini.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *