Cara Daftar Mobile Banking dan Internet Banking Mandiri dengan Mudah

Diterbitkan pada
02 Maret 2021
Waktu membaca
6 Menit

Siapa yang ingin sekali daftar mobile banking dan internet banking bank Mandiri, namun tidak tahu bagaimana caranya? Saat ini mendaftar mobile banking maupun internet banking amatlah mudah.

Anda hanya perlu tetap terkoneksi dengan internet dan bisa langsung mengaktivasi mobile banking maupun internet banking dari Mandiri. Ada banyak sekali manfaat yang bisa dihadirkan oleh mobile banking maupun internet banking, apa saja ya itu?

Cara Daftar dan Aktivasi Mobile Banking Bank Mandiri

Dengan m-banking dari Bank Mandiri, maka Anda selaku pengguna dapat mentransfer dana dari rekening bank Anda ke rekening bank lain dengan smartphone saja. Hanya dengan bantuan internet, Anda bisa melakukan transfer dari mana saja dan ke mana saja.

Layanan mobile banking juga tersedia selama 24 jam. Bagi Anda yang aksesnya jauh dari kantor cabang Bank Mandiri maupun gerai ATM, maka aplikasi ini sangat mudah dan nyaman untuk dimanfaatkan. Adapun cara untuk mendaftar m-banking dari Bank Mandiri adalah :

  1. Kunjungi Gerai ATM Bank Mandiri

Agar Anda bisa menggunakan Mandiri Online, nama dari m-bankingnya bank Mandiri, maka pastikan Anda harus mengunjungi gerai ATM Bank Mandiri yang paling dekat dengan rumah Anda. Setelah itu masukkan kartu debit Bank Mandiri dan ketikkan PIN Anda.

  1. Pilih Menu “Mobile Banking”

Setelah memasukkan PIN kartu debit, maka pilihlah opsi yang ditampilkan di layar, “Transaksi Lainnya”. Barulah setelah itu Anda bisa memilih opsi “Daftar E-Banking” dan kemudian pilih “Mobile Banking”. Setelah itu klik tombol “Ya”.

  1. Masukkan Nomor Telepon

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang bisa dihubungi dan pastikan ada pulsa yang tersedia. Nantinya, setelah Anda memasukkan nomor telepon ini, pihak Bank Mandiri akan melakukan verifikasi.

Kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor ini menyedot pulsa Anda. Jadi, pastikan bahwasannya pulsa Anda ini masih cukup untuk melakukan registrasi. Jika kode OTP ini sudah masuk, maka segera kirimkan ke mesin.

Baca juga:
Cara Daftar Mobile Banking dan SMS Banking BCA dengan Mudah

Setelah berhasil melakukan registrasi Mandiri Online via ATM, langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasi. Berikut adalah panduan untuk melakukan aktivasi Mandiri Online dari rumah saja!

  1. Unduh Aplikasi Mandiri Online

Buka Play Store jika Anda menggunakan android atau App Store jika Anda merupakan pengguna iOS. Setelah itu carilah menu “Mandiri Online” dan segera klik “Unduh”. Tunggu sampai aplikasi sepenuhnya terinstal di smartphone Anda.

  1. Buka Aplikasi Mandiri Mobile Banking

Apabila Anda sudah mengunduh aplikasi Mandiri Online, maka bukalah aplikasi dan masukkan detail kartu debit Mandiri, expire date dan masukkan pula tanggal lahir Anda. Setelah mengisi semua kolom, maka segera klik “Lanjut”.

  1. Verifikasi Nomor

Jika sudah, maka Anda akan mendapatkan SMS dari nomor 3355 untuk melakukan verifikasi. Klik saja SMS yang masuk ke nomor telepon Anda, baru setelah itu Anda buka lagi aplikasi Mandiri Online.

  1. Buat User ID

Setelah berhasil melakukan verifikasi, pastikan Anda membuat user ID. Nah, user ID ini harus terbuat dari 6 digit alfanumerik. Harus ada kombinasi angka dan hurufnya, misal fariz71.

  1. Buat PIN

Setelah membuat user ID, langkah selanjutnya adalah membuat PIN. Ketikkan PIN yang terdiri dari 6 digit dan lakukan konfirmasi lagi. Ingat, ya user ID dan kode PIN ini adalah kunci bagi Anda untuk bisa masuk ke aplikasi Mandiri Online.

Kalau Anda lupa dengan PIN dan user ID yang telah Anda buat sebelumnya, maka aplikasi Mandiri Online tidak akan bisa dibuka.

  1. Lengkapi Data

Proses selanjutnya adalah Anda harus melengkapi data di aplikasi. Mandiri online akan meminta Anda untuk menambahkan gambar atau foto profil dan menuliskan alamat email yang masih aktif. Tulis alamat email dan centang biru pada kolom yang tersedia.

  1. Masukkan MPIN

Jika sudah menyelesaikan proses kelengkapan data, maka aplikasi akan mengarahkan Anda untuk mengisi MPIN Mandiri Online yang telah Anda buat sebelumnya. Barulah setelah itu Anda harus mengunjungi kantor cabang Bank Mandiri untuk melanjutkan proses aktivasi.

Setelah melakukan aktivasi ke customer service Bank Mandiri, maka akun mobile banking Anda bisa digunakan. Kemajuan teknologi terkini dalam mobile banking telah menguntungkan nasabah Mandiri dalam banyak hal.

Baca juga:
Cara Daftar Mobile Banking dan SMS Banking BRI dengan Mudah

Keamanan yang tepat, kemudahan akses dan peningkatan penggunaan pelanggan dengan cepat bisa terbantu dengan hadirnya mobile banking.

M-Banking Mandiri sudah dipersonalisasi dengan seaman mungkin sehingga Anda memiliki kendali atas ponsel yang Anda gunakan setiap hari dan sangat Anda kenal.

Hadirnya Mandiri Online adalah fenomena baru dan luar biasa dalam menghadirkan kemudahan melakukan transaksi. Dengan mobile banking, Anda dapat melakukan lebih dari sekadar memeriksa saldo atau memantau keuangan saja.

Layanan mobile banking bisa membayar segala macam bentuk tagihan internet, listrik maupun PDAM dan biasanya gratis.

Mandiri Online juga memberikan akses mudah. Anda dapat mengakses uang kapan saja dan di mana saja.

Ya inilah yang membuat mobile banking selalu menarik. Memeriksa pemberitahuan seperti setoran, penggunaan tunai, dan memantau transaksi dijamin lebih mudah dengan M-Banking.

Cara Daftar dan Aktivasi Internet Banking Bank Mandiri

Tidak hanya Mobile Banking saja lho yang memudahkan Anda untuk bertransaksi secara online. Mandiri juga mempunyai layanan internet banking. Daftar mobile banking dan internet banking bank Mandiri bisa dilakukan dengan cara :

  1. Kunjungi Gerai ATM Mandiri

Pertama, datanglah ke gerai ATM Mandiri terdekat dari tempat Anda dan masukkan kartu debit ke mesin ATM. Setelah itu masukkan 6 digit PIN Anda untuk menuju ke proses selanjutnya.

  1. Daftar Internet Banking

Setelah memasukkan PIN, maka layar mesin ATM akan menampilkan beberapa pilihan. Anda bisa memilih “Transaksi Lainnya” dan setelah itu pilih opsi “Daftar E-Banking” kemudian “Internet Banking”.

  1. Lakukan Konfirmasi

Jika Anda sudah mengklik pilihan “Internet Banking”, maka mesin ATM akan memunculkan tulisan konfirmasi untuk meyakinkan Anda apakah hendak melanjutkan proses atau tidak.

Apabila Anda sudah yakin, maka tekan “Ya” untuk melanjutkan proses. Mesin ATM kemudian akan meminta Anda untuk memasukkan PIN kartu debit Anda kembali.

  1. Buat PIN untuk I-Banking

Setelah memasukkan PIN kartu debit Mandiri, maka Anda akan diminta untuk membuat kode keamanan atau PIN untuk akun i-banking. Usahakan Anda membuat PIN untuk akun i-banking ini berbeda dengan PIN kartu debit Mandiri Anda.

Jika sudah mantap dengan PIN i-banking Mandiri yang sudah dibuat, segera masukkan PIN internet banking Mandiri Anda ke mesin ATM dan klik “Benar”. Ingat baik-baik PIN yang sudah Anda buat karena sangat penting untuk mengakses akun i-banking Mandiri Anda.

  1. Tunggu Struk ATM

Selesai membuat PIN untuk akun i-banking Anda, tunggulah mesin ATM mengeluarkan struk dari mesin.

Jangan terburu-buru untuk pergi sebab struk yang keluar dari mesin ini sangat penting. Ada user ID nternet banking Anda yang bisa digunakan untuk membuka akun di situs mandiri.

Baca juga:
Cara Daftar Internet Banking BRI dan Panduan Aktivasinya [Lengkap]

Setelah selesai melakukan registrasi i-banking Mandiri, maka langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasi akun i-banking Anda , caranya :

  1. Buka Situs Mandiri

Pertama, Anda bisa membuka situs Bank Mandiri melalui Chrome maupun Mozilla di ib.bankmandiri.co.id. Anda bisa kok membuka situs ini melalui smartphone maupun laptop.

  1. Klik Tulisan “Silakan klik di sini”

Jika sudah masuk ke halaman i-banking, maka Anda bisa mencari tulisan “Pengguna Baru atau Registrasi Ulang”. Klik saja tulisan tersebut.

  1. Setujui Syarat dan Ketentuan

Setelah menglik tulisan “Registrasi Ulang”, maka akan muncul sebuah halaman mengenai aktivasi Mandiri Internet. Anda bisa membaca tentang syarat dan ketentuan dari Bank Mandiri setelah itu pilihlah “Setuju”.

  1. Input Kode Akses dan PIN

Apabila Anda sudah setuju dengan seluruh syarat dan ketentuannya, maka masukkan kode bank 16 digit Anda dan PIN kartu debit. Barulah setelah itu Anda bisa pilih “Aktifkan”.

  1. Isi User ID

Setelah itu halaman Mandiri Internet akan meminta Anda untuk mengisi User ID, PIN akun i-banking Anda beserta alamat email. Setelah itu klik “Kirim”. Halaman akan memunculkan notifikasi bahwasannya aktivasi iBanking Mandiri Anda sudah berhasil.

Sayangnya, meskipun Anda sudah melakukan aktivasi melalui situs Mandiri Internet, Anda masih belum bisa nih menikmati segala fitur yang disediakan oleh Bank Mandiri. Anda harus tetap melakukan aktivasi ke Customer Service kantor cabang Mandiri.

Di sana, Anda diharuskan untuk mengisi sebuah formulir aplikasi pengajuan iBanking dan SMS Mandiri. Oh, ya, Anda tidak boleh lupa untuk membawa KTP dan buku tabungan. Nantinya, Customer Service kantor cabang Mandiri akan membantu Anda melakukan proses aktivasi.

Internet banking memungkinkan pengguna untuk menangani sebagian besar operasi perbankan mereka melalui laptop atau perangkat seluler dengan akses Internet. Dengan memanfaatkan Mandiri Internet, Anda bisa mudah bertransaksi apapun.

Mandiri Internet memungkinkan Anda untuk mengakses informasi rekening bank kapan saja dan di mana saja sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi.

Entah Anda sedang pergi untuk urusan bisnis, di luar jam kerja, atau jauh dari wilayah bank Anda, semua bisa diakses dengan Mandiri Online dan Mandiri Internet.

Semua yang Anda butuhkan bisa diakses melalui mobile banking dan internet banking selama terhubung dengan akses Internet.

Sebagian besar layanan perbankan online menyediakan akses ke laporan yang dapat diunduh sehingga dapat membantu Anda mengontrol laporan keuangan Anda.

Mulai laporan setoran, transfer, penarikan ATM, dan tagihan apa pun yang telah Anda bayarkan menggunakan rekening bank online, bisa kok Anda pantau dengan i-banking atau m-banking Mandiri.

Daftar mobile banking dan internet banking bank Mandiri sangatlah mudah. Dengan dua akun ini, maka Anda bisa mengatur catatan bisnis Anda atau memberikan dokumentasi untuk akuntan Anda tentang laporan keuangan.

Dengan menggunakan perbankan online, Anda dapat langsung mentransfer uang antar rekening bila perlu. Anda juga memiliki kesempatan untuk mentransfer uang antar bank yang berbeda secara online.

Kemudahan transfer ini masih jauh lebih nyaman daripada harus ke bank atau gerai ATM. Hadirnya fasilitas untuk mentransfer uang antar rekening tentunya menjadi nilai plus tersendiri. Bahkan Anda dapat dengan cepat mengakses dana yang diperlukan untuk melakukan pembelian dan pembayaran guna memastikan kelancaran bisnis Anda.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *