Top Up Saldo e-Money Mandiri di Tokopedia Masih Eror, Bagaimana Nasib Uang Pengguna?

Anisa Juniardi 24 Jan 2023 2 Menit 0

Pengguna e-Money Mandiri hingga hari Selasa (24/1) masih membanjiri akun Tokopedia di Twitter akibat hilangnya fitur pengisian saldo dari marketplace.

Tak sedikit yang merasa kesal dan mempertanyakan alasan sebenarnya fitur top up tersebut mendadak hilang dari aplikasi belanja online seperti Tokopedia, Shopee, dan sebagainya.

Seorang pengguna bahkan mengunggah hasil screen capture saat dirinya ingin top up dan cek saldo e-Money tetapi justru muncul pemberitahuan yang tidak biasa.

Top up saldo e-money mandiri

Source: twitter. Com/sintashintaa

“Hi, Toppers, mohon maaf saat ini fitur Top-up dan Update Saldo Mandiri E-Money sedang tidak tersedia, mohon coba beberapa saat lagi”

Tidak hanya pengisian saldo saja, pengguna yang ingin membayar tagihan isi saldo pakai layanan GoPay juga mengeluhkan hal serupa. Bahkan sejak hari Senin (23/1), transaksi tersebut tidak diproses oleh sistem sebagaimana mestinya.

Top up saldo e-money mandiri

Source: twitter. Com/jonsdemetra

Padahal top up e-Money melalui platform belanja daring dinilai jauh lebih menguntungkan ketimbang menggunakan layanan lain. Bukan hanya mudah, tetapi pengguna bisa mendapatkan diskon, cashback, voucher undian, dan lain-lain.

Erornya sistem pada Tokopedia sebenarnya bukan hanya terjadi selama satu atau dua hari saja, tetapi sudah lebih dari dua minggu dan pengguna masih menunggu fitur tersebut kembali normal. Terutama mereka yang sudah terlanjur mengisi saldo dengan jumlah cukup banyak hingga jutaan rupiah.

Terlihat akun Twitter @Tokopediacare pun menanggapi komplain warganet yang mendesak agar layanan top up dan cek saldo e-Money Mandiri dan lainnya segera dibenahi melalui DM Twitter pada hari Minggu kemarin (22/1).

“Halo Kak @fariansyah, terkait kendala Top Up Emoney sudah kami bantu konfirmasi melalui DM Kakak ya. Yuk dicek 🙂

Namun setelah beberapa hari berita ini bergulir, melalui Head of Sales and Operation Development (Digital Goods) Tokopedia, Jonathan Gilbert Tricahyo akhirnya angkat suara dan menjelaskan jika pengisian saldo e-Money di Tokopedia memang belum dapat dilakukan oleh pengguna lantara sedang terjadi masalah pada sistem.

Lebih lanjut, Jonathan juga mengatakan pada publik bahwa Tokopedia masih berusaha untuk memperbaikinya agar sistem kembali berjalan normal seperti semula, sehingga para pengguna dapat menikmati seluruh fasilitas top up dan cek saldo e-Money di Tokopedia seperti biasanya.

Pihak Tokopedia juga menyampaikan permohonan maaf pada pengguna yang merasa dirugikan dan berjanji akan terus memberikan informasi lanjutan apabila kedua fitur sudah normal kembali.

Guna mengatasi kerusakan yang terjadi saat ini, Tokopedia pun sementara waktu mengeluarkan pemberitahuan melalui aplikasi pengguna.

“Mohon maaf, sedang ada gangguan pada fitur update saldo. Silakan coba melalui ATM Mandiri.”

Pengguna yang hendak mengisi saldo e-Money atau mengecek saldo diarahkan untuk memanfaatkan layanan yang ada pada mesin ATM, gerai Alfamart/Indomaret, pengecekan riwayat transaksi secara manual lewat kantor bank, dan sebagainya.

Untuk membuktikannya, Tim Pintarjualan.id mencoba untuk mengisi saldo e-Money melalui Tokopedia sekaligus mengecek jumlah saldo terakhir. Sayangnya, fitur tersebut belum pulih dan masih dalam proses pembenahan hingga berita ini dipublikasikan.

Sementara itu, Tokopedia tidak memberikan tanggal atau waktu pasti kapan fitur top up dan cek saldo e-Money Mandiri di e-Commerce dapat digunakan kembali.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • Viral! Customer Ngeluh Tak Bisa Top Up Saldo E-Money, Tokopedia Buka Suara – https://economy.okezone.com/read/2023/01/23/320/2751420/viral-customer-ngeluh-tak-bisa-top-up-saldo-e-money-tokopedia-buka-suara?page=2
  • Isi Saldo e-money di Tokopedia Error Terus, Netizen Komplain di Twitter
  • Layanan Isi Saldo E-Money di Tokopedia Masih Error, Ini Cara Alternatifnya – https://www.inews.id/finance/bisnis/layanan-isi-saldo-e-money-di-tokopedia-masih-error-ini-cara-alternatifnya
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.