Cara Daftar Mobile Banking dan SMS Banking BCA dengan Mudah

Diterbitkan pada
02 Maret 2021
Waktu membaca
6 Menit

Saat ini, daftar mobile banking dan sms banking BCA bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus pergi ke kantor cabang BCA. Anda bisa menikmati kemudahan bertransaksi dengan menggunakan mobile banking dan SMS banking BCA tanpa harus ke teller bank.

Banyak nasabah BCA yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ini dengan memanfaatkan kehadiran mobile banking dan SMS atau internet banking ini. Jadi penasaran bagaimana cara untuk membuat M-Banking dan SMS Banking dari BCA?

Cara Daftar dan Akvifasi Mobile Banking Bank BCA

Banyak orang yang beralih ke M-Banking BCA karena memudahkan para nasabah BCA untuk melakukan segala macam bentuk transaksi. Hadirnya internet banking memberikan kemudahan bagi nasabah di segala transaksi perbankannya.

M-Banking BCA yang juga dikenal sebagai perbankan online atau adalah fasilitas yang ditawarkan oleh bank BCA yang memungkinkan nasabah untuk menggunakan layanan perbankan melalui aplikasi.

Namun, tidak semua pemegang akun mendapatkan akses ke M-Banking, BCA ya! Jika Anda ingin menggunakan layanan M-Banking BCA, Anda harus mendaftar ke pihak bank untuk bisa menikmati fasilitas tersebut.

Tenang saja, Anda bisa kok mengaktifkan layanan M-Banking BCA dari rumah dengan hanya menggunakan smartphone. Namun, sebelum mengaktifkan M Banking BCA, maka Anda harus siapkan beberapa hal yang dibutuhkan, di antaranya adalah :

  • Kartu Paspor Bank BCA dan sudah menggunakan kartu XL, Telkomsel maupun Indosat dalam jangka waktu yang lama,
  • Kartu SIM BCA Ready.

Bagi Anda yang berlangganan kartu XL baik itu jenis XL Xplor maupun bebas, layanan untuk melakukan aktivasi paspor bank BCA ini bisa Anda akses di opsi :

  • Life In Hand
  • Layanan Data,
  • XL Life.

Sementara bagi Anda yang menggunakan Indosat, baik itu kartu Matrix, IM3 atau Mentari, maka Anda bisa mengaktifkan layanan BCA Ready dan Paspor di bagian menu bernama M3 Access maupun Satelindo@ccess.

Sementara bagi Anda yang menggunakan Telkomsel, baik itu kartoHALO, AS maupun simPATI, maka akses saja layanan aktivasi BCA di T-Sel Menu.

Baca juga:
Cara Daftar Mobile Banking dan SMS Banking BRI dengan Mudah

Apabila syarat utama yang ada di atas ini sudah Anda miliki, maka langkah berikutnya hanya perlu melakukan pendaftaran atau membuat akun. Berikut adalah beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan ketika hendak mendaftar M-Banking BCA :

  1. Kunjungi Gerai ATM BCA

Untuk bisa menggunakan M-Banking BCA, Anda harus mengunjungi gerai ATM BCA yang paling dekat dengan domisili Anda. Pastikan Anda sudah memiliki kartu ATM dan sudah terdaftar sebagai nasabah BCA, ya!

  1. Masukkan Kartu ATM

Setelah menemukan gerai ATM terdekat, masukkanlah kartu tersebut dan ketikkan PIN Anda. Baru setelah itu masuklah ke menu yang bertuliskan “Transaksi Lainnya” yang ada di layar mesin ATM.

  1. Pilih Opsi “Mobile Banking”

Sesudah memilih menu “Transaksi Lainnya”, maka Anda bisa memilih opsi “Daftar E-Banking” dan kemudian pilih “Mobile Banking”. Nantinya, mesin ATM akan menampilkan syarat dan ketentuan ketika Anda membuat akun M-Banking.

Baca dengan cermat aturan dan syaratnya, apabila Anda setuju, maka segera klik dengan menekan tombol “Ya”.

  1. Masukkan Nomor Telepon

Langkah selanjutnya adalah masukkan detail nomor telepon Anda yang masih aktif untuk didaftarkan pada aplikasi M-banking BCA. Pastikan bahwa nomor Anda sebelumnya ini belum pernah digunakan untuk mendaftar m-banking BCA, ya!

  1. Buat PIN

Buatlah kode keamanan atau PIN pada akun mobile banking Anda. Ingat baik-baik PIN ini sebab Anda tidak bisa masuk atau mengakses aplikasi M-banking BCA tanpa adanya PIN ini.

  1. Konfirmasi PIN

Setelah memasukkan PIN, Anda akan diminta melakukan konfirmasi PIN lagi. Tekan PIN yang sudah Anda buat dan hafalkan tadi.

Setelah itu, mesin ATM akan menampilkan sebuah pemberitahuan bahwasannya registrasi yang telah Anda lakukan berhasil dan hanya perlu melakukan aktivasi.

Baca juga:
Cara Daftar Internet Banking BRI dan Panduan Aktivasinya [Lengkap]

Ya, apabila Anda sudah berhasil melakukan registrasi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasi. Cara untuk melakukan aktivasi M-Banking BCA sendiri terbilang mudah, kok!

  1. Unduh Aplikasi

Namanya juga mobile banking, pastinya Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasinya! Buka Play Store Store atau App Store dan klik di bilah pencarian “M-Banking BCA”. Setelah mengetikkan nama itu, maka pilih opsi aplikasi yang paling atas dan klik “Unduh”.

  1. Klik Menu M-BCA

Apabila Anda sudah mengunduh aplikasi M-BCA, maka hal yang perlu Anda lakukan setelah itu adalah membuka menu yang bertuliskan “M-BCA”. Nantinya, aplikasi akan memunculkan notifikasi mengenai M-BCA mobile banking barulah Anda memilih “Accept”.

  1. Masukkan Nomor Kartu Debit

Jika sudah mengklik “Accept”, maka Anda akan diminta oleh aplikasi untuk memasukkan 16 digit nomor debit BCA Anda yang ada di bagian depan. Selesai memasukkan, segera pilih opsi “OK”.

  1. Buat Kode Akses

Setelah Anda berhasil memasukkan nomor kartu debit BCA Anda, maka segeralah untuk membuat user ID. Nah, user ID ini adalah kode akses Anda untuk bisa masuk ke aplikasi. User ID ini harus berupa 6 digit alfanumerik.

Jadi, pastikan ada kombinasi angka maupun huruf, missal rara767. Baru setelah itu Anda masukkan PIN yang sebelumnya sudah dibuat.

Anda harus hafalkan kode akses ini baik-baik ya, sebab kalau Anda lupa user ID Anda, resikonya adalah Anda tidak bisa membuka aplikasi M-Banking Anda sama sekali.

  1. Setujui Semua Proses

Proses terakhir dalam melakukan aktivasi M-Banking BCA adalah dengan menyetujui semua syarat dan ketentuan yang diberikan oleh BCA. Nantinya aplikasi akan menuliskan tentang persyaratan dan ketentuan ketika mengaktifkan M-Banking BCA.

Bacalah baik-baik aturan itu dan jika Anda sudah setuju, maka pilih “Send” dan tekan tombol “OK” untuk memulai aplikasi M-banking BCA.

Setelah semua proses aktivasi M-Banking BCA sudah Anda lakukan, maka selamat! Akun M-Banking Anda sudah bisa diaktivasi dan digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi.

Anda dapat memanfaatkan layanan perbankan M-Banking ini sepanjang waktu sepanjang tahun. Sebagian besar layanan di aplikasi ini tidak dibatasi waktu, Anda dapat memeriksa saldo akun Anda kapan saja dan mentransfer dana tanpa harus menunggu bank buka.

Aplikasi M-Banking juga mudah sekali dioperasikan. Menggunakan layanan yang ditawarkan oleh M-Banking itu sederhana dan mudah. Banyak yang merasa bertransaksi online jauh lebih mudah daripada harus mengunjungi kantor cabang maupun gerai ATM.

Baca juga:
Cara Registrasi Kartu Indosat untuk Pengguna Baru dan Lama [Lengkap]

Cara Daftar dan Aktivasi Internet Banking Bank BCA

Selain Mobile Banking, BCA juga mempunyai layanan internet Banking yang memudahkan Anda bertransaksi melalui browser. Daftar mobile banking dan sms banking BCA semakin mudah dilakukan secara online.

Sayangnya, untuk bisa menggunakan layanan internet banking atau i-banking BCA ini, Anda haruslah seorang nasabah dengan program BCA Tahapan, Xpresi maupun BCA Dollar. Berikut adalah cara untuk melakukan registrasi i-banking BCA :

  1. Datanglah ke Gerai ATM BCA

Pertama, Anda bisa mengunjungi gerai ATM BCA terdekat dari rumah Anda. Ada baiknya jika Anda melakukan registrasi i-banking BCA ini di gerai ATM BCA, bukan ke gerai ATM bersama karena pendaftaran di gerai selain BCA pasti akan dipungut biaya.

  1. Masukkan Kartu ATM

Jika Anda telah menemukan gerai ATM BCA terdekat, masukkan kartu ATM Anda dan ketikkan 6 digit PIN Anda.

  1. Pilih Opsi “Transaksi Lainnya”

Setelah memasukkan PIN, maka menu akan menampilkan beberapa opsi, pilihlah yang bertuliskan “Transaksi Lainnya” dan setelah itu pilih opsi “Daftar E-Banking” baru pilih “Internet Banking”.

  1. Baca Syarat dan Ketentuan

Mesin ATM kemudian akan menampilkan beberapa syarat dan ketentuan registrasi ketika Anda sudah menekan opsi “Internet Banking”.

Pastikan Anda membaca dengan teliti mengenai aturan dan syarat dari BCA. Apabila Anda menyetujuinya, maka segera klik dengan menekan tombol “Ya”.

  1. Masukkan Nomor Telepon

Ketikkan nomor telepon Anda untuk didaftarkan pada akun i-banking BCA. Pihak BCA akan melakukan konfirmasi ke nomor Anda dan jika sudah masuk SMS konfirmasinya, maka ketikkan angka tersebut di mesin.

  1. Buat PIN

Setelah melakukan konfirmasi melalui SMS, maka Anda harus membuat PIN demi keamanan i-banking Anda. Masukkan kembali PIN tersebut. Ketika hendak mengakses i-banking, maka Anda harus ingat PIN yang sudah dibuat.

  1. Tunggu Struk

Selesai membuat PIN i-banking, maka Anda hanya perlu menunggu kartu ATM Anda keluar dan juga struk dari mesin.

Nah, struk yang keluar dari mesin ini akan menuliskan user ID Anda. User ID ini sangat penting ya karena Anda tidak bisa log in ke situs internet banking BCA tanpa adanya user ID ini.

Apabila Anda sudah selesai registrasi i-banking BCA, maka langkah selanjutnya yang peru dilakukan yakni melakukan aktivasi. Anda bisa mengaktivasi akun i-banking Anda di situs resminya BCA, caranya :

  1. Bukalah situs BCA di https://www.bca.co.id/
  2. Setelah itu pilihlah menu yang bertuliskan “KlikBCA
  3. Klik tulisan “Log in
  4. Setelah itu, masukkan user ID yang sebelumnya sudah dituliskan pada resi atau struk saat Anda melakukan registrasi
  5. Masukkan PIN yang sebelumnya sudah Anda buat ketika melakukan registrasi.
  6. Masuk menu “Log in” di kolom paling bawah
  7. Setelah itu Anda bisa mengklik tulisan “Setuju” yang ada di kolom persetujuan
  8. Tuliskan email Anda yang masih aktif untuk verifikasi data dan setelah itu klik “Submit
  9. Jika sudah, maka cobalah untuk masuk pada halaman utama i-banking BCA Anda.

Dengan internet banking dari BCA, maka Anda bisa menikmati berbagai macam fitur perbankan online mulai dari :

  • Periksa laporan rekening online,
  • Membuka akun deposito tetap,
  • Membayar tagihan air, listrik ataupun internet,
  • Transfer dana,
  • Membayar tagihan asuransi,
  • Isi ulang ponsel prabayar dan sebagainya.

Ya, dengan i-banking BCA, Anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan rumah dan mengantri di cabang bank. Anda dapat menyelesaikan transaksi dari manapun Anda berada. Bayar tagihan listrik, cicilan rekening deposito, dan lainnya semakin mudah dengan menggunakan i-banking.

Anda dapat menyelesaikan transaksi apa pun dalam hitungan menit melalui internet banking. Dana dapat ditransfer ke rekening manapun di dalam negeri atau membuka rekening deposito tetap dalam waktu singkat.

Menariknya dengan i-banking adalah Anda bisa melacak segala macam aktivitas illegal. Saat Anda melakukan transaksi di cabang bank, Anda akan menerima tanda terima. Ada kemungkinan Anda kehilangannya.

Sebaliknya, semua transaksi yang Anda lakukan di situs internet banking akan dicatat dan menjadi bukti transaksi jika perlu.

Detail seperti nama penerima pembayaran, nomor rekening bank, jumlah yang dibayarkan, tanggal dan waktu pembayaran, serta keterangan juga dicatat dengan i-banking. Yuk, segera daftar mobile banking dan sms banking BCA.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *