Advertisement

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Agar Bisa Langsung Aktif & Siap Dipakai

Diterbitkan pada
19 September 2022
Waktu membaca
6 Menit

Registrasi kartu Telkomsel yang baru anda beli kini dapat dilakukan dengan sangat mudah. Proses pendaftaran kartu baru dapat anda lakukan sendiri kapanpun selama jarak pembelian kartu perdan dan proses pendaftarannya tidak terlalu lama.

Registrasi kartu ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan kepada konsumen agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan data. Selain itu proses registrasi kartu juga bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan bagi pengguna.

Pada tahun 2016 pemerintah mengeluarkan peraturan baru terkait kartu prabayar dengan mengeluarkan peraturan Menkominfo nomor 12. Peraturan ini memberikan kewajiban kepada seluruh pelanggan baik itu pelanggan lama maupun pelanggan baru dari kartu prabayar untuk melakukan registrasi data dengan cara melakukan validasi terhadap Nomor Induk Kependudukan.

Kebijakan ini mulai berlaku sejak tanggal 31 bulan Oktober 2017 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Komunikasi yang mana seluruh nomor kartu prabayar pelanggan lama sebelum tahun 2017 telah diblokir.

Pemblokiran tersebut telah diselesaikan pada bulan Mei 2017, hal ini dilakukan demi menjaga keamanan dan kenyamanan setiap pelanggan secara keseluruhan tak terkecuali. Melindungi dari penipuan-penipuan baik yang dilakukan melalui telpon ataupun SMS, mencegah terjadinya penyalahgunaan nomor serta demi mewujudkan masyarakat dengan single identity number.

Para pelanggan yang tidak melakukan registrasi nomornya sesuai identitas yang dimiliki akan dikenakan sanksi. Pada tahap awal sanksi diberikan dengan cara tidak bisa melakukan panggilan keluar, sanksi tahap selanjutnya adalah tidak dapat menerima panggilan, dan tahap yang terakhir jika tidak melakukan registrasi adalah pemblokiran nomor. Batas waktu maksimal untuk melakukan pendaftaran ini adalah selama tiga puluh hari.

Menghadapi kebijakan baru yang diterapkan oleh pemerintah ini Telkomsel bahkan telah menyiapkan personil yang siap siaga memberikan pelayanan bagi pelanggan yang ingin mendapatkan informasi atau dampingan untuk melakukan registrasi.

Tidak hanya Telkomsel, tetapi juga kartu seluler lainnya, seperti IM3, Three, dan XL, semua harus melakukan registrasi dengan NIK dan KK.

Layanan-layanan tersebut dapat diperoleh melalui SMS, Call Centre 188, website resmi Telkomsel, layanan asistensi GraPARI Virtual, aplikasi MyTelkomsel, mesin pelayanan secara mandiri MyGraPARI serta pelayanan pelanggan secara langsung di kantor GraPARI Telkomsel.

Telkomsel merupakan perusahaan seluler pertama yang berdiri di Indonesia berkat kerja sama dua perusahaan BUMN Telekomunikasi yakni PT Telkom dan PT Indosat. PT Telkomsel resmi berdiri pada tahun 1995 dengan modal 650 milyar rupiah. Kerja sama ini ditandai dengan diluncurkannya kartu Halo pada Mei 1995 sebagai layanan kartu pasca bayar.

Telkomsel memiliki beberapa produk dan layanan seluler seperti kartu Halo, Simpati, kartu As, Telkomsel LOOP, Telkomsel Flash, by.U dll. Terdapat juga program Telkomsel Poin yang merupakan program loyalty rewards. Program loyalty rewards adalah program yang ditujukan untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan dengan memberikan penghargaan kepada para pelanggan setianya. Para pelanggan setia ini akan mendapatkan akses untuk mendapatkan produk suatu perusahaan melalui voucher atau produk gratis.

Setelah mengisi ulang pulsa dengan jumlah minimal 50 ribu dalam satu bulan maka anda akan mendapatkan 1 poin setiap mengisi dengan nominal lima ribu rupiah. Jumlah ini berlaku kelipatannya. Anda dapat menukar poin yang anda peroleh ke *700#.

Selain program Telkomsel points, ada juga Paket Halo Hemat Unlimited dari Telkomsel. Dengan hanya 80 ribu per bulan, bisa dapat kuota 150 GB untuk berbagai akses aplikasi seperti Maxstream, GamesMAX, MusicMAX, Line, WhatsApp, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Kemudian, paket nelpon Telkomsel juga memberikan harga terbaik untuk All Operator, makannya tidak heran kartu ini jadi andalan sales dan HR.

Telkomsel adalah operator telekomunikasi seluler terbesar yang ada di Indonesia dengan ratusan juta pelanggan dan pangsa pasar yang mencakup 50 persen. Pada Mei 2011 Telkomsel mendeklarasikan diri sebagai operator seluler yang menempati nomor ketujuh di seluruh Indonesia yang memiliki pelanggan lebih dari seratus juta. Lagi-lagi Telkomsel berhasil mengembangkan diri menjadi perusahaan pertama yang menggunakan layanan 4G/LTE.

LTE atau Long Term Evolution adalah versi pertama dari 4G yang diluncurkan dan dikomersilkan pertama kali di Oslo dan memiliki kecepatan jauh di bawah standar 4G. Namun demikian operator di seluruh dunia cenderung lebih mengakui LTE dari yang awalnya disebut 4GLTE menjadi 4G.

Kebanyakan ponsel pintar saat ini menggunakan jaringan 4GLTE dari yang semula 3G. Jaringan ini memiliki sinyal yang sangat cepat dan stabil mencapai 100 Mbps sehingga sangat nyaman saat digunakan untuk mengunduh dan mengunggah video ataupun untuk menonton Youtube.

Untuk ponsel-ponsel keluaran terbaru memang secara otomatis telah terkoneksi ke jaringan 4G namun untuk ponsel tipe lama harus mengubah pengaturan jaringan terlebih dulu untuk menikmati jaringan 4G.

Cara pertama adalah dengan menggunakan menu pengaturan pada ponsel anda, kemudian memilih lainnya, dan mengklik mobile networks. Pilih menu preferred network type dan mengganti LTE sebagai preferred jaringannya.

Cara berikutnya adalah dengan melakukan dial ke nomor *#*#4636#8#*, lantas anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan menu. Pilih menu Phone Information, kemudian jenis jaringan, dan memilih menu LTE only. Tekan tombol back guna mengunci jaringan LTE pada ponsel anda. Kedua cara ini dapat dilakukan pada berbagai merek HP.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Untuk dapat menikmati layanan dari kartu prabayar maka terlebih dulu anda harus melakukan pendaftaran atau registrasi. Sementara itu untuk dapat melakukan registrasi kartu Telkomsel, anda diharuskan memiliki nomor kartu keluarga dan nomor induk kependudukan yang telah terdaftar di Disdukcapil setempat dan terdiri dari enam belas digit.

Cara untuk mendaftarkan nomor Telkomsel sebenarnya ada beberapa macam namun ada dua cara yang paling mudah dan umum digunakan. Berikut ini adalah dua cara yang paling mudah untuk melakukan pendaftaran kartu Telkomsel diantaranya:

Pendaftaran yang dilakukan melalui SMS

Pendaftaran melalui SMS dilakukan sesuai dengan format yang sudah ada. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda ikuti yakni:

  • Menyiapkan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga yang berlaku
  • Masuk ke menu pesan atau SMS pada ponsel anda
  • Menulis pesan singkat dengan format REG spasi Nomor Induk Kependudukan#Nomor Kartu Keluarga#
  • Mengirim pesan tersebut ke nomor 4444
  • Anda akan mendapatkan balasan yang menyatakan proses registrasi anda berhasil

Bagi pelanggan lama proses registrasi kartu dapat dilakukan dengan format ULANG spasi Nomor Induk Kependudukan#Nomor Kartu Keluarga, kemudian mengirim pesan tersebut ke nomor 4444.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *