Cara Registrasi Kartu Telkomsel Agar Bisa Langsung Aktif & Siap Dipakai

cara registrasi kartu telkomsel

Registrasi kartu Telkomsel yang baru anda beli kini dapat dilakukan dengan sangat mudah. Proses pendaftaran kartu baru dapat anda lakukan sendiri kapanpun selama jarak pembelian kartu perdan dan proses pendaftarannya tidak terlalu lama.

Registrasi kartu ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan kepada konsumen agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan data. Selain itu proses registrasi kartu juga bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan bagi pengguna.

Pada tahun 2016 pemerintah mengeluarkan peraturan baru terkait kartu prabayar dengan mengeluarkan peraturan Menkominfo nomor 12. Peraturan ini memberikan kewajiban kepada seluruh pelanggan baik itu pelanggan lama maupun pelanggan baru dari kartu prabayar untuk melakukan registrasi data dengan cara melakukan validasi terhadap Nomor Induk Kependudukan.

Kebijakan ini mulai berlaku sejak tanggal 31 bulan Oktober 2017 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Komunikasi yang mana seluruh nomor kartu prabayar pelanggan lama sebelum tahun 2017 telah diblokir.

Pemblokiran tersebut telah diselesaikan pada bulan Mei 2017, hal ini dilakukan demi menjaga keamanan dan kenyamanan setiap pelanggan secara keseluruhan tak terkecuali. Melindungi dari penipuan-penipuan baik yang dilakukan melalui telpon ataupun SMS, mencegah terjadinya penyalahgunaan nomor serta demi mewujudkan masyarakat dengan single identity number.

Para pelanggan yang tidak melakukan registrasi nomornya sesuai identitas yang dimiliki akan dikenakan sanksi. Pada tahap awal sanksi diberikan dengan cara tidak bisa melakukan panggilan keluar, sanksi tahap selanjutnya adalah tidak dapat menerima panggilan, dan tahap yang terakhir jika tidak melakukan registrasi adalah pemblokiran nomor. Batas waktu maksimal untuk melakukan pendaftaran ini adalah selama tiga puluh hari.

Baca juga:
Cara Registrasi Kartu XL Agar Bisa Langsung Aktif & Siap Dipakai

Menghadapi kebijakan baru yang diterapkan oleh pemerintah ini Telkomsel bahkan telah menyiapkan personil yang siap siaga memberikan pelayanan bagi pelanggan yang ingin mendapatkan informasi atau dampingan untuk melakukan registrasi.

Layanan-layanan tersebut dapat diperoleh melalui SMS, Call Centre 188, website resmi Telkomsel, layanan asistensi GraPARI Virtual, aplikasi MyTelkomsel, mesin pelayanan secara mandiri MyGraPARI serta pelayanan pelanggan secara langsung di kantor GraPARI Telkomsel.

Telkomsel merupakan perusahaan seluler pertama yang berdiri di Indonesia berkat kerja sama dua perusahaan BUMN Telekomunikasi yakni PT Telkom dan PT Indosat. PT Telkomsel resmi berdiri pada tahun 1995 dengan modal 650 milyar rupiah. Kerja sama ini ditandai dengan diluncurkannya kartu Halo pada Mei 1995 sebagai layanan kartu pasca bayar.

Telkomsel memiliki beberapa produk dan layanan seluler seperti kartu Halo, Simpati, kartu As, Telkomsel LOOP, Telkomsel Flash, by.U dll. Terdapat juga program Telkomsel Poin yang merupakan program loyalty rewards. Program loyalty rewards adalah program yang ditujukan untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan dengan memberikan penghargaan kepada para pelanggan setianya. Para pelanggan setia ini akan mendapatkan akses untuk mendapatkan produk suatu perusahaan melalui voucher atau produk gratis.

Setelah mengisi ulang pulsa dengan jumlah minimal 50 ribu dalam satu bulan maka anda akan mendapatkan 1 poin setiap mengisi dengan nominal lima ribu rupiah. Jumlah ini berlaku kelipatannya. Anda dapat menukar poin yang anda peroleh ke *700#.

Telkomsel adalah operator telekomunikasi seluler terbesar yang ada di Indonesia dengan ratusan juta pelanggan dan pangsa pasar yang mencakup 50 persen. Pada Mei 2011 Telkomsel mendeklarasikan diri sebagai operator seluler yang menempati nomor ketujuh di seluruh Indonesia yang memiliki pelanggan lebih dari seratus juta. Lagi-lagi Telkomsel berhasil mengembangkan diri menjadi perusahaan pertama yang menggunakan layanan 4G/LTE.

LTE atau Long Term Evolution adalah versi pertama dari 4G yang diluncurkan dan dikomersilkan pertama kali di Oslo dan memiliki kecepatan jauh di bawah standar 4G. Namun demikian operator di seluruh dunia cenderung lebih mengakui LTE dari yang awalnya disebut 4GLTE menjadi 4G.

Kebanyakan ponsel pintar saat ini menggunakan jaringan 4GLTE dari yang semula 3G. Jaringan ini memiliki sinyal yang sangat cepat dan stabil mencapai 100 Mbps sehingga sangat nyaman saat digunakan untuk mengunduh dan mengunggah video ataupun untuk menonton Youtube.

Untuk ponsel-ponsel keluaran terbaru memang secara otomatis telah terkoneksi ke jaringan 4G namun untuk ponsel tipe lama harus mengubah pengaturan jaringan terlebih dulu untuk menikmati jaringan 4G.

Cara pertama adalah dengan menggunakan menu pengaturan pada ponsel anda, kemudian memilih lainnya, dan mengklik mobile networks. Pilih menu preferred network type dan mengganti LTE sebagai preferred jaringannya.

Cara berikutnya adalah dengan melakukan dial ke nomor *#*#4636#8#*, lantas anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan menu. Pilih menu Phone Information, kemudian jenis jaringan, dan memilih menu LTE only. Tekan tombol back guna mengunci jaringan LTE pada ponsel anda. Kedua cara ini dapat dilakukan pada berbagai merek HP.

Baca juga:
Cara Cek Nomor & Pulsa Smartfren via App, Dial Up, dan CS [Komplit]

Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Untuk dapat menikmati layanan dari kartu prabayar maka terlebih dulu anda harus melakukan pendaftaran atau registrasi. Sementara itu untuk dapat melakukan registrasi kartu Telkomsel, anda diharuskan memiliki nomor kartu keluarga dan nomor induk kependudukan yang telah terdaftar di Disdukcapil setempat dan terdiri dari enam belas digit.

Cara untuk mendaftarkan nomor Telkomsel sebenarnya ada beberapa macam namun ada dua cara yang paling mudah dan umum digunakan. Berikut ini adalah dua cara yang paling mudah untuk melakukan pendaftaran kartu Telkomsel diantaranya:

Pendaftaran yang dilakukan melalui SMS

Pendaftaran melalui SMS dilakukan sesuai dengan format yang sudah ada. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda ikuti yakni:

  • Menyiapkan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga yang berlaku
  • Masuk ke menu pesan atau SMS pada ponsel anda
  • Menulis pesan singkat dengan format REG spasi Nomor Induk Kependudukan#Nomor Kartu Keluarga#
  • Mengirim pesan tersebut ke nomor 4444
  • Anda akan mendapatkan balasan yang menyatakan proses registrasi anda berhasil

Bagi pelanggan lama proses registrasi kartu dapat dilakukan dengan format ULANG spasi Nomor Induk Kependudukan#Nomor Kartu Keluarga, kemudian mengirim pesan tersebut ke nomor 4444.

Konfirmasi registrasi akan anda peroleh melalui pesan. Jika pesan berisi pemberitahuan bahwa permintaan untuk registrasi kartu prabayar tidak dapat diproses maka anda harus mencoba lagi beberapa saat kemudian.

Saat registrasi gagal dilakukan jangan langsung mendaftar lagi namun beri jeda selama beberapa saat. Pada kasus di mana nomor Kartu Keluarga dan Nomor Induk Kependudukan sudah benar namun masih juga gagal maka kirim pesan registrasi sebanyak 5 kali, tak perlu memikirkan saldo pulsa di kartu perdana anda karena proses registrasi kartu tidak dibebani biaya sama sekali.

Jika anda ingin mendaftarkan lagi nomor baru namun nomor yang lama masih aktif maka anda harus menghapus nomor lama tersebut. Caranya adalah dengan mengirim pesan singkat dengan format UNREG#Nomor Induk Kependudukan dan mengirimkannya ke nomor 4444. Setelah nomor lama berhasil dihapus maka anda bisa mendaftarkan nomor baru anda dengan cara yang sudah diajarkan di atas.

Registrasi nomor kartu prabayar melalui nomor 4444 sebenarnya tidak hanya dikhususkan untuk pelanggan Telkomsel saja melainkan semua jaringan operator seluler yang ada di Indonesia dengan menggunakan format pesan yang juga sama.

Baca juga:
Cara Cek Nomor & Pulsa Indosat via App, Dial Up, CS [Lengkap & Praktis]

Pendaftaran melalui Website Resmi Telkomsel

Cara berikutnya untuk melakukan pendaftaran nomor baru adalah layanan website resmi yang disediakan oleh Telkomsel. Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui laman www.telkomsel.com. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan:

  • Mengunjungi laman www.telkomsel.com.
  • Isikan nomor telkomsel baru yang akan anda daftarkan di kolom pertama
  • Tulis Nomor Induk Kependudukan atau nomor KTP anda pada kolom kedua
  • Isikan nomor Kartu Keluarga anda yang masih berlaku pada kolom terakhir
  • Cek kembali keseluruhan data yang sudah anda isikan barangkali ada kesalahan
  • Jika anda merasa sudah yakin maka tekan tombol kirim atau OK
  • Selanjutnya akan muncul halaman syarat dan ketentuan, cukup mencentang pada pilihan setuju
  • Proses registrasi kartu telah selesai dilakukan
  • Proses registrasi melalui website memiliki durasi 1×24 jam atau bisa lebih cepat

Selain melalui website dan pesan singkat, sebenarnya ada cara lain yang bisa anda gunakan untuk melakukan pendaftaran nomor baru yaitu:

Melalui Nomor *444#

Pendaftaran kartu baru dapat dilakukan dengan melakukan panggilan ke nomor *444#, kemudian akan muncul beberapa pilihan menu. Silahkan pilih menu REG untuk mendaftarkan nomor baru dan mengikuti semua petunjuk yang diinstruksikan pada layar ponsel anda.

Sama halnya dengan pendaftaran, penghapusan nomor juga bisa dilakukan dengan melakukan akses ke nomor *444#. Namun untuk menghapus nomor anda harus memilih menu UNREG dan mengikuti petunjuk yang diarahkan.

Mendatangi GraPARI Terdekat

GraPARI atau Graha Pari Sraya merupakan pusat layanan pelanggan yang dimiliki oleh Telkomsel. Nama Graha Pari Sraya berasal dari bahasa Sansekerta dan merupakan pemberian dari Sri Sultan Hamengkubowono X sebagai bentuk penghargaan atas diresmikannya kantor tersebut di wilayah Yogyakarta.

Layanan yang diberikan oleh GraPARI Telkomsel ada bermacam-macam meliputi pengisian pulsa, penggantian kartu perdana, upgrade jaringan ke 4G, dan masih banyak lagi. Di tempat ini juga dijual berbagai produk yang dimiliki oleh Telkomsel seperti kartu As, Halo, dan Simpati. Namun sayangnya GraPARI tidak menjual perangkat HP atau smartphone.

Melalui Aplikasi My Telkomsel

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah mengunduh terlebih dahulu aplikasi MyTelkomsel pada Google Play atau Apple Store.

Bagi warga negara asing, proses registrasi dilakukan dengan mendatangi kantor penyelenggara jasa telekomunikasi atau mitranya dengan membawa identitas diri berupa paspor/KITAP/KITAS.

Demikian adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel yang baru anda beli. Himbauan dari Telkomsel adalah agar para pengguna melakukan proses pendaftaran kartu baru secara pribadi tanpa bantuan pihak lain seperti penjaga toko pulsa atau counter. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran informasi.

Jika masih merasa kesulitan untuk melakukan pendaftaran anda bisa mencari informasi melalui layanan pelanggan Telkomsel serta menghubungi akun-akun media sosial Telkomsel seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Sementara bagi yang lupa status pendaftaran nomor Telkomsel yang dimiliki dapat melakukan pengecekan melalui website resminya.

Related Article

Cara Menggunakan Fitur COD di Shopee Bagi Penjual dan Pembeli

Metode bayar di tempat atau COD di Shopee tentu sangat memudahkan bagi pengguna. Baik itu penjual ataupun pembeli yang sama-sama diuntungkan, tidak perlu khawatir penipuan. Nah, supaya tidak bingung lagi, kami sudah siapkan beberapa materi mengenai layanan tersebut. Meliputi: Apa itu pembayaran COD Shopee? Wilayah mana saja yang dapat menggunakannya? Cara melakukan pembelian menggunakan COD […]

Online Shop /
13 April 2021

Cara Hapus Akun Shopee Secara Permanen Lewat Aplikasi (Sebagai Pembeli & Penjual)

Ada banyak alasan bagi kita untuk mengetahui cara hapus akun Shopee. Mungkin karena nomor terblokir, email sudah tidak aktif, atau bahkan tidak membutuhkan platform Shopee lagi? Apapun alasannya, kamu tetap dapat mengajukan penghapusan akun dengan mudah. Bagaimana caranya? Tenang, kami sudah merangkumnya dalam konten ini, beserta poin-poin penting lain seperti: Syarat-syarat yang wajib dipenuhi sebelum […]

Online Shop /
12 April 2021

Cara Hapus Akun Tokopedia Sebagai Pembeli & Penjual (Mudah, Praktis, & Permanen)

Untuk berhenti menggunakan layanan, kamu dapat menerapkan cara hapus akun Tokopedia dalam konten yang kami tulis di sini. Meski ada sedikit usaha, menutup akun di marketplace hijau tetap ada caranya. Kalau dilihat, alasan menghapus akun bisa beragam. Mungkin kamu ingin ganti nomor baru, atau sudah punya akun dan toko baru, atau alasan-alasan lainnya. Karena itu, […]

Online Shop /
8 April 2021