Cara Cek Nomor & Pulsa Telkomsel via App, CS, Dial Up [Simpel & Komplit]

cara cek nomor pulsa telkomsel

Cek nomor Telkomsel seringkali kita tidak hafal dengan nomor ponsel milik sendiri karena memang tidak pernah dihubungi. Banyak orang yang memilih memberikan nomor ponsel dengan menggunakan kartu nama.

Apalagi ketika ponsel pintar semakin merajalela, kita bahkan jarang sekali memberikan nomor secara manual pada orang lain, karena biasanya sudah tergabung pada beberapa grup yang mana orang lain dapat melihat nomor kita melalui grup tersebut.

Akibatnya, banyak dari kita yang tidak hafal nomor sendiri. Hal ini menyulitkan kita ketika hendak mengisi ulang pulsa ataupun mengisi kolom nomor ponsel di beberapa formulir. Tidak menutup kemungkinan juga terdapat kepentingan lain yang mengharuskan kita mengecek nomor ponsel sendiri.

Cara mengecek nomor Telkomsel, dapat dilakukan dengan beberapa cara yang tentunya sangat mudah dan anti ribet. Anda dapat memilih untuk mengeceknya melalui aplikasi My Telkomsel, layanan dial up, atau dengan customer service.

Poin pentingnya, untuk mengecek nomor ini, tidak ada biaya administrasi yang dibebankan Telkomsel kepada anda, alias gratis. Berikut adalah ulasan mengenai tata cara untuk mengecek nomor melalui beberapa metode.

Cara Cek Nomor dan Pulsa Telkomsel Melalui Aplikasi My Telkomsel

Setelah 4 tahun diluncurkan, aplikasi My Telkomsel semakin familiar di tengah masyarakat. Selain karena aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Playstore, aplikasi ini juga menyediakan layanan Telkomsel dengan lebih lengkap dan praktis.

Awalnya, aplikasi Telkomsel diluncurkan khusus untuk digunakan para karyawan Telkomsel pada tanggal 25 Mei 2015. Setelahnya, aplikasi ini mulai dipublikasikan kepada masyarakat umum bertepatan pada acara ulang tahunnya pada tanggal 1 Juli 2015.

Aplikasi semacam ini memang banyak diluncurkan oleh perusahaan serupa seiring berkembangnya teknologi. Apalagi dengan kehadiran ponsel pintar yang semakin merakyat juga menjadi pemicu boomingnya tren ini.

Pada aplikasi My Telkomsel, terdapat berbagai fitur yang menarik. Anda dapat melakukan berbagai transaksi dengan lebih mudah dan cepat. Apalagi aplikasi ini juga disediakan secara gratis dan cuma-cuma bagi para pelanggan setianya.

Untuk dapat mengakses aplikasi ini, pertama-tama anda harus mengunduhnya terlebih dulu di playstore. Setelah unduhan anda selesai, buka aplikasi My Telkomsel yang sudah terunduh. Anda akan diminta untuk login.

Cara loginnya juga mudah. Anda cukup memasukkan nomor Telkomsel yang anda miliki. Tunggu beberapa saat, Telkomsel akan mengirimkan pesan verifikasi. Pesan verifikasi tersebut berisi link yang harus anda klik untuk dapat lanjut pada proses aktivasi akun yang selanjutnya.

Setelah anda klik, anda akan masuk secara otomatis pada aplikasi My Telkomsel anda. Setelah proses verifikasi nomor berhasil, anda diminta untuk membuat akun anda dengan memasukkan email dan kata sandi.

Setelahnya, anda diminta untuk memasukkan nama depan dan nama belakang sebagai identitas akun anda. Setelah itu, selesai. Anda dapat menggunakan aplikasi My Telkomsel beserta berbagai fitur dan layanan yang disediakan.

Untuk mengecek nomor Telkomsel anda sangat mudah. Bahkan nomor anda sudah muncul secara otomatis di layar bagian atas. Ketika anda klik, akan muncul juga masa aktif berlakunya kartu anda, sehingga anda dapat selalu mengeceknya setiap saat.

Baca juga:
Cara Transfer Pulsa Telkomsel via App, SMS, Dial Up [Lengkap & Mudah]

Cara Cek Nomor dan Pulsa Telkomsel Melalui Layanan Dial Up

Cek nomor Telkomsel cara selanjutnya adalah dengan menggunakan layanan dial up. Cara ini adalah cara yang lazim digunakan sebelum menjamurnya aplikasi My Telkomsel. Apalagi bagi orang-orang yang masih belum beralih pada ponsel pintar, maka layanan dial up inilah cara mengecek pulsa yang pasti dipilih.

Bahkan walaupun aplikasi My Telkomsel sudah banyak digunakan, layanan dial up ini juga masih sering dipilih karena sudah terbiasa.

Caranya sangatlah mudah. Anda tinggal mengetikkan *888# di papan tombol panggilan anda. Setelah itu tekan panggil/call/dial, lalu tunggu beberapa saat.

Setelahnya akan muncul menu-menu pilihan, yaitu pilihan kuota yang ditawarkan seperti kuota harian aplikasi, kuota harian kuota utama, dan kuota bulanan aplikasi. Nomor terakhir, biasanya adalah opsi cek pulsa dan kuota.

Ketikkan balasan menggunakan angka yang sesuai dengan opsi yang anda butuhkan, yaitu opsi cek pulsa dan kuota. Tunggu beberapa saat sampai muncul menu selanjutnya.

Akan muncul saldo pulsa yang anda miliki beserta masa aktif berlakunya. Selain pulsa, sisa kuota yang anda miliki juga akan ditampilkan pada layar ponsel anda.

Baca juga:
8 Cara Agar Jualan Online Kamu Cepat Laku (Meski Tokonya Baru Dibuka)

Cara Cek Nomor dan Pulsa Telkomsel Melalui Customer Service

Bagi anda yang lebih senang menggunakan panggilan suara, anda dapat memilih opsi ini. Selain layanan dial up dan aplikasi smartphone, Telkomsel memang menyediakan layanan panggil untuk mengecek pulsa.

Terdapat dua nomor yang dapat anda hubungi. Pertama, anda dapat menghubungi 155. Opsi kedua, anda dapat menghubungi 188. Tentu ada perbedaan antara keduanya.

Perbedaannya, ketika anda mengubungi nomor 155, anda akan terhubung pada sistem operasi layanan pelanggan Telkomsel yang akan memberikan informasi saldo pulsa yang anda miliki. Anda tinggal mengikuti arahan petunjuk yang dijelaskan.

Opsi yang kedua, anda juga dapat menghubungi 188. Perbedaannya, dengan menghubungi 188, anda akan tersambung pada petugas layanan Telkomsel. Anda dapat bertanya sisa pulsa yang anda miliki pada petugas yang mengangkat panggilan anda.

Cara ini tidak banyak digunakan oleh para pelanggan Telkomsel karena tidak praktis dan berbayar. Pulsa anda akan terpotong Rp.300 secara otomatis setiap kali anda melakukan panggilan tersebut.

Jika ternyata pulsa yang anda miliki habis tanpa anda sadari, anda tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali cara yang dapat anda pilih untuk mengisi ulang saldo pulsa anda. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda coba. Pilihlah cara yang menurut anda paling mudah dan memugkinkan.

  • Isi ulang di gerai terdekat.

Cara ini adalah cara isi ulang yang paling lazim dilakukan, karena biasa dilakukan sejak dulu, sebelum adanya cara lain untuk mengisi ulang pulsa yang sekarang menjadi sangat beragam.

Sekarang cara ini dinilai tidak efektif apalagi bagi kaum kawula muda, karena harus mengeluarkan tenaga ekstra dan lebih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk mengisi ulang saldo pulsa.

  • Isi ulang melalui Alfamart/Indomaret.

Mengambil peluang yang ada di pasar dagang, kedua supermarket ini juga mengepakkan sayapnya pada pembayaran online.

Dua supermarket ini tidak hanya menjual barang-barang kasat mata di toko yang ada, namun juga melayani pembayaran berbagai penyedia jasa secara online, termasuk isi ulang pulsa.

  • Isi ulang melalui m-Banking.

Tidak kalah dengan supermarket, berbagai bank juga mengepakkan sayapnya dalam hal pembayaran sebagai fitur tambahan yang ada di aplikasi bank online yang mereka luncurkan.

Selain secara online, anda juga dapat melakukan isi ulang pulsa menggunakan mesin ATM secara manual. Cara ini kurang lazim dilakukan oleh kebanyakan orang.

Caranya juga mudah. Setelah anda memasukkan kartu ATM beserta pin ATM anda, anda tinggal memilih menu ‘transaksi lainnya’ dan ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan.

  • Isi ulang melalui marketplace.

Belanja online semakin tren di kalangan masyarakat. Terlebih di masa pandemi seperti ini, belanja online banyak menjadi pilihan karena dinilai lebih aman dan tentu saja lebih praktis.

Termasuk dalam hal isi ulang pulsa. Berbagai marketplace juga menyediakan jasa pembayaran termasuk isi pulsa. Anda dapat mengisi pulsa Telkomsel anda melalui berbagai aplikasi marketplace tersebut dengan syarat anda memiliki saldo yang cukup.

  • Isi ulang dengan meminjam pulsa teman.

Ketika 4 cara di atas tidak bisa anda lakukan, anda dapat melakukan cara ini, yaitu meminta bantuan teman. Caranya cukup mudah, namun sebelumnya anda perlu memastikan bahwa setidaknya pulsa anda masih tersisa Rp.100.

Hal ini dikarenakan Telkomsel mengenakan biaya administrasi sebesar Rp.100 setiap permintaan yang anda kirimkan.

Setelah anda memastikan pulsa anda masih tersisa, anda tinggal mendial *858# dan ikuti alur yang ditunjukkan.

Satu hal yang perlu diingat adalah pulsa yang dikirimkan oleh teman anda sama sekali tidak mempengaruhi masa aktif yang anda miliki. Jadi, jika anda berniat meminta pulsa namun nomor anda dalam masa tenggang, Sebaiknya urungkan cara ini dan lakukan isi ulang dari penyedia resmi.

  • Pulsa SOS.

Cara terakhir yang dapat anda pilih untuk mengisi ulang saldo pulsa anda adalah meminjam pulsa darurat Telkomsel. Anda dapat meminjamnya dengan mendial *500*5#, lalu pilih menu yang sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Satu hal yang perlu anda ingat, bahwa pulsa darurat yang dipinjamkan Telkomsel hanya dapat anda gunakan untuk menghubungi nomor sesama Telkomsel. Pastikan juga anda telah membayar pulsa SOS yang anda pinjam sebelumnya ya.

Untuk mengembalikan ataupun membayar pulsa SOS yang anda pinjam, anda cukup melakukan isi ulang saldo pulsa anda. Pulsa anda yang masuk akan dipotong secara otomatis masuk sebagai bayarannya.

Baca juga:
Cara Praktis untuk Dropship dari Tokopedia ke Shopee (Bagus untuk Pemula)

Berbagai cara untuk isi ulang pulsa telah kami jelaskan dengan sangat detail. Tidak menutup kemungkinan bahwa masih banyak cara lain yang bisa anda coba untuk mengisi ulang pulsa Telkomsel anda.

Terlebih berbagai aplikasi dan teknologi semakin berkembang pesat dari waktu ke waktu. Berbagai terobosan baru terus-menerus diluncurkan untuk semakin mempermudah kegiatan manusia.

Meskipun pada masa telepon pintar seperti sekarang pulsa tidak lagi sering diperlukan, namun bisa jadi ada kalanya anda sangat perlu menelepon seseorang padahal anda berada di wilayah yang tidak terjangkau sinyal 3G maupun 4G.

Meskipun sama-sama membutuhkan sinyal, namun melakukan panggilan menggunakan telepon biasa tentu lebih mudah dari pada menggunakan aplikasi seperti Whatsapp, Line, maupun aplikasi lain yang serupa.

Jika anda bahkan dapat mengisi ulang melalui seluruh cara tersebut, ada baiknya karena anda akan dapat memilih cara mana yang paling murah. Meski demikian, ada kalanya beberapa penyedia jasa tersebut sedang offline dan tidak bisa melayani permintaan isi ulang anda. Jika sudah demikian, anda perlu mencari alternatif lain untuk mengisi ulang saldo pulsa Telkomsel anda.

Cek nomor Telkomsel memang sangat perlu untuk memastikan anda memasukkan nomor yang benar sebagai identitas anda karena dapat berdampak besar apabila anda salah memasukkannya. Jadi, sebelum memberikan nomor ponsel, pastikan anda telah menyebutkan nomor yang benar.

Related Article

Cara Menggunakan Fitur COD di Shopee Bagi Penjual dan Pembeli

Metode bayar di tempat atau COD di Shopee tentu sangat memudahkan bagi pengguna. Baik itu penjual ataupun pembeli yang sama-sama diuntungkan, tidak perlu khawatir penipuan. Nah, supaya tidak bingung lagi, kami sudah siapkan beberapa materi mengenai layanan tersebut. Meliputi: Apa itu pembayaran COD Shopee? Wilayah mana saja yang dapat menggunakannya? Cara melakukan pembelian menggunakan COD […]

Online Shop /
13 April 2021

Cara Hapus Akun Shopee Secara Permanen Lewat Aplikasi (Sebagai Pembeli & Penjual)

Ada banyak alasan bagi kita untuk mengetahui cara hapus akun Shopee. Mungkin karena nomor terblokir, email sudah tidak aktif, atau bahkan tidak membutuhkan platform Shopee lagi? Apapun alasannya, kamu tetap dapat mengajukan penghapusan akun dengan mudah. Bagaimana caranya? Tenang, kami sudah merangkumnya dalam konten ini, beserta poin-poin penting lain seperti: Syarat-syarat yang wajib dipenuhi sebelum […]

Online Shop /
12 April 2021

Cara Hapus Akun Tokopedia Sebagai Pembeli & Penjual (Mudah, Praktis, & Permanen)

Untuk berhenti menggunakan layanan, kamu dapat menerapkan cara hapus akun Tokopedia dalam konten yang kami tulis di sini. Meski ada sedikit usaha, menutup akun di marketplace hijau tetap ada caranya. Kalau dilihat, alasan menghapus akun bisa beragam. Mungkin kamu ingin ganti nomor baru, atau sudah punya akun dan toko baru, atau alasan-alasan lainnya. Karena itu, […]

Online Shop /
8 April 2021