Advertisement

Cara Cek Nomor & Pulsa Telkomsel via App, CS, Dial Up [Simpel & Komplit]

Diterbitkan pada
16 September 2022
Waktu membaca
6 Menit

Cek nomor Telkomsel seringkali kita tidak hafal dengan nomor ponsel milik sendiri karena memang tidak pernah dihubungi. Banyak orang yang memilih memberikan nomor ponsel dengan menggunakan kartu nama.

Apalagi ketika ponsel pintar semakin merajalela, kita bahkan jarang sekali memberikan nomor secara manual pada orang lain, karena biasanya sudah tergabung pada beberapa grup yang mana orang lain dapat melihat nomor kita melalui grup tersebut.

Akibatnya, banyak dari kita yang tidak hafal nomor sendiri. Hal ini menyulitkan kita ketika hendak mengisi ulang pulsa ataupun mengisi kolom nomor ponsel di beberapa formulir. Tidak menutup kemungkinan juga terdapat kepentingan lain yang mengharuskan kita mengecek nomor ponsel sendiri.

Cara mengecek nomor Telkomsel, dapat dilakukan dengan beberapa cara yang tentunya sangat mudah dan anti ribet. Anda dapat memilih untuk mengeceknya melalui aplikasi My Telkomsel, layanan dial up, atau dengan customer service.

Poin pentingnya, untuk mengecek nomor ini, tidak ada biaya administrasi yang dibebankan Telkomsel kepada anda, alias gratis. Berikut adalah ulasan mengenai tata cara untuk mengecek nomor melalui beberapa metode.

Cara Cek Nomor dan Pulsa Telkomsel Melalui Aplikasi My Telkomsel

Setelah 4 tahun diluncurkan, aplikasi My Telkomsel semakin familiar di tengah masyarakat. Selain karena aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Playstore, aplikasi ini juga menyediakan layanan Telkomsel dengan lebih lengkap dan praktis.

Awalnya, aplikasi Telkomsel diluncurkan khusus untuk digunakan para karyawan Telkomsel pada tanggal 25 Mei 2015. Setelahnya, aplikasi ini mulai dipublikasikan kepada masyarakat umum bertepatan pada acara ulang tahunnya pada tanggal 1 Juli 2015.

Aplikasi semacam ini memang banyak diluncurkan oleh perusahaan serupa seiring berkembangnya teknologi. Apalagi dengan kehadiran ponsel pintar yang semakin merakyat juga menjadi pemicu boomingnya tren ini.

Pada aplikasi My Telkomsel, terdapat berbagai fitur yang menarik. Anda dapat melakukan berbagai transaksi dengan lebih mudah dan cepat. Apalagi aplikasi ini juga disediakan secara gratis dan cuma-cuma bagi para pelanggan setianya.

Untuk dapat mengakses aplikasi ini, pertama-tama anda harus mengunduhnya terlebih dulu di playstore. Setelah unduhan anda selesai, buka aplikasi My Telkomsel yang sudah terunduh. Anda akan diminta untuk login.

Cara loginnya juga mudah. Anda cukup memasukkan nomor Telkomsel yang anda miliki. Tunggu beberapa saat, Telkomsel akan mengirimkan pesan verifikasi. Pesan verifikasi tersebut berisi link yang harus anda klik untuk dapat lanjut pada proses aktivasi akun yang selanjutnya.

Setelah anda klik, anda akan masuk secara otomatis pada aplikasi My Telkomsel anda. Setelah proses verifikasi nomor berhasil, anda diminta untuk membuat akun anda dengan memasukkan email dan kata sandi.

Setelahnya, anda diminta untuk memasukkan nama depan dan nama belakang sebagai identitas akun anda. Setelah itu, selesai. Anda dapat menggunakan aplikasi My Telkomsel beserta berbagai fitur dan layanan yang disediakan.

Untuk mengecek nomor Telkomsel anda sangat mudah. Bahkan nomor anda sudah muncul secara otomatis di layar bagian atas. Ketika anda klik, akan muncul juga masa aktif berlakunya kartu anda, sehingga anda dapat selalu mengeceknya setiap saat.

Cara Cek Nomor dan Pulsa Telkomsel Melalui Layanan Dial Up

Cek nomor Telkomsel cara selanjutnya adalah dengan menggunakan layanan dial up. Cara ini adalah cara yang lazim digunakan sebelum menjamurnya aplikasi My Telkomsel. Apalagi bagi orang-orang yang masih belum beralih pada ponsel pintar, maka layanan dial up inilah cara mengecek pulsa yang pasti dipilih.

Bahkan walaupun aplikasi My Telkomsel sudah banyak digunakan, layanan dial up ini juga masih sering dipilih karena sudah terbiasa.

Caranya sangatlah mudah. Anda tinggal mengetikkan *888# di papan tombol panggilan anda. Setelah itu tekan panggil/call/dial, lalu tunggu beberapa saat.

Setelahnya akan muncul menu-menu pilihan, yaitu pilihan kuota yang ditawarkan seperti kuota harian aplikasi, kuota harian kuota utama, dan kuota bulanan aplikasi. Nomor terakhir, biasanya adalah opsi cek pulsa dan kuota.

Ketikkan balasan menggunakan angka yang sesuai dengan opsi yang anda butuhkan, yaitu opsi cek pulsa dan kuota. Tunggu beberapa saat sampai muncul menu selanjutnya.

Akan muncul saldo pulsa yang anda miliki beserta masa aktif berlakunya. Selain pulsa, sisa kuota yang anda miliki juga akan ditampilkan pada layar ponsel anda.

Cara Cek Nomor dan Pulsa Telkomsel Melalui Customer Service

Bagi anda yang lebih senang menggunakan panggilan suara, anda dapat memilih opsi ini. Selain layanan dial up dan aplikasi smartphone, Telkomsel memang menyediakan layanan panggil untuk mengecek pulsa.

Terdapat dua nomor yang dapat anda hubungi. Pertama, anda dapat menghubungi 155. Opsi kedua, anda dapat menghubungi 188. Tentu ada perbedaan antara keduanya.

Perbedaannya, ketika anda mengubungi nomor 155, anda akan terhubung pada sistem operasi layanan pelanggan Telkomsel yang akan memberikan informasi saldo pulsa yang anda miliki. Anda tinggal mengikuti arahan petunjuk yang dijelaskan.

Opsi yang kedua, anda juga dapat menghubungi 188. Perbedaannya, dengan menghubungi 188, anda akan tersambung pada petugas layanan Telkomsel. Anda dapat bertanya sisa pulsa yang anda miliki pada petugas yang mengangkat panggilan anda.

Cara ini tidak banyak digunakan oleh para pelanggan Telkomsel karena tidak praktis dan berbayar. Pulsa anda akan terpotong Rp.300 secara otomatis setiap kali anda melakukan panggilan tersebut.

Jika ternyata pulsa yang anda miliki habis tanpa anda sadari, anda tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali cara yang dapat anda pilih untuk mengisi ulang saldo pulsa anda. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda coba. Pilihlah cara yang menurut anda paling mudah dan memugkinkan.

  • Isi ulang di gerai terdekat.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *