Advertisement

Cara Membuat Google My Business/Profil Bisnis Untuk Tempat Usaha Agar Makin Dikenal

Diterbitkan pada
15 September 2022
Waktu membaca
6 Menit

Bingung cara membuat “Google Profil Bisnis” atau dulu lebih dikenal sebagai “Google My Business” dengan baik dan benar? Di masa saat ini membuat bisnis tidaklah sesulit yang dibayangkan. Apalagi ditambah dengan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih, tentu semakin mempermudah Anda dalam membuat bisnis.

Nah salah satu teknologi untuk membuat bisnis semakin berkembang yaitu adanya Google Bisnsku. Fitur ini merupakan sebuah fitur gratis yang disediakan oleh Google untuk mendukung kegiatan para pebisnis.

Lalu apa sih fungsi fitur tersebut? Nah, fitur ini memiliki fungsi sebagai pengelola kehadiran suatu bisnis ke dalam Google. Hal ini termasuk juga pada penelusuran maps. Jadi bisnis Anda akan jauh lebih dikenal oleh orang lain, penjualan pun meningkat.

Banyaknya manfaat yang bisa diambil dalam Google Bisnisku membuat fitur ini semakin terkenal. Apalagi cara pendaftarannya cenderung lebih mudah dibandingkan aplikasi lainnya. Lalu bagaimana cara mendaftar Google My Business? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Google My Business dan Kegunaannya

Sebenarnya apa sih Google My Business itu? Lalu apa saja manfaat yang bisa Anda ambil ketika sudah mendaftar fitur satu ini? Apakah harus membayar untuk menggunakan jasa ini?

Agar Anda tidak semakin bingung, berikut akan dijelaskan pengertian dan juga beberapa manfaat yang bisa diambil ketika sudah mendaftar.

1. Pengertian

Google My Business, atau kini berubah menjadi “Google Profil Bisnis” merupakan sebuah fitur yang dibuat oleh Google secara gratis yang sangat mudah digunakan untuk para pebisnis. Selain itu, fitur satu ini juga bisa digunakan untuk organisasi yang membutuhkan pengelolaan kehadiran mereka di Google.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan bisnis Anda akan terlihat di Google Maps. Caranya hanya dengan memverifikasi dan juga mengedit sedikit informasi bisnis. Disitu Anda sudah bisa membantu para pelanggan untuk lebih mudah menemukan bisnis Anda.

Jadi fungsi Google di sini merupakan pembantu para pebisnis agar lebih mudah untuk ditemukan dalam dunia internet. Tentu hal ini nantinya sangat berpengaruh besar pada income bisnis Anda. lalu apa saja sih manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika sudah mendaftarkan bisnis kita? Simak dibawah ini.

2. Sebagai Pengelola Informasi

Ada berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan ketika sudah mendaftar. Salah satunya yaitu sebagai pengelola informasi. Pengelola informasi di sini artinya yaitu Google akan mengelola informasi bisnis Anda agar bisa masuk ke pencarian pengguna.

Cara kerja dari fitur ini yaitu ketika ada pengguna user Google yang sedang menelusuri bisnis Anda ataupun juga produk dan layanan yang ditawarkan. Maka bisnis Anda akan langsung muncul dengan informasi yang jauh lebih lengkap.

Selain itu, pebisnis yang menggunakan fitur ini lebih bisa berpeluang dua kali lipat untuk mendapatkan reputasi baik oleh pelanggannya.

Jika ada orang yang menelusuri bisnis Anda di Google Maps dan penelusuran, maka sudah pasti mereka akan mendapatkan akses informasi lengkap berupa jam kerja, alamat, website, dan lain sebagainya.

3. Memahami dan Memperluas Bisnis Anda

Selain sebagai pengelola informasi, GMB juga memiliki manfaat besar dalam memahami dan juga memperluas bisnis Anda. Dengan ini Anda juga bisa memahami bagaimana cara pelanggan untuk menelusuri bisnis Anda.

Anda juga bisa melihat dari mana pelanggan tersebut berasal, jumlah orang yang menghubungi bisnis tersebut. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk mengetahui sampai mana tahap promosi yang telah Anda lakukan. Apakah promosi Anda telah bagus ataukah masih belum merata.

Jika dirasa belum terlalu banyak ombak yang Anda terima, tentu hal ini bisa Anda jadikan PR untuk diperbaiki ke depannya. Anda juga bisa lebih mengkreasikan tahap promosi bisnis agar lebih laku di masyarakat.

4. Interaksi dengan Pelanggan

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan ketika mendaftarkan bisnis Anda, yaitu adanya interaksi dengan para pelanggan. Di sini Anda akan mendapatkan ulasan dan juga rating dari para pelanggan yang pernah menggunakan layanan Anda.

Jangan lupa untuk membaca dan juga memberikan tanggapan terhadap review yang telah diberikan oleh pelanggan Anda. Hal tersebut tentu bisa menambahkan kesan baik bahwa bisnis Anda sangat profesional.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan foto pada bisnis Anda. biasanya usaha ataupun bisnis yang memiliki foto akan mendapatkan permintaan petunjuk di Google Maps mencapai 42% ke atas.

Apalagi dengan situs webnya, Anda bisa menerima klik situs web hingga mencapai 35 persen. Hal ini tentu sangat berbeda dengan bisnis yang tidak mendaftarkan dirinya ke Google My Business.

Dengan segala keuntungan di atas, mungkin ada yang berpikiran kalau hal seperti ini pasti mahal. Jadi, Google My Business apakah gratis? Jawabannya adalah iya.

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Google sendiri, layanan Profil Bisnis dair Google My Business ini hadir dengan cuma-cuma. Makannya, sangat disayangkan kalau tidak menggunakan layanan ini.

Cara Buat Google My Business untuk Tempat Usaha Anda

Setelah mengetahui pengertian dan juga manfaat yang bisa diambil ketika mendaftarkan bisnis ke dalam Google My Business. Sekarang saatnya Anda mempelajari bagaimana cara membuatnya.

Sebenarnya langkah-langkah membuat Google My Business sangat mudah, hanya saja masih banyak orang di luaran sana yang kesulitan untuk mendaftar di sini. Padahal nantinya jika Anda sudah mendaftarkan bisnis ke sini, tentu bisnis akan jauh lebih dipercaya ketimbang sebelumnya.

Bisnis Anda akan jauh lebih dipercaya dan banyak dilirik oleh para pelanggan. Akan tetapi bagi Anda yang masih kesulitan untuk mendaftarkan bisnis ke akun Google Bisnisku, langsung saja simak cara-cara dibawah ini.

1. Akun Google

Cara pertama ketika Anda ingin mendaftarkan diri, yaitu harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Nah, bagi Anda yang belum memiliki akun Google, ada baiknya untuk mendaftar terlebih dahulu.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *