image

Cara Membuat Google My Business Untuk Tempat Usaha Agar Makin Dikenal

cara membuat google my business

Bingung cara membuat Google my business dengan baik dan benar? Di masa saat ini membuat bisnis tidaklah sesulit yang dibayangkan. Apalagi ditambah dengan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih, tentu semakin mempermudah Anda dalam membuat bisnis.

Nah salah satu teknologi untuk membuat bisnis semakin berkembang yaitu adanya Google Bisnsku. Fitur ini merupakan sebuah fitur gratis yang disediakan oleh Google untuk mendukung kegiatan para pebisnis.

Lalu apa sih fungsi fitur tersebut? Nah, fitur ini memiliki fungsi sebagai pengelola kehadiran suatu bisnis ke dalam Google. Hal ini termasuk juga pada penelusuran maps. Jadi bisnis Anda akan jauh lebih dikenal oleh orang lain.

image

Banyaknya manfaat yang bisa diambil dalam Google Bisnisku membuat fitur ini semakin terkenal. Apalagi cara pendaftarannya cenderung lebih mudah dibandingkan aplikasi lainnya. Lalu bagaimana cara mendaftar Google My Business? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Apa itu Google My Business dan Kegunaannya

Sebenarnya apa sih Google My Business itu? Lalu apa saja manfaat yang bisa Anda ambil ketika sudah mendaftar fitur satu ini?

Agar Anda tidak semakin bingung, berikut akan dijelaskan pengertian dan juga beberapa manfaat yang bisa diambil ketika sudah mendaftar.

1. Pengertian

Google My Business merupakan sebuah fitur yang dibuat oleh Google secara gratis yang sangat mudah digunakan untuk para pebisnis. Selain itu, fitur satu ini juga bisa digunakan untuk organisasi yang membutuhkan pengelolaan kehadiran mereka di Google.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan bisnis Anda akan terlihat di Google Maps. Caranya hanya dengan memverifikasi dan juga mengedit sedikit informasi bisnis. Disitu Anda sudah bisa membantu para pelanggan untuk lebih mudah menemukan bisnis Anda.

Jadi fungsi Google di sini merupakan pembantu para pebisnis agar lebih mudah untuk ditemukan dalam dunia internet. Tentu hal ini nantinya sangat berpengaruh besar pada income bisnis Anda. lalu apa saja sih manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika sudah mendaftarkan bisnis kita? Simak dibawah ini.

2. Sebagai Pengelola Informasi

Ada berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan ketika sudah mendaftar. Salah satunya yaitu sebagai pengelola informasi. Pengelola informasi di sini artinya yaitu Google akan mengelola informasi bisnis Anda agar bisa masuk ke pencarian pengguna.

Cara kerja dari fitur ini yaitu ketika ada pengguna user Google yang sedang menelusuri bisnis Anda ataupun juga produk dan layanan yang ditawarkan. Maka bisnis Anda akan langsung muncul dengan informasi yang jauh lebih lengkap.

Selain itu, pebisnis yang menggunakan fitur ini lebih bisa berpeluang dua kali lipat untuk mendapatkan reputasi baik oleh pelanggannya.

Jika ada orang yang menelusuri bisnis Anda di Google Maps dan penelusuran, maka sudah pasti mereka akan mendapatkan akses informasi lengkap berupa jam kerja, alamat, website, dan lain sebagainya.

3. Memahami dan Memperluas Bisnis Anda

Selain sebagai pengelola informasi, GMB juga memiliki manfaat besar dalam memahami dan juga memperluas bisnis Anda. Dengan ini Anda juga bisa memahami bagaimana cara pelanggan untuk menelusuri bisnis Anda.

Anda juga bisa melihat dari mana pelanggan tersebut berasal, jumlah orang yang menghubungi bisnis tersebut. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk mengetahui sampai mana tahap promosi yang telah Anda lakukan. Apakah promosi Anda telah bagus ataukah masih belum merata.

Jika dirasa belum terlalu banyak ombak yang Anda terima, tentu hal ini bisa Anda jadikan PR untuk diperbaiki ke depannya. Anda juga bisa lebih mengkreasikan tahap promosi bisnis agar lebih laku di masyarakat.

4. Interaksi dengan Pelanggan

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan ketika mendaftarkan bisnis Anda, yaitu adanya interaksi dengan para pelanggan. Di sini Anda akan mendapatkan ulasan dan juga rating dari para pelanggan yang pernah menggunakan layanan Anda.

Jangan lupa untuk membaca dan juga memberikan tanggapan terhadap review yang telah diberikan oleh pelanggan Anda. Hal tersebut tentu bisa menambahkan kesan baik bahwa bisnis Anda sangat profesional.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan foto pada bisnis Anda. biasanya usaha ataupun bisnis yang memiliki foto akan mendapatkan permintaan petunjuk di Google Maps mencapai 42% ke atas.

Apalagi dengan situs webnya, Anda bisa menerima klik situs web hingga mencapai 35 persen. Hal ini tentu sangat berbeda dengan bisnis yang tidak mendaftarkan dirinya ke Google My Business.

Baca juga:
Cara Mendapatkan Uang Lewat YouTube (Bisa dari Jualan / AdSense)

Cara Buat Google My Business untuk Tempat Usaha Anda

Setelah mengetahui pengertian dan juga manfaat yang bisa diambil ketika mendaftarkan bisnis ke dalam Google My Business. Sekarang saatnya Anda mempelajari bagaimana cara membuatnya.

Sebenarnya caranya sangat mudah, hanya saja masih banyak orang di luaran sana yang kesulitan untuk mendaftar di sini. Padahal nantinya jika Anda sudah mendaftarkan bisnis ke sini, tentu bisnis akan jauh lebih dipercaya ketimbang sebelumnya.

Bisnis Anda akan jauh lebih dipercaya dan banyak dilirik oleh para pelanggan. Akan tetapi bagi Anda yang masih kesulitan untuk mendaftarkan bisnis ke akun Google Bisnisku, langsung saja simak cara-cara dibawah ini.

1. Akun Google

Cara pertama ketika Anda ingin mendaftarkan diri, yaitu harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Nah, bagi Anda yang belum memiliki akun Google, ada baiknya untuk mendaftar terlebih dahulu.

Tentunya bisa Anda lihat di sini, hal yang paling penting dalam membuat bisnis menjadi lebih berkembang yaitu dengan mendaftar akun Google. Baru setelah itu Anda bisa melakukan tahap selanjutnya untuk mendaftar.

Jika Anda sudah memiliki akun Google, Anda bisa langsung log in ke akun tersebut. Akan tetapi jika Anda belum memiliki akun Google, Anda bisa langsung mendaftarkan bisnis dengan membuat Gmail, hal ini karena satu akun Google digunakan untuk semua layanan Google.

2. Kunjungi Google My Business

Jika dirasa Anda sudah memiliki akun Google, sekarang Anda bisa mengunjungi halaman Google My Business. Setelah itu, Anda bisa klik tombol biru yang bertuliskan “Kelola Sekarang”.

Setelah Anda klik tombol tersebut, Anda akan dibawa dan diarahkan ke halaman login akun Gmail. Nah, di sinilah akun Gmail sangat dibutuhkan untuk melanjutkan pendaftaran Anda.

Setelah itu Anda tinggal mengisi Gmail dan juga password untuk login. Gmail harus kepunyaan pribadi, hal ini tentu karena menyangkut kepemilikan bisnis yang akan Anda daftarkan.

3. Isikan Data Bisnis Anda

Setelah mengisi Gmail dan juga password nya, Anda akan disugukan dengan form data yang harus diisi. Anda harus mengisi form tersebut secara lengkap dan hati-hati. Jangan sampai ada data yang salah ataupun terlewat.

Form tersebut berisikan apa nama bisnis yang akan Anda daftarkan. Kemudian Anda juga harus memilih kategori bisnis Anda. di sini Anda bisa memilih kategori mana yang paling sesuai dengan bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini.

Selain itu Anda akan diminta juga untuk menambahkan alamat lokasi bisnis. Anda harus mengisi alamat lokasi bisnis ini dengan lengkap dan juga benar, hal ini karena sangat berkaitan dengan proses verifikasi alamat melalui pos di akhir nanti.

Ada juga form dimana wilayah bisnis Anda berada, dimana Anda bisa melayani pelanggan, detail kontak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Isi dengan baik dan benar, jangan sampai ada informasi vital yang salah.

Baca juga:
Cara Membuat Channel YouTube untuk Jualan dan AdSense

4. Masukkan Alamat Lengkap

Setelah mengisi beberapa form diatas dengan baik dan benar, Anda akan diarahkan ke halaman pengisian alamat verifikasi. Anda bisa mengisi form tersebut sesuai dengan dimana tempat bisnis Anda aktif.

Jangan sampai salah dalam mengisi alamat verifikasi tersebut, hal ini karena Google akan mengkonfirmasi alamat tersebut menggunakan pos. Tentu alamat verifikasi ini tidak akan ditampilkan dalam Google My Business Anda.

5. Menambah Fitur Halaman Dashboard

Setelah proses pendaftaran akun Google My Business Anda telah selesai, Anda akan dibawa ke dalam halaman dashboard. Banyak hal yang bisa Anda lakukan pada halaman ini.

Pada halaman ini Anda bisa menambahkan jam kerja pada bisnis Anda, baik berupa bisnis barang maupun jasa. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan informasi-informasi penting lainnya yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Setelah semua informasi dirasa cukup, Anda bisa kembali ke halaman home. Maka profil bisnis Anda sudah jadi dan hanya tinggal menunggu verifikasi dari pihak Google terkait dengan lokasi bisnis.

6. Verifikasi Google My Business

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa Anda diharuskan untuk mengisi alamat verifikasi dengan baik dan benar. hal ini tentunya karena Google akan memverifikasi akun Google My Business Anda melalui pengiriman Pos.

Ketika Anda sudah menerima verifikasi yang dikirim melalui Pos, Anda bisa langsung melakukan verifikasi alamat pada akun Google My Business Anda. Biasanya kartu pos ini akan dikirim kurang lebih dalam kurun waktu 12 hari.

Jangan pernah Anda mengubah alamat pada Google My Business selama masa pengiriman tersebut berlangsung. Jangan juga mengubah informasi lainnya sebelum kartu pos tersebut sampai ke rumah Anda dengan selamat.

Setelah menerima surat pos tersebut, Anda sudah bisa merasakan berbagai manfaat penggunaan Google My Business. Seperti mengizinkan pelanggan menemukan bisnis Anda, melacak analitik bisnis, menanggapi ulasan dari para pelanggan, dan juga membuat postingan promosi.

Baca juga:
Tokopedia vs Shopee: Pilih Mana yang Lebih Menguntungkan Seller?

Nah, itulah sedikit informasi dan juga ulasan mengenai cara membuat Google My Business dengan mudah dan cepat tanpa kesulitan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan mendaftar akun Google Bisnisku Anda akan mendapatkan beragam manfaat yang belum pernah Anda dapatkan sebelumnya.

Bisnis Anda juga akan jauh lebih dikenal oleh khalayak luas. Apalagi ditambah lagi dengan cara pendaftarannya yang sangat mudah. Anda bisa menggunakan cara-cara diatas untuk mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku.

Gunakan fitur ini secara bijak untuk memperoleh manfaat positif di dalamnya. Maka dari itu selamat mencoba dan semoga berhasil!

image
image
Related Article

Cara Cek Resi GoSend Live Tracking untuk Kirim Barang Sehari Sampai

Buat yang suka kirim barang instan, seringkali kamu akan membutuhkan cara cek resi GoSend (live tracking). Entah itu checkout dari Tokopedia, Shopee, atau juga kirim barang sendiri. Dalam tulisan ini, kamu akan menemukan informasi berguna seputar: Mengenali apa itu GoSend dan jenis layanan yang ditawarkan, Bagaimana cara melacak kiriman GoSend sudah sampai mana. Namun sebelum […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

11 Jasa Kurir Terbaik di Indonesia: Harga Murah dan Pengiriman Cepat [Komplit]

Bagi seller, memilih jasa kurir terbaik merupakan pekerjaan yang agak tricky. Dalam artian, sebenarnya semua ekspedisi di Indonesia terbilang cukup bagus. Tetapi tergantung pada pembeli, apakah mereka suka atau tidak. Bahkan hal-hal sesimpel apakah mas-mas kurir yang mengantar ramah atau tidak, itu juga menjadi acuan pembeli. Dan pada akhirnya, pembeli-lah yang menentukan. Nah kali ini, […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

Cara Cek Nomor dan Pulsa XL Mudah dan Komplit

Cek nomor XL merupakan hal lumrah untuk dilakukan bagi para pengguna provider GSM XL. Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin mengecek nomor telepon yang Ia gunakan. Kemungkinan yang paling sering adalah nomor telepon tersebut dibutuhkan untuk suatu identitas ataupun untuk keperluan lainnya. Jika pernah mencatat nomor telepon sendiri bukan berarti hal tersebut terlepas dari kemungkinan […]

Tips & Trik /
4 Maret 2021