Advertisement

Cara Mendapatkan Uang Lewat YouTube (Bisa dari Jualan / AdSense)

Diterbitkan pada
14 September 2022
Waktu membaca
7 Menit

Cara mendapatkan uang lewat youtube merupakan pembahasan yang mulai banyak digandrungi saat ini. Hal ini tidak terlepas dari potensi YouTube sebagai platform yang menjanjikan untuk berbisnis. Perkembangan YouTube saat ini juga terbilang pesat karena menjadi tontonan yang dinilai asyik bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Apalagi acara-acara televisi pun juga diupload kembali melalui channel YouTube-nya masing-masing. Jumlah penonton di YouTube juga terbilang sangat banyak ditambah dengan banyaknya channel-channel baru yang bermunculan.

Berbagai inspirasi bisnis dan juga pengetahuan bisa didapatkan lewat YouTube. Bahkan melalui itu pula bisa dibangun sebuah bisnis untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

YouTube juga tidak kalah dari media sosial karena dari segi jumlah penonton terbilang banyak. Apabila konten yang dibuat mendapatkan tempat di hati para penonton tentu tidak menutup kemungkinan bisnis yang dijalankan akan maju pesat.

Segala sesuatu yang menarik tentu akan lebih berpotensi dibandingkan video yang biasa-biasa saja. Tidak heran jika saat ini content creator dengan berbagai kemampuan untuk menghasilkan karya video menarik sangat diburu oleh mereka yang ingin mengembangkan channel YouTube-nya.

Dari AdSense, para pembuat video bisa menghasilkan uang jutaan bahkan lebih dari itu. Untuk Adsense baru diketahui bahwa adanya peraturan yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkannya.

Peraturan ini merupakan kebijakan dari pihak YouTube bagi para pemilik channel yang ingin memasang Adsense di konten mereka. Dari sini tentu sudah mulai terbayang bagaimana jualan melalui YouTube sekaligus mendapatkan AdSense.

Tentu suatu hal yang menyenangkan bukan? Namun untuk mencapai hal-hal tersebut ada cara-cara yang bisa diterapkan. Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Dapat Uang Lewat YouTube dari Jualan / AdSense

Berjualan melalui platform YouTube membutuhkan cara-cara tersendiri agar bisa dilirik banyak target konsumen. Keberhasilan jualan melaui YouTube juga diindikasikan dengan banyaknya interaksi penawaran yang muncul setelah adanya video yang ditayangkan.

Apabila hal ini sudah terjadi maka kesempatan untuk mendapatkan Adsense dari YouTube juga semakin tinggi. Setelah daftar Google AdSense dan memenuhi persyaratannya, kamu bisa segera mendapatkan keuntungan.

Hal ini juga tidak terlepas dari jumlah jam tayang karena YouTube sendiri memberikan persyaratan jumlah subscriber dan juga jumlah jam tayang di platformnya. Dari video jualan yang ditampilkan maka kesempatan untuk meraih banyak subscriber sekaligus jam tayang juga akan semakin meningkat.

Hal ini tentu akan berbanding lurus untuk memperbesar kesempatan mendapatkan acc dari Google AdSense.

Selain AdSense, Youtube juga bisa dimanfaatkan untuk berjualan. Tidak harus berjualan secara langsug, bisa juga berjualan baik secara affiliate, dropship, atau reseller.

Saat berjualan di YouTube, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbesar peluang keberhasilan. Adapun cara-cara tersebut adalah sebagai berikut.

1. Buat Video Penawaran

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat video penawaran. Video penawaran ini selanjutnya akan digunakan dalam review produk yang dijual sekaligus menawarkan produk tersebut kepada khalayak ramai.

Apabila video sudah selesai dibuat maka tinggal diunggah melalui platform YouTube. Jangan lupa untuk menggunakan kata kunci atau keyboard ada produk yang dijual. Untuk membuat video produk penawaran bisa dimulai dengan langkah-langkah membuat script terlebih dahulu, menentukan kemasan video, mengedit dan mempublikasikan tentunya.

Script dalam hal ini akan berfungsi sebagai panduan yang mengarahkan proses produksi video. Selain itu kemasan video juga perlu dipilih untuk menentukan arah dan tujuan seperti apa hasil yang diinginkan.

Proses editing juga tidak kalah penting karena akan merujuk pada kreasi sebaik mungkin agar video yang dihasilkan menarik. Tahap mempublikasikan video juga penting karena hal inilah yang menjadi awal video tersebut bisa dilihat oleh pengguna YouTube.

2. Berikan Edukasi Sembari Promosi

Tentu bisa terbayangkan bagaimana sebuah video yang berisikan promo secara keseluruhan. Tentu saja akan terkesan tidak punya nilai karena sepanjang video tersebut hanya diisi oleh keunggulan-keunggulan produk.

Ada baiknya hal ini dibarengi dengan edukasi sebelumnya agar penonton bisa menemukan relevansi antara edukasi yang diberikan dengan produk yang dijual. Semakin relevan edukasi yang diberikan dengan produk tersebut tentu akan membuka pikiran para penonton untuk tertarik kepada produk yang bersangkutan.

Edukasi bisa dilakukan di awal kemudian diikuti dengan promosi produk. Tujuan dilakukannya edukasi di awal tentu untuk membuka pikiran para penonton tentang hal-hal yang terkait dengan produk dan bagaimana mereka bisa terbantu dengan produk yang akan dijual. Semakin baik edukasi yang diberikan maka penguatan kepada para penonton juga akan semakin baik.

Hal ini berarti bahwa semakin penting edukasi tersebut maka kemungkinan untuk melirik produk yang ditawarkan akan semakin besar. Berikanlah edukasi yang mengarahkan penonton untuk mengetahui produk yang bisa membantu mereka, sehingga dapat memperbesar kesempatan mendapat uang lewat YouTube.

3. Buatlah Video Singkat dan Jelas

Durasi juga harus menjadi perhatian penting ketika ingin membuat video di YouTube. Bahkan beberapa riset telah menemukan adanya durasi efektif untuk video di YouTube agar penonton tidak bosan.

Hal ini tentu bisa dijadikan patokan dan arah untuk membuat video. Maka dari itu penentuan durasi di awal menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Setelah mengetahui durasinya maka bisa ditelaah bagian-bagian apa saja yang ingin ditampilkan dalam video tersebut. Menyesuaikan hal-hal yang ingin ditampilkan dalam video dengan durasi tentu akan membuat semakin efektif hasil yang diberikan.

Di lain sisi video yang merupakan perpaduan antara audio dan visual ini punya keunggulan karena mampu mendemonstrasikan produk yang ingin dijual. Hari ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin agar mendatangkan rasa penasaran dan ketertarikan dari para penonton.

Dengan durasi singkat dan jelas maka penonton tidak akan bosan dan bisa memahami dengan baik. Dengan kata lain sebaiknya video yang dibuat bisa memiliki nilai yang tidak kalah dengan membaca banyak halaman buku. Tentu di sini akan tampak keunggulan dari video yang dibuat. Dengan begitu bukan tidak mungkin di video selanjutnya penonton yang sama juga akan menonton lagi.

Halaman Selanjutnya
4. Menampilkan Testimoni...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *