Tokopedia vs Shopee: Pilih Mana yang Lebih Menguntungkan Seller?

Diterbitkan pada
22 Februari 2021
Waktu membaca
6 Menit

Tokopedia vs Shopee menjadi suatu pembahasan yang menarik mengingat kedua e-commerce ini sama-sama memiliki rating yang cukup baik di Indonesia. Bahkan keduanya bisa dikatakan sebagai 2 dari sekian banyak e-commerce dengan posisi teratas saat ini.

Hal ini memang tidak dapat dipungkiri mengingat baik itu shopee maupun Tokopedia memiliki jumlah konsumen atau penggemar yang tinggi di  platformnya masing-masing. Strategi jitu bisnis yang diterapkan keduanya juga sering membuat penasaran publik. Warna orange dan hijau sudah menjadi ciri khas dari keduanya.

Shopee dengan warna orangnya semakin naik daun dan begitu pula dengan Tokopedia dengan warna hijau yang semakin gencar dengan promosi dan kualitas. Saat ini kedua e-commerce ini sama-sama punya iklan yang khas di televisi. Tidak hanya itu, iklan tersebut bahkan muncul di platform lainnya seperti YouTube.

Oleh sebab itu tidak sedikit pula yang menganggap kedua e-commerce ini punya persaingan yang sengit. Namun apabila memposisikan diri sebagai penjual atau pembeli tentu merupakan dua hal berbeda karena banyak sisi yang harus ditelaah.

Saat berada pada posisi pembeli maka pada aspek kepuasan berbelanja yang harus diutamakan. Baik itu dari sisi kualitas ataupun harga yang diinginkan. Apabila terkait dengan posisi penjual maka aspek keuntungan dan kepuasan pelanggan juga harus diperhatikan dengan baik. Progres atau kemajuan dari bisnis yang dijalankan merupakan tonggak utama keberhasilan sebuah usaha.

Untuk itulah pelayanan dan servis yang dilakukan harus benar-benar mampu mendatangkan value bagi setiap konsumen yang berbelanja. Pembahasan ini akan semakin menarik karena bisa ditelaah dari berbagai sisi. Selain itu juga turut mengedukasi bagaimana sebuah bisnis bisa mengalami kemajuan yang pesat dalam kurun waktu tertentu. Oleh sebab itu agar semakin jelas berikut adalah poin-poin penting Tokopedia vs Shopee.

Tokopedia vs Shopee: Lebih Bagus Mana?

Tokopedia dan Shopee memang selalu disandingkan serta tidak jarang dianggap sebagai e-commerce yang memiliki persaingan paling sengit. Jika ditelaah dari dari berbagai survei yang ada tampaknya hal ini memang benar adanya karena pengunjung di kedua e-commerce ini menduduki peringkat satu dan dua. Adanya kecenderungan untuk saling membandingkan Ini akhirnya berdampak pada sejumlah riset yang dilakukan untuk melihat sisi-sisi yang menjadi nilai tambah di masing-masing e-commerce.

Apabila disandingkan maka sisi seperti pangsa pasar tidak dapat. dikesampingkan. Pangsa pasar yang dimaksud di sini adalah produk yang dijual. Ternyata baik itu shopee maupun Tokopedia punya karakter produk yang dinilai berbeda.

Setelah ditelusuri ternyata shopee memiliki kecenderungan dalam hal penyediaan produk-produk gaya terbaru yang mendukung berbagai tren mulai dari kecantikan, fashion, gaya terbaru, aksesoris, pernak-pernik kekinian dan tentunya yang sedang digandrungi di pasaran.

Untuk hal tersebut shopee memang terbilang sigap sehingga perputaran arus konsumennya juga sangat besar. Alhasil Ketika seseorang menginginkan suatu produk yang tengah hangat diperbincangkan, maka shopee berkemungkinan besar untuk diakses pertama kali.

Lebih lanjut dengan adanya karakter yang dijual ini, berbuntut pada spesialisasi gender yang mendominasi sebagai konsumen di masing-masing e-commerce. Shopee terbilang lebih banyak diakses oleh karena karakter produk yang sudah dijelaskan sebelumnya. Meski demikian hal ini bukan berarti mengesampingkan konsumen pria pada e-commerce Shopee.

Sebaliknya untuk e-commerce Tokopedia memiliki karakter produk yang mengarah pada alat-alat elektronik, kebutuhan furniture, alat-alat yang tergolong lebih berat, alat-alat kesehatan dan berbagai peralatan lainnya.

Oleh sebab itu tidak mengherankan jika kecenderungan para pembeli memungkinkan dominasi oleh kaum pria. Namun lagi dengan catatan bukan berarti tidak diminati oleh kaum wanita.

Baca juga:
Pengertian Supplier Beserta Tugas, Jenis dan Cara Kerjanya [Lengkap]

Kelebihan Tokopedia

tokopedia

Beranda Tokopedia (c) tokopedia.com

Tokopedia salah satu e-commerce terbaik yang menawarkan berbagai kelebihan sehingga para konsumen bisa merasakan berbagai kemudahan saat berbelanja. Kemudahan ini bukan hanya dari segi teknis tetapi juga kualitas barang yang akan didapatkan. Secara lebih terperinci kelebihan dari e-commerce Tokopedia adalah sebagai berikut:

  • Dari segi tampilan Tokopedia sangat nyaman untuk dipandang dengan warna hijau yang segar serta penataan posisi fitur-fitur yang sedemikian rupa cukup memudahkan.
  • Tokopedia ini merupakan salah satu situs yang gratis atau tidak dipungut bayaran.
  • Loading site dari Tokopedia tergolong ringan sehingga tidak butuh waktu lama untuk bisa mengaksesnya lebih hemat waktu dan nyaman untuk digunakan.
  • Tokopedia produk yang jelas serta terkategori dengan baik. Variasi dari produk produknya juga mudah untuk dipaham serta tersedia harga grosir.
  • Terdapat fitur pre order produk yang diimpor dari luar negeri sehingga lebih efektif dan efisien.
  • Sediakan fitur estimasi total belanja yang harus dibayar. Masuk Pulau untuk estimasi nominal ongkos kirim hingga jasa ekspedisi yang digunakan.
  • Telah penjalin kerja sama dengan banyak brand ternama dan juga penjual lokal sehingga memudahkan seluruh konsumen di penjuru negeri untuk mendapatkan produk yang diinginkannya.
  • Memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya melalui toko online.
  • Pembayaran lebih transparan karena memastikan barang terlebih dahulu  diterima oleh pembeli sebelum uang diteruskan kepada penjual.
  • Memiliki fasilitas escrow yang tidak dipungut biaya tambah.
  • Dari segi keamanan Tokopedia terbilang baik karena menggunakan kode OTP.
  • Tokopedia memberikan batasan waktu transfer yang cukup leluasa bagi para konsumen yang akan melakukan pembayaran.

Kelebihan Shopee

shopee

Halaman depan Shopee (c) shopee.co.id

Shopee memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya bisa bertahan bahkan disebut sebut sebagai e-commerce dengan jumlah pengunjung terbanyak saat ini. Sebab itu banyak orang yang penasaran terkait dengan kelebihan yang ditawarkan oleh shopee. Adapun beberapa kelebihan dari Shopee ini adalah sebagai berikut:

  • Memiliki traffic yang banyak karena jumlah pengguna yang berbanding lurus dengan itu. Jika dibandingkan dengan trafik e-commerce lainnya maka shopee terbilang lebih tinggi. Hal ini juga sering dibahas dalam Tokopedia Vs Shopee.
  • Terdapat fitur-fitur penghargaan bagi para penjual sehingga kesempatan mendapatkan untung yang lebih tinggi akan terbuka lebar selain itu juga membangkitkan motivasi untuk meraihnya.
  • Memberikan koin gratis bagi pelanggan yang melakukan review sehingga membangkitkan semangat para pembeli untuk memberikan ulasan dan rating.
  • Telah terintegrasi dengan berbagai jenis pengiriman sehingga mempermudah proses belanja dari awal hingga akhir.
  • Memberikan kebebasan upload gambar hingga 9 buah sehingga varian dari produk yang ingin ditampilkan lebih leluasa.
  • Tersedia kolom untuk memilih berbagai varian sehingga memudahkan penjual bentuk display produknya.
  • Terdapat berbagai program yang menguntungkan sehingga potensi mendapatkan keuntungan akan lebih besar.

Baca juga:
Tips Jualan Online Agar Cepat Laku [Bikin Bisnis Jadi Laris Manis]

Kekurangan Tokopedia

Selain memiliki kelebihan, Tokopedia juga mempunyai beberapa kekurangan yang tidak kalah penting untuk diketahui. Kekurangan ini terkadang memang bersifat relatif tergantung siapa yang memberi anggapan.

sorting toko supplier di tokopedia

(c) Channel YouTube Rio Gandhi

Namun tidak ada salahnya juga untuk memaparkan beberapa perkurangan ini sebagai salah satu bentuk review agar bisa dilakukan perbaikan dan pengembangan kedepannya bagi e-commerce Tokopedia. Adapun beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Tokopedia adalah sebagai berikut:

  • Tokopedia belum terlalu lengkap dalam menampilkan contact person yang bisa dihubungi untuk melakukan konfirmasi sudah transaksi pembayaran serta pengiriman barang. Dengan begitu ada kemungkinan muncul sedikit kekhawatiran bagi para konsumen terkait barang yang dia beli.
  • Adanya pembukaan toko online yang bersifat pribadi membuat barang dagangan berjenis sama dijual secara bersamaan. Dengan demikian pula persaingannya masih kurang dibatasi oleh Tokopedia.
  • Terkait dengan peraturan penawaran juga masih kurang jelas dan tegas sehingga tidak jarang ditemukan pembeli yang sebenarnya tidak terlalu tertarik dengan produk yang dijual namun penjual dengan melakukan penawaran penawaran yang di luar standar.
  • Aplikasi maupun website tokopedia kadang mengalami error setelah dilakukan maintenance yang berefek hingga jangka waktu 1 hingga 2 hari.
  • Beberapa kali terjadi error saat beroperasi sehingga menimbulkan ketidaknyamanan.
  • Tidak terdapat fitur diskon yang memiliki batas waktu dengan kurun waktu yang tertentu pula.
  • Tidak terdapat fitur blacklist untuk penjual maupun pembeli sehingga rekam jejak insiden yang mungkin saja terjadi dalam transaksi tidak bisa dengan baik diketahui.

Kekurangan Shopee

usaha camilan ringan

Produk Juara Snack (c) Shopee.co.id

Selain memiliki kelebihan shopee juga punya berbagai kekurangan yang tentunya harus diketahui. Berbagai kekurangan shopee ini memang menjadi suatu hal yang wajar adanya terlebih lagi tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini.

  • Kompetisi harga yang kadang terkesan tidak wajar. Hal ini memang bukan rahasia lagi karena harga menjadi hal paling mencolok dari shopee.
  • Akun yang sudah lama ada di shopee punya kecenderungan untuk lebih unggul dalam persaingan. Oleh sebab itu para penjual harus berusaha lebih keras lagi untuk menemukan nilai tambah dari tokonya seperti melakukan promosi di berbagai sosial media.
  • Terkadang ditemui kendala dalam mengupload gambar.
  • Proses pencairan dana yang relatif cukup lama.
  • Promo gratis ongkos pengiriman terkesan lebih repot karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi.

Baca juga:
[Panduan A-Z] Cara Jualan di Lazada dari Nol Sampai Sukses Menjual

Pendapat Pilihan

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing e-commerce maka bisa ditelaah lebih lanjut pilihan mana yang lebih menguntungkan untuk dijadikan tempat berjualan secara online.

Baik tokopedia maupun shopee sebenarnya sama-sama punya karakteristik yang unggul cukup sulit untuk menentukan pilihan. Oleh sebab itu yang perlu dilakukan adalah menelaah apa yang akan dijual serta pangsa pasarnya.

Sebagaimana yang diketahui shopee lebih mengarah kepada pangsa pasar seperti tren tren kekinian mulai dari fashion, produk kecantikan, pernak-pernik lucu dan lainnya.

Untuk itu jika ingin berjualan barang-barang tersebut maka lebih disarankan untuk menjualnya di shopee. Terlebih lagi melihat karakteristik peminat yang ada di shopee mengarah pada hal tersebut.

Sebaliknya jika ingin menjual barang-barang yang terkait dengan produk elektronik alat-alat kesehatan peralatan rumah tangga Tokopedia mainkan karena terdapat pangsa pasar yang potensial di sana.

Selain itu, faktor lain yang perlu diperhatikan adalah kesanggupan untuk persaingan harga mengingat e-commerce Shopee sangat terkait dengan hal tersebut. Apabila dirasa cukup mampu melakukan persaingan harga dengan menjual barang yang sama tentu tidak ada salahnya mencoba Shopee.

Namun, jika masih khawatir dan belum punya strategi untuk itu, maka Tokopedia bisa menjadi pilihan. Dengan penyesuaian dan pertimbangan ini, maka potensi untuk mendapatkan keuntungan yang besar bisa diusahakan sebaik dan semaksimal mungkin.

Demikian informasi mengenai Tokopedia vs Shopee, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan seputar dunia e-commerce.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *