Advertisement

Kisah Jerome Polin Youtuber Sukses & Pebisnis Minuman Menantea

Diterbitkan pada
18 Januari 2022
Waktu membaca
5 Menit

Siapa sih yang tidak mengenal Jerome Polin? Kisah Jerome Polin sebagai Youtuber sukses hingga menjadi pebisnis minuman Menantea, tidak semulus yang orang lihat. Pasti tetap ada jatuh bangun yang dihadapi.

Anak muda dengan sejuta prestasi ini kisahnya sangat menginspiratif, lho! Banyak sekali pengalaman hidupnya yang bisa dijadikan teladan.

Jerome Polin Sijabat atau sering disebut dengan Jerome ini sering menceritakan pengalaman hidup dan kisahnya di Youtube.

Salah satunya pada saat podcast dengan Deddy Corbuzier. Jerome menceritakan saat SD dia bersekolah di International School karena mendapatkan beasiswa.

Dia juga mengungkapkan bahwa dirinya bukan dari keluarga yang serba ada. Namun, karena di sekolahnya berisi anak-anak crazy rich, lama-lama mental Jerome terbentuk, dan tidak minder lagi.

Lalu, bagaimana dia bisa terjun di Youtube, jadi Influencer, Penulis, hingga Pebisnis sukses? Yuk, lihat kisahnya dibawah ini. Sangat inspiratif, lho !

Keluarga Jerome Bukan dari Kalangan Serba Ada

Perlu diketahui ya, keluarga Jerome termasuk dari kalangan yang biasa-biasa saja.

Namun, tekad yang luar biasa tidak menghalangi Jerome untuk mendapatkan prestasi. Saat ini usianya yaitu 23 tahun, kelahiran Mei 1998. Wah masih muda ya..

Jerome merupakan anak kedua dari 3 bersaudara. Nama kakaknya yaitu Jehian, dan adiknya bernama Jessferel. 

Pekerjaan ayahnya adalah seorang pendeta. Untuk menghidupi ketiga anak laki-lakinya tentu tidak sampai terfikir bisa membiayai sampai sekolah ke luar negeri.

Namun, karena Jerome sangat berprestasi di bidang akademik, akhirnya ia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan ke SMA Negeri 5 Surabaya. Dimana SMA itu adalah sekolah favorit di daerah Surabaya.

Tergila-Gila Dengan Matematika Membawanya Ke Luar Negeri

Awalnya, Jerome ini tidak terlalu menyukai pelajaran Matematika. Namun, ibunya memberikan motivasi hingga ia menyukai matematika sampai sekarang.

Saat itu ibu Jerome mengatakan kepadanya, bahwa Matematika itu ibarat permainan bajak laut. Setelah kita memecahkan kodenya, maka akan mendapatkan harta karun.

Apa saja prestasi yang diraihnya saat bersekolah?

  • Peringkat 10 besar dengan nilai Ujian Nasional tertinggi se-Jawa Timur.
  • Melanjutkan ke SMA 5 Surabaya dan mendapatkan beasiswa.
  • Banyak memenangkan olimpiade saat di sekolah.
  • Menjadi siswa yang selalu berpartisipasi aktif.

Dari segudang prestasi yang diraih Jerome tentu ada tujuan yang ingin dicapainya. Karena sejak kecil bercita-cita ingin liburan ke luar negeri, syukur-syukur bisa melanjutkan studi disana.

Terbukti dari jerih payah belajar Jerome akhirnya membuahkan hasil. Dia mendapatkan beasiswa ke Singapura yaitu di Nanyang Technological University (NTU).

Tes yang Jerome lakukan hasilnya lulus. Namun, beasiswa yang didapatkan hanya 50%.

Akhirnya ia tidak jadi melanjutkan karena terkendala biaya dan keluarga tidak menyanggupi untuk biaya hidup disana.

Mundur Beasiswa di Singapura, Dan Memilih Beasiswa di Jepang

Karena sudah mundur untuk tidak melanjutkan beasiswa di Singapura, usahanya tidak berhenti sampai disitu saja.

Saat itu kakak Jerome memberitahu bahwa ada perusahaan Jepang yaitu Mitsui Bussan memberikan beasiswa penuh untuk pelajar di Indonesia.

Tidak berpikir panjang, Jerome langsung mencobanya. Dengan berbagai syarat ketentuan, hingga mengikuti tes selama 4 hari di Jakarta, dia selalu optimis untuk mengejar cita-citanya.

Akhirnya, selama menanti pengumuman berminggu-minggu, Jerome dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan beasiswa di Jepang yaitu Waseda University.

Jurusan yang diambilnya adalah Matematika Terapan. Karena kisah hidupnya yang inspiratif, maka dia memberikan motivasi kepada anak-anak di Indonesia melalui Channel Youtubenya yaitu Nihongo Mantappu.

Dia juga selalu mengatakan bahwa usaha pasti tidak menghianati hasil. Yang paling utama jangan pernah menyerah, karena rencana Tuhan pasti yang terbaik.

Dari Youtube, Jadi Influencer, Hingga Trending Topik

Bagaimana kisah Jerome Polin Youtuber sukses hingga trending topik? Begini ceritanya…

Di Youtube, Jerome setiap hari membagikan konten yang menarik. Setiap kali dia bersama teman-teman kuliahnya di Jepang dan mengajak mereka untuk membuat konten.

Dari mengerjakan soal matematika, menjawab pertanyaan, mukbang makanan Indonesia, dan masih banyak lagi.

Dia juga sering collab dengan Youtuber Indonesia, walaupun hanya virtual. Pernah dengan Arnold Pranowo, Jessica Jane, Maudy Ayunda, dan lain-lain.

Tak hanya disitu, karena ke eksisan Jerome ini, di media sosial Instagram dia juga semakin dikenal. Bahkan ia juga menjadi Influencer karena followers aktif instagram sudah mencapai 6,2 juta dan bercentang biru.

Prestasi akademik yang membanggakan itu akhirnya dilirik oleh Menteri Kebudayaan RI yaitu Bapak Nadiem Makarim.

Jerome di ikut sertakan dalam sesi live di Instagram bersama Nadiem Makarim. Dari live tersebut akhirnya namanya semakin dikenal hingga menjadi trend di Google Indonesia.

Tak hanya di Google, bahkan di Twitter pernah menjadi trending pada Agustus 2021 lalu.

Masuk Deretan Forbes 30 Under 30 Asia

Apa itu Forbes 30 Under 30 Asia? Jadi, ini merupakan deretan atau daftar anak muda dengan usia dibawah 30 tahun yang telah berhasil membuat terobosan dan membuat pengaruh. Kalangan ini bisa dari pengusaha, pekerja seni, dan pemimpin.

Nominasi nama yang akan masuk di Forbes ini berasal dari 22 Negara di kawasan Asia. Ada beberapa kriteria dan pertimbangan juri untuk memilih dan menyeleksi siapa-siapa saja yang pantas.

Di Indonesia, Jerome Polin dan Maudy Ayunda berhasil masuk nominasi Forbes Under 30 ini.

Email resmi dari Forbes menyatakan bahwa mereka berhasil menjadi salah satu dari 30 orang yang masuk ke dalam daftar Forbes 30 Under 30 di Asia.

Dari sini, kemudian Jerome selalu mengajak anak muda di Indonesia supaya tidak takut untuk bermimpi besar, dan selalu berusaha untuk mencapai mimpinya.

Menjadi Pebisnis Sukses Menantea di Usia Muda

Setelah kesuksesan yang diraihnya, kemudian Jerome bekerjasama dengan Jehian untuk membuka bisnis minuman kekinian.

Bisnis tersebut sering kita dengar dengan Menantea. Banyak variasi menu teh buah dan menamainya dengan nama yang unik.

Misalnya saja seperti nama rumus matematika, Integral, Matemateaka, Mantappu Tea, dan masih banyak lagi.

Saat ini tidak hanya varian menu minuman saja, namun banyak juga varian snack makanan yang enak.

Tak disangka bisnis ini ternyata mudah diterima oleh masyarakat sehingga viral. Padahal dirinya bersama dengan kakaknya baru membangun bisnis tersebut April 2021.

Jerome mengatakan bahwa bisnis minuman ini terinspirasi dari drama Korea dengan judul Itaewon Class. Drama tersebut menceritakan ambisi seseorang yang akan mendirikan franchise restoran.

Dan tak disangka lagi inspirasi tersebut diwujudkan oleh Jerome. Di usia muda ini dia bersama kakaknya telah mempunyai 68 outlet Menantea di seluruh Indonesia. Bahkan di Jepang juga ada, lho!

Dengan manajemen yang bagus, dan selalu mengembangkan tren setiap harinya, Jerome percaya dengan Timnya pasti bisa bertahan dalam jangka panjang.

Bahkan target yang ingin dicapai saat ini yaitu 100 outlet.

Supaya target tercapai, Jerome juga membuka peluang usaha franchise Menantea ini. Bagi yang ingin bergabung menjadi mitra, modal yang perlu disiapkan adalah 125 juta.

Omzet yang bisa diterima per bulannya biasanya bisa mencapai sekitar 35-50 juta. Tentu dengan omzet tersebut, dalam jangka waktu 5-10 bulan akan cepat balik modal.

Pendapatan Yang Telah Dicapai di Usia 23 Tahun ini

Dari awal meniti karir di bidang akademik, akhirnya perjuangannya kini tidak sia-sia.

Konten edukasi yang selalu menginspirasi anak muda, kini juga bermanfaat bagi dirinya sendiri. Konten yang di upload di media sosial seperti Instagram, Youtube, TikTok, pasti mengalirkan uang yang besar.

Apalagi sudah di daftar Google Adsense Youtube. Semakin banyak orang yang menonton akan semakin banyak pula uang yang mengalir.

Perkiraan pendapatan Jerome dari Youtube sendiri bisa mencapai 178 juta. Hal itu bisa dilihat dari harga CPM per 1000 view antara 68-192 ribu.

Silver Play Button dan Gold Play Button telah berhasil diraihnya dalam waktu 2 tahun saja. 

Di Instagram, Jerome juga menerima banyak sekali Endorse dari brand ternama. Dia juga menjadi salah satu brand ambassador dari Ruangguru. Tentu pendapatannya semakin meningkat dari endorse tersebut.

Selain itu, dirinya juga menggunakan TikTok. Melalui TikTok ini, dia membagikan tips mengerjakan soal namun diselingi dengan musik dan jogetan yang seru. Jadi audience tidak merasa bosan dan terlalu serius.

Mendapatkan uang dari TikTok juga bisa, lho! Setiap konten yang masuk FYP, dan banyak yang menonton konten menarik kita, maka uang akan mengalir dengan sendirinya.

Penutup

Nah, sampai disini dulu “Kisah Jerome Polin Youtuber Sukses hingga menjadi Pebisnis Minuman Menantea”.

Tentu banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari sosok Jerome Polin ini. 

Sebagai anak muda, tidak salah untuk bermimpi besar dan berusaha menggapai mimpi itu. Tentu dengan usaha yang keras, pasti hasil tidak akan menghianati. 

Semoga bisa bermanfaat, ya. Semangat Sukses!

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *