Cara Transfer Pulsa Telkomsel via App, SMS, Dial Up [Lengkap & Mudah]

Diterbitkan pada
25 Februari 2021
Waktu membaca
6 Menit

Transfer pulsa Telkomsel sangat perlu anda ketahui, agar ketika sewaktu-waktu teman anda membutuhkan pulsa secara mendesak, anda dapat membantunya dengan mentransfer pulsa yang ada di nomor anda.

Semua nomor prabayar, baik dari perusahaan manapun, bisa dipastikan menyediakan layanan transfer pulsa ini, hanya saja caranya saja yang mungkin sedikit berbeda. Kabar baiknya, sekarang berbagai operator ini telah menyediakan aplikasi khusus yang semakin mempermudah layanan yang ingin anda akses.

Selain melalui aplikasi, ada juga cara lain untuk mentransfer pulsa. Anda bisa menggunakan layanan sms maupun Dial Up. Kami akan mengulasnya satu-persatu di artikel ini.

 

Cara Transfer Pulsa Telkomsel Melalui Aplikasi My Telkomsel

Kedatangan telepon pintar nyatanya memicu banyak perkembangan, termasuk bagi Telkomsel. Telkomsel telah menyediakan ini sejak tahun 2015. Awalnya, aplikasi ini didistribusikan pada para karyawan Telkomsel tepatnya pada tanggal 25 Mei 2015.

Pada tanggal 1 Juli 2015, aplikasi ini resmi diluncurkan secara umum kepada masyarakat pada saat acara ulang tahun Telkomsel.

Aplikasi ini semakin mempermudah transaksi yang perlu anda lakukan pada akun Telkomsel anda. Cara loginnya pun mudah. Anda cukup memasukkan nomor Telkomsel anda, dan tunggu pesan verifikasi yang akan dikirim Telkomsel pada nomor anda.

Telkomsel akan mengirim pesan berisi link. Setelahnya, klik link tersebut. Anda akan masuk secara otomatis pada aplikasi My Telkomsel. Setelah itu, anda diminta memasukkan email dan kata sandi.

Setelah langkah-langkah tersebut berhasil anda lakukan, akan muncul halaman awal dari My Telkomsel. Itu berarti pendaftaran akun anda sudah berhasil. Anda dapat menggunakan berbagai layanan yang disediakan Telkomsel di aplikasi tersebut.

Terdapat bermacam-macam layanan yang dapat anda akses. Anda dapat mengecek pulsa yang anda miliki beserta masa aktifnya, mengisi pulsa, membeli kuota, dan banyak fitur lain yang bisa anda akses secara mudah.

Untuk membeli kuota, anda juga dapat memilihnya secara lebih mudah, karena sudah terpampang dengan jelas berbagai pilihan kuota beserta promo dan harganya.

Baca juga:
8 Cara Agar Jualan Online Kamu Cepat Laku (Meski Tokonya Baru Dibuka)

Kembali ke judul awal, cara transfer pulsa menggunakan aplikasi My Telkomsel juga sangat mudah. Anda cukup mencari menu shopping yang ada di layar bawah bagian tengah. Setelah anda memilih menu shopping, akan muncul pilihan top up dan send gift di layar atas.

Pilih menu send gift. Akan muncul kotak pesan yang harus anda isi nomor tujuan yang ingin anda kirimi hadiah. Setelah anda yakin nomor yang anda tulis sudah benar, klik menu continue yang berwarna merah.

Nomor yang telah anda masukkan akan muncul di layar bagian atas. Di bawahnya, telah tersedia berbagai pilihan hadiah yang dapat anda pilih, diantaranya adalah kuota internet, roaming, pulsa, hiburan, voice & SMS, dan tentu saja kirim pulsa.

Untuk mentranfer pulsa dari pulsa yang anda miliki, anda dapat memilih menu kirim pulsa. Setelah anda memilihnya, akan muncul beberapa pilihan nominal pulsa yang anda kirim. Besaran pulsa yang dapat anda kirim adalah minimal Rp. 10.000.

Anda juga dapat mentransfer pulsa dengan nominal lain seperti Rp. 15.000, Rp. 20.000, Rp. 25.000, Rp. 30.000, dan pilihan nominal yang lain. Maksimal, anda hanya dapat mengirim pulsa sampai Rp. 1.000.000 setiap harinya.

Cara Transfer Pulsa Telkomsel Melalui SMS

Transfer pulsa Telkomsel juga dapat dilakukan melalui SMS. Transfer pulsa melalui SMS adalah cara yang paling ringkas, asalkan anda mengetahui format SMS yang benar.

Untuk mentransfer pulsa melalui SMS, anda cukup mengetik ‘TPULSA (spasi) besaran pulsa yang ingin anda transfer’, lalu kirimkan SMS tersebut ke nomor yang ingin anda kirimi pulsa.

Cukup mudah bukan?

Baca juga:
Cara Praktis untuk Dropship dari Tokopedia ke Shopee (Bagus untuk Pemula)

Cara Transfer Pulsa Telkomsel Melalui Layanan Dial Up

Cara paling mudah untuk mentransfer pulsa adalah dengan cara ini. Ini adalah cara paling familiar bagi kebanyakan orang, karena hanya cukup dengan memilih menu yang disediakan oleh Telkomsel pada panggilan *858#.

Setelah anda menekan panggil pada nomor *858#, akan muncul beberapa menu pilihan seperti transfer pulsa, minta pulsa, auto TP, delete auto TP, list auto TP, dan cek kupon undian TP. Ketik nomor sesuai layanan yang anda inginkan, yaitu transfer pulsa.

Setelahnya akan muncul kolom yang meminta anda untuk memasukkan nomor tujuan yang hendak anda kirim pulsa. Pastikan anda memasukkan nomor yang benar agar pulsa yang anda kirim sampai pada orang yang tepat.

Setelah itu, masukkan nominal pulsa yang hendak anda kirim. Sebelumnya pastikan juga pulsa anda mencukupi ya. Setelah anda mentransfer pulsa, saldo minimal yang harus tersisa di nomor anda adalah sebesar Rp. 5.000.

Selain cara tersebut, anda juga dapat langsung mengetiknya dengan sekali kirim. Cukup ketikkan *858*nomor tujuan yang hendak anda transfer pulsa*nominal yang hendak ditransfer#.

Misalnya,  ketika anda ingin mentransfer pulsa anda ke nomor 081238491861 sebesar Rp. 50.000, anda cukup mengetikkan seperti ini *858*081238491861*50#. Setelah itu tekan dial atau panggil.

Setelahnya, akan muncul pesan konfirmasi. Pada pesan tersebut tertera nomor tujuan beserta nominal pulsa yang akan anda transfer. Sekali lagi pastikan bahwa semua yang anda masukkan sudah benar.

Setelah anda yakin, ketikkan angka 1, lalu kirim. Pulsa yang anda kirim akan diterima nomor tujuan setelah beberapa saat. Anda juga akan mendapatkan pesan pemberitahuan setelah transaksi anda sukses.

Untuk dapat mentransfer pulsa, terdapat beberapa syarat yang ditetapkan Telkomsel. Tanpa memenuhi syarat ini, anda tidak akan dapat mentransfer pulsa yang anda miliki. Berikut adalah syarat-syarat tersebut:

  • Anda hanya dapat mentransfer pulsa pada sesama pengguna Telkomsel, baik itu kartu AS, Simpati, maupun Loop.
  • Minimal besaran pulsa yang bisa ditransfer adalah Rp. 5.000.
  • Telkomsel memberlakukan biaya sebesar Rp.1.500 untuk setiap transaksi transfer yang dilakukan. Biaya ini akan dipotong secara otomatis dari sisa pulsa anda.
  • Anda dapat mentransfer pulsa sebanyak 100 kali dalam sehari. Maksimal, jumlah total pulsa yang anda transfer sebanyak Rp. 1.000.000.

Jadi, meskipun anda belum mentransfer pulsa sebanyak 100 kali, namun total nominal yang anda transfer sudah mencapai Rp. 1.000.000, anda sudah tidak bisa mentranfser pulsa lagi dan harus menunggu sampai hari berikutnya.

  • Kartu SIM anda, serta kartu SIM yang hendak anda kirim pulsa, harus berada di masa aktif atau masa tenggang. Anda tidak akan dapat mentransfer pulsa jika nomor anda maupun nomor penerima sudah terblokir.
  • Setelah anda mentransfer, anda harus memiliki sisa pulsa minimal Rp.5.000 setelah transfer termasuk potongan biaya Rp.1.500.
  • Pulsa yang anda transfer, hanya akan menambah jumlah pulsa yang dimiliki oleh penerima tanpa menambah masa aktifnya. Jadi, jika penerima berada pada masa tenggang, pastikan ia mengisi ulang pulsa terlebih dahulu agar dapat menggunakan pulsa yang anda transfer.

Baca juga:
Cara Hapus Background Foto Online Secara Otomatis (5 Menit Langsung Jadi)

Jika yang membutuhkan pulsa darurat bukan teman anda, namun justru anda, sedangkan anda tidak memiliki alternatif lain untuk meminta tolong pada teman anda, anda dapat meminta pinjaman pulsa melalui cara darurat ini.

  • Caranya cukup mudah. Anda cukup mengetikkan *858# pada papan tombol panggilan anda. Setelah itu, tekan tombol panggil.
  • Setelahnya akan muncul berbagai pilihan menu. Pilihlah menu ‘minta pulsa’. Ketikkan angka yang sesuai dengan nomor menu yang anda pilih. Lalu klik kirim/ok.
  • Masukkan nomor teman yang ingin anda pinjam pulsanya. Pastikan nomor yang anda masukkan sudah benar ya.
  • Setelah itu, masukkan besaran pulsa yang anda butuhkan. Setelah itu, operator akan mengirimkan pesan konfirmasi berisi nomor dan besaran pulsa yang sudah anda masukkan sebelumnya.

Jika semuanya sudah sesuai, klik angka satu yang berarti setuju. Operator akan mengirimkan pesan pada nomor tujuan yang anda masukkan. Anda tinggal menunggu kiriman pulsa yang akan diberikan oleh nomor tujuan anda.

Meskipun bersifat darurat, namun layanan ini juga memiliki beberapa syarat dan ketentuan. Berikut adalah syarat dan ketentuannya.

  • Anda harus memastikan bahwa anda setidaknya memiliki pulsa sebesar 100 rupiah. Hal ini dikarenakan Telkomsel membebankan biaya administrasi sebesar 100 rupiah setiap permintaan.
  • Batas minimal nominal yang bisa anda minta pada nomor tujuan adalah Rp. 5.000,  sedangkan batas maksimalnya adalah Rp. 100.000.
  • Seperti halnya transfer pulsa, permintaan pulsa darurat juga hanya bisa anda lakukan jika nomor anda sedang dalam masa aktif atau masa tenggang. Begitupun juga nomor tujuan.
  • Tambahan pulsa yang diberikan oleh donatur, tidak menambah masa aktif yang anda miliki. Jika nomor anda sedang dalam masa tenggang, ada baiknya anda mengisi ulang pulsa anda di gerai terdekat. Jika anda tidak melakukannya, pulsa yang dikirim oleh donatur sama saja tidak akan bisa anda pakai.
  • Untuk tata cara penulisan nominal pulsa yang ingin dipinjam, anda tidak perlu mendambahkan ‘Rp.’ Dan juga tidak perlu menambahkan titik. Cukup anda ketik 10 atau 10000 untuk meminjam pulsa sebesar Rp.10.000.

Intinya, berbagai layanan berbagi yang disediakan Telkomsel hanya dapat digunakan dan berfungsi dengan baik jika nomor yang anda miliki sedang dalam masa aktif. Jadi, pastikan nomor anda selalu memiliki masa aktif agar ketika anda dalam keadaan terdesak, anda tidak perlu terlalu repot.

Untuk mengisi pulsa, anda dapat mengisinya di berbagai gerai yang menyediakan isi pulsa secara resmi. Ketika anda mengisinya di gerai tersebut, anda akan mendapatkan tambahan masa aktif bergantung pada nominal isi ulang anda.

Semakin banyak nominal isi ulang anda, akan semakin banyak juga tambahan masa aktif yang anda dapatkan. Selain membeli di berbagai gerai, anda juga dapat membelinya di berbagai marketplace yang sekarang juga menyediakan layanan top up pulsa.

Selain marketplace, M-banking yang sekarang disediakan oleh berbagai bank juga menyediakan layanan top up pulsa. Jadi, anda akan lebih mudah untuk mengisi ulang pulsa anda kapanpun dan dimanapun.

Transfer pulsa Telkomsel bisa dilakukan melalui berbagai cara yaitu SMS, aplikasi My Telkomsel, dan layanan dial up. Berbagai cara tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah dan anti ribet. Jika anda menggunakan layanan My Telkomsel, anda bahkan dapat mengirim kuota pada nomor sesama Telkomsel sebagai hadiah. Anda tentu perlu mengunduhnya terlebih dulu melalui Playstore dan melakukan aktivasi akun.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *