Cara Membuat Link WhatsApp Langsung ke Chat Otomatis (Tanpa Buat Kode)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
23 Desember 2020
Waktu membaca
5 Menit

WhatsApp merupakan platform chat #1 terpopuler di dunia. Dengan adanya fitur baru bernama Click to Chat, para seller bisa membuat link WhatsApp dan membagikannya ke calon pembeli.

Cukup dengan sekali klik, mereka bisa langsung otomatis menuju aplikasi chat WA yang sudah terisi draft pesan siap kirim. Tanpa bingung mau ketik pesan apa lagi. Nah, dalam panduan ringkas ini, kamu akan belajar tentang:

  • Pengenalan link menuju chat WA
  • Pentingnya chat WA otomatis untuk seller
  • Cara praktis membuat link WA (otomatis & manual)
  • Cara memperpendek link WA dan membagikannya ke sosial media

Namun sebelum itu, silakan bookmark dulu laman ini agar bisa langsung kamu akses jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling mudah: pengenalan.

 

Pengenalan Link to Chat WhatsApp

Saat seller membagikan link WA di bio, stories, hingga website, lalu ada calon kostumer yang mengetuk link tersebut, maka dia akan langsung diarahkan menuju aplikasi WA.

Calon kostumer tersebut langsung dapat melihat nomor WA seller, lengkap dengan draft pesan yang siap diisi dan dikirim kepada seller. Yaps, semuanya berjalan otomatis.

Dalam link tersebut, setidaknya ada 3 struktur:

  1. Link standar (wa.me) resmi dari pihak Facebook
  2. Nomor WA tujuan sesuai dengan kode negara
  3. Template pesan yang otomatis muncul di kolom chat

Lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini:

pengenalan link whatsapp

Cukup jelas, ya?

Link di atas terbagi menjadi 3 bagian. Sebenarnya untuk bagian yang ke-3 (isi pesan) adalah opsional. Alias, bisa diatur kosongan saja.

Tapi alangkah lebih bagusnya, jika bagian ke-3 diisi lengkap dengan template yang memudahkan pembeli untuk order dan tinggal menekan tombol “Kirim”. Supaya mereka tidak bingung, dan konversi juga akan tinggi.

Sangat praktis, bukan?

Tapi tunggu sebentar.. Sebelum membuat, kita simak dulu alasan mengapa link menuju chat ini sangat penting untuk para seller. Scroll, ya..

Pentingnya Bikin Link Chat WA untuk Seller

Manfaat link chat WhatsApp cukup penting bagi seller yang mengandalkan WhatsApp sebagai media transaksi (tanya-tanya, pesan barang, konfirmasi pembayaran).

Setidaknya, ada 3 hal yang bisa seller dapatkan ketika menggunakan fitur Click to Chat:

1. Memudahkan Calon Pembeli

Pembeli sangat dimudahkan dengan hadirnya fitur WA, karena bisa langsung tanya-tanya kepada seller, atau sekalian order.

Jadi, calon pembeli tidak perlu ribet login ke website untuk sekedar bertanya, melakukan order, atau juga komplain soal produk yang dijual.

2. Menaikkan Konversi Penjualan

Karena langsung terhubung, seller dan pembeli akan sangat dekat untuk berinteraksi. Kemudahan inilah yang berperan untuk meningkatkan konversi penjualan.

Namun perlu diingat, masih ada peran CS atau seller itu sendiri yang bertugas untuk membuat pembeli merasa nyaman dan jangan sampai batal order.

3. Mengumpulkan Data Pelanggan

Saat membagikan link WA, orang-orang yang menekan link tersebut akan langsung terhubung. Dan, kamu sebagai seller juga bisa langsung menyimpan kontak mereka.

Tapi jangan lupa, untuk mengarahkan mereka menyimpan kontak kamu juga, ya. Supaya mudah untuk promosi lewat story WhatsApp.

Cara Membuat Link WhatsApp (Otomatis)

Untuk membuat link WA tanpa harus otak-atik kode, kita perlu menggunakan alat berupa website generator. Website ini ada banyak sekali variannya, meliputi:

  • kontakk.com/wa
  • wa.wizard.id
  • chatwa.io
  • (dan banyak lagi)

Namun pada contoh tutorial ini, kami memilih Kontakk.com karena penggunaannya yang mudah dan praktis. Berikut cara selengkapnya.

1. Kunjungi laman berikut: kontakk.com/wa

kontakk wa

2. Isikan alamat e-mail kamu pada kolom yang tersedia. Nantinya, kamu akan mendapatkan kiriman e-mail berisi hasil generate link yang sudah kamu buat.

3. Isikan nomor WA kamu. Jangan lupa untuk mengatur kode negara menjadi +62 (Indonesia), ya. Pastikan juga nomornya benar, tidak keliru 1 angka pun.

4. Isikan pesan yang ingin dijadikan template. Kamu bisa memvariasikan format huruf seperti tebal, miring, dan coret. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini:

buat link wa

5. Pastikan semua data sudah komplit dan benar. Kamu bisa menekan tombol Preview untuk melihat tampilan jika link WA tersebut di-klik. Dalam pratinjau ini, kamu juga dapat memilih sebagai Penerima atau Pengirim.

preview link wa

6. Jika sudah, tekan tombol Buat Link. Akan muncul pop-up berisi pertanyaan “Link akan dibuat, lanjutkan?” lalu tekan tombol YA.

bagikan link wa

7. Selesai. Silakan copy URL yang berhasil dibuat kepada calon pembeli. Kamu bisa taruh di bio Instagram supaya mudah dijangkau.

Oh iya, ada 2 kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan: (1) kamu bisa bagikan dengan QR Code yang bisa kamu cantumkan di berbagai macam media, (2) gunakan HTML untuk menyematkan di toko online kamu.

Sampai di sini cukup paham, ya? Namun ada satu hal lagi, yaitu format link. Link yang dibagikan biasanya random dan tidak custom, sehingga sulit untuk diingat.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa custom dengan langkah di bawah ini. Scroll, ya..

Cara Memperpendek Link WhatsApp

Untuk memperpendek atau mengkostumisasi link WA sesuai dengan keinginan, kamu bisa tetap menggunakan platform Kontakk.com di atas. Caranya mudah, seperti ini:

1. Setelah selesai mengisi format, tekan menu Costumisasi link, lokasinya tepat di bawah isian pesan. Persis seperti pada gambar di bawah ini:

kostumisasi link wa

2. Setelahnya, akan muncul pop-up baru yang berisi format link. Nah, pada kolom yang tersedia, silakan isikan nama yang diinginkan. Bisa nama toko, kalimat beli sekarang, atau apapun itu. Bebas saja. Contohnya seperti ini:

kostum link whatsapp

3. Jika sudah, klik Simpan. Sekarang kamu bisa membagikan link sesuai dengan format yang diinginkan. Caranya seperti langkah di atas, dengan menekan tombol Buat Link. Selesai.

Rangkuman

Bagaimana, caranya cukup mudah, bukan?

Dengan membuat link click to chat WhatsApp, kamu sebagai seller akan sangat dimudahkan. Tinggal bagikan dan taruh di bio Instagram, siapapun yang mau order bisa langsung klik link tersebut.

Begitu pula dengan calon pembeli, jika ingin tanya-tanya, order, atau bahkan komplain juga tidak direpotkan karena harus menyimpan kontak seller terlebih dulu.

Sampai di sini cukup jelas, ya? Baiklah.. Jika ada pertanyaan lain yang berhubungan dengan tips jualan, cara promosi, strategi meningkatkan omzet, hingga iklan di marketplace dan sosmed, langsung japri saja lewat Instagram kita: @pintarjualan.id.

Semoga dapat membantu 🙂

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *