Advertisement

7 Cara Bayar Shopee Pakai OVO Mudah & Cepat [Terbaru 2022]

Diterbitkan pada
16 Maret 2022
Waktu membaca
5 Menit

Cara bayar Shopee pakai OVO tidak jauh berbeda dengan bayar Shopee pakai Dana. E-wallet ini terus meluncurkan fitur yang memudahkan para penggunanya.

Apalagi marketplace ini merupakan salah satu platform yang menjadi favorit masyarakat di Indonesia untuk belanja online di Shopee. Hal ini karena Shopee tidak tanggung-tanggung memberikan promo dan diskon menarik setiap harinya.

Ditambah lagi, sudah tersedia berbagai metode pembayaran yang bisa digunakan pengguna untuk melakukan transaksi secara online dengan cepat dan mudah.

Salah satunya yaitu dengan OVO. Saldo dalam OVO Cash bisa digunakan untuk belanja di Shopee, lho! Jadi, kamu tidak perlu lagi keluar rumah untuk membayar melalui ATM, Alfamart, atau Indomaret.

Penasaran bagaimana caranya? Eits, klik tombol Bookmark ( ⭐) di pojok kanan atas browser dulu, ya. Supaya kamu tidak perlu mencari postingan ini lagi.

Kalau sudah, yuk langsung saja kita simak dibawah ini! Check it out..

Cara Bayar Shopee Pakai OVO

Bisakah Bayar Shopee dengan OVO? Ya, tentu saja bisa dong!

OVO merupakan dompet digital yang saat ini banyak digunakan pengguna untuk membantu pembayaran secara digital dengan mudah dan cepat.

Saat belanja di Shopee, OVO juga bisa dimanfaatkan untuk membayar transaksi tersebut. Jadi, walaupun OVO bekerjasama dengan Tokopedia dalam menangani sistem pembayarannya, di Shopee juga bisa digunakan, lho!

Namun ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum belanja di Shopee dengan metode pembayaran OVO, yaitu sebagai berikut :

  • Upgrade akun OVO ke OVO Premier.
  • Pastikan akun OVO mempunyai saldo OVO Cash yang cukup.
  • Akses internet stabil dan lancar digunakan.

Kalau sudah siap semuanya, maka langsung saja ikuti langkah dibawah ini :

1. Pilih Produk yang Akan Dibeli

Masuk ke aplikasi Shopee melalui handphone kamu, dan pilihlah produk mana yang ingin dibeli.

Bisa produk berupa barang, pulsa, tagihan dan lainnya. Jika sudah, tekan “Masukkan Keranjang” atau klik “Beli Sekarang”  dan akan dialihkan ke halaman checkout.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara belanja di Shopee, bisa lihat di postingan kami sebelumnya disini Cara Checkout Shopee Untuk Pemula.

cara checkout shopee

2. Pilih Metode Pembayaran

Kalau sudah masuk di halaman checkout, masukkan informasi mengenai “Alamat Pengiriman”, “Nomor Telepon” dan catatan untuk penjual (opsional).

Pilih jasa pengiriman yang diinginkan. Gunakan juga “Voucher Shopee” seperti voucher gratis ongkir shopee, cashback, atau voucher toko supaya belanja lebih hemat.

Pilih Metode Pembayaran menggunakan Transfer Bank. Disini kami menggunakan contoh Bank BCA (Dicek Otomatis), tinggal di sesuaikan saja dengan jenis Bank yang dimiliki.

Kemudian, klik “Konfirmasi” > “Buat Pesanan”.

metode pembayaran shopee

3. Salin Nomor Virtual Account

Selanjutnya, akan dialihkan menu pembayaran dengan virtual account bank yang dipilih.

Karena disini kami menggunakan Bank BCA, maka akan muncul nomor virtual account BCA. Tinggal klik “Salin” > “OK”.

VA BCA

4. Masuk ke Aplikasi OVO

Jika sudah menyalin nomor virtual account, langkah selanjutnya yaitu masuk ke aplikasi OVO dan klik menu “Transfer”.

 

transfer shopee pakai ovo

5. Transfer ke Shopee

Nah, untuk transfer ke akun Shopee klik menu “Ke Rekening Bank”. Pilih Bank tujuan “Bank BCA”.

Pada kolom nomor rekening, masukkan nomor virtual account BCA yang sudah di salin pada kolom tersebut.

Masukkan jumlah “Nominal Transfer” dan sesuaikan dengan tagihan di Shopee.

Untuk kolom pesan, bisa diisi atau dikosongi juga tidak masalah. Pastikan data tersebut sudah benar, dan klik “Lanjutkan”.

transfer ovo

6. Konfirmasi Transfer

Langkah terakhir yaitu konfirmasi transfer. Pada halaman ini akan tampil seluruh informasi dari data yang telah dimasukkan di atas sudah sesuai atau belum.

Jika sudah sesuai, maka akan muncul username akun Shopee yang akan dibayarkan tagihannya. Untuk mengkonfirmasi, tinggal klik “Transfer”.

7. Selesai!✅

Itulah 7 langkah mudah yang bisa kamu tempuh untuk transfer shopee lewat OVO. Caranya sangat mudah dan cepat kan? Bahkan tidak sampai 5 menit, lho! Yuk, cobain sekarang juga..

Berapa Biaya Admin Transfer OVO ke Shopee?

Perlu digaris bawahi, ya. Untuk pembayaran Shopee menggunakan OVO tidak gratis alias ada biaya adminnya.

Biaya admin per transaksi dikenakan sebesar Rp 2.500. Namun, ada minimal pembayarannya juga, lho! Minimal transaksi yaitu Rp. 10.000, jika dibawah itu maka akan ditolak oleh sistem.

Kekurangan Bayar Shopee Pakai OVO

Dari penjelasan diatas, melakukan pembayaran Shopee menggunakan OVO terlihat cepat dan efisien. Namun, disamping itu, ada beberapa kekurangannya juga, lho!

Penasaran kekurangan bayar Shopee pakai OVO apa aja? Coba simak berikut ini :

  1. Terdapat biaya admin dari aplikasi OVO sebesar Rp. 2500.
  2. Ada minimal pembayaran yaitu Rp. 10. 000.
  3. Pada aplikasi Shopee ada biaya tambahan penanganan jika menggunakan transfer bank yaitu sebesar Rp 1.000 per transaksi.
  4. Bukan metode pembayaran yang resmi dari Shopee.
  5. Besar kemungkinan tidak bisa mendapatkan voucher gratis ongkir, karena gratis ongkir kebanyakan berlaku hanya untuk pembayaran pakai ShopeePay.

Nah, diatas sudah kami sebutkan beberapa kekurangan jika melakukan pembayaran transaksi Shopee menggunakan OVO. Lalu, apakah kamu ingin tetap menggunakannya?

Sebenarnya bisa saja jika ingin dapat gratis ongkir namun bayarnya pakai OVO. Yaitu dengan cara transfer saldo OVO Cash ke akun ShopeePay kamu.

Jadi, kalau saldo ShopeePay sudah terisi, maka tinggal digunakan untuk belanja di Shopee. Langkahnya juga mudah dan cepat, lho!

FAQ

Dari penjelasan diatas, ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh masyarakat pengguna Shopee dan OVO. Nah, kali ini akan kamu rangkum di sesi FAQ ini. Yuk, simak beberapa pertanyaan beserta jawabannya berikut..

  • Apa saja Aplikasi belanja online yang bisa bayar pakai OVO?

Kini OVO sudah launching di semua marketplace unicorn Indonesia. Salah satu aplikasi belanja online yang bekerjasama dengan pembayaran OVO yaitu Tokopedia. Selain itu juga ada Bukapak, JD.ID, dan GRAB aplikasi layanan pesan antar makanan secara online.

  • Apa penyebab tidak bisa bayar Shopee lewat OVO?

Penyebabnya biasanya dikarenakan saldo OVO tidak mencukupi, belum upgrade akun, dan salah memasukkan nomor virtual account.

  • Apakah transfer dari OVO ke Shopee perlu punya rekening bank?

Tidak harus punya rekening, karena sudah bisa pakai nomor virtual account sesuai bank yang dipilih.

Penutup

Nah, sampai disini apakah masih belum jelas? Diatas kita sudah bahas lengkap mengenai cara bayar Shopee pakai OVO.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, ya. Jika masih ada pertanyaan, bisa langsung ajukan di “kolom komentar” dibawah. Kami akan segera membalasnya satu per satu.

Supaya lebih bermanfaat, share postingan ini ke teman, kerabat, keluarga, dan sahabat kalian, ya!

Ohya, kami juga aktif di media sosial Instagram. Di Instagram kami aktif membagikan tips seputar jualan, ekspedisi, dan ide bisnis terbaru. Jangan sampai dilewatkan, ya. Yuk, buruan follow di @Pintarjualan.id!

Ikuti terus perkembangan artikel menarik lainnya hanya di Pintarjualan.id. See you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *