Advertisement

Tips Jualan Online Ramadhan, Ide Produk, & Cara Promosinya

Diterbitkan pada
07 Maret 2022
Waktu membaca
2 Menit

Pintarjualan.id – Momentum pada saat bulan Ramdhan terdapat perbedaan segmen pasar dan produk yang diperjualbelikan. Apalagi jualan online sedang marak-maraknya. Ada beberapa tips jualan online saat ramadhan, ide produk, hingga cara promosinya.

Bagi penjual pemula maupun penjual yang sudah lama, momentum ramadhan hingga lebaran merupakan saat-saat uang tidak boleh dilewatkan. Karena mereka akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar pada momen ini.

Saat ini jualan online juga terbilang mudah. Banyak platform yang bisa digunakan untuk menjual barang bahkan mempromosikannya dengan mudah dan cepat.

Nah, dibawah ini beberapa tips jualan online pada saat ramadhan, ide produk, hingga cara mempromosikannya.

Baca Juga : 20 Produk Terlaris Marketplace untuk Jualan Online Tahun 2022

Ide Produk Jualan Online Saat Ramadhan 2022

Bhima Yudhistira selaku Direktur Center of Economic and Law Studies mengungkapkan, ada tren yang spesifik mengenai penjualan pada saat bulan Ramadhan.

“Tren selama ramadhan terjadi kenaikan produk yang spesifik berkaitan dengan kebutuhan masyarakat misalnya busana muslim, makanan kaleng, makanan instan, sirup, kue kering, peralatan dapur dan dekorasi rumah,” ujar Bhima pada Kompas.com, Jumat (18/2/2022).

Maka dari itu, untuk para penjual perlu melihat dengan detail jenis barang apa saja yang akan dijual, siapa saja target pasarnya, hingga bagaimana trik pemasaran yang tepat apakah menggunakan marketplace atau media sosial.

Beliau memberikan contoh, pada saat pemutaran film Black Panther 2018. Pada waktu itu, penjualan baju koko muslim dengan model Black Panther sangat laris di pasaran.

“Apa yang menjadi tren di media sosial mempengaruhi penjualan barang secara online,” tambahnya lagi.

Selain itu, beliau juga memberikan saran kepada penjual untuk memperhatikan momen Big Sale seperti Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), karena pada saat momen tersebut banyak pembeli yang belanja dengan memanfaatkan promo dan voucher ongkir (ongkos kirim).

Baca Juga : Cara Membuat Toko Online Gratis Untuk Jualan Tanpa Ribet (5 Menit Jadi)

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Branding Produk?

Bhima memberikan saran, untuk branding produk sebaiknya dimulai sejak satu bulan sebelum Ramadhan.

Hal ini dilakukan untuk menyiapkan stok produk dan branding bisa lebih melekat di benak calon pembeli nantinya.

Selain itu, beberapa penjual menggunakan strategi PO (Pre Order) atau sistem pemesanan sebelum barang ready stock.

Hal ini karena untuk mengantisipasi pengiriman barang supaya tidak membludak, dan bisa sampai tepat waktu disaat puncak permintaan ramadhan-lebaran.

TiBaca Juga : Kisah Sukses CEO Torch Jualan di Shopee, Omset Naik Berkali Lipat

Bagaimana Cara Memasarkan Produk Saat Lebaran 2022?

Seiring berkembangnya teknologi yang sangat cepat, kita juga harus mampu mengikuti perkembangannya.

Cara agar jualan online cepat laku, banyak sekali cara memasarkan produk secara online. Karena sudah tersedia platform marketplace misalnya seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak.

Masing-masing platform tersebut selain untuk menjual produk juga bisa mengiklankan produk yang kita jual. Jadi produk kita akan muncul di pencarian teratas sesuai yang dicari oleh calon pembeli.

Bhima mengatakan, media yang bisa digunakan untuk promosi yaitu bisa melalui media sosial atau marketplace.

“Bisa mix ya, media sosial dan marketplace tergantung sasaran konsumennya. Contohnya, untuk pembeli perempuan, Shopee lebih cocok,” ujar Bhima.

Sedangkan untuk produk seperti elektronik dan otomotif bisa memasarkan di Tokopedia, karena platform tersebut lebih cocok dan lebih sering dipilih konsumen.

Jadi ada segmentasi sendiri dari masing-masing platform jualan online.

Menurutnya, penggunaan media sosial seperti Instagram, Whatsapp, dan Facebook, cukup menarik minat konsumen yang tidak ingin berbelanja menggunakan aplikasi marketplace.

Artikel ini telah terbit di Kompas.com dengan judul “Tips Jualan Online Ramadhan 2022: Ide Produk hingga Cara Memasarkan”

Link Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2022/02/18/140000465/tips-jualan-online-ramadhan-2022–ide-produk-hingga-cara-memasarkan?page=all

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *