Advertisement

Jualan Sambal Bawang Online 1 Tahun, Capai Omzet Hampir 30 Miliar

Diterbitkan pada
21 Maret 2022
Waktu membaca
3 Menit

Jakarta – Khairul Aming kini telah sukses membangun bisnis jualan sambal bawang online. Usaha yang terbilang masih baru tersebut, sudah sukses mencapai omzet Rp 29,6 miliar dalam setahun berjualan online.

Membangun sebuah usaha online memang terbilang susah, apalagi saat ini banyak pelaku usaha dengan produk yang hampir sama dan menjadi kompetitor yang susah dikalahkan.

Tapi, hal ini ini telah dibuktikan oleh Khairul Aming seorang pemilik usaha sambal online yang diberi nama “Sambal Nyet”. Ia merupakan pria asal Malaysia, yang berhasil membuktikan bahwa bisnis makanan bisa cuan dan menguntungkan.

Baca Juga : Bisnis Online Madu Pasangan ini Banjir Pesanan 300kg per Hari

Saat pandemi Covid-19, disitulah ia bergerak untuk membangun bisnis sambal bawang yang dikenal dengan “Sambal Nyet”. Sambal ini dikemas dalam toples kaca, dan per toples dibandrol dengan harga RM 13 atau setara dengan Rp 46.000.

Pada awal memulai bisnis, Ia mengaku kesulitan saat menjual produk sambalnya. Kemudian, ia terus melakukan penyesuaian rasa agar bisa diterima oleh masyarakat. Awalnya banyak yang memberikan kritikan bahwa rasa pedas dari sambalnya masih kurang terasa pedas.

Nah, dari kritikan dan komplain dari netizen yang dilontarkannya, kemudian ia terus meningkatkan kualitas produk sambalnya sesuai keinginan pasar.

“Dari segi rasa dan kepedasan tentunya saya selalu menerima masukan pembeli agar bisa memperbaikinya. Sekarang semua sambal saya dimasak lebih lama. Saya tambahkan lebih banyak bawang putih agar aromanya sedap. Tingkat kepedasannya juga saya tambahkan agar lebih nampol,” ungkapnya.

Dalam kanal Youtube milik Khairul Aming, ia mengaku telah menghasilkan omzet sebesar Rp3,5 miliar dalam 3 bulan. Karena ternyata peminat Sambal Nyet sangat membludak sampai melakukan pembatasan pembelian untuk per orang hanya bisa membeli 2 botol.

“Dalam 3 bulan dia sudah bisa menjual lebih dari 75,200 unit sambal? Artinya setiap hari ia menjual lebih dari 800 sambal? Artinya sehari ia bisa mendapatkan uang sekitar RM 10,000 (Rp 35,2 juta)? Penghasilannya jauh lebih menguntungkan dibandingkan buka restoran,” ungkap seorang warganet.

Baca Juga : Tips Jualan Online Ramadhan, Ide Produk, & Cara Promosinya

Banyak juga warganet yang memberikan komentar, bahwa kesuksesan dari Khairul Aming ini didapat karena ia sudah dulu menjadi Youtuber. Sehingga, untuk mempromosikan produknya akan semakin mudah, apalagi kanal Youtubenya sudah besar dan populer.

“Bagi yang tidak tahu, Khairul ini seorang YouTuber yang sering membagikan resep masakan. Jadi sangat susah untuk membeli sambalnya, karena penggemarnya banyak,” tulis komentar warganet lain.

Dilansir dari Says, Jumat (4/3/2022), Khairul Aming mengatakan bahwa ia telah mampu meraup omzet penjualan RM 8,6 juta atau sekitar RP 29, 6 Miliar per tanggal 2 Maret 2022 dari bisnis jualan sambal bawang online tersebut. Ia juga mengaku bahwa jumlah botol yang terjual sudah mencapai 621.800.

Melalui kanal media sosial Twitter, dirinya membagikan informasi bahwa kini telah mempunyai pabrik sendiri yang luas dan berlokasi di kampung halamannya, Kota Bharu, Kelantan.

Untuk membangun sebuah pabrik sambal miliknya, ia telah mengeluarkan biaya sekitar Rp 3,4 Miliar untuk desain dan pemasangan mesin saja.

“Selama setengah tahun terakhir, saya melakukan banyak kesalahan. Salah beli mesin, salah beli material, salah tata letak, dan sebagainya. Tapi dari situ kami belajar,” tuturnya.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah mendukung Sambal Nyet Berapi dari awal peluncurannya hingga sekarang,” tambahnya dalam video yang diunggah di Twitter.

Banyak komentar positif yang ditujukan oleh Khairul Aming dari para warganet. Karena beliau merupakan salah satu sosok inspiratif yang bisa dijadikan contoh untuk para calon pengusaha muda.

Baca Juga : Penjual Terbaik Lazada Membongkar Tips Sukses Jualan Online

“Influencer sesungguhnya. Saya mengagumi kesederhanaannya dan bagaimana ia melakukan semua hal dengan caranya, bukan ikut tren semata,” ungkap seorang netizen.

“Kreasi konten yang berhasil. Sambal Nyet sepenuhnya dimanfaatkan lewat pengaruh media sosial. Dan dia berani keluar dari pekerjaannya di Petronas, beberapa bulan sebelum produk sambalnya diluncurkan, Pencapaian yang keren,” tambah warganet lainnya.

Setelah adanya pabrik baru, Khairul juga akan merilis produk baru setelah Sambal Nyet. Tapi, untuk saat ini masih belum disebutkan dan masih menjadi rahasia.

Sekarang ini, Ia akan fokus dan bersiap menyambut bulan Ramadhan, dan menarget jualan sambal bawang online pada bulan Ramadhan bisa mencapai 1 juta botol.

“Sampai hari ini, alhamdulillah, penjualan Sambal Nyet setiap hari selalu laris. Semakin banyak orang dapat membelinya karena kami telah meningkatkan produksi harian berkali-kali lipat dari sebelumnya,” pungkas Khairul.

Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul “Cuan! Satu Tahun Jualan Sambal Online, Pria Ini Raup Omzet Rp 29,6 Miliar”

Link Sumber :https://food.detik.com/info-kuliner/d-5972135/cuan-satu-tahun-jualan-sambal-online-pria-ini-raup-omzet-rp-296-miliar?single

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *