10 Ide Jualan Makanan Kekinian yang Cepat Laku dan Gurih Omzetnya

Ifan Prasya 24 Agu 2022 8 Menit 0

Memulai usaha kuliner bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang hobi masak atau suka kulineran. Bisa diawali dengan mencari ide jualan makanan yang laris; mulai dari yang kekinian, pedas, ringan, hingga yang unik.

Ide tersebut bisa jadi peluang bisnis kuliner yang menjanjikan 2022.

Selain rekomen ide untuk berjualan makanan online, kami juga akan memberikan tips dan trik seputar:

  • Mengapa bisnis jualan makanan tidak akan ada matinya
  • Cara memulai usaha kuliner dari rumah dengan modal kecil

Sudah siap, Mom? Mari kita mulai.

 

Kenapa Usaha Jualan Makanan itu Cepat Laku

Sebagai gambaran saja, menurut riset teranyar dari Global Consumer Insights 2020 yang dikutip dari Liputan6.com, produk makanan merupakan komoditi terbesar ke-2 yang dibeli masyarakat Indonesia selama masa pandemi.

Peluang usaha makanan

Peluang usaha makanan (c) liputan6. Com

Hal ini jelas menguatkan alasan kenapa bidang makanan cukup disarankan bagi Anda yang ingin memulai usaha. Selain data riset di atas, kami juga punya pertimbangan lain yang bisa Anda lihat di bawah ini.

1. Prospek Bagus

Tidak perlu riset jauh-jauh, deh. Sehari-hari kita butuh makan, dan selama kita butuh makan, maka bisnis makanan akan selalu berjalan. Hanya saja, mungkin trennya saja yang berubah seiring perkembangan.

Misalkan, kini sudah mulai populer makanan sehat seperti jus detoks, smoothies, beras organic, dan sederet produk berlabel organik lainnya. Atau, tren minuman boba yang sampai sejauh ini belum terlihat surutnya.

2. Fleksibel

Dalam artian, untuk memulai usaha jualan makanan, Anda tidak harus selalu mengeluarkan modal yang besar. Sewa outlet, izin edar produk, sertifikasi BPOM, buka program reseller; hal-hal demikian bisa dilakukan belakangan.

Untuk awalan, modal kecil pun bisa. Anda cukup membuat salah satu menu makanan yang Anda suka. Kemudian, coba tawarkan kepada kerabat dekat, teman kantor, atau siapapun yang Anda temui. Dan jika mereka suka, ajak untuk membeli produk Anda.

3. Praktis & Mudah

Coba bayangkan, sekarang sudah banyak sekali bertebaran tutorial masak baik di platform YouTube maupun Cookpad. Anda bisa langsung praktek masak di rumah, dengan resep dan bahan yang sudah diberikan.

Selain itu, kemudahan usaha kuliner juga bisa dilihat dari jenis olahan makanannya. Misalkan Anda tidak jago masak, Anda bisa menjual produk makanan yang masih berupa bahan setengah jadi, seperti frozen food.

4. Untung Besar

Menurut data dari Okezone, rata-rata keuntungan dari usaha makanan dan minuman adalah 20%. Lebih tinggi lagi untuk kategori makanan kelas atas yang sudah punya brand besar, bisa berkisar di angka 40%.

Selain keuntungan yang lumayan tinggi, usaha jualan makanan juga riskonya relatif rendah. Anda bisa kok memulainya dengan sistem pre-order. Jadi, Anda tinggal memasak sejumlah pesanan, tanpa khawatir kerugian.

Ide Jualan Makanan di Rumah untuk Usaha Online

[su_note]Rekomendasi yang kami berikan dalam tulisan ini merupakan pengembangan dari konten ide peluang usaha, yang membahas peluang usaha baru dari berbagai bidang, termasuk kuliner.[/su_note]

Dalam memilih ide, kami telah menganalisis seberapa populer produk makanan tersebut, dengan cara melihat jumlah ulasan, total produk terjual, dan kepuasan pelanggan saat belanja kuliner di Shopee.

Dari riset sederhana itu, kami berhasil menemukan beberapa produk makanan siap saji yang sesuai kriteria (laris manis, mudah dibuat, dan bisa dijual online), yaitu:

[su_row][su_column size=”1/2″ center=”no” class=””]
  • Aneka bakso
  • Mie lidi
  • Serba aci
  • Seblak kering
  • Makaroni pedas
[/su_column] [su_column size=”1/2″ center=”no” class=””]
  • Siomay dimsum
  • Kacang-kacangan
  • Aneka cimol
  • Kremes ayam
  • Aneka sambal
[/su_column][/su_row]

Untuk tau lebih jelas, scroll ke bawah.

1. Aneka Bakso

Siapa di sini yang gemar makan bakso? Menu yang hampir selalu ada di tiap kota dengan beragam olahan. Membuktikan bahwa bakso cukup diminati di berbagai kalangan.

Halaman Selanjutnya
Nah, kali ini Anda tidak...

Laman: 1 2 3 4

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ifan Prasya
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com