Kabar Gembira! Transfer Antar Bank Rp 2.500 Berlaku Mulai Hari Ini

Ayu Triworo 05 Jan 2022 2 Menit 0

Jakarta, 5 Januari 2022 – Biaya transfer antar bank Rp 2.500 mulai berlaku per hari ini, Jumat (22/12/2021). Hal ini sesuai dengan wacana pemerintah untuk menurunkan biaya transfer beda bank dari yang sebelumnya Rp 6.500 per transaksi.

Pemberlakuan tersebut secara resmi disahkan oleh Perry Warjiyo, selaku Gubernur Bank Indonesia, saat launching fitur perbankan BI Fast Payment.

Fitur BI Fast Payment adalah terobosan teknologi Bank Indonesia yang tersedia di seluruh layanan perbankan dan dapat dinikmati oleh semua nasabah bank.

BI Fast Payment muncul sebagai alternatif pembayaran yang mendukung aktivitas serba online yang identik dengan kebiasaan masyarakat saat ini.

Fitur tersebut menjadi cikal bakal revolusi digitalisasi perbankan sekaligus implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Nasional Indonesia tahun 2025 mendatang.

Layanan infrastruktur ritel skala nasional ini tersedia dalam bentuk aplikasi keuangan. Sedangkan implementasinya akan dilaksanakan bertahap oleh tiap bank yang bekerja sama kepada nasabahnya masing-masing.

Menurut Perry, “BI Fast Payment adalah layanan pembayaran retail yang dilengkapi fasilitas transfer bank secara real time, mudah, murah, handal dan beroperasi tanpa henti, 24/7”.

Ia juga menuturkan, BI Fast Payment adalah persembahan khusus untuk negeri, bisnis, serta masyarakat secara luas. Dengan fitur ini, harapannya dapat meningkatkan laju digitalisasi dalam bidang perekonomian dan keuangan secara menyeluruh.

Dengan adanya integrasi industri, keuangan digital, e-commerce, dan fintech dengankonsumen melalui sistem pembayaran secara end-to-end, diharapdapat membangun ekonomi menjadi lebih baik.

Bukan itu saja, layanan BI Fast Payment juga diharapkan mampu mendorong pemulihan ekonomi berskala nasional. Hal ini sesuai dengan tema peluncuran itu sendiri: Transformasi Digital Sistem Pembayaran untuk Akselerasi Pemulihan Ekonomi Negeri.

Melalui acara peluncuran, Perry mengungkapkan ucapan terima kasih sekaligus apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara dan launching BI Fast.

“Secara khusus apresiasi kepada Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia dan seluruh insan sistem pembayaran Indonesia yang begitu kuatnya mendukung BI Fast, yang telah menunjukkan komitmennya untuk mendukung kesuksesan implementasi BI Fast”, tambah Perry mengakhiri launching virtual BI Fast Payment.

Untuk tahap awal peluncurannya, sementara ada 22 bank yang sudah bekerja sama dengan sistem layanan BI Fast. Bank-bank tersebut meliputi bank BUMN, bank syariah dan sejumlah bank daerah yang juga sudah memberlakukan biaya transfer antar bank Rp 2.500.

Berikut daftar ke-22 bank:

  1. BTN
  2. DBS Indonesia
  3. Bank Permata
  4. Bank Mandiri
  5. Bank Danamon
  6. CIMB Niaga
  7. BCA
  8. HSBC
  9. UOB
  10. Bank Mega
  11. BNI
  12. BSI
  13. OCBC NISP
  14. BRI
  15. UUS BTN
  16. UUS Permata
  17. UUS CIMB Niaga
  18. UUS Danamon
  19. BCA Syariah
  20. Bank Sinarmas
  21. Citibank
  22. Bank Woori

Artikel ini telah tayang di Siberindo.co dengan judul Mulai Hari Ini Biaya Transfer Antar-Bank Rp2.500”.

Link sumber: https://siberindo.co/22/12/2021/mulai-hari-ini-biaya-transfer-antar-bank-rp2-500/.

Bagikan ke:
Ayu Triworo
Ditulis oleh

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com