10 Aplikasi Pembukuan dan Keuangan Terbaik Serta Manfaatnya

Diterbitkan pada
17 Februari 2021
Waktu membaca
6 Menit

Aplikasi pembukuan keuangan merupakan satu hal yang penting untuk dilakukan para pengusaha yang menginginkan pencatatan secara rinci mengenai bisnisnya. Pembukuan keuangan ini juga mempunyai manfaat-manfaat lain yang bisa mendorong bisnis agar lebih sehat. Salah satu faktornya adalah keuangan yang stabil antara untung dan juga rugi.

Tidak heran jika kemampuan akuntansi memang sangat dibutuhkan untuk pembukuan ini. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, berbagai kemudahan bisa didapatkan. Salah satunya prihal kemudahan dalam pembukuan.

Sekalipun awam dalam hal akuntansi seseorang tetap bisa melakukan pembukuan dengan baik dan benar karena adanya bantuan aplikasi pembukuan dan keuangan. Berbagai aplikasi ini tersedia untuk memudahkan pembukuan yang akan dilakukan.

Fitur-fitur yang ada di dalamnya dirancang sedemikian rupa agar dapat dengan mudah dipahami para pengguna. Lantas apa saja aplikasi pembukuan dan keuangan bisa dicoba serta apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

10 Aplikasi Pembukuan dan Keuangan Terbaik

Berikut adalah aplikasi pembukuan dan keuangan yang berguna untuk mengelola finansial toko anda.

1. BukuWarung

Aplikasi pembukuan pertama yang bisa kamu coba adalah BukuWarung. Aplikasi ini akan memudahkan catatan pembukuan mulai dari pemasukan pengeluaran hutang piutang hingga laporan keuangan. BukaWarung menjadi aplikasi yang akan mencatat berbagai transaksi yang dilakukan dalam bisnis. Aplikasi ini sangat mendukung untuk usaha kecil menengah atau UMKM.

BukaWarung menyediakan berbagai fitur yang akan memudahkan pencatatan yaitu mencatat penjualan, mencatat pemasukan, mencatat hutang piutang, dapat dipakai di banyak handphone, bisa mengirim tagihan utang melalui aplikasi WhatsApp ataupun SMS, membuat laporan keuangan secara otomatis, dapat digunakan tanpa koneksi internet, data tersimpan secara online 100%, bisa membukakan lebih dari satu, yang penting adalah gratis untuk semua fitur ini.

Membuat banyak pembukuan berbeda dalam satu aplikasi BukuWarung yang berasal dari bisnis berbeda juga bisa dilakukan. Dengan begitu yang dimiliki bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

2. Si Apik

Selanjutnya ada aplikasi pembukuan bernama Si Apik. Aplikasi ini bisa mencatat berbagai informasi keuangan usaha kecil menengah. Kemampuan aplikasi ini untuk mencatat berbagai transaksi sederhana juga tidak perlu diragukan lagi. Aplikasi ini juga akan membedakan pencatatan usaha kecil dan usaha mikro. Hal ini dikarenakan dua jenis usaha ini pada dasarnya berbeda dari segi kompleksitas.

Aplikasi ini menggunakan standar pencatatan yang baku yakni dari Bank Indonesia yang telah disusun bersama ikatan akuntan indonesia atau IAI. Oleh sebab itu laporan yang dihasilkan dari aplikasi pembukuan Si Apik ini bisa dibuat untuk mengajukan kredit di lembaga keuangan ataupun perbankan.

Aplikasi si apik bisa digunakan secara gratis tanpa adanya syarat. Selain itu terdapat keunggulan lainnya yakni tersedia secara offline, tidak terdapat batasan periode melihat, tidak terdapat batasan jumlah usaha dan transaksi serta kelebihan-kelebihan lainnya yang siap menanti para pengguna.

Baca juga:
7 Plugin Ongkos Kirim Terbaik untuk Toko Online (Hitung Otomatis)

3. Teman Bisnis

Aplikasi teman bisnis menawarkan kemudahan dalam mencatat keuangan dalam sebuah bisnis. Aplikasi ini sangat mudah dipahami bahkan untuk mereka yang tidak paham akuntansi. Aplikasi ini juga telah disesuaikan untuk  membantu para pengusaha usaha kecil menengah di Indonesia dalam mengevaluasi laporan keuangan usahanya secara lebih cepat.

Terdapat berbagai fitur utama yang membuat aplikasi bisnis ini sangat membantu. Adapun fitur yang dimaksud adalah kemampuan mencatat utang piutang, analisis serta evaluasi keuangan dalam usaha, tidak ada spam iklan yang mengganggu.

Selain itu, bisa digunakan untuk perangkat yang berbeda, telah disesuaikan dengan standar akuntansi keuangan, terdapat fitur persediaan barang, bisa digunakan untuk mencatat pemasukan serta pengeluaran dengan mudah dan yang tidak ketinggalan adalah adanya artikel bisnis yang mengedukasi.

4. Buku kas

Aplikasi keuangan yang khas dengan gambar lebahnya ini juga bisa membantu pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya. Hingga kini lebih dari 2 juta UMKM telah mempercayakan pembukuan keuangannya melalui buku kas. Bukan ini bisa diakses secara gratis.

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh buku kas melalui fitur-fiturnya. Mulai dari pencatatan pemasukan pencatatan pengeluaran multi book utang piutang laporan keuangan hingga kartu nama digital bisa dilakukan melalui buku kas. Dengan begitu kemungkinan untuk menambah untung dan efisiensi waktu akan lebih terbuka lebar bersama aplikasi buku kas.

Baca juga:
Pengertian Waralaba: Arti, Jenis, Tipe, Kelebihan dan Kekurangan

5. Fresh Book

Aplikasi pembukuan yang satu ini terbilang sudah senior. Hal ini mungkin saja benar adanya karena Freshbooks sudah ada sejak tahun 2004. Hingga saat ini lebih dari 5 juta pengguna aplikasi freshbooks sudah merasakan kemudahan saat memakainya. Freshbooks Uraikan berbagai kelebihan seperti multibahasa yang telah tersedia sehingga memudahkan untuk dipakai oleh pengguna dengan latar belakang yang berbeda.

Namun satu hal yang harus digarisbawahi dari aplikasi ini adalah mengharuskan pengguna untuk berlangganan perbulan apabila menginginkannya dalam jangka waktu yang terbilang panjang.

6. Expense Manager

Aplikasi pembukuan ini bisa didapatkan melalui Play Store maupun App Store di IOS. Bahkan aplikasi expense manager ini cukup populer digunakan di berbagai kalangan pengusaha. Antarmukanya yang terbilang mudah untuk digunakan disertai dengan fitur yang beragam membuat expense Manager memiliki daya saing dari segi kemampuannya.

Melalui Expense Manager para pengusaha dapat mengetahui pendapatan serta pengeluaran baik itu dalam jangka waktu mingguan bulanan ataupun tahunan. Dengan begitu evaluasi terhadap kesehatan usaha bisa dilakukan sedini mungkin.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Expense Manager adalah bisa digunakan oleh beberapa akun dengan mata uang yang berbeda. Tidak perlu khawatir akan kehilangan data karena di backup the Dropbox pengguna Android dan iCloud untuk pengguna iOS.

7. Finansialku

Aplikasi pembukuan yang satu ini juga tidak kalah direkomendasikan bagi para pengusaha untuk membantu evaluasi keuangannya. Aplikasi finansialku membantu para pengusaha dalam mengelola ataupun membuat rencana keuangan. Bagusnya lagi aplikasi ini menawarkan jasa konsultasi secara online yang ditangani oleh ahli keuangan bersertifikasi CFP.

Tidak hanya itu aplikasi ini juga menyediakan secara lengkap bagi para penggunanya pengetahuan dalam bentuk podcast, artikel dan juga video sehingga lebih mengedukasi dan membuka pengetahuan lebih luas lagi. Pengguna Android maupun eyes bisa menggunakan aplikasi pembukuan finansialku ini.

Baca juga:
Apa itu Analisis SWOT? Contoh & Cara Membuatnya untuk Bisnis UMKM

8. Akuntansi Keuangan

Dari namanya saja sudah bisa diketahui bahwa aplikasi ini membantu para pengusaha dari segi pencatatan. Aplikasi ini merupakan besutan AppIndoDev2 yang tidak lain merupakan pencatat keuangan yang profesional. Para penggunanya akan menemukan.

Berbagai opsi seperti laba, rugi, neraca saldo, buku besar, jurnal dan lain-lain. Oleh sebab itu aplikasi akuntansi keuangan ini yang cocok digunakan oleh pemilik usaha dibandingkan dengan pengatur keuangan secara pribadi.

9. Money Lover

Aplikasi ini hadir dengan logo celengan warna hijau yang cukup khas. Para pengguna bisa memanfaatkannya sebagai pengatur anggaran dan juga manajemen keuangan. Aplikasi ini cukup sederhana dan menarik untuk dilihat sehingga memudahkan pemahaman para penggunanya.

Melalui aplikasi Money Lover para pengguna bisa memantau lebih sering pengeluarannya, mencatat berbagai tagihan, mengingatkan hutang piutang, membuat anggaran dan lainnya. Baik itu pengguna Android maupun ayes sama-sama bisa mengakses Money Lover ini.

10. Paper.id

Aplikasi bernama Paper.id ini juga direkomendasikan untuk membantu para pengusaha dalam mengelola keuangannya. Aplikasi ini sudah diakses lebih dari 40 ribu pengusaha kecil menengah. Oleh sebab itu tidak sedikit pula yang sudah merasakan kemudahan bersama paper.id. Terdapat berbagai fitur istimewa di dalamnya sehingga para pengguna bisa lebih mudah mengoperasikan aplikasi ini. Para pengguna bisa dengan mudah mengirimkan voice kepada supplier maupun Mitra.

Baca juga:
Apa itu Dropshipper, Reseller, dan Supplier?

Manfaat Aplikasi Pembukuan dan Keuangan Untuk Kemajuan Bisnis / Jualan

Aplikasi pembukuan seyogyanya memberikan manfaat yang banyak bagi para pengusaha dalam hal evaluasi bisnis mereka. Secara lebih terperinci manfaat dari aplikasi pembukuan dan keuangan untuk menunjang kemajuan bisnis dan juga jualan adalah sebagai berikut.

1. Mengetahui Keuangan Bisnis

Manfaat yang satu ini tentu tidak bisa dikesampingkan karena keuangan menjadi salah satu tonggak paling utama dalam berdirinya bisnis. Dengan adanya pembukuan yang terperinci soal dana dalam bisnis maka dengan lebih mudah keuangan akan diketahui.

Semakin akurat laporan keuangan yang dihasilkan dari sebuah usaha atau bisnis maka akan semakin baik pula evaluasi yang bisa dilakukan untuk kemajuan bisnis kedepannya. Maka dalam hal ini aplikasi pembukuan akan sangat berperan penting untuk menghasilkan data serta laporan keuangan yang akurat.

2. Lebih Mudah untuk Mengawasi

Selanjutnya adalah akan lebih mudah melakukan pengawasan terhadap usaha yang sedang dijalankan. Hal ini bukan sebuah rahasia lagi karena adanya aplikasi pembukuan membuat pengusaha lebih  mudah memantau keuangan bisnisnya setiap saat. Kapan saja dan dimana saja apabila dibutuhkan maka aplikasi pembukuan bisa menunjukkan data terkini terkait dengan bisnis yang dijalani.

Hal ini juga akan lebih mengefisiensikan waktu dan biaya karena pengguna tidak perlu lagi durasi yang lama ataupun biaya pulang pergi untuk melakukan pengecekan.

3. Mempermudah Evaluasi Kinerja

Bisnis membutuhkan evaluasi agar tetap berjalan dengan semestinya. Evaluasi bisa didapatkan dari pembukuan yang jelas. Oleh sebab itu dengan adanya aplikasi pembukuan yang secara akurat bisa memberikan data terkait sebuah bisnis, maka evaluasi akan lebih mudah untuk dilakukan.

Selain itu pembukuan yang dilakukan oleh aplikasi ini tentu akan lebih mudah untuk dipahami sehingga pengusaha tidak lagi kesulitan untuk menemukan berbagai hal yang ingin dilihat dari bisnisnya.

4. Menjadi Referensi Keputusan

Tidak bisa dipungkiri bahwa pembekuan adalah tonggak utama dalam mengambil keputusan langkah selanjutnya terkait bisnis yang sedang dijalankan. Saat terjadi kendala soal keuangan maka pembukuan akan dicek kembali untuk menemukan sumber masalah.

Semakin baik pembukuan yang ada maka akan semakin mudah pula untuk menemukan masalahnya yang tentu akan berlanjut pada kemudahan menemukan strategi berikutnya.

5. Pencatatan Lebih Tersistem

Manfaat yang satu ini juga memberi arti penting aplikasi pembukuan untuk digunakan dalam sebuah bisnis. Dengan adanya aplikasi pembukuan yang memberikan data akurat detail dan lebih cepat tentu membuat segala sesuatunya lebih tersistem dengan baik.

Pencatatan juga akan lebih mudah untuk diakses melalui perangkat seperti gadget personal computer. Segala sesuatu yang sistematis tentu akan memudahkan untuk ditelaah, dinilai maupun dievaluasi sehingga usaha menjadi lebih mudah untuk dijalankan.

Demikian informasi mengenai aplikasi pembukuan dan manfaatnya, semoga bisa memberikan manfaat dan edukasi kepada siapa saja.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *