Advertisement

Cara Memulai Usaha Laundry Untuk Pemula [Panduan Sukses]

Diterbitkan pada
18 Februari 2021
Waktu membaca
6 Menit

Banyak orang yang kebingungan dengan cara memulai usaha laundry. Memang, tidak ada yang lebih menarik daripada memulai bisnis sendiri. Dengan segala jenis teknologi dan inovasi, sekarang adalah waktu yang menyenangkan untuk berbisnis di industri laundry.

Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis laundry atau Anda sudah memulai prosesnya, namun masih sangat bingung untuk memulainya, tenang saja! Di bawah ini ada beberapa hal yang Anda butuhkan dan pelajari dalam membangun bisnis laundry yang sukses.

Cara Pintar Memulai Usaha Jualan Bisnis Laundry Untuk Pemula

Untuk memulai bisnis laundry, ada beberapa tahapan yang perlu dilalui, yaitu:

  • Rencanakan Bisnis,
  • Seleksi Niche,
  • Pikirkan Cara untuk Mendapatkan Keuntungan,
  • Daftarkan Bisnis Anda,
  • Berikan Nama Bisnis,
  • Beli Perlengkapan Bisnis Laundry,
  • Pikirkan Mengenai Lokasi Utama.

Berikut penjelasan selengkapnya..

1. Rencanakan Bisnis Anda

Mempunyai rencana bisnis yang jelas sangat penting lho agar bisa sukses. Rencana bisnis yang bisa Anda buat bisa terbagi dalam poin-poin di bawah ini:

  • Berapa biaya yang dikeluarkan untuk membuka bisnis laundry dan dry cleaning?

Jika bisnis yang Anda kerjakan ini tidak dikerjakan dari rumah, maka Anda harus membayar deposit untuk sewa. Menyewa di tempat dengan lalu lintas orang yang tinggi, biasanya harga sewanya bisa mahal.

Anda juga perlu memiliki papan nama di bagian depan toko untuk membuat bisnis Anda terlihat oleh orang-orang yang berkendara di dekat toko. Anda akan membutuhkan peralatan laundry dan dry cleaning serta mesin kasir.

Anda membutuhkan persediaan pembersih, gantungan baju, dan kantong plastik. Anda perlu memiliki rak pakaian mekanis yang memutar pakaian jadi agar tetap rapi dan siap untuk diambil oleh pelanggan.

Sebagian besar bisnis ini dimulai dengan peralatan sendiri dan uang yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis laundry umumnya sekitar Rp 15 jutaan.

  • Berapa biaya berkelanjutan untuk bisnis laundry dan dry cleaning?

Biaya berkelanjutan adalah operasional yang sedang berjalan termasuk pembayaran sewa tempat, persediaan bahan, dan biaya pemasaran (biaya pencetakan dan pengiriman untuk brosur promosi).

  • Bagaimana bisnis laundry dan dry cleaning menghasilkan uang?

Biaya untuk dry cleaning biasanya dikenakan biaya per potong. Sementara untuk laundry biasa dikenakan biaya per kg. Biaya tambahan mungkin berlaku untuk layanan khusus, seperti menghilangkan noda parah atau laundry ekspres.

Di wilayah metropolitan utama, persaingan untuk layanan laundry dan dry cleaning mungkin sangat ketat.

Oleh karena itu, banyak toko menawarkan layanan dry cleaning untuk kemeja dan blus dengan harga Rp 5000 saja per potongnya untuk menarik pelanggan. Harga premium dikenakan untuk layanan di hari yang sama.

Baca juga:
10 Tips Memulai Usaha Frozen Food Rumahan untuk Pemula

2. Seleksi Niche

Sebelum terjun ke bisnis laundry sepenuhnya, penting untuk mempertimbangkan niche yang sesuai. Niche ini dapat bergerak maju ke bisnis waralaba laundry, pengambilan dan pengiriman ke rumah, dan toko laundry jarak jauh.

Pertimbangkan demografi dan preferensi pelanggan sebelum memilih salah satu dari ini. Lebih baik menargetkan pelanggan tertentu daripada menyebarkan bisnis ke seluruh penjuru.

Anda bisa memilih kategori di bawah ini jika ingin berhasil membangun bisnis laundry yang sukses di mana pun:

  • Siswa sekolah dan mahasiswa,
  • Pria dan wanita karir dengan layanan laundry sepatu kasual,
  • Laundry rumah sakit dengan menargetkan seprai, dan pakaian pasien,
  • Orang tua.

Semua bidang kategorisasi di atas memiliki cakupan perkembangan. Layanan cuci pakaian Anda akan dapat dilirik oleh setiap orang di jika mau fokus mendalaminya. Ya, pemilihan niche yang tepat bisa menghasilkan pertumbuhan bisnis yang produktif.

3. Pikirkan Cara untuk Mendapatkan Keuntungan

Jika beberapa poin rencana di atas sudah Anda tulis, maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu berapa banyak biaya yang bisa Anda kenakan kepada pelanggan.

Harga per kilogram cucian biasanya berkisar dari Rp 3000- Rp 5000 per kg. Sementara layanan dry cleaning biasanya dimulai Rp 5000 per item barang seperti mukena, kemeja, selimut atau sprei.

Anda harus mencari tahu berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis laundry dan dry cleaning.

Sebuah toko laundry kecil setidaknya dapat menghasilkan laba setidaknya Rp 5 juta per bulan setelah membayar semua biaya di awal. Banyak pengusaha menjadi sangat kaya dengan memiliki dan mengoperasikan bisnis laundry.

Halaman Selanjutnya
4. Daftarkan Bisnis Anda...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *