image

Cara Memulai Usaha Laundry Untuk Pemula [Panduan Sukses]

cara memulai usaha laundry

Banyak orang yang kebingungan dengan cara memulai usaha laundry. Memang, tidak ada yang lebih menarik daripada memulai bisnis sendiri. Dengan segala jenis teknologi dan inovasi, sekarang adalah waktu yang menyenangkan untuk berbisnis di industri laundry.

Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis laundry atau Anda sudah memulai prosesnya, namun masih sangat bingung untuk memulainya, tenang saja! Di bawah ini ada beberapa hal yang Anda butuhkan dan pelajari dalam membangun bisnis laundry yang sukses.

Cara Pintar Memulai Usaha Jualan Bisnis Laundry Untuk Pemula

image

Untuk memulai bisnis laundry, ada beberapa tahapan yang perlu dilalui, yaitu:

  • Rencanakan Bisnis,
  • Seleksi Niche,
  • Pikirkan Cara untuk Mendapatkan Keuntungan,
  • Daftarkan Bisnis Anda,
  • Berikan Nama Bisnis,
  • Beli Perlengkapan Bisnis Laundry,
  • Pikirkan Mengenai Lokasi Utama.

Berikut penjelasan selengkapnya..

1. Rencanakan Bisnis Anda

Mempunyai rencana bisnis yang jelas sangat penting lho agar bisa sukses. Rencana bisnis yang bisa Anda buat bisa terbagi dalam poin-poin di bawah ini:

  • Berapa biaya yang dikeluarkan untuk membuka bisnis laundry dan dry cleaning?

Jika bisnis yang Anda kerjakan ini tidak dikerjakan dari rumah, maka Anda harus membayar deposit untuk sewa. Menyewa di tempat dengan lalu lintas orang yang tinggi, biasanya harga sewanya bisa mahal.

Anda juga perlu memiliki papan nama di bagian depan toko untuk membuat bisnis Anda terlihat oleh orang-orang yang berkendara di dekat toko. Anda akan membutuhkan peralatan laundry dan dry cleaning serta mesin kasir.

Anda membutuhkan persediaan pembersih, gantungan baju, dan kantong plastik. Anda perlu memiliki rak pakaian mekanis yang memutar pakaian jadi agar tetap rapi dan siap untuk diambil oleh pelanggan.

Sebagian besar bisnis ini dimulai dengan peralatan sendiri dan uang yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis laundry umumnya sekitar Rp 15 jutaan.

  • Berapa biaya berkelanjutan untuk bisnis laundry dan dry cleaning?

Biaya berkelanjutan adalah operasional yang sedang berjalan termasuk pembayaran sewa tempat, persediaan bahan, dan biaya pemasaran (biaya pencetakan dan pengiriman untuk brosur promosi).

  • Bagaimana bisnis laundry dan dry cleaning menghasilkan uang?

Biaya untuk dry cleaning biasanya dikenakan biaya per potong. Sementara untuk laundry biasa dikenakan biaya per kg. Biaya tambahan mungkin berlaku untuk layanan khusus, seperti menghilangkan noda parah atau laundry ekspres.

Di wilayah metropolitan utama, persaingan untuk layanan laundry dan dry cleaning mungkin sangat ketat.

Oleh karena itu, banyak toko menawarkan layanan dry cleaning untuk kemeja dan blus dengan harga Rp 5000 saja per potongnya untuk menarik pelanggan. Harga premium dikenakan untuk layanan di hari yang sama.

Baca juga:
10 Tips Memulai Usaha Frozen Food Rumahan untuk Pemula

2. Seleksi Niche

Sebelum terjun ke bisnis laundry sepenuhnya, penting untuk mempertimbangkan niche yang sesuai. Niche ini dapat bergerak maju ke bisnis waralaba laundry, pengambilan dan pengiriman ke rumah, dan toko laundry jarak jauh.

Pertimbangkan demografi dan preferensi pelanggan sebelum memilih salah satu dari ini. Lebih baik menargetkan pelanggan tertentu daripada menyebarkan bisnis ke seluruh penjuru.

Anda bisa memilih kategori di bawah ini jika ingin berhasil membangun bisnis laundry yang sukses di mana pun:

  • Siswa sekolah dan mahasiswa,
  • Pria dan wanita karir dengan layanan laundry sepatu kasual,
  • Laundry rumah sakit dengan menargetkan seprai, dan pakaian pasien,
  • Orang tua.

Semua bidang kategorisasi di atas memiliki cakupan perkembangan. Layanan cuci pakaian Anda akan dapat dilirik oleh setiap orang di jika mau fokus mendalaminya. Ya, pemilihan niche yang tepat bisa menghasilkan pertumbuhan bisnis yang produktif.

3. Pikirkan Cara untuk Mendapatkan Keuntungan

Jika beberapa poin rencana di atas sudah Anda tulis, maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu berapa banyak biaya yang bisa Anda kenakan kepada pelanggan.

Harga per kilogram cucian biasanya berkisar dari Rp 3000- Rp 5000 per kg. Sementara layanan dry cleaning biasanya dimulai Rp 5000 per item barang seperti mukena, kemeja, selimut atau sprei.

Anda harus mencari tahu berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis laundry dan dry cleaning.

Sebuah toko laundry kecil setidaknya dapat menghasilkan laba setidaknya Rp 5 juta per bulan setelah membayar semua biaya di awal. Banyak pengusaha menjadi sangat kaya dengan memiliki dan mengoperasikan bisnis laundry.

4. Daftarkan Bisnis Anda

Jenis struktur bisnis yang sangat umum adalah perseorangan, kelompok (bermitra), perseroan terbatas (PT), dan korporasi. Untuk merintis badan usaha legal seperti PT atau korporasi bisa melindungi bisnis Anda dari tanggung jawab pribadi jika bisnis laundry dan dry cleaning Anda digugat.

Barulah setelah itu Anda  menentukan nama Anda Anda juga perlu memperoleh izin dari pemerintah dalam membangun bisnis. Anda harus mematuhi protokol pemerintah ketika mendirikan bisnis laundry.

Persyaratan membangun bisnis ini bergantung dari kota ke kota dan sesuai model bisnis. Alternatifnya, Anda harus mempersiapkan diri dengan dokumentasi penting sesuai kebutuhan.

5. Berikan Nama Bisnis

Memilih nama yang tepat itu penting dan menantang. Jika Anda belum memiliki nama untuk bisnis laundry dan dry cleaning cobalah untuk mencari nama tersebut dan pastikan belum ada yang menggunakan nama itu.

Nama bisnis adalah tujuan dari mengapa laundry Anda ini dibangun. Nama inilah yang membuat bisnis Anda dikenal oleh khalayak. Nama yang bagus dan kuat bisa membantu usaha laundry Anda lebih dikenal dari semua pesaing yang ada.

Jika Anda merasa tidak percaya diri dalam mendesain logo bisnis kecil Anda, Anda mungkin bisa untuk berkonsultasi pada ahlinya.

Kalau  Anda menjalankan kepemilikan perseorangan, sebaiknya Anda harus beroperasi di bawah nama bisnis selain nama Anda sendiri.  Saat mendaftarkan nama bisnis, sebaiknya teliti nama bisnis Anda dengan memeriksa:

  • Catatan bisnis daerah Anda,
  • Catatan merek dagang federal dan negara bagian,
  • Platform media sosial,
  • Ketersediaan domain web.

Nah, untuk poin terakhir, pastikan Anda mencari nama bisnis laundry yang masih langka. Sangat penting untuk mengamankan nama domain Anda sebelum orang lain melakukannya.

Situs web bisnis dapat menjaga pelanggan supaya memperoleh informasi lebih  lanjut tentang perusahaan Anda, produk atau layanan yang Anda tawarkan. Gunakan pula sosial media ya agar bisa untuk memikat calon pelanggan.

Baca juga:
10 Aplikasi Kasir Gratis Terbaik dan Manfaatnya untuk Usaha

6. Beli Perlengkapan Bisnis Laundry

Bisnis tidak dapat berkembang tanpa ketersediaan peralatan yang diperlukan. Berikut ini adalah peralatan yang berfungsi untuk menjalankan bisnis laundry dengan lancar:

  • Mesin cuci: alat satu ini adalah yang paling utama dan sangat penting untuk menghemat waktu dan energi.
  • Pengering: Lebih baik berinvestasi pada pengering dengan kemampuan sensor kelembaban sebab alat ini bisa menghemat waktu tanpa perlu menambah tenaga kerja.
  • Mesin press: Pressing diperlukan setelah proses pembersihan kain. Mesin tersebut meminimalkan upaya manusia dan menekan pakaian pada satu waktu.
  • Setrika: Ada dua model setrika yang berbeda, salah satunya adalah setrika datar dan setrika yang khusus digunakan untuk barang-barang seperti sprei, bantal dan handuk.
  • Meja vakum dengan setrika: Benda ini adalah sistem vakum meja yang menahan kain sambil menekan dan menyerap kelembapan dari garmen.
  • Dry cleaning: Alat yang digunakan untuk mencuci item khusus tanpa air karena air dapat merusak item atau tidak efektif untuk membersihkan item tersebut.
  • Packaging equipment:  Setelah mencuci, Anda perlu menekan untuk mengemas barang-barang dan diserahkan kepada pelanggan.
  • Mesin penguap: Alat ini secara efektif membuat pakaian bebas kusut.
  • Ketel uap: Ketel uap secara otomatis menghasilkan uap untuk keperluan pengepresan kain. Mesin ini tersedia dalam dua kategori dasar, termasuk ketel uap gas dan listrik.

7. Pikirkan Mengenai Lokasi Utama

Lokasi adalah hal yang paling penting agar orang-orang dapat mendekati bisnis Anda. Pengusaha harus menargetkan area terbatas seperti pasar, sekitar sekolah / kampus, dekat dengan penduduk, atau kantor.

Pendirian tempat bisnis laundry di tempat-tempat seperti itu akan bermanfaat untuk menarik banyak pelanggan di toko Anda.

Mungkin biaya sewanya menjadi sedikit lebih mahal, namun jika berhasil banyak pelanggan, maka biaya sewa akan berubah menjadi pendapatan yang luar biasa.

Baca juga:
10 Aplikasi Pembukuan dan Keuangan Terbaik Serta Manfaatnya

Contoh dan Ide Buka Usaha Laundry yang Menguntungkan

Ide selanjutnya yang sangat penting untuk memulai usaha laundry adalah memikirkan bagaimana bisnis Anda lebih menguntungkan.

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika membangun strategi bisnis yang menguntungkan, di antaranya adalah :

1. Beri Diskon

Anda perlu membuat strategi tentang layanan laundry yang akan Anda sediakan. Ada beberapa laundry di kota dengan layanan yang hampir serupa sehingga Anda harus lebih kreatif agar pelanggan dapat mendekati layanan Anda.

Bisnis laundry harus memberikan diskon khusus pelajar, penjemputan gratis, dan pengiriman, bersama dengan daftar layanan serupa lainnya.

2. Tawarkan Layanan Penjemputan

Nah, cara memulai usaha laundry agar lebih menguntungkan selanjutnya adalah dengan menawarkan layanan penjemputan dan pengiriman  untuk membantu klien yang mungkin memiliki jadwal yang padat.

3. Tambah Layanan Shoes Care

Anda juga bisa menawarkan layanan perbaikan / pemolesan sepatu dan membuka banyak lokasi, setelah keuangan dan permintaan izin selesai diurus juga akan meningkatkan keuntungan. Banyak kok laundry saat ini yang juga membuka jasa cuci sepatu.

4. Layanan Tanpa Bahan yang Membuat Alergi

Jika ingin layanan laundry Anda menguntungkan, maka Anda juga harus mempertimbangkan kemungkinan reaksi alergi pada pelanggan. Anda bisa menambahkan embel-embel anti al;ergen ini untuk memikat pelanggan.

Reaksi alergi  menjadi pertimbangan penting karena pelanggan tidak akan memilih produk yang akan digunakan dalam proses pencucian.

5. Bisnis Laundry yang Eco Friendly

Banyak orang prihatin dengan bahan kimia yang digunakan oleh pembersih tradisional. Banyak konsumen juga prihatin dengan dampak lingkungan dari jenis bisnis ini.

Bisnis yang menggunakan bahan kimia yang tidak terlalu keras dan metode pembersihan yang lebih organik sambil mengurangi jejak karbonnya mungkin lebih disukai. Contoh, Anda memberikan claim bahwa perusahaan laundry Anda ini ramah lingkungan.

Cara terbaik untuk mempromosikan bisnis ini adalah dengan menggunakan selebaran yang dikirim dengan tangan yang menawarkan kupon diskon dan meletakkannya di bawah pintu rumah dan apartemen di lingkungan terdekat.

6. Analisis Model Bisnis Pesaing Anda

Meskipun terdapat ruang lingkup bisnis yang paling signifikan di lapangan, namun Anda harus cukup mahir dalam menganalisis model bisnis pesaing.

Tidak ada yang dapat mendekati toko Anda jika pesaing menawarkan kualitas layanan yang jauh lebih baik dengan harga yang relatif lebih rendah.

Cobalah untuk melayani pelanggan dengan kemampuan maksimum dan harga paling rendah untuk meningkatkan engagement pelanggan. Kepuasan pelanggan adalah hal terbaik yang dapat membuat bisnis Anda berkembang pesat.

Singkatnya, cara memulai usaha laundry agar bisa sukses pasti membutuhkan perhatian bisnis yang khusus.

Anda perlu menemukan ide untuk menghasilkan keuntungan bisnis tertinggi. Cobalah memulai dengan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas dan selami dengan sebaik mungkin untuk mencapai puncak kesuksesan yang luar biasa dalam waktu singkat.

image
image
Related Article

Cara Cek Resi GoSend Live Tracking untuk Kirim Barang Sehari Sampai

Buat yang suka kirim barang instan, seringkali kamu akan membutuhkan cara cek resi GoSend (live tracking). Entah itu checkout dari Tokopedia, Shopee, atau juga kirim barang sendiri. Dalam tulisan ini, kamu akan menemukan informasi berguna seputar: Mengenali apa itu GoSend dan jenis layanan yang ditawarkan, Bagaimana cara melacak kiriman GoSend sudah sampai mana. Namun sebelum […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

11 Jasa Kurir Terbaik di Indonesia: Harga Murah dan Pengiriman Cepat [Komplit]

Bagi seller, memilih jasa kurir terbaik merupakan pekerjaan yang agak tricky. Dalam artian, sebenarnya semua ekspedisi di Indonesia terbilang cukup bagus. Tetapi tergantung pada pembeli, apakah mereka suka atau tidak. Bahkan hal-hal sesimpel apakah mas-mas kurir yang mengantar ramah atau tidak, itu juga menjadi acuan pembeli. Dan pada akhirnya, pembeli-lah yang menentukan. Nah kali ini, […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

Cara Cek Nomor dan Pulsa XL Mudah dan Komplit

Cek nomor XL merupakan hal lumrah untuk dilakukan bagi para pengguna provider GSM XL. Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin mengecek nomor telepon yang Ia gunakan. Kemungkinan yang paling sering adalah nomor telepon tersebut dibutuhkan untuk suatu identitas ataupun untuk keperluan lainnya. Jika pernah mencatat nomor telepon sendiri bukan berarti hal tersebut terlepas dari kemungkinan […]

Tips & Trik /
4 Maret 2021