Pencapaian Fantastis, QRIS Tembus 2 Juta Merchant di Jakarta

Diterbitkan pada
05 Januari 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan sistem pembayaran menggunakan QR-Code milik Bank Indonesia yang mudah, simpel, dan dijamin keamanannya. Bank Indonesia (BI) wilayah DKI Jakarta menerangkan bahwa QRIS telah tembus 2 juta lebih merchant untuk wilayah Jakarta per tanggal 26 November 2021.

Peningkatan yang fantastis ini telah melampaui dari target sebesar 17% dari pengguna di seluruh Indonesia. Sedangkan bulan November 2021 merchant QRIS telah mencapai 12 juta.

Onny Widjanarko, Kepala Kantor Bank Indonesia DKI Jakarta menuturkan bahwa tahun 2021 ini merchant QRIS sudah sangat melaupaui target. Dari awal target QRIS yaitu sebesar 2 juta merchant hingga kini tembus sampai 96, 13%.

“Layanan SIAP QRIS ini bisa menciptakan Jakarta Smart City 4.0 dan membantu UMKM dalam dunia ekonomi seperti akses keuangan, produksi, payment, pasar, dan logistik,” ujar Onny Widyanarko, Kamis (16/12/2021).

Beliau berharap UMKM yang bisa terkoneksi dengan digitalisasi bisa meningkatkan omset mereka 30-70%. Tujuannya murni untuk mensejahterakan para UMKM supaya lebih makmur, sejahtera, dan bisa naik kelas.

Untuk kedepanya beliau juga menargetkan BI (Bank Indonesia) bisa mencapai 15 juta lebih merchant QRIS. Selain pedagang, BI juga akan menargetkan sasaran baru yaitu masyarakat biasa.

Hal ini juga diungkapkan juga oleh Thomas Wahyudi SPV Transaction PT. Bank Mandiri (Persero).

“Potensi dan peluang peningkatan transaksi akan lebih baik lagi pada tahun 2022. Semakin terkendalinya pandemi, maka ekonomi diharapkan bisa kembali normal dan meningkat dari pada tahun 2021,” ungkap Thomas Wahyudi, SVP Trancsaction Bank Mandiri, Minggu (12/12/2021).

Melihat prospek QRIS dalam jangka panjang, Bank Mandiri akan meneruskan perluasan akseptasi layanan ini dengan mengisi kegiatan akuisisi merchant.

“Tujuan perluasan akseptasi QRIS ini untuk menjangkau ekosistem pasar, pedagang UMKM, tempat ibadah, rumah sakit, dan komunitas yang lain. Kami juga memberikan edukasi ke merchant untuk meningkatkan awareness penggunaan QRIS baik melalui media sosial atau media dari Bank Mandiri,” kata Thomas.

Rencana kedepannya, Bank Mandiri akan berusaha terus untuk meningkatkan kualitas layanan. Misalnya seperti percepatan disbursement dana dengan same day ke pedagang segment kecil dan mikro.

Thomas mengungkapkan, bahwa dari catatan mereka lebih dari 1,3 juta merchant Bank Mandiri telah menggunakan QRIS hingga November 2021. Juga pengguna/merchant telah sukses melakukan transaksi dengan QRIS yaitu 500 juta transaksi. Sedangkan dari volume transaksi yaitu meningkat sebesar 500% yoy (year on year).

Artikel ini telah tayang di Siberindo.co dengan judul Bank Indonesia: Sudah Dua Juta Merchant Gunakan QRIS Di Jakarta”

Link sumber : https://siberindo.co/03/12/2021/bank-indonesia-sudah-dua-juta-merchant-gunakan-qris-di-jakarta/

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *