Menindaklanjuti Arahan Presiden, Kemendag Stabilkan Stok dan Harga Minyak Goreng

Noer 05 Jan 2022 2 Menit 0

Jakarta – Per 3 Januari 2022, harga minyak goreng curah kini sebesar Rp17.900 per liter, minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp18.500 per liter, dan minyak goreng premium sebesar Rp20.300 per liter.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan stok dan harga minyak goreng stabil. Selain itu, masyarakat juga bisa memperoleh minyak goreng di semua pasar, baik ritel modern maupun pasar tradisional.

“Kami memastikan stok minyak goreng tetap tersedia dengan harga terjangkau sehingga masyarakat dapat memperoleh minyak goreng di semua pasar baik ritel modern maupun di pasar tradisional,” tegas Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (Mendag) dikutip dari Siberindo.co, Selasa (5/1/2022).

Pemerintah melalui Kemendag dan di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian akan menggunakan instrumen subsidi yang berasal dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit untuk menstabilkan harga minyak goreng.

“Pemerintah, di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian akan menggunakan dana pengelolaan BPDP KS untuk kebutuhan pangan, khususnya dalam rangka menstabilkan harga minyak goreng,” ujar Mendag.

Selain itu, melansir dari Siberindo.co (5/1/2022), Kemendag juga telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan ketersediaan minyak goreng di pasar-pasar tradisional. Langkah tersebut diambil agar tidak terjadi kelangkaan minyak goreng di pasar.

“Kami juga meminta Pemerintah Daerah, khususnya dinas yang membidangi perdagangan untuk melakukan operasi pasar minyak goreng di wilayah masing-masing, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” tambah Mendag.

Mengutip Siberindo.co (5/1/2022), Mendag menegaskan, stabilitas harga barang kebutuhan pokok merupakan mandat Presiden Joko Widodo. Di masa pandemi ini, Kementerian Perdagangan telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan harga barang kebutuhan pokok tetap stabil.

Dengan menciptakan kestabilan harga, para pelaku usaha kelontong khususnya minyak goreng menjadi tidak khawatir karena fluktuasi harga kebutuhan pokok.

“Stabilitas harga pangan menjadi perhatian serius pemerintah. Tidak hanya minyak goreng, tetapi juga barang kebutuhan pokok lainnya. Stabilitas harga merupakan mandat yang diamanahkan Presiden yang kami laksanakan dengan sungguh-sungguh agar masyarakat bisa menikmati harga yang wajar,” ujar Mendag Lutfi.

Seperti diketahui, harga minyak goreng memang sempat melonjak naik di akhir tahun 2021. Melansir dari Siberindo.co ((5/1/2022), kenaikan tersebut dipengaruhi oleh harga crude palm oil (CPO) dunia yang naik menjadi USD 1.340/MT.

Bahan Kebutuhan PokokAwal Desember 2021Akhir Desember 2021
Minyak Goreng KemasanRp 17.900Rp 18.400
Cabe RawitRp 50.900Rp 94.800
TelurRp 25.500Rp 28.600
Bawang MerahRp 25.200Rp. 28.300
Bawang PutihRp 27.600Rp 28.100

Artikel ini telah tayang di Siberindo.co dengan judul Stok Aman, Kemendag Stabilkan Harga Minyak Goreng”.
Link sumber: https://siberindo.co/05/01/2022/stok-aman-kemendag-stabilkan-harga-minyak-goreng/

Bagikan ke:
Noer
Ditulis oleh

Noer

Freelance Writer di Pintarjualan.id menyajikan konten-konten yang bermanfaat untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com