25+ Ide Usaha yang Cocok Untuk Pemula di 2022 dengan Modal Kecil

Diterbitkan pada
05 Januari 2022
Waktu membaca
9 Menit

Apakah menjadi pengusaha adalah bakat dari lahir? Tidak, itu pernyataan salah! Asal kamu tahu, kunci menjadi pengusaha adalah tidak takut gagal. Jika kamu masih pemula, simak saja postingan usaha yang cocok untuk pemula dengan modal kecil dibawah ini, ya.

Tak perlu dengan modal besar. Mulai saja segala sesuatu dengan yang kecil. Contohnya saja kisah pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dari 0.

Memang, untuk memulai suatu bisnis usaha banyak tantangan dan pertimbangan yang gak mudah.

Yang paling penting, harus optimis dan jalankan usaha yang sudah dirintis dari nol dengan konsisten.

Kalau masih bingung, usaha apa yang cocok dalam jangka panjang untuk pemula dan tanpa modal, bisa baca postingan ini sampai selesai. Cekidot..

Daftar Usaha yang Cocok Untuk Pemula Tanpa Modal di 2022

Pernah mendengar kutipan “sekecil apapun usahamu, kamu adalah bosnya”. Nah, walaupun kamu memulai usaha dari kecil, nanti lama-lama juga pasti akan besar. Dengan dibarengi usaha yang maksimal, maka pasti tidak akan sia-sia.

Gak usah bingung lagi mengenai kekhawatiran yang muncul dibenak kalian. Pasti kalian berfikir bagaimana jika ada masalah? mengatasi kegagalan? modal? dan lainnya.

Kegagalan dan masalah lain di bisnis adalah masalah yang wajar. Anggap saja itu adalah sebuah tantangan untuk menjadi pengusaha muda yang sukses.

Belajarlah dari pengalaman. Walaupun pengalaman kegagalan, itu adalah modal awal untuk membangun mental menjadi pengusaha.

Kalau kamu menganggap masih pemula dalam merintis usaha, akan kami rekomendasikan beberapa usaha yang cocok untuk pemula tanpa modal, baik untuk anak muda, untuk wanita juga bisa. Stay tuned!

1. Open Jastip (Jasa Titip) Barang

Pernah mendengar istilah jastip? Ini adalah istilah yang sering digunakan anak muda yang artinya “jasa titip”.

Biasanya untuk mereka yang ingin membeli barang branded dengan merk tertentu, bisa menggunakan jasa jastip.

Bagi pemula, wajib mencoba usaha ini karena modalnya sangat minim. Hanya modal kamera handphone, mengikuti kemauan pembeli, dan menawarkan barang yang akan di jastip.

Jastip ini bisa bermacam-macam bentuknya. Bisa berupa barang seperti tas, sepatu, baju (dengan merk branded) atau berupa makanan oleh-oleh yang sulit dijangkau.

Nah, misalnya saja kita sedang jalan-jalan keluar kota atau luar negeri. Lalu, posting saja open jastip ke media sosial atau grup khusus jastip.

Nantinya pasti akan banyak orang yang ingin titip untuk membeli barang tertentu. Kamu tinggal list saja dan pasang tarif per barang untuk jastip.

Biasanya tarif untuk jasa ini berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu, tergantung dengan harga barang.

2. Jasa Titip Hewan Peliharaan

Hobi memelihara binatang? Wah, usaha ini sangat cocok untuk kamu jalankan! Yaitu usaha jasa titip hewan peliharaan.

Biasanya, banyak orang yang bingung menitipkan hewan peliharaannya jika akan pergi keluar kota dalam waktu yang lama.

Untuk langkah awal, kita bisa memanfaatkan situasi ini untuk peluang bisnis. Bisa menawarkan diri ke tetangga atau broadcast message ke media sosial yang sekiranya mereka punya hewan.

Yang paling penting, kita mampu untuk bertanggung jawab, menjaga, merawat, hewan yang dititipkan oleh pemilik.

Karena memang ada beberapa hewan peliharaan yang mempunyai perawatan khusus seperti anjing, kucing, burung, dll.

3. Jasa Event Organizer (EO)

Banyak acara yang gagal karena tidak terstruktur dan terorganisir. Nah, kalau kamu suka menghandle jalannya suatu acara atau event, buka saja jasa event organizer (EO).

Bisnis ini mudah dan modalnya juga kecil. Memang perlu beberapa kemampuan khusus untuk menjalankan bisnis ini supaya lancar dan klien bisa puas.

Misalnya seperti kemampuan menghandle acara, detail, tidak ada kekurangan, terstruktur, dapat dipercaya, memberikan pelayanan ramah dan terbaik.

Jika kamu berhasil menghandle suatu acara dengan baik dan lancar, maka akan banyak peluang emas yang akan datang. Pasti EO yang kamu miliki akan direkomendasikan ke orang-orang hingga bisa melayani acara yang lebih besar.

Untuk pemula, biasanya menawarkan ke teman terdekat atau keluarga dahulu. Jika sudah mempunyai testimoni, barulah tawarkan secara online hingga mendapatkan klien.

Seorang EO sering bertemu dengan klien di cafe, restaurant, atau di rumah klien langsung.

4. Menjadi Dropship

Bingung mau usaha apa untuk wanita? Banyak usaha bisnis online yang menjanjikan yang bisa dicoba. Menjadi seorang Dropship dan Reseller banyak sekali para wanita yang menggandrungi, khususnya yang masih pemula. Untuk pemula usaha ini cocok di masa pandemi yang tidak memungkinkan orang untuk belanja offline.

Dropship ini sistemnya kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan stok barang yang menguras kantong.

Kamu hanya perlu menawarkan barang ke media sosial. Nah, jika ada pesanan barulah mencarikan produk tersebut di e-commerce.

Sudah banyak e-commerce yang mendukung pengusaha dengan sistem dropship ini. Seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Jadi, barang yang akan diterima pembeli nantinya seolah-olah tetap dari toko kamu.

Tentu saja sebelum menawarkan barang, riset dahulu harga pasarannya. Setelah itu baru ambil keuntungan yang wajar. Sangat menarik kan? Tanpa modal pun kita sudah bisa cuan. Yuk, tunggu apalagi!

5. Buka Usaha Barbershop

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan selanjutnya adalah jasa potong rambut, atau nama kerennya “Barbershop”.

Untuk bisa memulai bisnis ini, diperlukan keahlian dan skill dalam memotong rambut berbagai gaya.

Karena banyak sekali model potongan rambut yang berubah-ubah. Baik untuk wanita maupun pria.

Apalagi sekali memotong rambut bisa dipatok dengan tarif minimal 15 ribu. Bayangkan saja jika dalam satu hari ada 10 orang, pendapatan 100 ribu lebih bisa dengan mudah didapatkan.

6. Menjadi Makelar Perumahan atau Properti

Tiap tahun, harga aset properti selalu naik. Tidak sedikit orang yang menginvestasikan uangnya untuk jangka panjang di bidang ini.

Nah, biasanya para investor ketika akan menjual asetnya, mereka tidak tahu bagaimana cara menjualnya. Kondisi ini makelar properti banyak dicari dan dibutuhkan.

Tentu, mereka membutuhkan makelar yang bisa menjual aset dengan harga yang ia mau. Makanya, skill dan kemampuan bernegosiasi untuk makelar sangat dibutuhkan.

Banyak sekali perumahan, rumah, kios, ruko, apartemen dll yang dijual karena alasan tertentu.

Untuk memulainya, bisa mengamati lingkungan sekitar di daerahmu. Apakah banyak rumah, sawah, atau tanah yang akan dijual? Jika ada, coba menawarkan diri untuk mencoba menjadi makelar.

Sebelum itu, jangan lupa untuk menanyakan komisi dan bonus yang akan didapatkan. Kalau perlu buat perjanjian secara tertulis.

Bisnis ini tidak diperlukan modal. Cukup dengan mempunyai skill negosiasi yang bagus dan bisa membangun kepercayaan. Ohya, relasi dan wawasan dalam dunia property juga penting, ya!

7. Buka Jasa Joki Toefl

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing adalah jasa joki Toefl. Bagi kamu yang masih pemula, bisnis ini sangat cocok dijalankan untuk anak muda.

Biasanya, para anak muda memiliki pengetahuan Bahasa Inggris yang bagus. Maka dari itu, bisnis ini sangat cocok untuk menambah uang saku anak muda atau mahasiswa.

Toefl ini diperlukan beberapa orang untuk menguji kemampuan dalam berbahasa Inggris. Para perusahaan biasanya Toefl menjadi syarat untuk melamar pekerjaan. Minimal nilai Toefl yang disyaratkan kisaran 450-600. Bentuk soalnya juga bermacam-macam, ada reading, listening, structure, dan writing.

Nah, jika kamu mampu mengerjakan soal toefl milik klien diatas rata-rata, kamu bisa mendapatkan tarif 200 ribu hingga 500 ribu sekali tes. Lumayan kan buat tambah jajan kalian?

8. Buka Jasa Pengetikan/Input Data

Bingung mencari usaha yang menghasilkan uang setiap hari? Coba saja buka usaha jasa pengetikan dan input data.

Jika kamu anak muda atau mahasiswa, biasanya jasa pengetikan ini sangat laris di area kampus dan sekolahan.

Misalnya, seorang dosen yang tidak ada waktu untuk menuliskan modul pengajaran untuk bahan ajar di kelas. Pasti dosen tersebut akan mencari jasa pengetikan atau membayar mahasiswanya sendiri untuk membantunya.

Atau kasus lain seperti penulisan skripsi. Ada beberapa mahasiswa yang malas untuk penulisan skripsi, bahkan rela untuk membayar jasa penulisan naskah skripsinya.

Untuk memulai usaha ini, modal yang dibutuhkan hanya komputer/laptop dan listrik. Sangat simpel kan?

9. Jual Beli Motor Bekas

Motor bekas saat ini banyak sekali peminatnya. Daripada membeli motor baru dengan harga yang mahal, mending membeli motor bekas rasa baru dengan harga terjangkau.

Kamu bisa dengan sangat mudah menjadi makelar motor bekas ini. Untuk memulainya bisa dengan mengetahui dahulu mengenai mesin-mesin motor dan kerusakan yang sering terjadi.

Ini penting dilakukan supaya nantinya kita bisa mengerti kondisi motor yang sedang dijual belikan. Karena motor bekas ini sangat rawan sekali kerusakan jika kita tidak mengerti mesin-mesin yang ada didalam motor.

Nah, jika sudah mengerti dan paham barulah untuk berani menawarkan beberapa motor bekas layak pakai ke orang-orang yang sedang mencari.

Kamu bisa langsung mengambil komisi dari jual beli motor tersebut sesuai yang diinginkan.

10. Jual Beli HP & Laptop Bekas

Jangan menyiakan jiwa marketing yang kamu kuasai, ya! Selain di konter HP, bisnis jual beli elektronik seperti HP dan laptop bekas bisa kamu bangun tanpa harus punya kios.

Gimana caranya? Tawarkan jasa kepada orang-orang terdekat seperti teman, keluarga yang sekiranya mereka membutuhkan HP atau laptop.

Nah, jika ada yang minta bantuan untuk dicarikan HP atau laptop bekas, kamu bisa mencari di marketplace Facebook atau aplikasi OLX.

Di aplikasi tersebut banyak sekali barang bekas murah. Tentunya, kamu harus cek dulu sebelum menawarkannya ke pembeli.

12. Jasa Desain

Menjadi seorang freelance desainer merupakan usaha sampingan yang saat ini banyak dibutuhkan perusahaan besar.

Selain ini bisa menjadi pekerjaan utama, bisa juga menjadi pekerjaan sampingan. Pastinya komisi yang akan kamu dapatkan juga akan bertambah.

Kamu bisa menawarkan jasa ini ke media sosial, atau bisa membuat portofolio di aplikasi khusus untuk para desainer.

Dengan begitu akan banyak job berdatangan. Contohnya seperti pembuatan desain dibawah ini :

  • Desain logo, brosur
  • Website, UI UX Aplikasi
  • Kaos, Jaket
  • Desain Interior, dll

Pekerjaan jasa desain ini tidak bisa disepelekan, lho! Faktanya penghasilan per desain yang profesional bisa mencapai jutaan rupiah. Wah, sangat menggiurkan, ya!

13. Jasa Laundry & Setrika Pakaian Kiloan

Apa sih usaha bisnis rumahan yang cocok untuk pemula?

Jika kamu tinggal di daerah perumahan atau area yang strategis dengan mahasiswa, usaha laundry dan setrika pakaian adalah pilihan yang sangat tepat!

Peluang bisnis ini sangat menjanjikan dan untung besar. Bagaimana tidak? Modal yang diperlukan hanyalah mesin cuci (opsional), setrika, dan pengharum pakaian.

Usaha ini sangat prospek untuk jangka panjang. Karena mahasiswa tentu tidak mempunyai kamar mandi yang cukup dan pengering pakaian yang memadai.

Untuk itu bisnis ini sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Nah, jika di perumahan banyak orang yang sibuk bekerja dan hanya mengandalkan pembantu untuk mengurus pekerjaan rumah.

Jika mereka tidak mempunyai pembantu, ya mau tidak mau harus pasti mencari layanan jasa laundry.

14. Menjadi Penerjemah Bahasa Asing

Suka menguasai bahasa asing dari berbagai macam negara? Kesempatan besar nih! Kamu bisa mencoba untuk menjadi penerjemah bahasa asing untuk orang-orang dari luar negeri yang tinggal di Indonesia.

Atau bisa juga menerjemahkan dokumen-dokumen penting. Biasanya suatu perusahaan, memerlukan penerjemah ini karena klien mereka dari berbagai negara.

Nah, kemampuan bahasa ini sebetulnya bisa diasah secara otodidak atau melalui kursus bahasa. Biasanya bahasa yang sering dibutuhkan yaitu bahasa inggris, arab, mandarin, korea, jerman, dll.

Sebelum menyerahkan dokumen yang sudah diterjemahkan, ada baiknya untuk selalu mengecek supaya tidak terjadi kesalahan.

15. Guide Tour and Travel

Suka traveling atau berwisata? Nah, coba saja menjadi Guide Tour and Travel!

Jika kamu saat ini tinggal di kota yang penuh dengan wisata, ini adalah kesempatan besar untukmu. Untuk memulai menjadi guide tour and travel, kamu perlu mengetahui beberapa hal. Misalnya sudah paham wisata yang ada di daerah tersebut, bisa menjadi driver, dapat berkomunikasi dengan baik.

Cukup mempromosikan di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Whatsapp, pasti klien akan berdatangan dengan sendirinya.

Komisi yang bisa kamu dapatkan juga cukup besar, lho! Yuk, cobain!

16. Jual Makanan Sarapan Pagi

Usaha apa yang dibutuhkan orang setiap hari? Tentu saja makanan.

Makanan merupakan kebutuhan pokok yang dicari banyak orang. Apalagi untuk para pekerja yang tidak sempat untuk memasak. Membeli makanan yang sudah matang adalah hal yang dilakukan setiap hari.

Untuk itu, jika kamu mempunyai keahlian dalam memasak, coba saja jualan makanan sarapan pagi. Beberapa makanan yang sering dicari banyak orang setiap pagi misalnya seperti berikut ini :

  • Nasi kuning
  • Soto
  • Bubur Ayam
  • Nasi Sayur
  • Nasi Ayam
  • Nasi Gudeg
  • Gorengan, dll

Supaya jualan laris manis, kamu bisa mencari dahulu tempat di pinggir jalan yang strategis dan sering dilewati orang yang akan kerja.

Usaha ini sangat menguntungkan karena setiap hari pasti makanan bisa habis ludes tak tersisa. Dengan begitu ini bisa untuk menambah penghasilan sampingan pada waktu pagi hari. Selamat mencoba~

17. Jasa Cuci Sepatu

Apa usaha yang jarang tapi dibutuhkan? Yaitu jasa cuci sepatu.

Bagi sebagian orang banyak sekali yang malas mencuci sepatunya sendiri. Ya, mungkin karena tidak ada waktu, atau malas mencuci sepatu yang sangat kotor.

Untuk itu, jasa cuci sepatu ini sangat menguntungkan bagi pemula. Karena modal yang kecil, dan pesaing juga sedikit.

Peluang emas nih, dijamin bisnis jasa cuci sepatu akan laris dan dibutuhkan banyak orang. Namun, diperlukan pengetahuan yang luas mengenai jenis-jenis sepatu, bahan, dan cara merawat yang benar.

Karena banyak sepatu mahal yang tidak bisa dirawat dan dicuci dengan sembarangan. Untuk itu, ketahui dahulu beberapa detergen atau pewarna sepatu yang cocok untuk beberapa jenis sepatu.

18. Usaha Kue Kering

Usaha apa yang cocok di perumahan? Bagi kamu yang tinggal di perumahan dan hobi membuat kue kering, ini adalah bisnis yang wajib kamu coba.

Memang perlu kemampuan dan pengalaman dalam membuat kue yang benar dengan rasa enak. Tapi, hal itu bisa dipelajari dengan otodidak.

Kamu bisa melihat resep dan takaran yang pas melalui internet, buku resep kue, dan youtube. Dari situ kamu bisa langsung mencoba membuatnya dirumah.

Apalagi jika sedang menjelang hari lebaran, natal, dan hari besar lainnya. Kue kering ini sangat menjanjikan karena banyak yang mencari untuk hampers atau sekedar camilan di meja tamu.

19. Sales Agen Haji dan Umroh

Haji dan umroh merupakan ibadah yang banyak diimpikan oleh masyarakat muslim di Indonesia. Apalagi negara kita mayoritas beragama Islam, banyak sekali yang ingin mendaftarkan haji dan umroh.

Nah, peluang besar bagi kamu untuk menjalankan bisnis ini yaitu dengan menjadi agen umroh dan haji.

Dengan besarnya minat masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah umroh dan haji, ini akan sangat menjanjikan untuk kedepannya. Sebagai sales agen jasa umroh dan haji, kamu tidak perlu mengeluarkan modal.

Cukup dengan bergabung di perusahaan jasa layanan haji dan umroh, kemudian kamu tinggal menawarkan beberapa paket umroh dan haji ke calon jamaah.

Melalui penawaran ini, kamu juga perlu untuk mengasah komunikasi yang baik dan benar. Keluarkanlah jiwa marketing kamu, dan tarik jamaah sebanyak-banyaknya.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan komisi jika ada yang tertarik dengan penawaran yang diberikan.

20. Ternak Ikan Hias Cupang

Pengen usaha tapi bingung mau usaha apa? Apakah modal 1 juta bisa untuk jualan? Ya, tentu saja bisa!

Sejak pandemi ini, banyak orang yang hobi mengoleksi ikan hias, salah satunya yaitu ikan cupang.

Berbagai kalangan menyukai ikan cupang ini, dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Tak bisa dipungkiri memang usaha ikan hias cupang ini sangat prospek pada tahun 2022.

Keuntungan yang didapatkan juga lumayan besar. Apalagi jika kamu mempunyai ikan hias yang sangat langka dan belum banyak orang yang punya. Harganya bisa mencapai jutaan rupiah, lho!

Selain itu modal 1 juta ini bisa digunakan untuk ternak ikan hias sekaligus memberikan perawatan khusus. Misalnya seperti makanan, obat, pembersih akuarium dan lainnya.

Penutup

Nah, sampai disini sudah cukup paham? Itu tadi beberapa rekomendasi “Ide Usaha yang Cocok Untuk Pemula dengan Modal Kecil pada tahun 2022”. Mumpung masih menginjak awal tahun, kamu bisa langsung memilih bisnis mana yang cocok untukmu sebelum banyak kompetitor, ya!

Jika masih ada pertanyaan yang kurang jelas bisa diskusi langsung dengan kami di “kolom komentar” dibawah. Kami akan menjawab seluruh keluh kesah yang sedang kamu hadapi dengan semampu kami.

Selain di blog pintarjualan, kami juga sering membagikan tips dan ide bisnis di Instagram. Yuk, yang kepo bisa langsung follow di @Pintarjualan.id.

Jangan lupa untuk bagikan juga ke teman dan kerabat yang membutuhkan informasi ini,ya.

Terimakasih sudah membaca, see you 🙂

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *