10 Kisah Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis dari Nol, Pelajari Kiatnya

Wahyu Saputro 13 Sep 2022 6 Menit 0

Ternyata, kisah pengusaha sukses bisa turut memotivasi banyak orang untuk memulai sebuah bisnis. Ada banyak sekali kisah dari pengusaha sukses yang mengawali bisnisnya tanpa modal dan bisa menginspirasi seseorang untuk maju dan bergerak.

Mulai dari Steve Jobs, Jack Ma hingga Mark Zuckerberg, semuanya adalah orang yang memulai bisnisnya tanpa banyak modal dan akhirnya bisa sukses hingga sekarang. Kira-kira seperti apa sih kisah di balik para pengusaha sukses ini dalam membangun bisnisnya?

Kisah Pengusaha Sukses yang Merintis Usaha & Karier dari Nol

Ada siapa sajakah orang-orang dengan kisah bisnisnya yang sukses dan memulainya dari nol? Siapakah Wirausaha sukses di Indonesia? Simak daftar di bawah dan pelajari bagaimana mereka bisa sukses dalam bisnis.

1. Jan Koum

Jan Koum, pendiri WhatsApp, lahir di sebuah desa kecil dekat Kiev di Ukraina. Ia hidup dari keluarga yang miskin dan kemudian keluarga Koum beremigrasi ke California. Koum lalu mulai belajar tentang komputer di waktu luangnya.

Kisah pengusaha sukses

Saat berusia 18 tahun, dia telah mengembangkan keterampilan yang mengesankan, dan pada tahun 1997, dia dipekerjakan oleh Yahoo! sebagai insinyur infrastruktur.

Jan Koum menghabiskan satu dekade di industri tersebut 9 dan memulai WhatsApp Inc. Pada tahun 2014, WhatsApp telah menjadi sangat populer dan Facebook membeli aplikasi itu dengan harga $ 19 miliar.

2. Oprah Winfrey

Wanita kuat yang dikenal sebagai pembawa acara bincang-bincang, penulis, juru kampanye, pemenang Golden Globe dan ikon global sebenarnya lahir dalam kemiskinan di pedesaan Mississippi dan dibesarkan di dalam kota Milwaukee. Namun dia tidak membiarkan masa lalunya menentukan masa depannya.

Setelah masa kecil yang bermasalah, Winfrey mendapatkan pekerjaan sebagai penyiar radio. Pada usia 19, dia menjadi pembawa berita bersama untuk berita malam lokal dan meluncurkan perusahaan produksinya sendiri.

3. Steve Jobs

Kisah Steve Jobs memulai Apple Computers di sebuah garasi di Los Altos, California, terkenal. Istilah menarik diri dari kursus perguruan tinggi masing-masing dan mulai mengembangkan perangkat komputer konsumen di garasi orang tua Jobs di California.

Sebelum sukses dengan Apple, Steve melakukan berbagai pekerjaan dengan gaji rendah, ketika dia berusia 13 tahun. Sampai akhirnya, Steve Jobs berhasil menciptakan produk yang banyak digunakan oleh orang saat ini.

Makannya, kalau ada yang menanyakan siapakah tokoh wirausahawan yang merintis usaha dari 0 hingga sukses? salah satunya adalah Steve Jobs.

4. Ingvar Kamprad

IKEA adalah salah satu perusahaan ritel internasional paling terkenal yang berspesialisasi dalam bisnis furnitur. Pendiri IKEA adalah Ingvar Kamprad, lahir pada tahun 1926, yang pada dasarnya memulai bisnisnya dari nol.

IKEA diambil dari inisial namanya, tempat ia dilahirkan (Elmtaryd) dan tempat ia dibesarkan (Agunnaryd). Ingvar Kamprad mulai berbisnis ketika dia baru berusia 5 tahun. Ia menjual korek api kepada orang-orang di kotanya

Pada ulang tahunnya yang ke 17, dia dianugerahi sejumlah kecil uang dari ayahnya, yang di- gunakan untuk mendirikan IKEA.

5. Bob Sadino

Nama Bob Sadino pastinya sudah tidak asing lagi di telinga banyak pengusaha. Lahir di Lampung, Bob Sadino ini mengawali bisnisnya dengan tidak mudah.

Banyak sekali pekerjaan kasar yang ia lakukan demi bisa bertahan hidup. Mulai dari buruh bangunan hingga menyewakan mobil.

Atas keuletannya yang melihat peluang pasar di sektor peternakan ayam, Bob Sadino akhirnya bisa mendirikan sebuah supermarket yang dinamakan Kem-Chicks. Di supermarket ini, orang bisa membeli beragam kebutuhan di bidang peternakan dan pertanian.

6. Susi Pudjiastuti

Siapakah wirausaha sukses di Indonesia? Siapa sangka, mantan Menteri Perikanan ini memang hanya tamat SMP saja namun bisnisnya telah sukses sekalipun ia tidak bergelar perguruan tinggi. Susi memilih untuk berhenti sekolah ketika menginjak SMA.

Ia kemudian mulai belajar bisnis dengan berjualan pakaian ataupun bed cover. Sampai akhirnya ia memanfaatkan domisilinya di Pangandaran dengan bisnis penangkapan ikan.

Dahulu, ia bahkan hanya bermodalkan Rp750 ribu saja untuk memasarkan tangkapan ikannya ke berbagai restoran. Sampai akhirnya, bisnis yang ia rintis sukses dan bahkan memiliki maskapai yang bernama Susi Air.

7. Chairul Tanjung

Meski menjalani enam tahun pendidikan yang berat untuk menjadi seorang dokter gigi, Chairul Tanjung tidak pernah berencana menghabiskan hari-harinya untuk menjadi seorang dokter. Orang terkaya kelima di Indonesia ini justru memilih untuk berbisnis.

Siapa sih yang tidak mengenal sosoknya yang dijuluki Si Anak Singkong ini? Julukan ini diberikan kepadanya karena dahulu sosoknya ini biasa-biasa saja, tidak dari keluarga yang kaya.

Sampai akhirnya ia memiliki pusat perbelanjaan, taman hiburan indoor, bank besar, dua stasiun televisi free-to-air populer, dan situs web berita terkemuka Indonesia, Detik.com.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan Chairul Tanjung masuk ke daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

8. Surya Wonowidjojo

Surya Wonowidjojo adalah seorang imigran dari provinsi Fujian di China yang dahulunya juga dari kalangan keluarga yang biasa saja. Pada tahun 1958, ia mendirikan Gudang Garam, sebuah perusahaan pembuat rokok yang namanya diterjemahkan menjadi “Gudang Garam”.

Pada tahun 1971, perusahaan meningkatkan status hukumnya menjadi perseroan terbatas untuk membantu meningkatkan kapasitas dan manajemen produksi.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Wahyu Saputro
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com