Advertisement

10 Kisah Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis dari Nol

Diterbitkan pada
19 Februari 2021
Waktu membaca
6 Menit

Ternyata, kisah pengusaha sukses bisa turut memotivasi banyak orang untuk memulai sebuah bisnis. Ada banyak sekali kisah dari pengusaha sukses yang mengawali bisnisnya tanpa modal dan bisa menginspirasi seseorang untuk maju dan bergerak.

Mulai dari Steve Jobs, Jack Ma hingga Mark Zuckerberg, semuanya adalah orang yang memulai bisnisnya tanpa banyak modal dan akhirnya bisa sukses hingga sekarang. Kira-kira seperti apa sih kisah di balik para pengusaha sukses ini dalam membangun bisnisnya?

Cara Menjadi Pengusaha yang Sukses

Menjadi pengusaha adalah cara ideal untuk mengeksplorasi ide, tujuan, kreativitas, dan hasrat Anda. Tidak ada syarat khusus untuk menjadi pengusaha. Jika tujuan Anda ingin menjadi bussinesman, maka ada banyak hal yang harus Anda pelajari.

Menjadi pengusaha sukses bukan hanya tentang pemikiran inovatif dan ide-ide terobosan. Keberhasilan bisnis Anda adalah hasil dari perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang hebat. Apa lagi yang dibutuhkan untuk sukses sebagai pengusaha?

Percaya pada produk atau layanan Anda adalah salah satu karakteristik terpenting dari seorang wirausahawan sukses, berikut adalah cara sukses untuk menjadi seorang pebisnis:

1. Harus Bersemangat Dengan Ide Anda

Menjadi orang yang selalu bersemangat sama halnya Anda rela mengorbankan sebagian besar waktu Anda untuk menghasilkan ide-ide bisnis. Jika Anda tidak semangat dengan ide bisnis yang Anda bawa, bagaimana nantinya Anda memberikan upaya terbaik untuk usaha bisnis Anda?

2. Buat Rencana

Buat rencana untuk bisnis Anda yang menggambarkan dengan tepat apa yang ingin Anda lakukan. Sertakan semuanya, mulai dari tujuan bisnis Anda hingga jenis audiens yang ingin Anda targetkan dengan produk atau layanan Anda.

Membuat rencana yang jelas akan membantu Anda tetap pada jalurnya dan memungkinkan Anda menjelaskan bisnis Anda kepada calon investor.

3. Belajar dari Kesalahan Orang Lain

Lakukan riset sebelum memulai apa pun. Belajar dari pengalaman pengusaha lain untuk mencegah kesalahan umum yang akan terjadi. Dengan melakukan penelitian, Anda juga dapat memperoleh wawasan tentang bagaimana cara yang lebih efektif untuk bisnis Anda.

4. Ambil Langkah-Langkah Kecil Menuju Tujuan Anda

Memulai sesuatu yang baru melibatkan risiko. Daripada terburu-buru dalam sebuah usaha bisnis, ambillah satu langkah pada satu waktu.

Mengambil sesuatu secara perlahan memungkinkan Anda mengantisipasi potensi hambatan dan membuat rencana ke depan. Anda akan dapat lebih mudah menyesuaikan strategi dengan pendekatan ini jika Anda mengalami kemunduran.

5. Kenali Segala Macam Perubahan yang Ada

Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, langkah pertama adalah pandailah dalam mengenali perubahan yang mempengaruhi tujuan bisnis Anda. Dengan cara ini, Anda dapat merencanakan langkah selanjutnya dengan tepat.

Cari tahu bagaimana budaya orang-orang mengkonsumsi dan berinteraksi dengan bisnis yang terus berubah. Anda harus fleksibel dan dapat menyesuaikan rencana berdasarkan kebutuhan konsumen yang selalu berubah.

6. Belajar Menjual

Menjual sangat penting dalam mempelajari cara menjadi pengusaha. Anda harus bisa menjual produk atau jasa kepada calon investor dan pelanggan. Percaya pada usaha bisnis akan sangat membantu dalam hal mempromosikannya.

7. Jadilah Unik

Bisnis baru harus memiliki proposisi penjualan yang unik dan jelas. Sebelum memulai, tanyakan pada diri Anda, “Mengapa orang harus membeli produk atau layanan Anda daripada membeli dari pesaing?”

Setelah itu, tentukan satu aspek atau kombinasi aspek apa yang akan memisahkan bisnis Anda dari pesaing? Apakah layanan yang lebih baik, garansi yang lebih lama, pilihan yang lebih baik, opsi pembayaran yang fleksibel, harga terendah? Kebijakan return dan sebagainya?

Anda harus memiliki pendekatan unik untuk produk atau layanan Anda atau orang tidak akan tertarik. Anda juga harus bisa menjual produk dengan baik, sehingga memiliki produk atau jasa yang unik sehingga calon konsumen menjadi lebih tertarik

8. Jangan Takut Gagal

Langkah penting untuk menjadi pengusaha sukses adalah: bekerja dengan cerdas dan logis. Terlepas dari nasehat dan teknik terbaik yang mungkin pernah Anda dengarkan, hal-hal tersebut tidak menjamin kesuksesan dalam berwirausaha.

Sekali lagi, tidak semua pengusaha berhasil dalam pertarungan pertama mereka dalam mengawali bisnis.

Kadang-kadang, nasihat bisa menjadi pendekatan yang sempurna dalam meraih kesuksesan, tapi kadang juga tidak menguntungkan Anda. Apapun itu, dalam perjalanan wirausaha, Anda harus harus siap menghadapi kegagalan dan kerugian yang tak terduga.

Baca juga:
10 Tips Memulai Usaha Frozen Food Rumahan untuk Pemula

Kisah Pengusaha Sukses yang Merintis Usaha & Karier dari Nol

Setelah mengetahui cara untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses, mungkin beberapa kisah di bawah ini bisa memotivasi Anda dalam berbisnis. Ada siapa sajakah orang-orang dengan kisah bisnisnya yang sukses dan memulainya dari nol?

1. Jan Koum

Jan Koum, pendiri WhatsApp, lahir di sebuah desa kecil dekat Kiev di Ukraina. Ia hidup dari keluarga yang miskin dan kemudian keluarga Koum beremigrasi ke California. Koum lalu mulai belajar tentang komputer di waktu luangnya.

Saat berusia 18 tahun, dia telah mengembangkan keterampilan yang mengesankan, dan pada tahun 1997, dia dipekerjakan oleh Yahoo! sebagai insinyur infrastruktur.

Jan Koum menghabiskan satu dekade di industri tersebut 9 dan memulai WhatsApp Inc. Pada tahun 2014, WhatsApp telah menjadi sangat populer dan Facebook membeli aplikasi itu dengan harga $ 19 miliar.

2. Oprah Winfrey

Wanita kuat yang dikenal sebagai pembawa acara bincang-bincang, penulis, juru kampanye, pemenang Golden Globe dan ikon global sebenarnya lahir dalam kemiskinan di pedesaan Mississippi dan dibesarkan di dalam kota Milwaukee. Namun dia tidak membiarkan masa lalunya menentukan masa depannya.

Setelah masa kecil yang bermasalah, Winfrey mendapatkan pekerjaan sebagai penyiar radio. Pada usia 19, dia menjadi pembawa berita bersama untuk berita malam lokal dan meluncurkan perusahaan produksinya sendiri.

Halaman Selanjutnya
3. Steve Jobs...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *