Cara Daftar BLT Rp1,2 Juta Untuk UMKM dan Cek Secara Online (+ Syaratnya)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
02 Agustus 2021
Waktu membaca
4 Menit

Banyak yang masih bingung dan tidak mengerti bagaimana cara daftar BLT UMKM secara online. Maka dalam postingan ini, kami harap kamu mendapat pencerahannya secara gamblang.

Kalau kamu termasuk pemilik usaha kecil, mikro, menengah; baca artikel ini sampai selesai. Agar bisa dapat uang tunai Rp1,2 juta sebagai bentuk bantuan dari Pemerintah melalui BLT. Di mana, kita sudah rangkum materinya, meliputi:

  • Mengenal sekilas tentang BLT (bantuan langsung tunai) untuk UMKM,
  • Syarat-syarat yang wajib dilengkapi untuk mendapatkan bantuan,
  • Tata cara pendaftaran BLT UMKM secara mudah dan cepat,
  • Cara mengecek apakah pendaftaran sudah disetujui atau belum.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update di kemudian hari. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling simpel: mengenal BLT UMKM.

 

Sekilas Tentang BLT Khusus UMKM

BLT UMKM merupakan bantuan langsung tunai dari Pemerintah yang ditujukan bagi pemilik usaha kecil, mikro, dan menengah. Bantuan ini diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM melalui Kementerian Keuangan.

Bantuan ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Maka, jangan sampai percaya jika ada oknum yang menawarkannya kepadamu namun ternyata meminta uang pendaftaran, administrasi, dan sejenisnya. Langsung tolak saja!

Bantuan ini murni gratis. Diusulkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM yang bekerja sama dengan Kementerian Keuangan, sesuai dengan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM No. 2/2021 tentang Pedoman Umum Penyaluran BPUM.

Namun sayangnya, bantuan ini memiliki jangka waktu pendaftaran. Sampai kapan kamu bisa mendaftar? Yakni:

  • 31 Agustus 2021

Lewat tanggal tersebut, pendaftaran akan ditutup. Namun mudah-mudahan saja akan ada kloter berikutnya yang berkesempatan untuk mendapatkan bantuan. Aamiin~

(Mengingat kuota penerima bantuan BLT ini adalah 12 juta UMKM.)

Lalu, berapa banyak bantuan uang tunai yang akan diterima? Cukup banyak, yakni:

  • Rp1.200.000

Angka tersebut tentu sangat berarti bagi pelaku usaha mikro, kecil, menengah alias UMKM. Sangat bisa untuk menutup biaya operasional yang makin mengembang sedangkan penjualan usaha makin menurun.

Syarat-syarat Pengajuan BLT UMKM

Sebelum melakukan pendaftaran BLT untuk UMKM, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh setiap pendaftar. Apa sajakah itu? Berikut penjelasan selengkapnya.

  • Merupakan WNI (Warna Negara Indonesia) asli, dibuktikan dengan data NIK KTP.
  • Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan penerima BPUM.
  • Tidak berstatus sebagai PNS, TNI, Polri, karyawan BUMN, karyawan BUMD.
  • Memiliki Surat Keterangan Usaha (bagi yang alamat KTP dan tempat usaha berbeda).
  • Tidak sedang menerima pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) dari bank.

Cara Daftar BLT UMKM di Kedinasan

Sayangnya, pendaftaran untuk bantuan ini masih berlaku secara offline. Yakni di Dinas Koperasi dan UMKM di wilayah masing-masing. Sedangkan untuk online, hanya pengecekannya saja.

Lalu, bagaimana tata cara pendaftaran BLT UMKM? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Siapkan Dokumen Lengkap

Meski tidak dipakai sebagai persyaratan, namun dibutuhkan data-datanya. Sebagai jaga-jaga kalau kamu lupa. Beberapa dokumen yang nantinya dibutuhkan detail datanya antara lain:

  • e-KTP
  • Kartu Keluarga
  • Dokumen usaha

Ketiga surat dan dokumen tersebut cukup digunakan untuk mendaftar. Nanti, setelah sampai di Dinas Koperasi dan UMKM, dokumen tersebut tidak akan ditahan.

(Melainkan cukup mengisi formulir sesuai data dokumen tersebut.)

2. Kunjungi Dinas Koperasi

Setelah semua syarat sudah siap, maka langkah berikutnya adalah mengunjungi Dinas Koperasi dan UMKM terdekat dari lokasi kamu saat ini. Caranya cukup ketik saja di Google, “dinas koperasi dekat sini” apabila belum tau alamatnya.

Setelah sampai di sana, maka langsung saja sampaikan keperluan kamu. Bilang kepada petugas bahwa kamu ingin mendaftar menjadi penerima BPUM atau BLT UMKM yang diadakan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM.

3. Isi Formulir Data Diri

Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Formulir tersebut berupa kolom-kolom yang wajib diisi sebagai data pendaftaran kita untuk menerima bantuan.

Akan ada banyak kolom, namun yang paling penting dan perlu perhatian antara lain:

  • Nama lengkap
  • No e-KTP
  • No KK
  • Alamat sesuai KTP
  • Bidang usaha
  • Nomor telepon usaha

Pastikan agar data-data yang diisikan sudah benar dan tepat. Jangan sampai salah data, karena dapat menyebabkan gagalnya uang bantuan tersalurkan kepada kita. Jika sudah, serahkan kembali ke petugasnya.

4. Proses Pengajuan BLT

Dalam tahap ini, proses ajuan kamu telah diterima. Berikutnya, petugas akan memproses pendaftaran tersebut sesuai dengan antrean. Mulai dari administrasi hingga verifikasi data, sudah sesuai atau belum.

Setelah diverifikasi, maka penerima bantuan akan mendapatkan notifikasi. Notifikasi ini akan dikirimkan melalui SMS. Pihak yang mengirim SMS adalah bank yang bekerja sama (BNI / BRI).

5. Pencairan Dana Bantuan

Apabila sudah mendapatkan notifikasi bahwa proses pendaftaran diterima dan telah terverifikasi, maka selanjutnya adalah mencairkan dana bantuan. Cara pencairannya tinggal mengikuti prosedur dari BNI atau BRI.

Kalau masih kesulitan dalam pencairan dana, maka kamu dapat menghubungi kembali pihak Dinas Koperasi dan UMKM untuk meminta bantuan. Atau, dapat langsung ke bank terkait untuk mendapatkan arahan.

Selesai! ✅

Baca juga:


Infografis mengenai cara mendaftar BLT UMKM:

infografis cara daftar blt untuk umkm 1 jutaan


Cara Cek Pendaftaran BLT UMKM Online

Apabila dalam kurun waktu 1-2 minggu tidak mendapatkan notifikasi, maka kamu dapat mengeceknya secara manual. Cek pendaftaran BLT UMKM kamu secara online, apakah sudah masuk atau belum, diterima atau tidak.

Berikut langkah-langkah pengecekannya.

Cek Nama Penerima BLT UMKM Online

Langkah ini untuk mengecek apakah kamu mendapat bantuan atau tidak.

  1. Kunjungi laman berikut: banpresbpum.id
  2. Isikan nomor NIK KTP sebanyak 16 digit.
  3. Lalu, ketuk tombol Cari dan akan muncul data-datanya.

Cek Proses Pendaftaran BLT UMKM Online

Langkah ini untuk mengecek proses pendaftaran yang diajukan.

  1. Kunjungi laman berikut: eform.bri.co.id/bpum
  2. Isikan nomor NIK KTP sebanyak 16 digit.
  3. Isikan kode verifikasi yang tertera.
  4. Lalu, ketuk tombol Proses Inquiry.

Dari situ akan kelihatan, apakah pendaftaran kamu disetujui atau belum.

Rangkuman

  • BLT UMKM merupakan bantuan langsung tunai sebesar Rp1,2 juta dari Kementerian Koperasi dan UMKM yang bekerja sama dengan Kementerian Keuangan, menggandeng mitra bank (BNI, BRI).
  • Cara daftar BLT UMKM dapat dilakukan secara offline melalui Dinas Koperasi dan UMKM terdekat. Cukup mengisi formulir sesuai dengan data-data yang telah disiapkan dokumen dan persyaratannya.
  • Cara cek apakah pendaftaran BLT untuk UMKM sudah diproses, diverifikasi, dan disetujui dapat dilakukan melalui laman berikut: eform.bri.co.id/bpum.

Bagaimana, langkah-langkah di atas cukup mudah dan praktis, bukan? Bagi siapapun kamu yang sekarang sedang menjalankan bisnis kecil-kecilan, maka sangat disarankan untuk mengambil kesempatan ini.

Kalau kamu ada pertanyaan, Tinggalkan Balasan (✍) lewat kolom komentar di bawah, ya. Boleh juga kasih masukan, kritik, dan saran yang membangun agar dapat menyajikan konten yang sesuai kebutuhan kamu.

Akhir kata, terima kasih dan semoga dapat membantu, yaa~ 🤗

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *