Advertisement

Cara Dropship Barang dari China atau Luar Negeri (Mudah & Praktis)

Diterbitkan pada
05 September 2022
Waktu membaca
5 Menit

Cara dropship barang dari China ke Shopee, AliExpress Indonesia, dan lainnya sekarang jauh lebih mudah.

Bahkan dropshipper bisa melakukannya melalui marketplace dan memilih e-commerce yang menyediakan layanan dropship produk.

Namun selain memilih supplier yang tepat, pastikan dropshipper juga menentukan gudang dropship terpercaya agar bisnis berkembang dan tumbuh secara bertahap.

Yaps, tips tersebut sangat berguna dalam memperlebar peluang bisnis online yang sengit dan kompetitif saat ini.

Sehingga penjual juga harus menggunakan strategi pemasaran yang paling tepat agar tidak mudah tumbang dalam menjalankan usahanya.

Tips Memilih Supplier dari China atau Luar Negeri

Nah, bagi kamu yang berminat dan sedang mencari cara import barang dari China ke Indonesia, baca dulu tips di bawah ini!

1. Pilih Supplier Terlengkap

Cara dropship barang dari China yang pertama adalah memilih supplier/toko dropship/distributor yang memperjualbelikan banyak barang.

Artinya, ketersediaan jenis atau varian barang tersebut tidak hanya satu, tetapi pembeli merasa punya banyak pilihan untuk dibeli.

Tahukah kamu? Produk yang bersifat heterogen akan memunculkan keinginan pembeli untuk checkout beberapa item secara sekaligus karena mereka mempertimbangkan biaya pengiriman yang dikeluarkan.

Misalnya, harga satu AC portable senilai Rp65.000,00 dengan ongkir Rp15.000,00 dan dikirim dari luar negeri.

Jika dijumlahkan, maka pembeli hanya perlu merogoh kocek Rp80.000,00. “Dengan ongkir segitu, kenapa tidak beli beberapa barang sekalian,” pikirnya.

2. Harga Terjangkau, Bukan Termurah

Harga terjangkau sangat berbeda jauh dari harga termurah.

Walaupun karakteristik konsumen di tanah air menyukai harga murah, akan tetapi hal tersebut bukan jaminan sepenuhnya.

Harga murah tetapi berkualitas rendah pasti akan mengecewakan customer. Lain halnya kalau harga produk terjangkau bagi sebagian besar kalangan yang ditunjang oleh kualitas setara, maka bisa meminimalisir kerugian di masa depan.

Nah, cara menentukan harga barang yang terjangkau dapat dilihat jumlah dropshipper yang berlangganan pada supplier toko tersebut dan keuntungan yang mereka dapatkan.

Jadi, tetap berhati-hati ya dalam memilih supplier terpercaya!

3. Chat Supplier

Kamu ingin berlangganan produk sebagai dropshipper? Ada baiknya chat ke owner toko tersebut agar terjalin komunikasi yang intens.

Dengan komunikasi yang lancar dan terjalin dengan baik, maka kepercayaan satu sama lain menjadi lebih erat.

Supplier akan diuntungkan, begitu pula dengan dropshipper yang sedang mengembangkan ide bisnis miliknya.

Manfaat lain dari komunikasi yang dibangun antara dropshipper dan supplier adalah meningkatkan hubungan bisnis menjadi lebih besar dan luas.

Maka dari itu, sebagai dropshipper harus memilih supplier yang direkomendasikan!

4. Cari Supplier yang Fleksibel

Beberapa supplier asal China atau luar negeri biasanya akan menerapkan beberapa aturan, bahkan meminta persyaratan tertentu.

Hal seperti itu tentu akan menganggu proses jual beli yang sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan praktis.

Seperti misalnya pengiriman bisa dilakukan dengan pembelian minimal 3 pcs atau lainnya.

Kebijakan tersebut terkadang kurang menguntungkan bagi dropshipper yang ingin mendirikan bisnis online tanpa modal, karena mampu memperhambat permintaan dari pembeli akhir.

5. Utamakan Star Seller

Beberapa supplier asal luar negeri banyak yang tergabung dan menjadi Star Seller karena produk yang mereka jual sesuai dengan harapan konsumen, sehingga 95% mendapatkan bintang 4 ke atas.

Ditambah lagi umumnya Star Seller sudah mengantongi kepercayaan pembeli lebih tinggi bila dibandingkan sederet nama toko online yang mendapatkan rating rendah.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *