Cokelat Jadi Produk Terlaris di Tokopedia Saat Valentine, Omzet Penjual Naik Drastis!

Anisa 14 Feb 2023 2 Menit 0

Mendekati perayaan Hari Kasih Sayang di seluruh dunia yang jatuh pada tanggal 14 Februari, permintaan konsumen akan cokelat di berbagai marketplace pun meroket. Tak terkecuali di Tokopedia.

Bahkan cokelat menjadi produk yang paling laris dan diburu oleh konsumen selama hari Valentine berlangsung.

Hal tersebut dianggap wajar oleh sebagian masyarakat, karena cokelat memang identik dengan rasa manis dan kasih sayang yang berlimpah, sehingga menjadi salah satu hadiah sekaligus simbol penting kala Valentine datang.

Juanita Azuz sebagai Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia mengungkapkan bahwa dalam data internal terbaru Tokopedia, setidaknya tercatat beberapa daerah yang diketahui telah melakukan pembelian cokelat dengan nilai transaksi online tertinggi.

Beberapa kota yang mengonsumi cokelat paling banyak saat Valentine menurut data Tokopedia adalah Kota Malang, Semarang, Denpasar dan Kabupaten Badung, serta Makassar. Naiknya permintaan cokelat tersebut diketahui mampu menaikkan penjualan sampai 1,5 kali lipat dibanding hari-hari biasanya.

Salah satu pemilik nama toko online Trufflelogy dari Sleman, Balindo Noor rupanya juga merasakan dampak dari perayaan Valentine kali ini. Dirinya bercerita bahwa nilai penjualan cokelat mengalami kenaikan lumayan tinggi bahkan mencapai 5 kali lipat apabila dikomparasikan dengan hari biasanya.

Balinda Noor juga menyebut kalau produk paling laris dan digemari oleh konsumen yaitu choco milk dan dark light. Di Tokopedia sendiri, keduanya telah terjual masing-masing 500 dan 750 pcs lewat program Tokopedia NYAM!

Varian cokelat lain yang juga jadi primadona pelanggan adalah Matcha Lover, Salted Caramel, The Choco Rum, serta The Choco Mint. Akibat tingginya minat pelanggan, pemilik usaha brand cokelat yang telah dijalankan sejak 2021 ini pun juga akan meningkatkan stok produk untuk beberapa hari ke depan.

Apalagi momentum perayaan Valentine di Tokopedia juga didukung oleh beragam kampanye, seperti gratis ongkir, diskon, dan voucher Toko yang bisa dimanfaatkan oleh seller untuk meraih atensi customer sekaligus meningkatkan omzet penjualan.

Selain jumlah kota yang paling banyak membeli cokelat, Tokopedia juga mengungkapkan fakta pengiriman produk cokelat paling jauh.

Rupanya pengiriman produk cokelat terjauh yakni berasal dari Kota Batam ke wilayah DKI Jakarta. Kemungkinan karena sebagian masyarakat sudah mengetahui bahwa produk cokelat dari Batam rata-rata merupakan hasil impor sekaligus jauh lebih murah dengan kuantitas cukup besar.

Bukan hanya di Indonesia, cokelat juga termasuk makanan paling populer di berbagai negara saat Hari Valentine.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Referensi:

  • Jadi Favorit Hadiah, Penjualan Cokelat di Tokopedia Meningkat – https://www.solopos.com/jadi-favorit-hadiah-penjualan-cokelat-di-tokopedia-meningkat-1550516
  • Jelang Hari Kasih Sayang, Omzet Penjual Cokelat di Tokopedia Naik hingga 5x Lipat – https://analisadaily.com/berita/baca/2023/02/13/1038782/jelang-hari-kasih-sayang-omzet-penjual-cokelat-di-tokopedia-naik-hingga-5x-lipat/
Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *