5 Marketplace Paling Banyak Dikunjungi di Tahun 2022, Yang Mana Favoritmu?

Mufid Hanif 25 Jan 2023 3 Menit 0

Pada kuartal kedua tahun 2022, marketplace di Indonesia terus tumbuh dan berkembang. Berdasarkan data yang dikeluarakan Statista, beberapa situs marketplace yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2022 masih belum banyak berubah dibandingkan dengna thaun sebelumnya.

Platfom e-Commerce yang menjadi pemimpin dalam hal jumlah lalu lintas adalah Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, Blibli, Orami, Ralali, Zalora, Klik Indomaret, dan JD.ID.

Ranking pada kuartal kedua tahun 2022 tersebut menunjukkan adanya perubahan masyarakat dalm memilih e-Commerce. Misalnya Lazada yang kini menumpati peringkat tiga, bertukar tempat dengan Bukalapak.

Dinamika lainnya adalah munculnya pesain baru, klik Indomaret yang menempati posisi ke-sembilan, sementara pemain lama di bidang e-Commerce, Bhinneka tidak terlihat di daftar marketplace yang paling banyak dikunjungi.

Zalora juga mengalami peningkatan dan mampu memanjat hingga posisi ke-delapan. Smenetara JD.ID mengalami penurunan dan hampir keluar dari daftar pada posisi ke-10.

Namun, sisanya cenderung memiliki posisi yang tidak jauh berbeda. Apa saja marketplace yang paling ramai?

1. Tokopedia – traffic 158.35 juta klik

Tokopedia, dengan jumlah lalu lintas sebesar 158.35 juta klik, menempati posisi teratas dalam daftar ini. Tokopedia dikenal sebagai salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai produk dengan harga yang kompetitif.

Platform e-Commerce yang satu ini terkenal paling lengkap dan serba ada, sehingga banyak yang memilih Tokopedia karena ketersediaan barangnya. Kemudian, basis pelanggannya yang sudah menggunakan Tokopedia sejak lama juga menjadi salah satu sumbangsih terbesar darri traffic nya.

2. Shopee – traffic 131,3 juta klik

Shopee, dengan jumlah lalu lintas sebesar 131.3, berada di posisi kedua. Shopee adalah situs e-commerce asal Singapura yang menyediakan berbagai produk dengan harga yang kompetitif dan juga menyediakan layanan pembayaran yang aman dan mudah digunakan.

Yang membuatnya banyak diminati adalah promo dan fitur yang lumayan lengkap. mulai dari SPayLater hingga ShopeePay yang banyak memudahkan penggunanya.

3. Lazada – traffic 26,64 juta klik

Lazada, dengan jumlah lalu lintas sebesar 26.64 juta klik, berada di posisi ketiga. Lazada adalah situs e-commerce asal Malaysia yang menyediakan berbagai produk dengan harga yang kompetitif. Selain itu, Lazada juga menyediakan layanan pembayaran yang aman dan mudah digunakan.

Dengan prmosi yang makin gencar serta berbagai promo yagn diberikan, e-commerce ini perlahan mampu menyusul kompetitornya.

4. Bukalapak – traffic 21,3 juta klik

Sedangkan Bukalapak, dengan jumlah lalu lintas sebesar 21.3 juta klik, berada di posisi keempat. Bukalapak adalah situs e-commerce asal Indonesia yang menyediakan berbagai produk dengan harga yang kompetitif. Selain itu, Bukalapak juga menyediakan layanan pembayaran yang aman dan mudah digunakan.

Sebagai salah satu platform e-Commerce yang sudah lama beroperasi, Bukalapak juga mengembangkan bisnisnya seperti Mitra Bukalaak untuk mendigitalisasi warung di berbagai wilayah di Indonesia.

5.Blibli – traffic 19,74 juta klik

Blibli, dengan jumlah lalu lintas sebesar 19.74 juta klik, berada di posisi kelima. Blibli adalah situs e-commerce asal Indonesia yang menyediakan berbagai produk dengan harga yang kompetitif. Selain itu, Blibli juga menyediakan layanan pembayaran yang aman dan mudah digunakan.

Tidak hanya pernah menjadi sponsor PBSI, e-Commerce ini juga sering menyelenggarakan program dan promosi untuk menarik pembeli dan penjual.

Sementara itu, e-commerce lain seperti Orami, Ralali, Zalora, Klik Indomaret, dan JD.ID juga memiliki jumlah lalu lintas yang cukup tinggi dan berada di posisi bawah daftar ini. Namun, Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Blibli masih menjadi pemimpin dalam hal jumlah lalu lintas pada kuartal ke-dua 2022.

Sementara data mengenai marketplace yang memiliki pengunjung paling besar di tahun 2023 sejauh ini belum kami temukan. Jadi, masih ada kesempatan untuk menebak e-commerce mana yang akan menjadi pemijmpin pada tahun 2023 ini.

Yang mana e-commerce favoritmu? Simak terus artikel Pintartekno untuk mengetahui marketplace paling banyak dikunjungi di tahun 2023.

Sampai bertemu di artikel Pintartekno berikutnya.


Kamu bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan melalui media sosial @pintarjualan.id di Instagram dan Tips PintarJualan di Facebook. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintarjuaan.id seputar Berita, Marketplace atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silakan hubungi kami via admin@pintarjualan.id


sumber:

  • Leading e-commerce sites in Indonesia as of 2nd quarter 2022, by monthly traffic – https://www.statista.com/statistics/869700/indonesia-top-10-e-commerce-sites/
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Mufid Hanif
Ditulis oleh

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.